Sunday 26 July 2020

"Mutiara Dari Timur" Untuk Dunia


Setelah Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ketangan Turki Ustmani maka babak baru perjalanan sejarah dunia pun dimulai, orang-orang Barat (Eropa) mulai berburu dan bertaruh dengan melakukan Penjelajahan Samudera, melalui bentangan lautan dan samudra luas nan ganas demi menemukan tempat sumber penghasil “Buah dari Syurga” yaitu Rempah-rempah, yang suatu saat menjadi salah satu alasan penggerak sejarah dan mengubah peta dunia.

Peran penting Konstantinopel yang merupakan narahubung antara dunia Barat (Eropa) dan Timur (Asia) setelah jatuh ketangan Turki Ustmani membuat perdagangan antara Eropa dan Asia di Laut Tengah menjadi terhambat, komoditi-komoditi yang disukai dan sangat dibutuhkan orang-orang Eropa menjadi sangat sulit didapat yaitu seperti emas, sutera dan rempah-rempah. Harga yang melambung tinggi disertai dengan kelangkaan barang (read : Rempah-rempah) menjadi salah satu alasan dikemudian hari bagi orang-orang Eropa nekad mempertaruhkan demikian besar resiko demi menemukan daerah penghasil rempah-rempah yang mereka sebut dengan “Mutiara dari Timur”. 

Mengapa orang Eropa sangat menggemari dan membutuhkan rempah-rempah adalah karena sangat bermanfaat baik itu  untuk keperluan obat-obatan/pengobatan salah satunya seperti jahe dan kayu manis dapat membantu meredakan flu batuk, atau kunyit sebagai anti inflamasi dan banyak manfaat lainnya, selain itu juga manfaat dari rempah-rempah bagi orang Eropa adalah sebagai bumbu masakan karena seperti kita ketahui bersama rempah-rempah tidak dihasilkan di Eropa maka lihat saja makanan khas Barat seperti Pizza, Hamburger, Spagetti dan lain sebagainya yang miskin bumbu dibandingkan dengan makanan asli Indonesia yang sarat dan kaya dengan bumbu-bumbu/rempah. dan keberagaman manfaat rempah-rempah lainnya yaitu sebagai ramuan minuman penghangat tubuh dikala musim dingin datang.  Tahukah kamu dimana “Mutiara dari Timur” yang mereka maksud itu berada?...Negeri itu adalah Indonesia yang dulu dunia menyebutnya wilayah Nusantara atau Hindia. 

Bisa kita lihat bagaimana rempah – rempah yang menjadi sumber berkah dikemudian hari menjadi alasan yang mengawali terjadinya penderitaan karena penjajahan. Begitu berharganya rempah-rempah di dunia barat bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua, ini menjadi simbol prestise atau simbol kekayaan orang orang kaya Eropa sehingga untuk menyebut benda-benda yang mahal mereka akan menggunakan istilah “semahal buah pala..”. alasan lain mengapa meskipun sudah ditemukannya daerah penghasil rempah – rempah namun harganya tetap sangat mahal adalah karena rempah-rempah ini dibawa dari pusatnya (Hindia atau Nusantara) dengan perjalanan yang sangat jauh dan beresiko tinggi, mulai dari modal pengadaan kapal beserta ABK (anak Buah Kapal), ditambah dengan resiko badai, cuaca ekstrem, kelaparan, penyakit belum lagi para Bajak Laut yang tak kalah berbahaya mengancam jiwa, namun Ini menjadi lebih baik karena meskipun mahal orang-orang Eropa masih dapat mendapatkan rempah-rempah dibanding dengan sebelumnya dimana harga jauh lebih mahal namun barang sangat langka. 

Portugis dan Spanyol adalah 2 negera besar di Eropa yang menjadi pelopor Penjelajahan Samudera disusul kemudian negara Inggris dan Belanda. Penjelajahan Samudera awalnya membuat Spanyol maupun Portugis berebut jalur, maka untuk mencegah perebutan semakin sengit Paus Yulius II dalam Perjanjian Tordesillas (7 Juni 1494) turun tangan dengan cara membagi dunia menjadi 2 bagian dengan garis meridian 1550 km dimana sebelah timur menjadi jalur penjelajahan bagi Portugis dan sebelah barat adalah jalur untuk Spanyol.  Mengapa perebutan ini hingga membuat Paus Yulius II turun tangan? Jawabannya adalah karena kedua negara ini (Spanyol dan Portugis) adalah 2 negara kesayangan “Gereja”. Adapun alasan mengapa dunia dibagi menjadi dua jalur adalah karena pada saat itu Gereja dan Eropa menyakini bahwa dunia ini berbentuk datar (tidak bulat) maka baik Spanyol maupun Portugis tidak akan bertemu atau berebut kekuasaan lagi karena masing-masing menuju arah yang berbeda. Suatu saat apa yang mereka yakini bahwa bumi ini datar akan terbukti salah  besar karena mereka akan bertemu dititik yang sama yaitu Maluku dan teori bahwa bumi ini datar-pun terbantahkan...

Penjelajahan Samudera diprakarsai oleh Columbus dari Spanyol atas dukungan Ratu Isabella yang memberikan fasilitas yang dibutukan dengan perjanjian dimana ketika Colombus berhasil menemukan tanah baru maka tanah itu merupakan bagian dari kekuasaan Spanyol. Seperti yang kita ketahui, Colombus kemudian mendarat disebuah daerah yang dia kira itu adalah tanah Hindia (Nusantara) sebagai pusat penghasil rempah-rempah padahal yang dia temukan itu adalah wilayah yang sekarang kita sebut dengan Amerika itulah sebabnya penduduk asli Amerika disebut dengan suku Indian, bahkan hingga Colombus menghembuskan nafas terakhir ia tetap menyakini bahwa ia telah menemukan Hindia. 

Keberhasilan Colombus kemudian mengilhami para pelaut lainnya untuk menemukan wilayah baru, salah satunya adalah Vasco de Gama dari Potugis yang memilih jalur berbeda dngan Columbus yaitu mengikuti jalur yang pernah dilalui oleh pendahulunya yaitu Bartolomeus Diaz dimana kemudian Vasco de Gama tiba di India dan mendirikan Kantor dagang disana, namun Vasco de Gama menyadari bahwa tempat yeng mereka datangi bukanlah apa yang mereka cari, maka perjalanan dilanjutkan oleh Alfonso de Alburquerque ke pusat penghasil rempah-rempah, yang pada tahun 1511 Armada Portugis berhasil memasuki daerah Nusantara disusul kemudian dengan kedatangan Spayol yang tiba di Maluku pada tahun 1521. Lalu kapan Belanda datang ke Nusantara? Belanda datang ke Nusantara 1596 setelah Cornelis de Houtman berhasil mendarat di Banten. Mengapa Belanda datang sangat terlambat? Karena sebelum itu Belanda berada dibawah penjajahan Spanyol, hingga setelah Belanda berhasil melepaskan diri dari Spanyol maka Belanda kemudian mencoba peruntungan untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah, hal ini dikuatkan oleh alasan dan kenyataan bahwa orang-orang Belanda kesulitan berdagang di wilayah Lisabon (pusat perdagangan di Eropa) pasca merdeka dari Spanyol. Jadi dapat dibayangkan bagaimana kemudian daerah Nusantara akhirnya terjajah dibawah kekuasaan Belanda yang di Eropa sendiri justru Belanda baru saja merdeka namun justru Belanda malah melakukan hal serupa (penjajahan) terhadap bangsa lain.

Penjelajahan Samudra yang pada awalnya bertujuan untuk mendapatkan sumber penghasil komoditi perdagangan kemudian berkembang menjadi ambisi untuk menguasai daerah-daerah tersebut lalu berkembang lagi menjadi Imperialisme dan Kolonialisme atas wilayah wilayah yang dulunya merdeka dan terbiasa melakukan perdagangan berdasarkan asas Mutualisme (saling menguntungkan) namun setelah bangsa Eropa datang maka asaz ini digantikan dengan sistem monopoli yang hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain. Imperialisme dan kolonialisme memiliki tujuan besar yaitu : Gold (kekayaan/Emas), Glory (Kejayaan/kekuasaan) dan Gospel (Menyebarkan agama Kristen). diantara tujuan-tujuan tersebut, Gospel adalah tujuan paling utama, mengapa? Karena ketika agama kristen yang mereka bawa kemudian diterima dan dianut oleh wilayah-wilayah yang hendak mereka kuasai maka dengan mudah mereka dapat menjalin hubungan karena memiliki dasar kesamaan agama. Penjajahan yang menyakitkan disertai dengan perbudakan, kekerasan, diskriminasi dan pemerasan harus dilalui oleh bangsa-bangsa Asia-Afrika termasuk Indonesia, dikemudian hari memunculkan rasa Nasionalisme yang kelak melahirkan konsep Negara Bangsa (Nation state) seperti lahirnya bangsa dan Negara Indonesia yang tidak terlepas dari usaha Persatuan dan Kesatuan karena tujuan bersama yaitu merdeka dan melepaskan diri dari penjajajahan.

