Wednesday 25 June 2014

Mimpi 8 Abad Umat Islam Terwujud !

Pernahkah terbayangkan kapal-kapal laut yang berlayar diatas gunung gunung dengan bukit-bukit sebagai gelombangnya?
Pernahkah terbayangkan menciptakan sebuah Meriam terbesar (pada masanya) yang mampu meneluluhlantakkan sebuah benteng terkokoh di dunia?
Pernah terbayangkan sebuah pengepungan paling hebat terjadi pada sebuah tempat yang dijuliki "Terberkati Oleh Syurga" karena tak ada satupun bangsa yang mampu menaklukannya?

Semua bahkan nyata terjadi!

Yaitu pada sebuah tempat yang bernama Konstantinopel, mengapa harus terjadi disana? karena Konstantinopel sebagai Ibukota Imperium Romawi Timur adalah wilayah yang paling strategis yang menghubungkan antara Dunia Barat dan Timur (Eropa dan Asia), tempat itupun dikelilingi Benteng yang paling kokoh tak tertaklukkan yang karenanya kemudian keberhasilan dari penaklukannya adalah merupakan tolak ukur kedigdayaan sebuah bangsa seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukannya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

Janji Allah dan Rosul-Nya adalah nyata maka sejak saat itu usaha-usaha penaklukkan Konstantinopel telah dilakukan bahkan oleh para sahabat Nabi salah satunya adalah Sosok Abu Ayyub Al-Anshari yang termasyur karena kegigihannya hingga saat ia syahid di Konstantinopel kemudian berwasiat “Makamkan aku di dekat Benteng karena suatu saat aku ingin mendengar suara derap kuda dari pemimpin dan pasukan terbaik”.

Namun Konstantinopel tidak begitu saja dengan mudah ditaklukan, barulah pada tahun 1453 janji Allah dan Rasul-Nya terjadi...Mimpi 8 Abad Umat Islam terwujud!

Tentu saja kehadiran manusia istimewa tersebut sudah Allah persiapkan bersama dengan keberkahan yang disertakan pada saat kelahirannya, dimana kuda-kuda melahirkan anak-anak kembar, pohon-pohon berbuah lebat hingga saking lebat buahnya dahannya mampu menyentuh tanah, hasil panen melimpah ruah dan terjadi hingga 4 kali panen dalam setahun dan jatuhnya Komet langka di Konstantinopel pada siang hari yang karena melihatnya orang-orang Romawi menjadi begitu gentar! Yah mereka sudah meramalkan kejatuhan Komet tersebut sebagai tanda  kelahiran sang Penakluk Konstantinipel !

 
Pemuda sang Pengukir Sejarah itu bernama Mehmed II atau kemudian bergelar Sultan Muhammad Al-Fatih (yang artinya sang Penakluk) Sultan Turki Ustmani ke 7  yang pada saat usia 8 tahun sudah hafal Al-Quran, hafal Ribuan Hadist, Menguasai 6 bahasa Asing, tidak pernah meninggalkan shalat Qiamullail dan puasa Sunnah juga mengasai berbagai macam senjata pada masanya hingga tidak heran hingga diusianya yang masih begitu muda yaitu 21 Tahun dia telah berhasil menorehkan namanya dengan tinta Emas Sejarah, dia lah sang Pemimpin terbaik yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya...

Pasukan terbaiknya bernama Inkisyariah (orang-orang Eropa memanggilnya dengan sebutan Jannissary) dan tentaranya adalah tentara terbaik yang pernah ada, dimana "100 pasukan Eropa bergeraknya jauh lebih gaduh daripada 10.000 pasukan Turki Ustmani", dapat dibayangkan bagaimana tertib, rapi dan disiplinnya mereka terutama pada saat berbaris dan berjalan, sehingga musuh mudah terkecoh dengan kedatangn mereka yang begitu tiba-tibanya, bagai pasukan semut yang berjalan diatas sebuah ranting, tak terlihat dan tak terdengar. Kekuatan fisik mereka tak tertandingi hingga mampu berjalan terus menerus tanpa henti hingga 3 hari 3 malam. Perekrutan dan Pengkaderan tentara Inkisyariah tidak sembarangan, bukan hanya kualifikasi fisik dan kekuatan yang utama namun juga tempaan atas kekuatan Ruhiyah (iman dan ibadah) juga kekuatan Intelegensia sehingga tidak heran pasukan ini selain mematikan secara kekuatan fisik namun juga kuat secara ruhani dan kecerdasan.

Muhammad Al-Fatih dan pasukannya yang begitu hebat tetap meraih kemenangan dengan tidak mudah, setelah pengepungan dan penyerangan selama 50 hari (6 April – 29 Mei 1453) dengan mengerahkan 4 juta pasukan, berbagai cara dilakukan hingga hampir keputusasaan melanda. Strategi yang dilancarkan dimulai dari menggali terowongan dibawah  benteng gagal karena pasukan Romawi kemudian meledakkan terowongan tersebut, memanjat benteng gagal pula karena pasukan yang hampir tiba dipuncak kemudian disiram dengan timah mendidih hingga hancurlah daging dan tulangnya. Ditengah keputusasaan Muhammad Al-Fatih kemudian datanglah  sang Guru yang bernama Syeh Aa’q Shamsudin memberikan dukungan dan pencerahan dengan membawa Muhammad Al-Fatih berziarah ke makam sahabat Rasul yaitu Abu Ayyub Al-Anshari, sang guru mengisahkan bagaimana Abu Ayyub Al-anshari tidak pernah menyerah dari usaha penaklukkan Konstantinopel demi mewujudkan Nubuah sang Rasul hingga kesyahidan menjemputnya, setelah itu Muhammad Al-Fatih sadar bahwa tidak ada perjuangan yang mudah hingga Allah benar-benar memberikan takdirnya setelah berusaha hingga mengerahkan seluruh kemampuan.

Dibuatlah ide Gila nan Brillian yang membuat geleng-geleng kepala siapapun membayangkannya. Ketika Pasukan Laut Inkisyariah tidak bisa masuk ke perairan Tanduk Emas (Golden Horn) akibat rantai besi yang terbentang disepanjang Selat Bosporus yang membuat tak ada satupun kapal musuh yang dapat memasukinya maka Muhammad Al-Fatih memerintahkan pasukannya untuk menarik kapal-kapal tersebut melalui darat melewati gunung-gunung dan bukit bukit sebagai gelombangnya dengan cara melumurinya menggunakan minyak alhasil keesokan harinya seluruh orang Romawi tercengang melihat 70 Kapal pasukan Inkisyariah sudah berlayar di perairan Tanduk Emas (Golden Horn), ditambah lagi dengan diciptakanya Meriam raksasa yang mampu meluluhlantakkan Benteng Konstantinopel.

Sebelum penaklukkan dilakukan Sultan Muhammad Al-Fatih memerintahkan seluruh pasukannya untuk menjalankan puasa sebagai bentuk Munajat dan Permohonan kepada Allah dan tepat sebelum penyerangan shalat berjamaah dilaksanakanlah dengan sultan sendiri sebagai imam Shalatnya. Maka atas Izin dari Allah Yang Maha Kuasa, Yang Maha Pemberi Pertolongan dan yang Maha Berkehendak dengan kesiapan Ruhiah, Kecerdasan dan Fisik yang lembali bangkit bersemangat terujudlah 8 Abad mimpi Umat Islam!.

Ketika Sultan memasuki gerbang Konstantinopel seluruh orang Romawi disana segera berlindung dan berkumpul ke Gereja Hagia Sophia (kelaK akan menjadi Mesjid Hagia Sophia) karena takut dibunuh dan dibantai oleh pasukan Inkisyariah namun ternyata dengan penuh belas asih Muhammad Al-Fatih berkata bahwa “kami haramkan darah dan harta kalian, disini kalian berada dibawah jaminan Sultan, kalian bebas memeluk agama yang kalian Yakini” bahkan Kaisar Romawi Timur yaitu Konstantinus XI yang tewas pada saat penaklukkan dipersilakan oleh Sultan Muhammad Al-Fatih untuk memakamkan Jasadnya sesuai agama dan Tradisi mereka.


Peristiwa Jatuhnya Konstantinopel ditangan umat Islam juga menandai berakhirnya abad kegelapan yang berabad-abad menyelimbuti Eropa dan sebagai tanda pencapaian Prestasi yang membanggakan, maka Muhammad Al-Fatih mengganti nama Konstantinopel menjadi Islambul (yang berarti Kemenangan Islam) yang kelak berubah menjadi Istambul dan saat ini menjadi ibu Kota Negara Turki.