Bagaikan kawah Candradimuka tempat dimana Gatotkaca ditempa agar menjadi kuat, masa krisis, berat dan sulit yang dilalui oleh bangsa Indonesia akibat dari penjajahan selama berabad-abad lamanya memunculkan berbagai perlawanan diberbagai daerah yang dimotori oleh manusia-manusia luar biasa yang kita sebut dengan pahlawan, tanpa mengharapkan nama mereka kelak dapat tercatat dalam tinta emas sejarah para pahlawan itu hanya mengharapkan satu hal yaitu semoga apa yang mereka lakukan dapat diterima menjadi sebuah kebaikan oleh negeri ini dan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena dimasa-masa sulit bahkan dunia tidak pernah lupa untuk melahirkan sosok-sosok istimewa, seperti yang Anis Matta katakan para Pahlawan justru lahir dari rahim dimana masa krisis terjadi, dan dari para pahlawan ini kemudian lahir masa-masa baik dan dari masa yang baik justru melahirkan pemimpin yang lemah dan dari pemimpin yang lemah melahirkan masa yang sulit (krisis) dan dari masa yang sulit (krisis) justru melahirkan pemimpin yang kuat...begitu seterusnya siklus sejarah terjadi.

Penting ! Untuk Evaluasi Pembelajaran Klik Link berikut :

https://forms.gle/UEsb8XRCUKrx9A14A



336 comments:

  1. Terima kasih Bu, ilmunya :)

    Nama : Rifka Rahma Dewi
    Kelas : 11 - A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari artikel ini kita dapat belajar bahwa indonesia itu kaya,semuanya ada di negri ini tugas kita sekarang adalah menghargai apa yang ada dan apa yg sudah di perjuangan oleh para pejuang kemerdekaan sehingga sekarang kita bisa menikmati kekayaan, salah satu nya rempah2 yang pastinya sangat berguna dan di pergunakan untuk kebutuhan kita baik sebagai bumbu masakan atau sebagai obat obatan. Kita wajib berterimakasih atas apa yg bisa kita nikmati sekarang.

      Nama : Aliyah nur alif
      Kls :11-E

      Delete
    2. Dari artikel ini kita dapat belajar bahwa indonesia itu kaya,semuanya ada di negri ini tugas kita sekarang adalah menghargai apa yang ada dan apa yg sudah di perjuangan oleh para pejuang kemerdekaan sehingga sekarang kita bisa menikmati kekayaan, salah satu nya rempah2 yang pastinya sangat berguna dan di pergunakan untuk kebutuhan kita baik sebagai bumbu masakan atau sebagai obat obatan. Kita wajib berterimakasih atas apa yg bisa kita nikmati sekarang.

      Aliyah Nur Alip
      11 E

      Delete
    3. Nama:Siti Aidah listia
      Kelas:11-B
      Dari artikel ini saya dapat mengetahui Begitu berharganya rempah rempah di dunia barat,bahkan sebuah pala di genggaman tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua,maka dari itu kita harus lebih menjaga rempah rempah di Nusantara dengan cara membudidayakan dan mengolah dengan baik

      Delete
  2. Nama : Anye Agisna Cb
    Kelas : XIA Bahasa
    Dari artikel tersebut kita dapat mempelajari bahwa rasa Nasionalisme kita harus selalu tumbuh untuk menciptakan suatu generasi yang lebih kuat agar terhindar dari masa krisis yang mengancam kesatuan negara kita oleh karena itu mari tingkatkan nasionalisme kita untuk generasi yang lebih kuat

    ReplyDelete
  3. Pada saat itu bangsa indonesia dengan mudahnya dipengaruhi oleh orang orang barat, karena belum bersatu padu. Itulah pentingnya agar kita selalu menjaga persatuan dan kesatuan, agar bangsa indonesia tidak terpecah belah, tidak mudah dipengaruhi oleh bangsa lain dan yang pasti agar tidak di jajah kembali.

    Rifaa ghassani rahman (XI A)

    ReplyDelete
  4. Nama: Sherina Norvenky
    Kelas:XI A

    Indonesia memang kaya akan rempah rempah,tetapi dimasa kini masyarakat Indonesia lebih memilih makanan Eropa seperti pizza, hamburger dll,padahal dulu Eropa menjajah kita karena rempah rempah yang sangat berharga dan bermanfaat yang ada di Nusantara,mungkin seharusnya kita harus lebih menjaga rempah rempah di bumi Nusantara, dengan cara membudidayakan dan mengolah nya dengan baik.

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat sekali informasinya, makasih ilmunya Bu

    Nama: Amalia Nurwasilah
    Kelas: 11 A

    ReplyDelete
  6. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya salah satunya yaitu rempah rempahnya. Saya berterimakasih kepada Ibu yang sudah memberikan Artikel/materi teantang "Mutiara dari Timur" untuk dunia, karena artikel/materi ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan akan sejarah sejarah yang ada di dunia ini Salah Satunya di Negeri kita tercinta ini.

    Nama : Ariq Putra Fauzan
    Kelas: XI-A

    ReplyDelete
  7. Begitu berharganya rempah-rempah di dunia barat bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua,ini menjadi simbol prestise atau simbol kekayaan orang orang kaya Eropa sehingga untuk menyebut benda-benda yang mahal mereka akan menggunakan istilah “semahal buah pala..”.

    Nama:Fitri Rumyati
    Kls: XII-A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu berharganya rempah-rempah di dunia barat bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua, ini menjadi simbol prestise atau simbol kekayaan orang orang kaya Eropa sehingga untuk menyebut benda-benda yang mahal mereka akan menggunakan istilah “semahal buah pala..”.

      Nama: Fitri Rumyati
      Kls: XI-A

      Delete

  8. Nama = Bunga Sayyidina K.
    Kelas = XI - A BB

    Masa masa krisis dilalui bangsa Indonesia akibat penjajahan, berbagai perlawanan oleh pahlawan pahlawan,itu sebabnya kita harus mengenang pahlawan pahlawan Indonesia yang telah berkorban .

    ReplyDelete
  9. Nama : Kansya Divia Maldava
    Kelas : XI-A

    dari artikel ini kita bisa belajar untuk lebih membudidayakan rempah-rempah Indonesia dan kurangi mengonsumsi makanan-makanan eropa, sebagai bentuk membudidayakan. saya berterimakasih kepada ibu, dengan ini saya bisa tau seberapa berharganya rempah-rempah Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Bisa kita lihat bagaimana rempah rempah yang menjadi sumber berkah kemudian hari menjadi alasan yang mengawali terjadinya penderitaan karena penjajahan.


    Nama:Reska Dwi Lestari
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  11. Dari informasi ini saya jadi mengerti betapa berharganya kesatuan karna pada jaman dahulu indonesia belum bersatu maka dari itu indonesia dengan mudahnya terjajah oleh negara asing.

    Nama : Afifah Salwa Salsabila
    Kelas : XI-A

    ReplyDelete
  12. Nama:Fardila Salsabila
    Kelas:XI A

    Kita harus bangga karna negara kita indonesia atau yang dulunya disebut nusantara adalah tempat penghasil rempah-rempah yang mereka sebut "mutiara dari timur" dan kita harus sangat berterimakasih pahlawan yang dulu rela berkorban agar indonesia merdeka dan terbebas dari para penjajah yang ingin merebut kekuasaan dan kekayaan alam yang ada indonesia maka dari itu kita harus menjaga dan merawat negara kita ini agar tidak rusak atau diambil alih oleh penjajah karna banyak orang disana yang mengincar negara kita yang kaya akan rempah-rempah dan kekayaan alam lainnya

    ReplyDelete
  13. Alifia nur afni rahmawati
    XI-A

    rempah-rempah ini sangat berharga juga perjuangannya. kita harus melestarikannya dan membudidayakan kekayaan alam ini agar tetap terjaga.

    ReplyDelete
  14. Siti wapa
    XI - A

    Memang indonesia menjadi bahan rebutan rempah-rempah, karena indonesia sangat kaya raya dengan rempah-rempah sehingga menjadi rebutan oleh negara lain.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nama : Fina Luthfiah Munawiroh
    Kelas : XI - A
    Rasa keingintahuan yang sangat besar bisa mendatangkan keberhasilan. Namun,dibalik keberhasilan tersebut menciptakan rasa serakah yang mengakibatkan penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan. Oleh karena itu kita harus belajar dari sejarah untuk senantiasa mawas diri supaya tidak sampai dijajah kembali oleh bangsa lain dengan cara membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan terus memupuk rasa nasionalisme pada setiap bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Dari artikel ini saya dapat mengetahui betapa berharganya dan pentingnya rempah2 yang kita miliki sehingga kita harus menjaga rempah2 ini salah satunya dengan cara dibudidayakan.Saya ucapkan terimakasih kepadad ibu karna dengan adanya artikel ini saya dapat mengetahui lebih banyak mengenai sejarah2 yang ada di dunia dan salah satunya di negara kita.

    Nama:Dzikra Haifa Yusriah
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  18. Nama : Restiani Maldareta Gunawan
    Kelas : XI-A(BB)


    Mutiara dari timur adalah julukan dari bangsa barat terhadap Indonesia karena di negara kepulauan banyak sumber kekayaan alam dan rempah2 sehingga membuat bangsa barat memburu rempah2 tersebut di Indonesia.

    Dan juga rempah-rempah yang didapat dari Nusantara dijual sangat tinggi karena kualitasnya yang bermutu.

    ReplyDelete
  19. Bisa kita lihat bagaimana rempah rempah yang menjadi sumber berkah kemudian hari menjadi alasan yang mengawali terjadinya penderitaan karena penjajahan

    Nama :nabila rahma chaerunisa
    Kelas : IX A

    ReplyDelete
  20. Rempah rembah ini sangat berharga,terima kasih kepada ibu telah memberikan artikel ini ,karena ini saya mengetahui banyak sejarah

    Nama:Destri Maharani
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  21. Dari artikel tersebut,kita bisa mengetahui bahwa betapa banyak manfaat nya rempah-rempah yang ada di dunia ini

    Nama: Siti Toyibah
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  22. Rempah rempah Indonesia memang sangat beragam dan banyak , kita harus melestarikan rempah2 agar tidak ada kelangkaan,dan juga bisa berinovasi membuat makanan dari rempah2 yang kita punya dan bisa sebagai mata pencaharian kita yang mungkin saja makanan yg kita buat akan mendunia seperti pizza dari Eropa dan yang lainnya.


    Nama:Rina Aryanti
    Kelas :XI-D

    ReplyDelete
  23. Dari cerita di atas kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan negara kita sendiri, betapa pentingnya rempah rempah Indonesia di negara lain dan kita harus mensyukurinya.

    Nama : Murni Hafizah Salsabila
    Kelas : XI-D

    ReplyDelete
  24. nama:cucu husni saebah
    kelas:XI-D
    Dari artikel ini saya memahami bagaimai mana pentingnya rempah-rempah bagi umat manusia entah itu buat makanan,minuman,dan dalam hal medis.maka dari itu kita harus lebih mengembankan lagi dalam hasil rempah-rempah.

    ReplyDelete
  25. Dari artikel yang sudah dibaca kita harus mengahargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa indonesia sehingga bisa seperti ini,karena di indonesia begitu berlimpah akan rempah rempah sehingga kita harus menjaga kelestarian dan membudidayakan kekayaan alam yang tidak ada di negara lain.

    Nama:Salma Rosliana
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  26. Kita tahu bahwa rempah-rempah memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang dapat menjadi obat, maka dari itu kita jaga dan budidayakan kekayaan alam yg ada di dunia ini

    Nama : Dini Nursari Anjani
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  27. Terimakasih banyak ilmunya ibuuu


    Nama: Nisrina Tsabitah
    Kelas: XI-A

    ReplyDelete
  28. Dari artikel ini bisa kita ketahui,Rempah rempah sangat berharga dan rempah rempah juga begitu banyak manfaatnya oleh karena itu kita harus melestarikan dan membudidayakan kekayaan alam ini.
    Nama:berlianti rosmawar hayati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  29. Dari cerita di atas kitaa semua sebagai warga negara Indonesia patut berbangga kepada negara kita sendiri yg meliki banyak rempah rempah alami dari alam ,dan kita seharusnya bisa mengimpor rempah rempah dari kita keluar negara .

    Nama:Kevin Pratama ruswendi
    Kelas :XI-D

    ReplyDelete
  30. Dari artikel ini,kita bisa belajar untuk lebih membudidayakan rempah-rempah Indonesia yang kaya manfaatnya dan mengurangi mengonsumsi makanan-makanan eropa( pizza,burger,dll). Dan terimakasih untuk ibu artikel ini bermanfaat karena menambah pengetahuan saya.

    Nama:Mochamad Ariel Mulyadi
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  31. Indonesia kaya akan sumber daya alam nya yang melimpah dan kita sebagai warga negara harus bisa menjaga dan melestarikannya.

    Nama :Risma Amalia
    Kelas :XI-D

    ReplyDelete
  32. rempah – rempah yang menjadi sumber berkah dikemudian hari menjadi alasan yang mengawali terjadinya penderitaan karena penjajahan,maka dari itu kita harus melestarikan rempah-rempah agar tidak langka


    Nama : Novi Fitriyani
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  33. Kedatangan mereka berambisi untuk berburu dan menguasai rempah-rempah dengan menjajah Nusantara, karena rempah-rempah yang dimiliki Indonesia sangat melimpah dan ada diberbagai wilayah, makasih ilmunya bu.

    Nadhira Zharfan Aulia
    XI-D

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Pahlawan justru lahir dari rahim dimana masa-masa sulit atau krisis terjadi, dari dari para pahlawan ini lahir masa-masa baik dan masa yang baik melahirkan pemimpin yang lemah dan dari pemimpin yang lemah melahirkan masa yang sulit (krisis) dan dari masa yang sulit (krisis) justru melahirkan pemimpin yang kuat...begitu seterusnya siklus sejarah terjadi.
    Karena jika kita di lahirkan dengan keadaan yang serba ada dan damai kita tidak akan berusaha keras untuk menjadi lebih maju, tetapi jika kita dilahirkan di saat keaadan yang sulit kita akan berusaha untuk merdeka di dalam keadaan itu.

    Nama: Silvi Lutfiah Padilah
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  36. Saat membaca artikel ini hal yang sangat bermanfaat dan patut kita teladani,menghargai , mensyukuri,dan menjaga akan kekayaan alam yang kita miliki begitu berharganya dan begitu banyak manfaat semua yg negri kita punya

    Nama: Siti NurJamilah
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  37. Indonesia memang dikenal dengan beragam rempah rempah, maka dari itu negara lain juga ingin merebut atau menjajah indonesia karena rempah rempah tersebut
    Kita sebagai bangsa indonesia harus menjaga dan melestarikan rempah rempah tersebut karena sangat berharga bagi indonesia

    Tiara Salsabila
    XI D

    ReplyDelete
  38. Dari artikel ini kita lebih tau bahwa indonesia memang kaya akan rempah rempah sehingga setiap negara pun menginginkan rempah2 dari indonesia karena banyak negara lain yang kekurangan akan itu,dan indonesia harus bangga dengan banyaknya rempah2 yang negara lain banyak tidak memilikinya dan kita harus bisa mempertahankan rempah2 yang ada di indonesia ini.

    Nama:agniati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  39. Indonesia memang dikenal dengan beragam rempah rempah, maka dari itu negara lain juga ingin merebut atau menjajah indonesia karena rempah rempah tersebut
    Kita sebagai bangsa indonesia harus menjaga dan melestarikan rempah rempah tersebut karena sangat berharga bagi indonesia

    Tiara Salsabila
    XI D

    ReplyDelete
  40. Dari artikel ini kita lebih tau bahwa indonesia memang kaya akan rempah rempah sehingga setiap negara pun menginginkan rempah2 dari indonesia karena banyak negara lain yang kekurangan akan itu,dan indonesia harus bangga dengan banyaknya rempah2 yang negara lain banyak tidak memilikinya dan kita harus bisa mempertahankan rempah2 yang ada di indonesia ini.

    Nama:agniati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  41. Dari artikel ini kita lebih tau bahwa indonesia memang kaya akan rempah rempah sehingga setiap negara pun menginginkan rempah2 dari indonesia karena banyak negara lain yang kekurangan akan itu,dan indonesia harus bangga dengan banyaknya rempah2 yang negara lain banyak tidak memilikinya dan kita harus bisa mempertahankan rempah2 yang ada di indonesia ini.

    Nama:agniati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  42. Dari yang saya baca di artikel tadi,banyak pelajaran yang saya ambil yang pertama ayu bersyukur Indonesia adalah negara yang sumber daya alamnya yang sangat melimpah,kaya dalam segala nya,sampe negara lain ingin menjajah Indonesia karena banyak rembah rembah,tapi udah di jajah oleh negara lain,pemuda Indonesia jadikan budak oleh negara yang menjajah Indonesia tapi tak lama ada pemuda Indonesia dan pahlawan yang merebut kembali Indonesia saat lah besar pengorbanan.Dan sekarang yang kita lakukan adalah mengenang para pahlawan kita.



    Nama : Ayu Nabila Fajqoh
    Kelas:Xl-D

    ReplyDelete
  43. Indonesia memang kaya akan rempah. Kita harus bangga kepada para pahlawan akibat dari penjajahan selama berabad abad lamanya melanirkan berbagai perlawanan. Indonesia yang tidak terlepas dari persatuan dan kesatuan karena tujuan bersama yaitu merdeka dan melepaskan diri dari penjajahan yang di lakukan oleh bangsa eropa yang berburu dan bertaruh demi mendapat rempah rempah.


    Ririn nuryasifa
    XI-D

    ReplyDelete
  44. Rempah rempah di indonesia sangat banyak manfaatnya karena itu banyak yang membutuhkan manfaatnya.

    Nama:Tia Kayla Azzahra
    Kelas:XI D

    ReplyDelete
  45. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan rerempahannya.oleh karena itu kita sebagai warga negara harus mempertahankan/melestarikan rerempahan tersebut supaya tidak punah.kita lihat bagaimana para pahlawan mempertahankan negri ini supaya tidak dikuasai oleh para penjajah, mereka berjuang mati matian demi negara kita.oleh karena itu jagalah dan lestarikan hutan,gunung,dan alam kita yang indah ini.karena kerusakan kerusakan itu sebabkan perbuatan manusia sendiri.


    Nabil sauki Billah
    XI-D

    ReplyDelete
  46. wawasan saya jadi bertambah setelah membaca artikel ini,terima kasih bu

    Aldi Herdiana
    11 D

    ReplyDelete
  47. Dari artikel yang saya baca banyak pelajaran yang bisa saya ambil dan kita harus bangga betapa melimpahnya sumber daya alam, rempah rempah yang kita miliki kita harus bangga dan melestarikan rempah rempah tersebut karena itu sangat berharga bagi bangsa Indonesia.