Hingga ketika konstantinopel telah usai dibebaskan maka sultan Al fatih hendak mengundurkan diri dari kursi kesultanan karena ingin fokus beribadah saja. Namun nasihat bijak dari gurunya syeikh A'aq Syamsudin membuatnya mengurungkan diri:

"Jika engkau bermaksud mengundurkan diri dari kursi kesultanan karena hendak fokus untuk beribadah saja, maka kenikmatan beribadah itu hanya akan engkau rasakan seorang diri saja. Akan tetapi jika engkau tetap berada di kursi kesultanan dan memerintah secara adil maka kenikmatan tersebut akan dirasakan oleh seluruh umat ini.

Siapakah dan generasi manakah yang mampu membuat sejarah di masa depan? Tentu adalah dia (pemimpin) dan mereka (generasi/bangsa) yang berkualitas dan pantas di hadapan Allah SWT.

Begitulah bagaimana sejarah terjadi diciptakan oleh orang-orang ikhlas tanpa mengharapkan mereka menjadi bagian dari sejarah. mereka hanya punya satu harapan semoga amal mereka diterima oleh Allah SWT. bahwa kemudian mereka menjadi sejarah, itu adalah hadiah dari Allah SWT untuk mereka.


Be

                                                                             Muhammad Al-Fattih (wikipedia)

Benteng Kontantinopel yang berlapis-lapis

Benteng Konstantinopel


Peta perjalanan darat 70 kapal melewati rantai besi di selat Bosporus

                                                                                
                                                                                    Keindahan Hagia Sophia

                                                                                                        Meriam

Rantai Besi yang digunakan disepanjang Selat Bosporus

267 comments:

  1. Pernah baca, bahwa berkumandangnya adzan pertama saat waktu ashar di hagia sophia ketika Sultan Muhammad Al Fatih menaklukan konstantinopel.
    Rifka Rahma Dewi, XI A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Siti Aidah listia
      Kelas:11 b
      Cerita Muhammad Al Fatih sangat menginspirasi saya,karena beliau mengajarkan saya Sebasar apapun musuh atau masalah kita harus hadapi dan kuat

      Delete
  2. Nama: Sherina Norvenky
    Kelas: XI A

    Saya pernah mendengar cerita sejarah Muhammad Al Fatih,saya kagum dengan keberanian beliau dan cerita itu sangat menginspirasi saya

    ReplyDelete
  3. Bahasa nya mudah dimengerti. Bagi yang pertama kali membaca kisah ini, ceritanya mudah dipahami pembaca.


    Rifaa ghassani rahman XI A

    ReplyDelete
  4. Muhammad Al Fatih secara tidak langsung menginspirasi saya ,karna beliau mengajarkan saya keberanian dalam menegakan kebenaran
    Fauzan luqmanul hakim,xi-a

    ReplyDelete
  5. Saya pernah mendengar cerita ini,di usia nya yang terbilang cukup muda dapat menaklukan konstatinopel yang begitu kuat

    ReplyDelete
  6. Nama : Afifah Salwa Salsabila
    Kelas : XI - A

    Saya sangat kagum dengan keberanian dan sikap kepemimpinan beliau

    ReplyDelete
  7. Cerita beliau sangat menginspirasi bagi saya, terutama beliau orang yang pemberani dan pencapaian nya yang sangat bagus terhadap konstantinopel.
    Nama : Kansya Divia Maldava
    kelas : XI A

    ReplyDelete
  8. Muhammad al-fatih sangat menginspirasi, sehingga membuat kita untuk menjadi orang yang pemberani.

    Nama : Siti wapa
    Kelas : XI - A

    ReplyDelete
  9. Muhammad al-fatih sangat menginspirasi, sehingga membuat kita untuk menjadi orang yang pemberani.

    Nama : Siti wapa
    Kelas : XI - A

    ReplyDelete
  10. Saya pernah melihat Film yang menceritakan Perjuangan dan keberhasilan Muhammad Al-Fatih dalam menaklukkan Konstantinopel. Dan sekarang saya bisa membaca kisah ini yang mengisahkan Muhammad Al-Fatih juga, Kisahnya yang sangat saya sukai, yang memiliki banyak Hikmah yang bisa kita petik dan kita ambil.

    Nama : Ariq Putra Fauzan
    Kelas: XI-A

    ReplyDelete
  11. Dari kisah Muhammad Al-Fatih tersebut saya merasa kagum atas keberanian beliau dalam menaklukan kontatinopel.

    Nama:Fitri Rumyati
    Kla:XI-A

    ReplyDelete
  12. Dengan kemenangan Muhammad Al-Fatih gereja Ortodoks berubah menjadi masjid Hagia sofia dan berubah menjadi musium sesuai dengan dekrit 1934 kemudian diubah kembali menjadi masjid oleh pemerintahan Erdogan masa sekarang dengan membatalkan dekrit 1934,itulah yg menjandi bukti kemenangan dan kebanggan umat muslim hususnya umat muslim turki umumnya umat muslim di dunia.

    Dzikra Haifa Yusriah
    XI-A

    ReplyDelete
  13. Saya sangat terinspirasi dari cerita beliau karena mengisi masa mudanya dengan keberanian dan kepemimpinannya

    Fina Lutfiah XI a

    ReplyDelete
  14. Sosok yang sangat menginspirasi dan teladan atas sikap pemberani dan kepemimpinannya untuk mencapai suatu keberhasilan.

    Nama: Alifia Nur Afni R
    Kelas: XI A

    ReplyDelete
  15. Nama:Destri Maharani
    Kelas:XI A

    Saya sangat terinspirasi dari cerita beliau dan kagum dengan keberaniannya

    ReplyDelete
  16. Nama:Destri Maharani
    Kelas:XI A

    Saya sangat terinspirasi dari cerita beliau dan kagum dengan keberaniannya

    ReplyDelete
  17. Muhammad al-fatih sangat menginspirasi, sehingga membuat kita untuk menjadi orang yang pemberani.

    Nama:nabila rahma c
    Kelas : IX (A)

    ReplyDelete
  18. Dari kisah Muhammad al-Fatih kita bisa menginspirasi beliau ,beliau adalah sosok yang pemberani dan Dari sudut pandang Islam, ia dikenal sebagai seorang pemimpin yang hebat,pilih tanding, dan tawadhu.

    Nama:Berlianti rosmawar hayati
    Kelas:IX(D)

    ReplyDelete
  19. Nama:Nina agustina
    Kelas:IX D

    Cerita beliau sangat menginspirasi bagi saya terutama beliau orang yang sangat pemberani

    ReplyDelete
  20. Muhammad al-fatih sangat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk menjadi orang yang pemberani dan bisa menjadi pemimpin yang hebat dalam mencapai suatu keberhasilan.

    Tiara Salsabila
    XI-D

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Baru pertama kali saya membaca cerita nya saya sudah dibuat kagum oleh karakteristik beliau yang Semasa hidupnya, dia tidak pernah meninggalkan shalat fardu, shalat sunah, shalat Tahajud, dan berpuasa. Sejak ia berusia delapan tahun, ia telah menghafal Alquran dan menguasai tujuh bahasa berbeda, yaitu Arab, Latin, Yunani, Serbia, Turki, Parsi, dan Ibrani.


    Nama:Rina Aryanti
    Kelas :XI-D

    ReplyDelete
  23. Dari kisah cerita beliau ,saya jadi sangat terinspirasi ,atas sikap pemberani seorang Muhammad Al Fatih ,pemimpin yg hebat dan kuat dalam mencapai keberhasilan bersama

    Kevin Pratama ruswendi
    XI-D

    ReplyDelete
  24. Muhammad al-Fatih sangat menginspirasi, dan dia pemimpin yang sangat kuat,hebat,sabar untuk mendirikan Istambul.


    Murni Hafizah Salsabila
    XI-D

    ReplyDelete
  25. Dialah Muhammad Al-Fatih Kisah nya yang sangat menginspirasi dan memotivasi kita semua agar memiliki sikap pemberani dalam melakukan sesuatu.
    Risma Amalia
    XI-D

    ReplyDelete
  26. Kisah nya sangat menginspirasi,karena sosok nya yang mengisi masa muda nya dengan keberanian dan jiwa kepemimpinan nya,dan beliau juga menjadi pemimpin yang hebat dlam mencapai keberhasilan
    Nama : Mutia Indah Maharani
    Kelas : XI-D

    ReplyDelete
  27. Saya baru pertama kali membaca cerita ini,tapi dari cerita ini kita bisa menjadikan sosok muhammad al-fatih sebagai inspirasi kita,agar kita bisa menjadi org kuat seperti beliau

    ReplyDelete
  28. Beliau adalah sosok yang menginspirasi terutama atas beperanian dan kepemimpinannya untuk mencapai suatu keberhasilan.

    Nama : Firman suryadi
    Kelas : XI-D

    ReplyDelete
  29. Saya baru pertama kali membaca cerita ini,tapi dari cerita ini kita bisa menjadikan sosok muhammad al-fatih sebagai inspirasi kita,agar kelak kita bisa menjadi org hebat seperti beliau

    Nama:Siti Toyibah
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  30. Beliau adalah sosok yang menginspirasi terutama atas beperanian dan kepemimpinannya untuk mencapai suatu keberhasilan.

    Nama : Firman suryadi
    Kelas : XI-D

    ReplyDelete
  31. Beliau sangat menginspirasi saya karena beliau pemimpin yang pemberani dan tidak mudah untuk menyerah


    Adhitya aldi maulana
    XI-D

    ReplyDelete
  32. Cerita dari muhammad al fatih saya pernah mendengar ceritanya beliau adalah seorang yang pemberani dan dapat menjadi seorang pemimpin yang dapat menginspirasi semua orang.

    Salma Rosliana
    XI-D

    ReplyDelete
  33. Nama:cucu husni saebah
    Kelas:XI-D
    Dari cerita ini saya termotipasi untuk tetap semangat mencapai cita cita walau banyak rintangan yang harus di lalui karena dengan ikhtiar kita bisa mencapai sesuatu,dan jangan pula putus aya kera alloh tidak suka orang yang putus asa,maka nikmatnya akan di cabut dari orang tersebut.

    ReplyDelete
  34. Saya pernah mendengar cerita sejarah Muhammad Al-Fatih,,saya kagum dengan keberanian beliau, sehingga sangat menginspirasi untuk membuat kita menjadi orang yang pemberani

    Nama : Mochamad Ariel Mulyadi
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  35. Dari Cerita Muhammad al-Fatih saya menjadi terinspirasi,karna sikap pemberani,dan pemimpin yg kuat dan hebat untuk mencapai keberhasilan

    Nama:Hadist Guida Herdiana
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  36. Aldi herdiana
    11-D

    Muhammad Al-Fatih memang memiliki keberanian yang tinggi dan pemimpin yang hebat,respect.

    ReplyDelete
  37. beliau adalah sosok yang sangat pemberani dan pemimpin yang sangat hebat

    Novi Fitriyani
    XI-D

    ReplyDelete
  38. beliau adalah sosok yang sangat pemberani dan pemimpin yang sangat hebat

    Novi Fitriyani
    XI-D

    ReplyDelete
  39. Dari kisah tersebut terlihat Muhammad Al-fatih orang yang sangat pemberani dan percaya diri dengan beliau membawa 100 pasukan tentara dapat mengalahkan 10.000 pasukan turki karena beliau pintar dalam mengatur strategi untuk menaklukkan konstantinopel,karena sifat pemberani dan percaya diri juga kepemimpinan nya yang untuk mencapai suatu keberhasilan menjadi inspirasi bagi saya

    Nama : Dini Nursari Anjani
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  40. Saya pernah membaca kisah muhamMuh Al Fatih kisah yg menarik tentang sebuah perjuangan yang begitu hebat pemimpin yang handal dan baik kisah yang menjadi sejarah akan Islam yang begitu menginspirasi


    Nam: Siti NurJamilah
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  41. Saya sangat terinspirasi dari kisah/cerita muhamad al-fatih ini. Beliau adalah pemimpin yang pemberani,bertanggungjawab dan taat kpd Allah SWT.selain pemuda yang pemberani muhamad al-fatih sangat cerdas dalam mengatur dan memimpin pasukan perang nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat terinspirasi dari kisah/cerita muhamad al-fatih ini. Beliau adalah pemimpin yang pemberani,bertanggungjawab dan taat kpd Allah SWT.selain pemuda yang pemberani muhamad al-fatih sangat cerdas dalam mengatur dan memimpin pasukan perang nya.


      Nabil Sauki Billah XI-D

      Delete
  42. Muhamad al-fatih mampu menginfirasi semua orang, ia bisa menjadi contoh bagaimana membentuk pasukan yang benar, mengelola pemerintahan, dan juga menjadi seseorang yang amat pemberani.
    Beliau juga sosok tauladan yang bisa mewujudkan impian umat islam terdahulu yaitu Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan islam.


    Silvi Lutfiah Padilah
    XI-D

    ReplyDelete
  43. Muhamad al-fatih mampu menginfirasi semua orang, ia bisa menjadi contoh bagaimana membentuk pasukan yang benar, mengelola pemerintahan, dan juga menjadi seseorang yang amat pemberani.
    Beliau juga sosok tauladan yang bisa mewujudkan impian umat islam terdahulu yaitu Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan islam.


    Silvi Lutfiah Padilah
    XI-D

    ReplyDelete
  44. Dari kisahnya saya sangat terinspirasi dengan perjuangannya yang sangat besar dan pemberani di usianya yang masih terhitung muda,dan ia memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat memperjuangkan dalam mencapai suatu keberhasilan tujuannya.

    Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  45. Dari kisahnya saya sangat terinspirasi dengan perjuangannya yang sangat besar dan pemberani di usianya yang masih terhitung muda,dan ia memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat memperjuangkan dalam mencapai suatu keberhasilan tujuannya.

    Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  46. Muhammad al-Fatih adalah seorang pemimpin yang bertanggung jawab, yang bijak Karena dia mampu mengalahkan kerajaan Konstantinopel (kerajaan Kristen),ia juga sangat baik dalam menjalankan tugasnya selaku pemimpin, jadi seharus kita mencontoh prilaku beliau,, yang pantang menyerah walaupun banyak halangan

    Chandra Bima daya
    XI D

    ReplyDelete
  47. Kisah Muhammad al-Fatih sangat menginspirasi kita sebagai generasi muda yang patut kita teladani.

    Nama:Erina Widia Anggraeni
    kelas:XI-D

    ReplyDelete
  48. kisah yg sangat menginspirasi karena sosok muhammad al-fatih yg bisa menjadikan dirinya menjadi panutan kita semua dengan ke pintaran, kesabaran, keberanian nyaaa

    Nama:Fahri Nugraha Ikhsani
    kelas:XI-D

    ReplyDelete
  49. Nama :Imam muhamad nur
    Kelas:XI-D

    Muhammad Al-fatih adalah sosok yang banyak menginspirasi orang orang agar pantang menyerah untuk menggapai cita cita atau tujuan mereka

    ReplyDelete
  50. Muhammad al-fatih pemimpin yang hebat sangat menginspirasi kita agar memiliki sikap pemberani dalam menghadapi sesuatu.

    Ririn nuryasifa
    XI-D

    ReplyDelete
  51. kisah muhammad al-fatih sangat menginspirasi dan kagum dengan keberanian yang patut kita teladani

    Nadhira Zharfan Aulia
    XI-D

    ReplyDelete
  52. Dimasa hidupnya beliau sangat berani dan mempunyai sikap pepimpin yang harus kita teladani

    ReplyDelete
  53. Dimasa hidupnya beliau sangat berani dan mempunyai sikap pepimpin yang harus kita teladani

    Nama:Anjani Nur Fadillah
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  54. sudah sepantasnya islam menguasai dunia,apalagi konstantinopel yang menjadi pusat perdagangan dunia pada saat itu menjadi tempat potensial untuk perkembangan islam, bukan hanya pusat perdagangan tetapi byzantium juga merupakan pusat peradaban ilmu pengetahuan,Al-fatih sudah dari sejak kecil diwakafkan oleh ayahnya untuk menjadi org yang mengabdi kepada agama, suatu hari Al-fatih dan ayahnya sedang memandikan seekor kuda disebrang konstantinopel dan ayahnya berkata "kelak kamu akan menaklukan konstantinopel, dan selang beberapa tahun perkataan ayahnya menjadi sebuah kenyataan.



    Asri Nazwa Rabbani
    XI-D

    ReplyDelete
  55. Cerita beliau sangat menginspirasi bagi saya untuk menjadi pemberani

    Nama : Ahmad Abdul Aziz
    Kelas : IX - (D)

    ReplyDelete
  56. Nama :Ravif Sauqi Al-Ghaffari
    Kelas:XI-D

    Dari kisah Muhammad al-Fatih adalah sosok yang memiliki keberanian yg tinggi kuat dan hebat,sehingga dapat menginspirasi kita agar kuat hebat berani seperti beliau

    ReplyDelete
  57. Beliau adalah sosok pahlawan bagi saya, untuk menjadi laki laki sejati pemberani, jujur dan memimpin umatnya agar meraih kemenangan

    Muhammad taufiqul hakim
    XI-E

    ReplyDelete
  58. Nama : Raka Farhan Fauzan
    Kelas XI-E

    Cerita ini menarik dan menginspirasi, dan Muhammad al-fatih adalah orang yang penuh kegigihan, di siplin, dan pemberani

    ReplyDelete
  59. Cerita Beliau menginspirasi bagi saya karena keberaniannya dan tidak mudah menyerah. Anisa Nuraeni XI-E

    ReplyDelete
  60. Dengan pasukan yang sedikit bisa mengalahkan pasukan Romawi Muhammad al-Fatih memang banyak menginspirasi pemuda terutama keyakinannya terhadap allah bisa mengajarkan kita semua jika kita yakin sama allah kerajaan yang besar, kuat dan telah berkuasa bertahun tahun bisa dihancurkan

    Bayu putra anugrah
    XI-E

    ReplyDelete
  61. Di usianya yg masih muda beliau sangat pemberani dan gigih , beliau bisa menaklukkan konstantinopel yang dikenal dengan pertahanan nya yang sangat kuat. Beliau sangat hebat dan menginspirasi.