    Nama : Firman Suryadi
    Kelas : XI-D

    ReplyDelete
  48. Nama : Mutia Indah Maharani
    Kelas: XI-D

    Luar biasa,ilmu yang sangat bermanfaat,bertambah nya wawasan yang luas,dan tidak lupa juga bahwa indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah rempahan,oleh karena itu jaga negara kita,jangan sampai di jajah kembali oleh penjajah

    ReplyDelete
  49. Dari artikel ini, kita harus bisa menjaga dan melestarikan rempah rempah, karena rempah rempah yang dimiliki indonesia sangat melimpah dan ada diberbagai wilayah indonesia dan rempah rempah juga memiliki manfaat untuk pengobatan dan kesehatan

    Adhitya aldi maulana
    XI-D

    ReplyDelete
  50. Nama :imam muhamad nur
    Kelas:XI-D

    Sebagai salah satu negara penghasil rempah rempah semestinya kita patut menjaga dan mengembangkan baik dari hasil panen rempah-rempah itu sendiri maupun dari segi SDM

    ReplyDelete
  51. Pengetahuan dalam ilmu sejarah saya lumayan bertambah bu dengan adanya artikel ini,jadi intinya saya sangat bangga dengan Indonesia karena memiliki kekayaannya alam yang sangat melimpah sehingga negara negara lain iri kepada Indonesia karena dengan kekayaan alamnya. .pokoknya bangga wee bu jadi warga negara Indonesia (WNI) teh:)

    Chandra Bima daya
    DI D

    ReplyDelete
  52. Nama:Hadist Guida Herdiana
    Kelas:XI-D

    Sebagai anak muda atau penerus bangsa kita harus menjaga hasil rempah-rempah dan melestarikannya karena indonesia kaya dengan rempah-rempah.dari rempah rempah itu bisa dijadikan sebagai bahan makanan,pengobatan,dll.

    ReplyDelete
  53. Nama:Erina Widia Anggraeni
    Kelas:XI-D


    Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil bumi yang amat sangat berlimpah seperti emas, sutera,rempah-rempah yang bermanfaat dll.Jadi kita sebagai penerus bangsa indonesia harus bisa memanfaatkan SDA dengan baik dan bisa melesratikan nya agar tidak terjadi kelangkaan

    ReplyDelete
  54. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan lanjutkan terus bu!


    Bayu Putra Anugrah
    XI-E

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Nama:Tina Tantriana
    Kelas:XI-E



    Dari artikel ini saya menjadi tahu bahwa indonesia sangat kaya dalam rempah rempah nya jadi kita harus bisa membudidayakan nya agar tetap terjaga

    ReplyDelete
  57. Terimakasih bu, informasinya sangat bagus dan bermanfaat.

    Nama : Najib Alimudin Fajri
    Kelas : XI-E

    ReplyDelete
  58. Banyak ilmu yang kita dapat sekaligus menambah wawasan kita



    Shaila Fauziah
    XI-E

    ReplyDelete
  59. Siti Mariam
    11 E

    Dari artikel diatas kita dapat belajar bahwa begitu kaya dan begitu hebat nya negara kita Indonesia, dan dengan kesulitan dimasa lalu melahirkan sosok sosok pahlawan kuat dan berani, semoga jiwa patriotisme sang pahlawan duku menjadi inspirasi kita untuk terus memajukan dan mengharumkan nama Indonesia.

    ReplyDelete
  60. Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah- rempahnya maka dari itu kita harus bersyukur karena kita bisa menjadi warga negaranya

    ReplyDelete
  61. Nama:Adinda Ayu Rinandasari
    Kelas:XI-E

    Rempah-rempah memiliki banyak manfaat, maka dari itu kita sebagai generasi penerus harus melestarikan dan menjaganya.
    Terimakasih atas informasinya Bu.

    ReplyDelete
  62. Dari artikel ini kita bisa belajar dan menghargai jasa jasa para pahlawan yang memperjuangkan Indonesia demi anak dan cucunya sehingga kita sebagai pelajar sekarang bisa merasakan hasil yang telah di capai dan merasa bangga dengan bumi Nusantara yang kaya akan rempah rempah.


    Gita Aulia Azizah
    XI-E

    ReplyDelete
  63. Rempah-rempah di indonesia memang banyak sekali, jadi beruntung saya dilahirkan di indonesia. Bermanfaat sekali bu materi kali ini terima kasih.

    Aisya sinta shafira
    XI-E

    ReplyDelete
  64. Nama:Ravif Sauqi Al-Ghaffari
    Kelas: XI-D

    Dari sini saya mengerti betapa melimpahnya rempah rempah dari negara indonesia,dan karna ini juga saya jadi ingin menjaga hasil bumi negara indonesia

    ReplyDelete
  65. Dari artikel di atas kita dapat mengetahui bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam,kita sebagai generasi penerus harus melestarikan sumber daya alam tersebut. Terimakasih bu artikelnya

    ReplyDelete
  66. saya setuju dengan gagasan "para Pahlawan justru lahir dari rahim dimana masa-masa sulit atau krisis terjadi, dari dari para pahlawan ini lahir masa-masa baik dan masa yang baik melahirkan pemimpin yang lemah dan dari pemimpin yang lemah melahirkan masa yang sulit (krisis) dan dari masa yang sulit (krisis) justru melahirkan pemimpin yang kuat...begitu seterusnya siklus sejarah terjadi."

    Rysma Yulianti
    XI-E

    ReplyDelete
  67. sangat bermanfaat dan selalu menambah wawasan, terimakasih bu.

    Silmi Nadhirah Hasya
    XI-E

    ReplyDelete
  68. Kekayaan indonesia yang melimpah tak terbilang,mari kita ikut berperan menjaga dan melestarikan,terimakasih ibu ilmunya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekayaan Indonesia yang melimpah tak terbilang,mari kita ikut berperan menjaga dan melestarikan,terimakasih ibu ilmunya:)

      Amalia Marliani
      XI-E

      Delete
  69. Sangat bermanfaat dan banyak wawasan yang bisa kita dapat setelah membaca altikel diatas, Terimakasih bu

    Chandra Krisnawan
    XI-E

    ReplyDelete
  70. Kita patut bersyukur karena di Indonesia banyak sekali rempah rempah yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Dan kita harus menjaganya


    Nama: Aida Fauziah Rahma
    Kelas: XI-E

    ReplyDelete
  71. Negara kita indonesia sangat kaya akan rempah rempahnya maka dari itu kita sebagai warga negara indonesia harus menjaganya dan melestarikannya agar tetap terjaga dengan baik.
    Terimakasi bu informasinya sangat bermanfaat.


    Khilda Inayyah
    XI-E

    ReplyDelete
  72. Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah dan sumber daya alam yang lainnya. Ini yang menjadi penyebab bangsa Eropa ingin menguasai Nusantara. Maka dari itu, harus dijaga dan terus dilestarikan agar Indonesia tetap menjadi negara yang kaya akan rempah-rempah dan sumber daya alam. Manfaatkan dan gunakan sebaik mungkin kelebihan ini dengan bijak dan selalu bersyukur.

    Hanisa Nur Oktaviani XI-E

    ReplyDelete
  73. Terimakasih bu artikel nya sangat bermanfaat
    FathirHakimBillah
    XI-E

    ReplyDelete
  74. Dari artikel diatas kita menjadi tahu bahwa rempah rempah itu sangat berharga dan banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia.jadi kita sebagai generasi bangsa harus bisa melestarikan dan memanfaatkanya dengan baik.


    Defal Ardiansyah firdaus
    XI-E

    ReplyDelete
  75. Rempah rempah di negara lain sangat mahal, di negara melimpah, kita bersyukur tinggal di negara indonesia

    Raka Farhan Fauzan
    XI-E

    ReplyDelete
  76. Terimakasih bu artikel nya banyak manfaatnya dan menambah wawasan


    Chindi mauliyanti
    XI-E

    ReplyDelete
  77. Saya sangat bangga dan bersyukur bisa lahir di negara Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan rempah rempah. Oleh karena itu, kita harus menjaganya dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.
    Terimakasih atas artikelnya Bu.

    ReplyDelete
  78. ilmu yang ibu bagikan sangat bermanfaat

    Salsabila safarina fatihah
    XI-E

    ReplyDelete
  79. Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah rempahnya, maka dari itu kita harus bangga dan bersyukur bisa lahir di negara indonesia
    Femi yuspita juliani
    XI-E

    ReplyDelete
  80. Dari artikel tersebut kita dapat belajar betapa kaya nya Indonesia dalam rempah rempah dan kita harus bersyukur karna kita berada di indonesia yang kaya rempah rempahnya

    Farhan Ghifari
    Kelas XI-C

    ReplyDelete
  81. Dari artikel tersebut kita tahu bahwa Indonesia kaya akan rempah rempah sehingga bangsa barat menjuluki mutiara dari timur dengan begitu kita harus memanfaatkannya dan juga menjaganya dengan sebaik mungkin

    Fadila Annisa Yasmin
    XI C

    ReplyDelete
  82. dari artikel diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa indonesia merupakan negara yang kaya. banyak negara lain yang mendatangi indonesia dan ingin menguasai indonesia demi kekayaaan yang ada di indonesia. dan kita memiliki kewajiban untuk menjaga indonesia dan melestarikan kekayaan di indonesia agar tidak penjajahan tidak terulang untuk yang kedua kali nya.

    Jasmine Aulia Pasha
    XI - C

    ReplyDelete
  83. Dari artikel ini kita bisa tahu bahwa mutiara dari timur itu adalah julukan dari bangsa barat terhadap Indonesia karena di negara kepulauan banyak sumber kekayaan alam dan rempah2 sehingga membuat bangsa barat memburu rempah-rempah tersebut di Indonesia. Negara Indonesia adalah negara kaya akan rempah dikarenakan tanah di indonesia subur dan bisa ditanami segala rempah rempah, serta didukung juga oleh keadaan alam dan letak indonesia yang strategis. Maka dari itu kita harus mensyukuri dan bangga menjadi warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia.

    Azalia Adelin
    XI-C MIPA 2

    ReplyDelete
  84. Dari materi diatas, kita dapat mengetahui bahwa indonesia itu kaya akan sumber daya alam, terutama rempah rempah yang mempunyai banyak sekali manfaat, yang mana sehingga bagi dunia barat pun rempah rempah begitu berharga

    Myra zada ismena
    XI-C

    ReplyDelete
  85. Dari artikel ini kita dapat tahu bahwa Indonesia mempunyai kekayaaan yang berlimpah contohnya rempah-rempah oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikannya.

    Dede Annisa Rahayu
    Xl-C

    ReplyDelete
  86. Kahilla Sarah Azmy
    XI-C

    Terimakasih atas ilmunya bu, artikelnya sangat bermanfaat. Dari artikel tersebut kita jadi tahu, bahwa Indonesia itu merupakan negara yg kaya akan sumber daya alamnya. Contohnya rempah², dan kita harus bangga dan bersyukur terlahir dinegara Indonesia. Kita juga harus berterimakasih kepada para pahlawan yg sudah berjuang untuk memerdekakan negara Indonesia dari penjajahan jaman dahulu, dengan cara menghargai jasa²nya dan tidak melupakan sejarah.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. Nama : Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas: XI-C

    Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya salah satunya yaitu rempah rempahnya. Kita patut unruk menghargai, mensyukuri,dan menjaga akan kekayaan alam yang kita miliki begitu berharganya dan memberikan begitu banyak manfaat bagi negara lain

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Terimakasih bu ilmunya.
    Dari artikel ini saya dapat mengetahui betapa berharganya dan pentingnya rempah2 yang kita miliki sehingga kita harus menjaga rempah2 ini salah satunya dengan cara dibudidayakan.

    Nama: Siti teti khoeriah
    kelas: Xl-C

    ReplyDelete
  91. Dari artikel di atas kita dapat belajar bahwa Indonesia akan kaya rempah rempah dan kita harus melestarikannya.
    Kit harus bersyukur dan menghargai perjuangan pahlawan yang sudah berjuang.
    Maka dari itu kita harus menjaga persatuan dan kesatuan.

    Alia Oktaviani Ahmad
    XI-C

    ReplyDelete
  92. Nama: Arinda Nurul Zarka
    Kelas: XI - C

    Kita hidup di negara yg kaya akan rempah rempah, yg bisa juga kita gunakan sebagai ramuan atau obat tradisional. Jadi kita harus bangga karena tidak perlu mencari dengan susah

    ReplyDelete
  93. Dari artikel di atas kita dapat mengetahui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, karena itu kita harus bersyukur dan kita juga harus menjaga kekayaan alam Indonesia dengan menjaga dan memanfaatkannya dengan baik. Kita juga harus lebih menumbuhkan rasa nasionalisme.

    Shabrina Dinda Rajbani
    XI-C

    ReplyDelete
  94. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam diantarannya rempah rempah. rempah – rempah dapat menjadi sumber berkah dan juga menjadi alasan yang mengawali terjadinya penjajahan. oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikan kekayaan negeri indonesia supaya tidak dijajah kembali.

    Desinta Dwi Lestari
    XI-C

    ReplyDelete
  95. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam salah satunya yaitu rempah rempahnya,itu mengapa negara luar menjajah Indonesia untuk merebut kekuasaan dan kekayannya, dan pada zaman itu banyak pahlawan yang mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kekuasaan dan kekayaan Indonesia.
    Bukankah kita seharusnya bersyukur dan dapat lebih menghargai dengan cara melestarikannya

    Nama:Mutiara Fitri Permata Sari
    kelas:XI-C

    ReplyDelete
  96. Dari artikel ini,kita dapat mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan rempah-rempah dan juga sumber daya alam lainya.Dengan itu dijuluki sebagai Mutiara dari timur.Maka dari itu,kita harus menjaga dan melestarikanya.


    Nama : Yuli Nurholiza
    Kelas : XI-C

    ReplyDelete
  97. rempah rempah sangat bermanfaat, seperti yg kita tahu rempah rempah tidak dapat tumbuh di wilayah eropa. begitu berharganya rempah rempah di dunia barat namun kini masyarakat indonesia lebih memilih dan menyukai makanan seperti pizza, hamburger dll yg termasuk makanan eropa. padahal seperti yg kita tahu eropa sangat menginginkan rempah rempah yg ada di Nusantara yg sangat berharga dan bermanfaat bagi dunia barat bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua.

    ReplyDelete
  98. rempah rempah sangat bermanfaat, seperti yg kita tahu rempah rempah tidak dapat tumbuh di wilayah eropa. begitu berharganya rempah rempah di dunia barat namun kini masyarakat indonesia lebih memilih dan menyukai makanan seperti pizza, hamburger dll yg termasuk makanan eropa. padahal seperti yg kita tahu eropa sangat menginginkan rempah rempah yg ada di Nusantara yg sangat berharga dan bermanfaat bagi dunia barat bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua.

    sherly delistiany
    XI C

    ReplyDelete
  99. Setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Indonesia yang kaya raya, dijajah oleh berbagai negara. Namun, pada akhirnya Indonesia yang berjaya, karena munculnya rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang sangat kuat diantara kita. Merdeka!

    Ihsan Muhammad Iqbal
    XI-C

    ReplyDelete
  100. Pentingnya persatuan kita harus menjaga negara kita agar tidak diambil alih negara lain karena banyak negara lain ingin menguasai indonesia salah satunya karena rempah-rempah nya. Kita sebagai bangsa Indonesia harus mensyukuri karena di Indonesia terdapat banyak rempah-rempah yang bangsa lain tak punya,kurangi memakan makanan negara lain. Kita harus membudidayakan,dan menjaga nya dengan baik.

    Shiva Regina
    XI-C

    ReplyDelete
  101. indonesia adalah negara yang akan kaya sumber daya alam,maka dari itu kita harus bangga dan sangat bersyukur bisa lahir di negara indonesia.


    Naifa nurul hidayani
    XI-C

    ReplyDelete
  102. Nama:Putri Rahmi Azzikra
    Kelas:XI-C

    Dari artikel diatas,saya dapat mengetahui bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya dan memiliki tanah yang subur,menghasilkan banyak rempah rempah yang tidak dimiliki negara lain,oleh karena itu kita harus sangat mensyukuri dan menjaga dengan cara membudidayakannya.

    ReplyDelete
  103. Dari artikel tersebut kita bisa tau bahwa negara indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alamnya salah satunya rempah-rempah.Kita sebagai penerus bangsa harus bisa mengelola sumber daya alam yang ada dan harus bisa memanfaatkan sumber daya alam tersebut.

    Maulida Mustaqim Haq
    XI - C

    ReplyDelete
  104. Dari artikel diatas kita menjadi tahu jika Indonesia adalah satu-satunya negara penghasil rempah-rempah, sebab karena itulah berbagai cobaan rakyat Indonesia selalu mendatangi mereka. Kita dapat belajar dari para tokoh pahlawan yang berusaha keras memperjuangkan Indonesia dan melindungi rempah-rempah yang ingin direbut oleh negara asing. Seperti yang kita tahu, di era modern ini negara asing pun masih bertekad untuk mengambil harta-harta berharga yang dimiliki Indonesia. Untuk itu kita sebagai penerus bangsa Indonesia patut untuk meneruskan perjuangan pahlawan kita terdahulu.

    Adinda Ayu Dwi Kharisma
    XI-C MIPA2

    ReplyDelete
  105. Risma Dwi Putri Andriana
    XI-C

    dari artikel tersebut, saya jadi tau bahwa indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah rempah, sehingga banyak negara yang ingin merebut kekuasaan di indonesia

    ReplyDelete
  106. indonesia adalah negara yang akan kaya sumber daya alam,maka dari itu kita harus bangga dan sangat bersyukur


    Dhafi Fauzan Azhar
    XI-C

    ReplyDelete
  107. indonesia adalah negara kaya,namun dengan besarnya kekayaan indonesia,terkadang menjadi sesuatu yang menyakitkan sekaligus menyedihkan.namun dengan adanya persatuan dan kesatuan yang timbul dari bangsa ini,yang menuntun kita untuk selalu bersyukur ,dengan kemakmuran yang ada di negeri ini.

    Ryan maulana
    XI - C

    ReplyDelete
  108. Dari artikel di atas kita sebagai warga negara Indonesia bersyukur dan bangga karna banyaknya rempah rempah yang ada di Indonesia, walaupun pernah sengsaranya dijajah oleh bangsa eropa karena kekayaan rempah rempah nya


    Ahmad soleh nugraha
    XI-C

    ReplyDelete
  109. Indonesia kaya akan rempah rempahnya yang melimpah,itu mengapa negara luar menjajah indonesia dengan cara menguasai monopoli perdagangan. Tetapi semangat perjuangan yang luar biasa yang ditunjukkan oleh pahlawan terdahulu kita untuk terbebas dari penjajahan negara lain telah berhasil mengusir penjajahan dari bumi nusantara ini. Untuk itu ,kita sebagai generasi muda kita harus menumbuhkan rasa nasionalisme dan Cinta tanah air kita untuk segenap bangsa dan negara.

    Muhammad Naufal Ridho
    XI-C

    ReplyDelete
  110. Hintan permata sari
    XI - E

    Dari suatu artikel diatas kita menjadi tahu bahwa begitu sangat berharganya rempah-rempah di dunia,bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan pun seharga dengan rumah mewah tingkat dua,dan begitu bermanfaatnya rempah rempah karena dapat digunakan sebagai bahan bumbu masakan, minuman penghangat badan dan obat-obatan.