    Hanisa Nur Oktaviani XI-E

    ReplyDelete
  62. Usmani juga menggunakan senjata yang tak kalah hebatnya, meriam Basilica rancangan Orban, seorang teknisi Hungaria, yang mampu menembak peluru seberat 272 kg sejauh 1,6 km.

    Rysma Yulianti
    XI-E

    ReplyDelete
  63. Seorang pemimpin hebat yang berkeyakinan penuh kepada Allah. Ceritanya sangat menginspirasi.

    Aliyah Nur Alip
    XI E

    ReplyDelete
  64. Muhammad al-Fatih, sosok yang luar biasa menginspirasi terutama bagi pemuda pemuda muslim. Cerdas, beriman, serta kepemimpinannya yang luar biasa sehingga dapat menaklukan Konstantinopel, benteng terkokoh pada saat itu.

    Nama : Najib Alimudin Fajri
    Kelas : XI-E

    ReplyDelete
  65. Muhammad Al-fatih banyak menginspirasi anak muda dengan kisahnya dapat menaklukkan konstantinopel hanya dengan pasukan yang sedikit yang pada saat itu konstantinopel dikenal dengan pertahanannya yang sangat kuat, keberanian beliau patut di tiru.

    Sarrah Maria Istiqoma
    XI-E

    ReplyDelete
  66. Beliau sangat menginspirasi anak anak muda sekarang dengan kegigihannya dan keberaniannya

    Gita Aulia Azizah
    XI-E

    ReplyDelete
  67. Kisah Muhammad al-fatih ini sangat menginspirasi karena didalamnya terdapat sifat pemberani dan gigih dalam berjuang menaklukan konstantinopel

    Chandra Krisnawan
    XI-E

    ReplyDelete
  68. Muhamad al-fatih mampu menginfirasi semua orang, ia bisa menjadi contoh bagaimana membentuk pasukan yang benar, mengelola pemerintahan, dan juga menjadi seseorang yang amat pemberani.

    Nama:Aisya sinta shafira
    Kelas: XI-E

    ReplyDelete
  69. Mariam sendiri pernah baca dan mononton sejatarah Muhammad Al-fatih, memang sebuah taludan yang dapat kita pelajari, mulai dari pada usia balita beliau telah menghapal juj-juj dalam al-qur'an, dan banyak lagi pelajaran pelajaran yang dapat kita ambil


    SITI MARIAM
    XI E

    ReplyDelete
  70. Cerita ini dapat menjadi inspirasi bagi yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

    ReplyDelete
  71. Nama: Fadila Nurlita
    Kelas: XI- E

    Cerita ini sangat menarik sebagaimana banyak orang yang kagum dengan kepemimpinan Muhammad Al- Fatih serta taktik dalam strategi peperangannya.

    ReplyDelete
  72. Cerita Muhammad Al Fatih ini menginspirasi saya dengan kegigihan dan keberanian beliau yg bisa diteladani


    Nama:Tina Tantriana
    Kelas:XI-E

    ReplyDelete
  73. beliau sangat menginspirasi bagi banyak orang, senantiasa menjadikan pemimpin yang hebat dlm mencapai keberhasilan.

    Silmi Nadhirah Hasya
    XI-E

    ReplyDelete
  74. Muhammad Al-Fatih adalah seorang pemimpin yang tangguh yang bisa menaklukan konstantinopel sekaligus mengakhiri kekuasaan imperium Romawi timur.yang menginspirasi kita untuk menjadi seseorang yang tangguh dan pemberani


    Nama:Defal Ardiansyah firdaus
    Kelas:XI-E

    ReplyDelete
  75. Sebelumnya saya pernah membaca kisah Muhammad al-Fatih, beliau adalah sosok pemimpin muda yang memiliki pribadi yang tangguh penuh kebaranian sehingga beliau dapat menaklukkan konstantinopel pada usia yang sangat muda,patut dicontoh kegigihannya.

    Nama : Amalia Marliani
    Kelas: XI-E

    ReplyDelete
  76. Cerita muhammad al-fatih ini menginspirasi saya atas keberaniannya diusia muda beliau dalam menaklukan konstantinopel.


    Khilda Inayyah
    XI-E

    ReplyDelete
  77. Saya sangat terinspirasi dari cerita Muhammad Al-Fatih. Karena beliau merupakan sosok pemimpin yang pemberani dan pribadi yang taat dalam beribadah. Oleh karena itu kita harus meniru perilaku beliau.

    Suci Indah Ramadani
    XI - E

    ReplyDelete
  78. Saya kagum sekali dengan kegigihannya Beliau merupakan sosok pemuda yang patut dicontoh kepribadiannya
    Fathir Hakim Billah
    XI-E

    ReplyDelete
  79. Saya sangat kagum kepada beliau yang dapat menaklukkan konstantinopel,sifat nya patut kita contoh

    ReplyDelete
  80. Cerita ini menginspirasi bagi saya dan saya sangat kagum kepada beliau karena kegigihan dan keberaniannya

    Femi yuspita juliani
    XI-E

    ReplyDelete
  81. Saya sangat bangga dengan adanya kisah Muhammad al-Fatih karena bagi saya kisah ini sangat menginspirasi bagi kami terutama saya,apalagi beliau telah menaklukan konstantinopel.

    Nama : Aida Fauziah Rahma
    Kelas : XI E

    ReplyDelete
  82. Dari cerita diatas sangat menginspirasi,kita menjadi tahu bahwa sesulit apapun masalah yang kita hadapi akan menjadi mudah selesai dihadapi jika kita mempunya kekompakkan dr sebuah kelompok/persatuan pasukan seperti Turki Utsmani. Bersungguh-sungguhlah dalam melakukan hal apapun,karena dr kisah diatas saja dengan kesungguhan yang mereka miliki maka mereka dapat mencapai sebuah pencapaian yang diinginkan.

    Hintan permata sari
    XI - E

    ReplyDelete
  83. ceritanya menarik karena al-fatih bisa menaklukkan Konstantinopel sekaligus mengakhiri kekuasaan Imperium Romawi Timur.

    salsabila safarina fatihah
    XI-E

    ReplyDelete
  84. banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari sosok muhamnad Al-Fatih, dengan menjadikannya motivasi.

    Najwa Auliya
    XI E

    ReplyDelete
  85. Ceritanya sangat menginspirasi, dan saya sangat kagum dengan keberanian beliau


    Nazwa artameiva
    XI C

    ReplyDelete
  86. Cerita nya sangat menarik dan sangat menginspirasi dari kisah ini banyak hikmah yang bisa kita petik dan kita ambil.Dan saya sangat kagum kepada Muhammad Al-Fatih karena keberanian dan kegigihan.

    Alia Oktaviani Ahmad
    XI-C

    ReplyDelete
  87. Dari cerita Muhammad Al-fatih banyak motivasi yang bisa diambil misalnya saling bersatu menaklukan Konstantinopel dengan tertib, rapi, dan juga disiplin.

    Fadila Annisa Yasmin
    XI C

    ReplyDelete
  88. Jika kita melihat dari dari penaklukan tersebut, ada pelajaran yang bisa kita ambil :

    1. tentang keyakinan dan optimis bahwa janji Allah dan Rasulnya pasti benar.

    2. kemenangan itu akan diraih oleh orang yang pantas dan pasukan yang pantas

    3. jika kita yakin bahwa Islam pasti berjaya, maka kita pun harus memantaskan diri untuk bisa berjuang meraih kejayaan itu.

    Azalia Adelin
    XI-C

    ReplyDelete
  89. Cerita ini sangat bagus bisa menginspirasi orang banyak dan bisa menjadi motivasi bagi orang banyak sikapnya pun Cerdas, beriman, serta kepemimpinannya yang luar biasa sehingga dapat menaklukan Konstantinope.
    Farhan Ghifari
    11C

    ReplyDelete
  90. Kisah Muhammad Al Fatih ini, sgt menginspirasi bagi kita semua, agar kita menjadi diri yg lebih kuat dan pemberani sama hal nya spt Muhammad Al Fatih dalam menaklukan kontatinopel

    Nama: Myra Zada Ismena
    Kelas : XI-C

    ReplyDelete
  91. Muhammad Al-fatih penakluk konstantinopel serta mengakhiri kekuasaan imperium romawi Timur membuat saya kagum kepada beliau serta menginspirasi saya untuk mengikuti keberanian dan kegigihannya

    Nama:Mutiara Fitri Permata Sari
    Kelas:XI-C

    ReplyDelete
  92. Sangat menginspirasi kita patut mencontoh beliau dengan sifat nya yang pemberani,gigih, sabar, sehingga beliau bisa mencapai keberhasilan.

    Shiva Regina
    XI-C

    ReplyDelete
  93. beliau sangat mengispirasi. sikapnya pemberani, memiliki jiwa kepemimpinan, gigih dan berani adalah sikap yang dapat diambil dari sosok alfatih

    Desinta Dwi Lestari
    XI-C

    ReplyDelete
  94. Nama:Putri Rahmi Azzikra
    Kelas:XI-C

    Sebelumnya saya sudah pernah membaca kisah Muhammad al-Fatih,ia sosok pemimpin yang patut dicontoh dikarenakan memiliki pribadi yang tangguh dan sangat berani.

    ReplyDelete
  95. banyak sekali pelajaran yg dapat kita ambil dari cerita ini.cerita yg sangat menginspirasi dan saya sangat kagum terhadap sosok al-fatih dengan keberanian dan kegigihan nya contohnya saling bersatu menaklukan konstantinopel. kita dapat mengambil banyak motivasi dari cerita ini

    sherly delistiany
    XI-C

    ReplyDelete
  96. ceritanya menarik dan banyak sekali pelajaran yg kita ambil dari sosok Al-fatih,apalagi beliau telah menaklukan konstantinopel.


    Siti teti khoeriah
    Xl-C

    ReplyDelete
  97. Kisah Sultan Muhammad Al-fatih sangat menginspirasi, saya sangat kagum pada beliau dengan sifatnya.
    Mohammad ibnu Nur Ramadhan

    ReplyDelete
  98. dari sosok Muhammad Al-Fatih, banyak yang dapat saya pelajari dan saya jadikan panutan sebagai bekal di masa yang akan datang. salah satunya adalah keberanian dan kegigihan nya.

    ReplyDelete
  99. Sosok Al-Fatih memang begitu fenomenal. Dengan keberhasilannya membebaskan kota Konstantinopel, ia dianggap telah membuktikan hadis Nabi Muhammad SAW pada 8 abad sebelumnya dan disebut sebagai sebaik-sebaik pemimpin

    Naifa nurul hidayani
    XI-C

    ReplyDelete
  100. Cerita ini sangat menginspirasi saya dan saya sangat kagum,sikap nya yang pemberani dan pantang menyerah itu patut dicontoh

    Dhafi Fauzan Azhar
    XI-C

    ReplyDelete
  101. Kahilla Sarah Azmy
    XI-C

    Kisah Muhammad Al-Fatih sangat menarik dan menginspirasi, beliau memiliki pribadi yg patut dicontoh seperti keberaniannya, kegigihannya dalam menaklukan konstantinopel. Semoga kita sebagai generasi penerus bisa mencontoh kepribadian beliau supaya bisa menjadi pribadi yg mampu menginspirasi banyak orang.

    ReplyDelete
  102. Kisah Muhammad Al-Fatih sangat menginspirasi dikarenakan beliau mempunyai sikap pemberani,cerdas dan mempunyai prestasi yang membanggakan.

    Nama : Maulida Mustaqim Haq
    Kelas : XI - C

    ReplyDelete
  103. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita ini sangat menginspirasi dan banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita ini, dan saya sangat kagum terhadap Muhammad Al-Fatih karena melihat keberaniannya sehingga beliau dapat menaklukkan konstantinopel.

      Shabrina Dinda Rajbani
      XI-C

      Delete
  104. Muhammad Al-Fatih adalah salah satu tokoh islam yang patut kita contoh. Beliau diusia yang cukup muda sudah bisa merebut konstantinopel. Memiliki sikap tegas, tangguh, bertanggung jawab,dan memiliki sikap seorang pemimpin seperti beliau sangat amat dibutuhkan bagi untuk pemimpin di masa sekarang.

    Adinda Ayu Dwi Kharisma
    XI-C

    ReplyDelete
  105. Kisah Muhammad al-Fatih sangat mengispirasi semua orang karena kegigihan dan keberaniannya yg patut untuk ditiru

    Arinda Nurul Zarka
    XI-C

    ReplyDelete
  106. Kisah yang sangat fenomenal dan menginspirasi semua orang, khususnya umat muslim. Saya harap kisah Muhammad Al-Fatih ini dapat kita pelajari, sehingga akan muncul pemimpin-pemimpin muslim yang hebat dan adil di masa yang akan datang.

    Ihsan Muhammad Iqbal
    XI C

    ReplyDelete
  107. Kisah Muhamad al-Fatih sosok yang sangat hebat dan menginspirasi saya dan banyak orang


    Ahmad Soleh Nugraha
    XI-C

    ReplyDelete
  108. Sosok Muhammad al-fatih sangat menginspirasi marena keberanianya dan perjuangannya menaklukkan konstantinopel dan juga prestasi beliau yang sangat membanggakan.


    Yuli Nurholiza
    XI - C


    ReplyDelete
  109. Cerita Muhammad al-Fatih sangat menginspirasi dan menjadi teladan bagi kita semua


    Dede Annisa Rahayu
    XI-C

    ReplyDelete
  110. Muhammad al fatih menjadi sosok inspirasi yang menarik untuk kita semua bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan selagi kita punya niat dan usaha yang kuat untuk menggapai mimpi.
    Fajar ihsanudin
    XI- B

    ReplyDelete
  111. Di usia yang cukup muda ia mampu menaklukan konstantinopel dan itu bukan hal yang mudah tpi dengan bantuan dari allah SWT ia mampu melakukannya jika allah SWT memang berkehendak maka akan terjadi

    NAMA : AYU RAHAYU
    KELAS : XI-B

    ReplyDelete
  112. Sultan muhammad al fatih adalah salah satu tokoh yg sangat berpengaruh terhadap revolusi islam dan salah satu contoh teladan yg baik.
    Darul fikri
    XI-B

    ReplyDelete
  113. Nama: Salma Sabila
    Kelas: 11-b

    Cerita Muhammad al-Fatih sangat menginspirasi karena kegigihan dan keberaniannya, dari sosok ini semoga banyak pemimpin pemimpin muslim yang hebat dan adil.

    ReplyDelete
  114. islam memang sepantasnya menguasai dunia apalagi konstantinopel yang menjadi pusat perdagangan dunia bukan hanya pusat perdagangan tetapi juga merupakan pusat peradaban ilmu pengetahuan. al-fatih sudah sejak kecil diwakafkan oleh ayahnya untuk dijadikan orang yang mengabdi kepada agama, al-fatih memang pantas dicontoh sebagi tokoh yang baik dan benar untuk dikehidupan sehari hari.

    Nama : Rifa Septiany
    Kelas : XI-B

    ReplyDelete
  115. Begitu menginspirasi semua orang, karna dengan sikap nya yang tegas, tangguh, bertanggung jawab dan memiliki sikap seorang pemimpin dapat menginspirasi semua banyak orang.

    Alsaiza alma fatihah
    XI-B

    ReplyDelete
  116. Begitu menginspirasi semua orang, karna dengan sikap nya yang tegas, tangguh, bertanggung jawab dan memiliki sikap seorang pemimpin dapat menginspirasi semua banyak orang.

    Alsaiza alma fatihah
    XI-B

    ReplyDelete
  117. Begitu menginspirasi semua orang, karna dengan sikap nya yang tegas, tangguh, bertanggung jawab dan memiliki sikap seorang pemimpin dapat menginspirasi semua banyak orang.

    Alsaiza alma fatihah
    XI-B

    ReplyDelete
  118. sikap beliau yang sangat pemberani membuat saya kagum dan lebih percaya bahwa tiada yang tida mungkin di dunia ini dengan keberanian dan niat yang baik

    Nama : ELSA SALSABILA
    kelas: XI B

    ReplyDelete
  119. sebelumnya, memang pernah tau siapa muhammad al fatih, hanya tidak mengetahui lebih jelas ceritanya. setelah baca ini, saya menjadi tahu cerita dibalik nama muhammad al fatih itu, bahasa yg digunakannya enak dibaca sehingga saya mudah faham


    Nama : Dzakiya Fathiarrahma
    Kelas : XI - B

    ReplyDelete
  120. Sultan muhammad al fatih adalah salah satu tokoh yg sangat berpengaruh terhadap revolusi islam dan salah satu contoh teladan yg baik.
    Darul fikri
    XI-B

    ReplyDelete
  121. Muhammad Al-Fatih sang Penakluk Konstantinopel.
    Pemuda sang Pengukir Sejarah, Sultan Turki Ustmani yang pada saat itu baru berusia 21 tahun, Pemimpin terbaik yang dijanjikan Rosululloh.
    Pemuda yg patut kita teladani karna sikapnya.