    ReplyDelete
  111. Dari artikel di atas saya dapat mengetahui bahwa indonesia satu2nya yg kaya sumber alamnya danjuga kaya dengan berbagai rempah2nya, yang tidak dimiliki oleh negara2 lain. Maka oleh karena itu kita harus bersyurur berada/tinggal di indonesia.

    ReplyDelete
  112. Kita semua harus bersyukur dan kita harus bangga mempunyai negara yang kaya akan sumber daya alam dan kita pun harus menghargai apa yang sudah di perjuangkan oleh para pahlawan kita sehingga sekarang kita bisa menikmati kekayaan,salah satu nya yaitu rempah rempah yang sangat bermanfaat sekali untuk kebutuhan kita baik untuk di pakai sebagai obat obatan atau pun sebagai bumbu masakan,oleh karena itu kita patut bersyukur atas kekayaan indonesia.


    Nama:Muchamad Raihan Rizaldi
    Kelas:11 B

    ReplyDelete
  113. Nama : AYU RAHAYU
    Kelas : XI B

    Dalam artikel ini saya berterima kasih karena sekarang saya tahu betapa kaya nya indonesia dengan rempah rempah yang dimilikinya

    ReplyDelete
  114. Dari artikel tersebut kita dapat mempelajari bahwa rasa Nasionalisme kita harus ditanamkan sejak dini

    Nama:M.Rafli.Arrasyid
    Kelas:IX-B

    ReplyDelete
  115. dari artikel ini,kita dapat mengetahui bagaimana tanah air kita dijajah demi segunduk rempah rempah.tanah subur yang menjadi incaran seluruh dunia hingga mengakibatkan penjajahan yang memunculkan pahlawan yang bertekad dan berjuang untuk mempertahankan negerinya.banyak sekali rintangan yang harus dilalui sehingga kita bisa merdeka dan menikmatinya.maka dari itu,kita generasi millenial harus sepatutnya mencontoh dan menghargai perngorbanan para pahlawan yang sudah berjuang.

    ReplyDelete
  116. Nama: Yulia monita razak
    Kelas: 11-B MIPA 1

    Sebagai warga negara indonesia kita harus bangga karena negara ini kaya akan sumber daya alam terutama rempah rempah sehingga negara kita banyak diincar oleh negara lain tetapi kita harus bisa mempertahankan jangan sampai negara ini direbut kembali oleh negara lain.

    ReplyDelete
  117. Dari bacaan ini saya paham, bahwa dari masa krisis akan lahir pemimpin yg kuat, dari masa yg baik akan lahir pemimpin yg lemah. siklus sejarah memang seperti ini dan kita seharusnya bisa mengerti dan menerima kalau dilahirkan/melahirkan di masa yng krisis, bukan malah mengeluh karena masa nya sulit.


    nama : Dzakiya Fathiarrahma
    kelas : XI - B

    ReplyDelete
  118. dari artikel ini,kita dapat mengetahui bagaimana tanah air kita dijajah demi segunduk rempah rempah.tanah subur yang menjadi incaran seluruh dunia hingga mengakibatkan penjajahan yang memunculkan pahlawan yang bertekad dan berjuang untuk mempertahankan negerinya.banyak sekali rintangan yang harus dilalui sehingga kita bisa merdeka dan menikmatinya.maka dari itu,kita generasi millenial harus sepatutnya mencontoh dan menghargai perngorbanan para pahlawan yang sudah berjuang.


    Ayesha Aufa Syauqi
    XI-B

    ReplyDelete
  119. Dari artikel ini saya tau bahwa indonesia kaya akan sumber alamnya yang sangat sangat lengkap dan saya sangat bersyukur tinggal di indonesia karna disini tidak ada kekurangan sama sekali atas makanan makanan dari alam ataupun rempah rempah untuk obat atau untuk bumbu masakan:)

    Nama : Elsa Salsabila
    Kelas: XI-B

    ReplyDelete
  120. mutiara dari timur adalah rempah-rempah dari Maluku,Indonesia. Bangsa-bangsa barat (Portugis,Spanyol,Belanda dan Inggris) mencari daerah baru untuk memburu rempah-rempah melalui penjelajahan samudra atau jalur laut.orang-orang barat itu telah menemukan buruannya yaitu kepulauan Nusantara,penghasil rempah-rempah yg diibaratkan sebagai "mutiara dari timur". tetapi sayang waktu itu rakyat Indonesia belum bersatu padu sehingga mudah untuk dipengaruhi oleh orang-orang barat.

    Syamrotul Amalia
    XI-B

    ReplyDelete
  121. Indonesia memang di kenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam nya termasuk rempah rempah. Kita seharusnya bersyukur dan memanfaatkan nya dengan sangat baik, juga selalu mengenang jasa pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

    Tegar Dwi Pratami
    XI-B

    ReplyDelete
  122. Setelah membaca artikel ini
    Ada rasa bangga dan sedih ketika kita tahu bahwa indonesia pernah dijajah oleh bangsa belanda dengan begitu pedihnya diperkerjakan tanpa henti dinegri sendiri tapi disisi itu saya bangga indonesia bisa merdeka dan tetap menjaga kelestarian terutama terhadap rempah-rempah yang sangat berguna

    Nama:Devita septiani
    Kelas: xi b

    ReplyDelete
  123. dari artikel diatas, saya jadi tahu bahwa rempah rempah diindonesia sangat lah berharga dan indonesia yang kaya akan sumber daya alam, maka dari itu kita harus bangga dan bersyukur berada di negara indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari artikel diatas, saya jadi tahu bahwa rempah rempah diindonesia sangat lah berharga dan indonesia yang kaya akan sumber daya alam, maka dari itu kita harus bangga dan bersyukur berada di negara indonesia.

      Nama:Faisya Rachmiani Putri
      Kelas: XIB

      Delete
  124. bangsa indonesia adalah negara yang kaya karna negara indonesia memiliki banyak keragaman suku, adat istiadat disetiap daerah. tidak hanya itu, indonesia juga salah satu negara dengan kekayaan rempah-rempah yang melimpah. maka dari itu sangat penting agar kita selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa indonesia agar tidak terpecah belah

    Rifa Septiany
    XI-B

    ReplyDelete
  125. Nama:Salma Sabila
    Kelas:XI-b

    Terima kasih ibu atas ilmunya.

    ReplyDelete
  126. Setelah membaca ini saya sangat takjub karena apa?..., karena para pahlawan terdahulu kita telah berhasil atau terbebas dari penjajahan negara lain dan kita seharusnya sangat bangga berada di negeri ini yaitu negeri tercinta kita INDONESIA karena kita mempunyai banyak rempah rempah walaupun kita pernah di jajah oleh bangsa lain karena kekayaan akan rempah rempahnya itu.

    Nama: Rofi Khoirul Anwar
    Kelas: XI B

    ReplyDelete
  127. dari artikel ini kita bisa belajar untuk lebih membudidayakan rempah-rempah Indonesia dan kurangi mengonsumsi makanan-makanan eropa, sebagai bentuk membudidayakan. saya berterimakasih kepada ibu, dengan ini saya bisa tau seberapa berharganya rempah-rempah Indonesia.

    Risa Lestari
    XI C

    ReplyDelete
  128. Indonesia adalah negara yang kaya, namun kekayaan itu juga bisa menjadi ancaman contohnya penjajahan dulu. kita sebagai warga Indonesia harus menumbuhkan sikap nasionalisme untuk negara kita Indonesia. Kita juga harus bersyukur atas kekayaan yang Indonesia punya.

    Risnanda Mulfia Fauziah
    11-B

    ReplyDelete
  129. Indonesia memang negara yg kaya akan sumber daya alam termasuk rempah-rempah.Dengan membaca artikel tentang "Mutiara dari Timur" ini,banyak sekali pelajaran yg sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang sejarah sejarah yg ada di berbagai dunia dan juga negara kita indonesia.

    Nama:Nazwa Zaimatunisa
    Kelas : XI-B

    ReplyDelete
  130. Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa banyak,rempah rempah yang banyak tidak dimiliki oleh negara lain,maka kita harus melestarikan dan menjaga hal tersebut agar terhindar dari penjajahan seperti masa lalu dan juga untuk dimanfaatkan oleh generasi penerus bangsa.

    Nama : Mohamad Devin A.
    Kelas : XI : B

    ReplyDelete
  131. Indonesia memamng negara kaya, kaya akan rempah-rempa maupun emas dll,jadi kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga menjadi penduduk indonesia karna banyak orang luar negri ingin merebut kekuasaan yang di miliki indonesia ini.sebabnya kita sebagai masyarakat indonesia beruntung akan kekayaan indonesia jadi kita tidak akan kesusahan seperti luar negri bersusah payah ingin merebut kekuasaan indonesia.

    Nama:rani maryani
    Kelas:IX-B

    ReplyDelete
  132. Dari artikel diatas saya menjadi tau bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya bahkan Indonesia banyak yang memperebutkan ingin menguasai Indonesia karena kekayaannya. Jadi kita sebagai bangsa Indonesia harus bersyukur dan menjaga kekayaan Indonesia dengan memanfaatkannya dengan sebaik baiknya

    Nama: Nindi Nur M
    Kelas: XI B MIPA 1

    ReplyDelete
  133. Dari artikel diatas saya dapat mengetahui bahwa indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah rempah oleh karna itu kita sebagai warga negara indonesia harus bangga terhadap negara kita sendiri dan juga kita harus bisa menjaga dan melestarikannya dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari artikel diatas saya dapat mengetahui bahwa indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah rempah oleh karna itu kita sebagai warga negara indonesia harus bangga terhadap negara kita sendiri dan juga kita harus bisa menjaga dan melestarikannya dengan baik

      Syifa astriani
      XI-B

      Delete
  134. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  135. Artikel ini sangat memberikan pengetahuan akan sejarah yang dulu terjadi bahwa negara indonesia merupakan negara yang sangat subur dan kaya dengan rempah rempah nya sehingga banyak negara negara asing yang ingin mengambil atau merebut rempah rempah itu bukan hanya rempah rempah saja melainkan daerah daerah nya juga dikuasai oleh negara asing dengan mempunyai misi 3G yaitu Gold, Glory, Gospel. Dan saat itu indonesia masih sangat mudah untuk dihasut atau di bodohi.


    Fajar ihsanudin
    XI-B

    ReplyDelete
  136. artikel ini kita dapat belajar bahwa indonesia itu kaya rempah rempah dan kita harus melestarikannya,dan kita sebagai generasi muda kita harus menumbuhkan rasa nasionalisme dan Cinta tanah air.

    Nama: Alsaiza alma fatihah
    Kelas: XI-B

    ReplyDelete
  137. Nama:Srirahayu
    Kelas:XI-B

    Terimakasih bu, Dari artikel tersebut kita pastinya akan lebih bersyukur dengan kekayaan Indonesia dengan rempah rempah yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  138. Nama: Novita pratiwi
    Kelas : XI B

    Terimakasih ibu ilmunya, dari artikel tersebut saya pribadi menjadi belajar untuk lebih membudayakan rempah rempah dan menjaga kekayaan alam yang ada di indonesia agar tidak diambil alih oleh bangsa asing.

    ReplyDelete
  139. Dari informasi ini saya jadi mengerti betapa berharganya kesatuan karna pada jaman dahulu indonesia belum bersatu maka dari itu indonesia dengan mudahnya terjajah oleh negara asing.

    Silvy aprilianty
    XI C

    ReplyDelete
  140. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  141. Setelah membaca artikel "mutiara dari timur" mendapatkan banyak manfaat serta menambah banyak wawasan...mengetahui brtapa pentingnya SDA di indonesia yang harus tetap di jaga serta di lestarikan agar tidak diambil alih lagi oleh negara asing..terima kasih artikelnya bu


    Nama:hafizan rofif fauzi.
    Kelas : xi-b (11b/Mipa 1)

    ReplyDelete
  142. Indonesia memang kaya akan rempah dan sudah seharusnya kita mempertahankannya

    Nama:Balqis clarisa rahmadhita
    Kelas:11-b

    ReplyDelete
  143. Nama :Ira Dwi Sudrajat
    Kelas:XI Ips 4

    Setah membaca artikel "mutiara dari timur" saya mendapat wawasan baru dan banyak manfaat lainnya, dan mengetahui betapa pentingnya sumber daya alam yang dimiliki indonesia yang harus kita jaga dipertahankan serta melestarikannya.

    ReplyDelete
  144. Nama: Ishma Rachma Meilani
    Kelas: XI- i

    Sudah terbukti bukan Negara Indonesia ini sangat kaya. Kaya akan rempah rempah, pertambangan, dan lain sebagainya. Sekarang tugas kita jaga dan lestarikan kekayaan Negara Indonesia

    ReplyDelete
  145. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : 11-i
    .
    Terimakasih bu ilmunya. Tugas kita sekarang adalah, melestarikan rempah rempah yang ada di negara indonesia ini. Kita jangan menyia nyiakan rempah rempah yang sangat berharga. Kita sangat beruntung karena bisa mendapatkan rempah rempah dengan sangat mudah, sedangkan negara lain seperti eropa, bahkan sangat sulit untuk mendapatkan rempah rempah tersebut. Sudah seharusnya kita menjaga dan melestarikan rempah rempah yang ada di negara ini. Dan kita sebagai generasi muda, harus mempunyai rasa Nasionalisme. Persatuan sangat penting karena bisa membuat Negara ini kuat.

    ReplyDelete
  146. Ikeu Nurholijah
    XI-i

    Dari artikel tersebut kita mengetahui tentang penting ny rempah rempah dan rasa nasionalisme.

    ReplyDelete
  147. Nama:M.RaffiPratama
    Kelas:XI-I
    Pada saat itu bangsa indonesia dengan mudahnya dipengaruhi oleh orang orang barat, karena belum bersatu, Jadi kita menjadi tau berapa pentingnya persatuan Dan kesatuan untuk membuat negara kita yang semakin kuat Dan maju

    ReplyDelete
  148. terimakasihhh bu atas ilmunyaa :)

    nama:irfan riansyah
    kls : XI-I

    ReplyDelete
  149. Nama: Elita Yulia Suryana Putri
    Kelas: XI-i

    Indonesia kaya akan rempah-rempah nya bahkan buah pala pun seharga dengan rumah 2 tingkat, begitu juga dengan hasil bumi yang lainnya seperti pertambangan dan perikanan kita harus membudidayakan kelestarian alam Indonesia

    ReplyDelete
  150. dicky hilmansyah
    X-I


    indonesia kaya dengan rempah rempah maka dari itu kita oernah di jajah karena memiliki banyak rempah,dan kita juga harys tetao melestarikanya

    ReplyDelete
  151. Nama: Laksmi Wulandari Fatimah
    Kelas: XI-I

    Kita harus bangga karena tinggal di negara yang sangat kaya akan rempah rempah, pertambangan dan lain lainnya. Kita harus bisa menjaga dan melestarikan SDA Negara Indonesia

    ReplyDelete
  152. Nama: M. Muhamad ramdani
    Kelas: XI-i

    Kita harus melestarikan kekayaan alam yang ada di negara kita karena hasil alam yang kita miliki akan sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Kekayaan alam Indonesia merupakan sumber daya yang dapat digunakan sebagai komoditas produksi, Ekspor, dan sumber konsumsi untuk masyarakat. Bila tidak dilestarikan, bukan tidak mungkin hasil alam perlahan punah dan hilang sehingga terjadi kelangkaan dan menyebabkan kelaparan bagi makhluk hidup.

    ReplyDelete
  153. Nama: muhammad Wilzan
    Kls :Xl-i

    Kita harus bangga dengan Indonesia karena kaya akan rempah rempah

    ReplyDelete
  154. Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah rempahnya oleh sebab itu kita harus mencoba terus untuk memanfaatkan nya agar bisa melestarikan sumber daya alam milik Indonesia sendiri

    Nama:Lucky Habdan Hakim
    Kelas: XI-i

    ReplyDelete
  155. Nama:Reza yoga Pratama
    Kelas:XI-i

    Indonesia adalah negara penghasil rempah rempah.oleh karena itu kita harus bisa mengolah dan menjaga nya dengan baik

    ReplyDelete
  156. Nama Hiqmal Fauzi
    Kelas XI-i
    Rempah-rempah di Indonesia sangat banyak tapi tergantung yang mengelolanya

    ReplyDelete
  157. Cita Aulia N
    XI-I

    Kita harus bangga jadi warga negara Indonesia, karena kaya akan rempah rempahnya darisitu juga kita harus bisa memanfaatkan alam kita sebaik mungkin, dan melestarikannya. banyak sekali manfaat yang kita dapat dari artikel diatas, yang harus menambah kecintaan kita terhadap alam.

    ReplyDelete
  158. Nama:kaila azzahra
    Kelas:XI-i
    Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia yang akan kaya rempah rempah maka dari itu kita harus melestarikan nya dan menjaga dengan sebaik mungkin

    ReplyDelete
  159. Nama: Faradila Agustina Putri
    Kelas: XI-i

    Dari sini kita bisa menghargai sesuatu yang kecil namun berharga, seperti rempah rempah.Yang dimana didaerah barat sangat sulit didapatkan.
    Dan di artikel ini juga kita jadi tau singkatnya mengapa bumi itu bulat.
    Kita hanya harus mempertahankan keistimewaan yang negara kita punya, menjaganya, melestarikannya dan jadilah generasi yang disebut 'pemimpin yang kuat'

    ReplyDelete
  160. harus banyak bersyukur,karena telah diberi karunia yang melimpah yaitu rempah rempah.
    Nama:rifaldi dimas
    kelas:XI-i

    ReplyDelete
  161. Nama:Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I

    Kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia yg kaya akan rempah rempah maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan nya dgn baik. Kita sangat beruntung karena bisa mendapatkan rempah rempah dengan mudah sedangkan negara lain contohnya seperti Eropa bahkan sangat sulit untuk mendapatkannya. Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan nya dengan sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  162. Nama:fauzan fadhlul rahman
    Kelas: XI ips 3
    Sman1 cicalengka

    Kisah ini mengajarkan bahwa rempah-rempah yang kita anggap sebagai bahan makanan yang memang biasa atau kita anggap bahwa itu hanya bahan yang rendah yang sering kita temui sedangkan di negara luar rempah-rempah adalah bahan yang berharga karena dinegara mereka tidak bisa menanam rempah-rempah dan karena rempah-rempah itu pula negara kita dijajah

    ReplyDelete
  163. Kita harus bangga dan bersyukur menjadi warga Indonesia karena di tanah air tercinta ini kita memiliki berbagai macam kekayaan, contohnya adalah rempah-rempah. Tugas kita sekarang adalah memanfaatkan kekayaan tersebut dengan sebaik-baiknya dan menjaga kekayaan Indonesia agar tidak punah

    Rizky Rivaldi

    ReplyDelete
  164. Makanya indonesia dijajah oleh bangsa eropa karena kaya akan rempah rempah maka sebagai bangsa indonesia kita harusnya bersyukur atas apa yang tuhan berikan

    Farhan ramdhani
    XI-J

    ReplyDelete
  165. Faisal Azhar
    XI-J


    Dari sini kita banyak belajar bahwa kita sebagai negara yg besar akan sumber daya alam yang melimpah harus bisa mengelola sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  166. Mengapa orang Eropa sangat membutuhkan rempah rempah, karena rempah rempah sangat bermanfaat baik sebagai bumbu masakan,minuman penghangat badan dan obat obattan.