    Syamrotul Amalia
    XI-B

    ReplyDelete
  122. Sosok yang sangat mengispirasi,dan memotivasi generasi baru

    Nama:M Rafli A
    Kelas:XI~B

    ReplyDelete
  123. Sosok muhammad al fatih sangat menginspirasi sekali bagi saya karena sosok nya yang pemberani,tangguh,dan sosok pemimpin yang baik dan betanggung jawab,sehingga sangat menginspirasi sekali

    Nama:Muchamad Raihan Rizaldi
    Kelas:XI B

    ReplyDelete
  124. Setelah membaca ini saya jdi tau siapa itu muhammad al-fatih bagaimana iya memimpin pasukannya dengan kegigihan,kerja keras dan niat yang kuat

    Nama: Devita septiani
    Kelas: xi b

    ReplyDelete
  125. Muhammad al-Fatih (محمد الفاتح, Fatih Sultan Mehmed) merupakan penguasa Utsmani ketujuh dan berkuasa pada 1444 – 1446 dan 1451 – 1481. ... Dia dikenal sebagai pahlawan di Turki maupun dunia Islam secara luas.


    Nama:Ervin Hediansyah
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  126. Cerita beliau sangat menginspirasi bagi saya, terutama beliau orang yang pemberani dan pencapaian nya yang sangat bagus terhadap konstantinopel.

    Risa Lestari
    XI C

    ReplyDelete
  127. Sosok muhammad al fatih merupakan contoh bagaimana pemimpin seharusnya,berwibawa,gigih,berani,jujur,dan tangguh,mengayomi yang lemah bukan malah menindas,beliau adalah seorang pemimpin yang patut dijadikan suri tauladan

    Nama:Balqis clarisa rahmadhita
    Kelas:11-b

    ReplyDelete
  128. setelah mendengar cerita ini,sosok muhammad al fatih sangat menginspirasi bagi saya dan bisa menjadi motivasi agar selalu berani dan menjadi sosok pemimpin yang sangat bertanggung jawab

    Nama :Nazwa Zaimatunisa
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  129. hasil takkan pernah mengkhianati kerja keras, dan inilah yang ada pada Muhammad Al- Fatih yang sangat menginspirasi.

    Tegar Dwi Pratami
    XI-B

    ReplyDelete
  130. Muhammad Al Fatih merupakan sosok yang sangat menginspirasi. Di usianya yang cukup muda, beliau bisa menaklukan Konstantinopel dengan keberanian dan kecerdasannya. beliau memang patut dijadikn cntoh

    Mutiara Fuadah
    XI-B

    ReplyDelete
  131. Dari kisah Muhammad Al-Fatih tersebut saya merasa kagum atas keberanian beliau dalam menaklukan kontatinopel.

    Silvy aprilianty
    XI C

    ReplyDelete
  132. Muhammad Al-Fatih menjadi sosok pahlawan islam yang memotivasi karena sifatnya yang tegas,pemberani,bertanggung jawab dan tangguh menjadi cerminan bagi para generasi baru

    Nama : Mohamad Devin A.
    Kelas : XI-B

    ReplyDelete
  133. Muhammad alfatih merupakan salah satu tokoh yang bisa mengajarkan hal hal baik kepada kita, kisah al-fatih dikehidupan sehari hari bisa kita contoh sebagi salah satu acuan untuk bisa memperbaiki sikap kita sebagaimana sikap al-fatih dikisah tersebut, selain menaklukan konstantinopel Muhammad Al Fatih juga bisa menaklukan Asia,beliau juga menginspirasi semua orang


    Nama: Syifa astriani
    Kelas: XI-B

    ReplyDelete
  134. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  135. Nama:Srirahayu
    Kelas:XI-B

    kisah Muhammad Al-fatih ini,menginspirasi dan Memotivasi kita sebagai pembaca.

    ReplyDelete
  136. saya pernah mendengar sejarah tentang Muhammad al-fatih dan saya tertegun dengan keberaniannya dalam menaklukan konstatinopel

    Novita Pratiwi
    XI B

    ReplyDelete
  137. dari kisah tersebut saya merasa kagum dengan keberaniannya dalam menaklukan konstatinopel.

    Nama:Faisya Rachmiani Putri
    Kelas: XI B

    ReplyDelete
  138. Cerita muhammad al-fatih ini sangat Berguna Bagi kehidupan kita dan sangat menginspirasi, beliau adalah sosok yang pemberani dalam melakukan rintangan apapun dan dia tetap tegar dan kuat menjalaninya jadi kita bisa belajar dari keberaninannya

    Rofi Khoirul Anwar
    XI-B

    ReplyDelete
  139. kisah beliau sangat menginspirasi banyak orang termasuk saya, saya kagum dengan keberaniannya.

    Risnanda Mulfia Fauziah
    11-B

    ReplyDelete
  140. Perjuangannya yang sangat hebat hingga menghasilkan hasil yang hebat juga , kisah ini adalah kisah yang sangat menginspirasi Menurut saya dan patut dicontoh untuk kita berjuang memperjuangkan yang kita impikan

    Nama:nindi n
    Kelas: XI B

    ReplyDelete
  141. cukup familiar ditelinga orang orang muslim,bahwa Muhammad Al-Fatih merupakan sesosok pemimpin yang jujur,adil,kuat dan tangguh.kegigihannya menaklukan konstantinopel merupakan sebuah perjuangan yang amat sulit,namun dengan niat mulia dan Allah menghendakinya semua terasa begitu mudah untuk Muhammad Al-Fatih.
    semoga banyak yang meneladani kisah Muhammad Al Fatih ini.Aaamiin


    Ayesha Aufa Syauqi
    XI-B

    ReplyDelete
  142. Tokoh muhammad al fatih sangat terinspirasi bagi saya, ceritanya juga menarik mudah di pahami dan juga kita harus kita harus menuruti telandan beliau.

    Havid Hamdani
    IX C

    ReplyDelete
  143. sangat kagum dengan keberaniannya, usaha tidak akan mengkhianati hasil dan sangat menginspirasi.

    Nisrina Tsabitah
    XI-A

    ReplyDelete
  144. Cerita beliau sangat menginspirasi karena beliau memiliki sifat yang bertanggung jawab,berani dan patut di contoh

    Nama: Arsyla Az-zahra
    Kls:XI-f

    ReplyDelete
  145. Dari cerita muhamad alfatih,terlihat bahwa beliau merupakan sosok pemimpin yang adil,mengayomi, kuat dan jujur dan berani untuk mencapai suatu tujuan, dan dari sejarah ini saya menjadi terinspirasi dati sosok muhamad alfatih yang patut kita contoh untuk selalu optimis semangat, jujur, dan berani terhadap suatu hal yang ingin kita capai,dan juga dia sangat luarbiasa karena ketika berumur 8 tahun, dia sudah hafal al-quran, subhanallah.

    Nama:Rara Azzahra
    Kelas:XI-F

    ReplyDelete
  146. Cerita beliau sangat menginspirasi karena beliau memiliki sifat yang bertanggung jawab,berani dan patut di contoh

    Nama: Arsyla Az-zahra
    Kls:XI-f

    ReplyDelete
  147. Dari cerita muhamad alfatih,terlihat bahwa beliau merupakan sosok pemimpin yang adil,mengayomi, kuat dan jujur dan berani untuk mencapai suatu tujuan, dan dari sejarah ini saya menjadi terinspirasi dati sosok muhamad alfatih yang patut kita contoh untuk selalu optimis semangat, jujur, dan berani terhadap suatu hal yang ingin kita capai,dan juga dia sangat luarbiasa karena ketika berumur 8 tahun, dia sudah hafal al-quran, subhanallah.

    Nama:Rara Azzahra
    Kelas:XI-F

    ReplyDelete
  148. Kisah/cerita muhammad al-fatih mengajarkan kita betapa pentingnya menghargai agama lain. Meskipun agama kita berbeda tetapi kita sama, sama sama manusia dan sama sama punya hati dan harus saling bertoleransi

    Dinda amalia
    XI-F

    ReplyDelete
  149. Muhammad al-Fatih sangat mengispirasi. sikapnya pemberani, memiliki jiwa kepemimpinan, gigih dan berani adalah sikap yang dapat diambil dari beliau ,beliau sangat menginspirasi anak anak muda untuk bertanggung jawab atas segala sesuatu yg di perbuatnya

    Ajay Jaelani
    XI-F

    ReplyDelete
  150. Nama:Syauqi ramadhan
    Kelas:XI f

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhammad al-Fatih sangat menginspirasi kita betapa pentingnya menghargai agama lain. Meskipun kita beda agama tapi kita sama. Sama-sama punya hati dan toleransi

      Nama : Syauqi ramadhan
      Kelas : XI-f

      Delete
    2. Muhammad al-Fatih sangat menginspirasi kita betapa pentingnya menghargai agama lain. Meskipun kita beda agama tapi kita sama. Sama-sama punya hati dan toleransi

      Nama : Syauqi ramadhan
      Kelas : XI-f

      Delete
  151. Muhamad al-Fatih sangat menginspirasi buat kita kita agar ttp Harus berjuang,jangan Patang menyerah dan pemberani
    Tresna Darmawanti
    11-f

    ReplyDelete
  152. Sejarah memang harus diinget tapi jangan inget sejarah dengan dendam

    NAMA:APIF ABDUL HAMOD
    KELAS:XI-F

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah komen

      MUHAMMAD AL-FATIH adalah salah satu orang yg harus kita teladani, perjuanganya bisa jadinpelajaran bagi kita

      Delete
  153. Nama :Naila fahma aulia
    Kls :XI-F
    Saya sangat terinspirasi dengan cerita beliau karena beliau memiliki sifat yang pemberani

    ReplyDelete
  154. ada banyak sikap² yang bisa kita tiru dari Sultan Muhammad Al Fatih dalam cerita ini salah satunya adalah ketika ia tidak menyerah bahkan setelah mengalami keputusasaan.

    nama : Siti Soza Yasmin
    kelas : XI-F

    ReplyDelete
  155. Kisah Muhammad Al fatih, yg diciptakan oleh Allah untuk menaklukan Konstantinopel yg telah bisa menghafal al qur'an sejak usia 8thn dan membuatnya bisa menaklukan konstantinopel,atas usaha nya yang tidak pantang menyerah dalam beribadah dapat kita ambil contoh bahwa beliau adalah sosok yang sangat luar biasa atas semua bentuk usahanya dalam mimpi 8 abad umat islam

    ReplyDelete
  156. Kisahnya sangat menginspirasi sekali karna banyak hikmah yang dapat kita contoh dari beliau dan juga kita harus berani untuk mencapai tujuan


    Nama:Nadila Dina Indriani
    Kelas: XI-F

    ReplyDelete
  157. Setelah membaca cerita muhammad al-fatih, beliau sangat menginspirasi karena memiliki sifat yang berani dan bertanggung jawab

    ReplyDelete
  158. dari cerita tersebut bisa kita petik bahwa kemenangan akan diraih oleh org yang pantas dan pasukan yang pantas, melihat sikap dan tindakan muhammad alfatih yang berani, pantang menyerah patut dicontoh bagi penerus bangsa demi meraih kejayaan dengan keyakinan dan selalu optimis

    Melani Agustin
    XI F

    ReplyDelete
  159. Muhammad al-Fatih menurut saya merupakan pemimpin dari semua pemimpin dalam arti jiwa kepemimpinan yang kuat serta rasa tanggungjawab yang besar mempu mengalahkan semua menurutnya merugikan.

    ReplyDelete
  160. Pernah mendengar cerita tentang kehebatan sultan al–fatih, Sangat menginspirasi karna beliau tidak mudah putus asa walaupun memang sempat di rasa tapi beliau tetap mendapatkan kembali semangat itu dan berusaha lebih, atas izin allah sultah alfatih mampu menaklukan Konstantinopel yang terkenal kuat pada masa nya. Juga sikap nya yang sangat bijaksana ketika memimpin kerajaan.

    Nama : Gaidha noer mulla shadra
    Kelas : XI–F

    ReplyDelete
  161. Nama:Moch rizkan herlambang
    Kelas:XI-F

    Muhammad Al Fatih menjadikan sejarah sebagai panutanya, dari sejarah lah ia belajar bagaimana atau apa yang harus dilakukan dalam menghadapi suatu masalah.

    ReplyDelete
  162. Beliau, Muhammad Al Fatih mengajarkan pelajaran berharga bagi kita semua. Bahwasannya, seberat atau sesusah apapun cobaan yang kita hadapi jangan pernah menyerah dan tetap berusaha.


    Asti Mar'atus Solehah
    XI-F

    ReplyDelete
  163. Muhammad al fatih adalah orang orang yang saya kagumi dalam strategi perang nya setelah rasulullah dan khalid bin walid.
    Sebenarnya di masa kenabian romawi hampir saja di bebas kan. Ketika itu nabi mengirim surat surat untuk mengajak islam kepada raja raja dunia termasuk kaisar heraklius raja romawi saat itu. Karna heraklius adalah seorang ahli kitab injil ia menanyai sahabat yang di utus rasulullah tentang ciri kenabian nabi muhammad SAW, karna ia mengetahui ciri ciri nabi terakhir setelah isa AS. Setelah memastikan rasulullah adalah nabi terakhir ia pun bersyahadat, namun keinginan terhadap dunia mengalahkan iman nya. Ia kembali murtad setelah para pendeta romawi menolak islam bahkan ia membantu salah satu suku memerangi nabi di perang mu'tah.


    Nama: mohammad rahmat fauzan
    Kelas: XI F

    ReplyDelete
  164. Sultan Mehmed II atau juga dikenal Sultan Muhammad Al Fatih.beliau adalah Sultan yang memerintah di Dinasti Turki Utsmani. Beliau sudah diangkat menjadi seorang sultan pada usia 12 tahun. Beliau mendapatkan julukan Al-Fatih (sang penakluk) karena telah berhasil menaklukkan Konstantinopel dan dilakukannya pada saat usianya masih 21 Tahun.
    Sultan Muhammad Al Fatih mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika & menguasai 6 bahasa.
    Luar biasanya keberadaan Muhammad Al-Fatih ini pun telah diprediksi oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:

    “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad].

    Andieni Dwi Septaviani
    XI-F

    ReplyDelete
  165. Muhammad Al-Fatih adalah sosok pepimpin yang luar biasa. Pemimpin yang mengajak pasukannya untuk terus berjuang tanpa memikirkan balasan atas perjuangannya. Karena mereka taat terhadap Allah dan rasul-Nya, serta mereka hanya mengharap amalan mereka diterima oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  166. Muhammad Alfatih adalah sosok pemimpin yng sangat luar biasa sehingga menginspirasi pda kita semu.mereka juga sangat taat kepada allah swt.

    ReplyDelete
  167. Cerita ini membuktikan bahwa janji Allah itu nyata. Perjuangan,kerja keras,pengorbanan akan memberi hasil yang luar biasa.Segala ketidakmungkinan akan menjadi mungkin atas kehendak Allah. Dan Muhammad Al Fatih menjadi sosok yang luar biasa dengan kegigihannya bisa membawa umat islam lebih berjaya.
    Destiyanti WR
    XII MIPA 4

    ReplyDelete
  168. Nama : Dewinta Padma Sahda
    Kelas : XII MIPA 4

    Setelah saya membaca sebuah perjalanan dalam sejarah yang luar biasa, saya merasa sangat kagum dan terinspirasi oleh sosok Muhammad Alfatih dan pasukannya yang selalu berusaha ditengah kesulitan, berdo'a, beribadah, dan menyusun strategi atas kehendak Allah SWT yang mana Allah SWT akan selalu bersama hamba-Nya ditengah situasi apapun. Sosok Muhammad Alfatih harus kita jadikan sebuah panutan dalam menjalani sebuah kehidupan. Tak lupa yang ingin saya sampaikan bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, dengan seizinnya Allah SWT semua bisa terjadi, bahkan sudah terbukti dengan apa yang terjadi pada Konstantinopel oleh Muhammad Alfatih dan pasukannya. Dalam sejarah, terdapat moral value yang dapat kita analisis dan diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka, hargailah sebuah sejarah dan buat sejarah baru untuk agama Islam dan untuk bangsa tercinta, Indonesia.

    ReplyDelete
  169. Nama : Dewinta Padma Sahda
    Kelas : XII MIPA 4

    Setelah saya membaca sebuah perjalanan dalam sejarah yang luar biasa, saya merasa sangat kagum dan terinspirasi oleh sosok Muhammad Alfatih dan pasukannya yang selalu berusaha ditengah kesulitan, berdo'a, beribadah, dan menyusun strategi atas kehendak Allah SWT yang mana Allah SWT akan selalu bersama hamba-Nya ditengah situasi apapun. Sosok Muhammad Alfatih harus kita jadikan sebuah panutan dalam menjalani sebuah kehidupan. Tak lupa yang ingin saya sampaikan bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, dengan seizinnya Allah SWT semua bisa terjadi, bahkan sudah terbukti dengan apa yang terjadi pada Konstantinopel oleh Muhammad Alfatih dan pasukannya. Dalam sejarah, terdapat moral value yang dapat kita analisis dan diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka, hargailah sebuah sejarah dan buat sejarah baru untuk agama Islam dan untuk bangsa tercinta, Indonesia.