    Gian Azi Munawwar
    XI-J

    ReplyDelete
  167. Vina Alistiani
    XI-J

    Dari artikel tsb kita tau bahwa Indonesia kaya akan dengan rempah rempah bahkan bnyak orng yguyg ingin memperebutkan

    ReplyDelete
  168. Dri artikel di atas kita harus bangga dan bersyukur sebagai warga negara Indonesia yg kaya akan rempah-rempah


    Talitha Luvena Shofhaha
    XI-J

    ReplyDelete
  169. Dalam artikel ini saya akhirnya mengetahui bahwa di negara kita ini sangat banyak sekali rempah2 nya ,dan kita sebagai warga negara yang baik harus menjaga rempah2 ini,mengembangkan nya dan membudidayakan rempah2 yang ada di indonesia.


    Chairina Novianti Ramadhani
    XI-J

    ReplyDelete
  170. Via oktaviani
    XI-J

    Dari artikel diatas kita harus bangga menjadi warga negara indonesia yang kaya akan rempah-rempah,maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan nya dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imelda Septiani
      X-J

      Dari artikel tersebut kita dapat mempelajari bahwa rasa Nasionalisme kita harus selalu tumbuh untuk menciptakan suatu generasi yang lebih kuat agar terhindar dari masa krisis yang mengancam kesatuan negara kita oleh karena itu mari tingkatkan nasionalisme kita untuk generasi yang lebih kuat

      Delete
  171. dari materi di atas kita semua mengetahui bahwa indonesia kaya akan sumber daya alam,tugas kita menjaga dan melestarikannya
    nama:Rama arendra pratama
    kelas: 11-j

    ReplyDelete
  172. Dari materi ini saya mengetahui bahwa indonesia kaya akan sumber daya alam, maka dari itu kita harus melestarikannya.

    Nama: M. Yudi pratama hidayat
    Kelas:11-j

    ReplyDelete
  173. indonesia kaya akan sumber daga alam , maka dari itu tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya

    Andini Nazara Saifullah
    XI- J

    ReplyDelete
  174. Mari tingkatkan rasa Nasionalisme untuk menciptakan suatu generasi yang lebih kuat agar terhindar dari masa krisis yang mengancam kesatuan negara kita.

    nama : YULIA
    kelas :XI - J

    ReplyDelete
  175. Nama:Ira Dwi Sudrajat
    Kelas: XI ips 4
    Asal sekolah:SMAN 1 Cicalengka
    Dari materi di atas saya menjadi tahu bahwa indonesia kaya akan rempah rempahnya dan juga tidak semuanya di miliki oleh negara lain, maka dari itu kita sebagai warga negara indonesia harus menjaga dan melestarikan rempah rempah yang ada di indonesia

    ReplyDelete
  176. Nama: Najma Allifa P
    Kelas: XI IPS 4
    SMAN 1 CICALENGKA

    Dari artikel diatas kita bisa tau bahwa negara indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alamnya salah satunya rempah-rempah. sehingga banyak negara yang ingin merebut kekuasaan di indonesia. Jadi Kita sebagai penerus bangsa harus bisa mengelola sumber daya alam yang ada dan harus bisa memanfaatkan sumber daya alam tersebut.

    ReplyDelete
  177. Nama : Novi Fitriana
    Kelas : XI IPS 4
    SMAN 1 Cicalengka

    Dari materi diatas, kita dapat mengetahui bahwa indonesia itu kaya akan sumber daya alam, terutama rempah rempah yang mempunyai banyak sekali manfaat, yang mana sehingga bagi dunia barat pun rempah rempah begitu berharga.
    Setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Indonesia yang kaya raya, dijajah oleh berbagai negara. Namun, pada akhirnya Indonesia yang berjaya, karena munculnya rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang sangat kuat diantara kita. Artikel diatas sangat bermanfaat, makasih pak.

    ReplyDelete
  178. Dari artikel diatas Kita belajar mensyukuri Dan bangga berada Di negara Indonesia. Kenapa? Karena negara Kita ini Kaya akan sumber daya alamnya maka Dari itu Kita sebagai penerus bangsanya harus menjaga Dan melestarikan sumber daya alam ini.

    Nama: dhea putri vinanda
    Kelas: XI IPS 3

    ReplyDelete
  179. Nama:Brily Shania Maharani
    Kelas: XI IPS 4
    SMAN 1 CICALENGKA

    Kesimpulan artikel diatas yang dimaksud mutiara dari timur yaitu rempah-rempah dari Indonesia, dan bangsa² Barat seperti negara yg di atas, mereka ingin berburu rempah-rempah tersebut melalui penjelajah samudra atau disebut jalur laut.
    Jadi sebaiknya kita sebagai warga Indonesia dan sebagai penerusnya harus menjaga dan melestarikan nya dengan baik.

    ReplyDelete
  180. Seperti yg semua ketahui bahwa Indonesia kaya akan
    Semuanya termasuk rempah-rempah sehingga orang barat menjajah Indonesia karena ingin menikmati kekayaan Indonesia termasuk rempah rempah. Oleh karena itu kita harus bersyukur dan menjaga kelestarian ini sehingga sumber daya kita terjaga.

    NAMA:APRIZAL A. S
    KELAS:XI IPS4
    SMAN CICALENGKA

    ReplyDelete
  181. NAMA:FAUZAN FADHLUL RAHMAN
    KELAS:XI ips 3
    SMA NEGERI 1 CICALENGKA

    Dari kisah diatas dapat diambil kesimpulannya rempah-rempah adalah salah satu alasan penggerak sejarah dan mengubah peta dunia yang dianggap oleh bangsa barat sebagai buah dari syurga karena mengandung banyak manfaat nya sehingga dikaitkan dangan kekayaan karena kisah ini pula kita bisa tahu rempah-rempah yang biasa dianggap sepele yang hanya digunakan untuk bahan-bahan makanan sebernarnya adalah salah satu alasan kenapa bangsa barat menjajah indonesia dan dikisah ini kita bisa tau kapan dan bagaimana bangsa barat datang ke nusantara sehingga bangsa Indonesia pun melawan dengan dimotori oleh manusia yang hebat yaitu yang kita kenal sebagai PAHLAWAN

    ReplyDelete
  182. Nama:salma azzahra
    Kelas: XI IPS 4


    Dalam artikel tersebut dapat di simpulkan bahwa rempah – rempah yang menjadi sumber berkah dikemudian hari menjadi alasan yang mengawali terjadinya penderitaan karena penjajahan. Begitu berharganya rempah-rempah di dunia barat bahkan segenggam buah pala dikepalan tangan seharga dengan rumah mewah tingkat dua, ini menjadi simbol prestise atau simbol kekayaan orang orang kaya Eropa

    ReplyDelete
  183. Nama:Erfian julianto
    Kelas:XI-IPS 4
    SMAN 1 CICALENGKA

    Dari artikel tersebut kita dapat mempelajari bahwa rasa Nasionalisme kita harus selalu tumbuh untuk menciptakan suatu generasi yang lebih kuat agar terhindar dari masa krisis yang mengancam kesatuan negara kita oleh karena itu mari tingkatkan nasionalisme kita untuk generasi yang lebih kuat

    ReplyDelete
  184. NAMA:FITRIA NINGSIH
    KELAS: XI IPS 4
    SMAN 1 CICALENGKA


    Dari materi diatas,kita bisa tau bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempah dan sumber daya alam yang memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dijadikan bahan masakan,untuk obat obatan dan lain-lain. Sehingga banyak negara asing yang ingin mengambil rempah-rempah diindonesia,karena didaerah barat sulit untuk mendapatkannya.

    ReplyDelete
  185. Dari artikel diatas Kita belajar mensyukuri Dan bangga berada Di negara Indonesia. Kenapa? Karena negara Kita ini Kaya akan sumber daya alamnya maka Dari itu Kita sebagai penerus bangsanya harus menjaga Dan melestarikan sumber daya alam ini.

    Nama: dhea putri vinanda
    Kelas: XI IPS 3

    ReplyDelete
  186. Dari artikel di atas kita harus belajar mensyukuri dan bangga bisa dilahirkan di Indonesia. Kenapa kita harus bangga? Karena kita berada di negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Jadi kita sebaiknya kita sebagai warga Indonesia dan sebagai penerus bangsa kita harus menjaga dan melestarikannya dengan baik.

    Nama: Muhamad Rafli Nur Rasyid
    Kelas: XI IPS 3

    ReplyDelete
  187. Nama: Muhamad Solihin Kusmandani
    Kelas: XI Ips 4
    SMAN 1 CICALENGKA

    Dari artikel ini kita mempelajari bahwa indonesia kaya akan rempah rempah maka dari itu Indonesia harus menjaga dan memanfaatkannya dengan baik

    ReplyDelete
  188. Kesimpulan yang saya dapat adalah negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Banyak tanaman bermanfaat yang bisa tumbuh di negara Indonesia tetapi tidak bisa tumbuh dinegara lain. Maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa harus banyak belajar tentang bagaimana cara membudidayakan sumber daya alam khususnya rempah-rempah agar tidak hilang atau punah.

    Elinel Sitiazzahra Abigail
    XI IPS 3
    SMAN 1 CICALENGKA

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...