    ReplyDelete
  170. Nama : Wafa Alya Nabilla
    Kelas : XII MIPA 4
    Sekolah : SMA Negeri 1 Cicalengka

    Sejarah masa lalu tentang konstantinopel ini sangatlah menarik, luar biasa dan penuh dengan pelajaran yang dapat dipetik juga tak lupa harus diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

    Sosok Mehmed II atau Sultan Muhammad Al Fatih adalah salah satu sosok yang saya dan banyak orang kagumi. Sosok pejuang dan pemimpin yang pantang menyerah dalam hidupnya namun di dalam menjalani kehidupan, tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim.

    Selain sosoknya yang tak hanya mementingkan kualitas diri, beliau juga senantiasa mengajak pasukannya untuk selalu mengikuti tuntunan-Nya. Beliau pun tetap memiliki rasa belas kasihan kepada kaum Romawi saat peristiwa penaklukan Konstantinopel berhasil dilakukan.

    Namun, impiannya untuk menaklukan Konstantinopel itu tidak terlepas dari izin Allah SWT.. di samping kekuatan fisik dan kecerdasan intelektual. Karena jika hanya mengandalkan fisik dan intelektual, namun jikalau Allah SWT. tidak mengizinkan, maka impian menaklukan Konstantinopel itu hanya menjadi angan-angan yang ada di pikiran saja. Sehingga, dalam menjalankan apapun, kita tetap harus melibatkan Allah SWT.. di setiap langkahnya. Insyaallah.

    ReplyDelete
  171. Nadila yulistia azahra. 11 f

    ReplyDelete
  172. Nama : Muhammad Hanif Suryana
    Kelas: XI - F

    Jujur, saya merinding terkagum membaca kisah beliau, Muhammad Al-Fatih. Bukan karena kecerdasannya,kekuatannya,mentalnnya,ataupun keberaniannya. Tetapi karena keimanan dan rasa cintanya terhadap Allah dan RosulNya. Beliau ingin mewujudkan nubuwah rosulullah, Hingga Allah menganugerahi semua kelebihan itu padanya. Akhirnya, beliau pun dapat menaklukan kerajaan romawi yang terlah berdiri kokoh dan tak terkalahkan selama berabad abad lamanya. WAW!. Sungguh benar-benar orang yang pantas diidolakan setelah rosul dan para sahabatnya...

    ReplyDelete
  173. sophie rizky p
    XII BAHASA
    wah salut sekali benar benar orang yang harus dijadikan panutan

    ReplyDelete
  174. nama:Jihan Nabilah
    kelas: XII MIPA 4

    setelah membaca ini, saya mendapat inspirasi dari sultan Muhammad al-fatih dengan kegigihan nya dan percaya dengan agama allah swt yaitu islam. Semoga kita semua bisa mencontoh sikap tersebut dari beliau.

    ReplyDelete
  175. Nama : dwibagus saputra
    Kelas : 12 mipa 5
    Sekolah : SMA 1 cicalengka

    Dari kisah ini kita dapat mengetahui maksud dari "be yourself and never surrender" yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  176. Nama : Siri Nurul Hera
    Kelas : XII MIPA 5
    SMAN 1 Cicalengka

    Dari cerita Muhammad al-Fatih kita belajar bahwa sesulit apapun masalahnya jika kita berusaha dan berdoa semua pasti ada jalannya apalagi jika kita selalu dekat dengan Allah SWT

    ReplyDelete
  177. Kisah ini sangat menginspirasi dan dapat dijadikan sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari. Kegigihan, kerja keras, serta pantang mundur yang selalu dilandasi rasa cinta terhadap tuhan, menjadikan hidup lebih bermanfaat tanpa dibebani oleh kekuasaan dan keserakahan.

    ReplyDelete
  178. Nama : seliyani
    Kelas : XII IBB
    Kisah ini sangat menginspirasi dan dapat dijadikan sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari. Kegigihan, kerja keras, serta pantang mundur yang selalu dilandasi rasa cinta terhadap tuhan, menjadikan hidup lebih bermanfaat tanpa dibebani oleh kekuasaan dan keserakahan.

    ReplyDelete
  179. Nama : seliyani
    Kelas : XII IBB
    Kisah ini sangat menginspirasi dan dapat dijadikan sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari. Kegigihan, kerja keras, serta pantang mundur yang selalu dilandasi rasa cinta terhadap tuhan, menjadikan hidup lebih bermanfaat tanpa dibebani oleh kekuasaan dan keserakahan.

    ReplyDelete
  180. Nama : Salma Sari Juliani
    Kelas : XII MIPA 5
    SMAN 1 Cicalengka

    Beberapa tahun yang lalu saya menyelesaikan buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Siauw. Kemudian tulisan ini seolah mengingatkan kembali tentang perjuangan jihad Sultan Mehmed II beserta pasukannya yang disebutkan dalam hadits merupakan sebaik-baiknya pemimpin dan pasukan. Kisah ini bukan hanya mewakili kerajaan Turki Usmani melainkan mewakili Islam di dalamnya. Dari kisah ini saya banyak sekali mendapatkan pelajaran untuk terus memperbaiki diri agar kelak bisa menjadi manusia yang tidak hanya berguna untuk diri sendiri namun juga orang lain. Tentunya dalam kisah ini juga memberikan amanat jika semua kerja keras harus disertai dengan doa kepada-Nya. Sehingga semua kerja keras itu diridhai oleh-Nya dan menjadi amal ibadah.

    Muhammad Al-Fatih adalah salah satu sosok inspirasi yang hebat. Dari fondasi keimanan yang kuat hingga berangkat ke medan perang bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan kedudukan, namun mengembalikan tonggak kejayaan islam di tanah eropa.

    ReplyDelete
  181. Dari sejarah tersebut bahwa kita bisa banyak mengambil hikmahnya ,yaitu misalnya dari setiap kesulitan pasti ada kesenangan setelahnya dan itu janji Allah,karena Allah juga tidak menyukai seseorang yang bermalas-malasan.Maka dari itu ,untuk mencapai kemenangan kita harus terus berusaha untuk mencapai tujuan tersebut.Teruslah melangkah kedepan,jangan sampai kita berpikiran untuk mundur.karena tujuan kita tersebut boleh jadi sedikit lagi dari apa yang kita telah prediksi yang ujung-ujungnya kita jadi takabur.karena salah satu pepatah mengatakan,"karena hasil tidak akan mengkhianati usaha".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Giva Rizky Faturrohman
      Kelas : XII-IPS 3
      Sekolah : SMAN 1 CICALENGKA

      Delete
  182. Nama : Aldi Hermawan
    Kelas : XII MIPA 5
    SEKOLAH : SMAN 1 CICALENGKA

    Kisah tersebut Sangat inspiratif. Di mana kita harus semangat untuk mencari jalan keluar Dari setiap permasalahan yang kita hadapi. Seriap orang memiliki masalahnya masing-masing. Jadi jangan mengeluh apalagi sampai menyerah. Jika kita memliki tekad yang kuat untuk menyelasaikannya, atas izin Allah. insyaallah bisa.

    ReplyDelete
  183. Nangis bacanya TT_TT
    Aku pernah nonton filmnya tapi agak beda jalan ceritanya.
    Makasih banyak sudah dibuat blog kayak gini bu.. Cara penulisan yg komunikatif, membuat saya merasa melihat langsung kejadiannya.

    Kartika Ayu Larasati
    XII MIPA 5
    SMA Negeri 1 Cicalengka

    ReplyDelete
  184. Nangis bacanya TT_TT
    Aku pernah nonton filmnya tapi agak beda jalan ceritanya.
    Makasih banyak sudah dibuat blog kayak gini bu.. Cara penulisan yg komunikatif, membuat saya merasa melihat langsung kejadiannya.

    Kartika Ayu Larasati
    XII MIPA 5
    SMA Negeri 1 Cicalengka

    ReplyDelete
  185. Nama : Chindy Erlita Urbach
    Kelas : XII MIPA 1
    SMAN 1 CICALENGKA

    Dari cerita tersebut, hal yang dapat diambil hikmahnya yaitu sesulit dan seberat apapun itu rintangan yang harus diperjuangkan, akan bisa dihadapi dengan kegigihan, kecerdasan, usaha dengan tidak menyerah, dan selalu berharap kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  186. Nama : Resti Yanuar
    Kelas: XII IPS 2

    Muhammad Al- fatoh sendiri terinspirasi dari ayahnya yg sama pemberani dan bertekad untuk menjayakan islam. dari kesalahan strategi yang dibuat ayahnya muhammad alfatih terus memperbaki strategi tersebt hingga menjadi strategi yang sangat baik dan matang. tidak hanya otot (kekuatan pasukan) yg diandalkan namun otak (strategi perang) pun harus bisa diandalkan

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...