Monday 13 February 2023

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru



Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png

Setelah berkuasa kurang lebih selama 32 tahun maka tepat pada tanggal 21 mei 1998 pemerintahan Orde Baru yang dimotori oleh Presiden Soeharto harus berakhir, dapat dikatakan Presiden Soeharto merupakan pemimpin terlama didunia yang menjabat sebagai presiden disebuah negara, adapun kronologi dan sebab berakhirnya pemerintahan soeharto adalah sebagai berikut...

1. Krisis Moneter

Pada tahun 1997 terjadi krisis Multidimensional (krisis berbagai bidang) yang kemudian berdampak pada krisis moneter hingga krisis Politik, Ekonomi, Sosial, Hukum dan Krisis kepercayaan terhadap Pemerintah. krisis moneter ini berawal dari jatuhnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS karena krisis yang terjadi di Thailand yang kemudian menjadi efek domino terhadap kondisi ekonomi negara-negara Asia, nsebagai contoh nilai tukar rupiah pada tahun 1997 normalnya adalah 25.000 yang kemudian melonjak menjadi 16.000/dollar AS, akibatnya terjadi kebnagkrutan dunia usaha di sektor rill dan banyak bank yang terpaksa tutup karena terjadi kecemasan masyarakat yang membuat nasabah menarik simpanan mereka secara besar-besaran.

2. Krisis Ekonomi yang menyebabkan hal-hal berikut ini

a. hutang negara yang sangat besar sehingga negara tidak mampu membayar.

b. investor asing yang diberikan kemudahan pada masa orde baru secara tidak langsung mematikan investror dalam negeri, dimana karena krisis kemudian para investor asing ini lari beramai-ramai mencabut investasinya.

c. akibat banyaknya investor asing yang mencabut investasinya membuat banyak pabrik dan perusahaan yang bangkrut sehingga banyak pekerja yang terkena PHK dan usaha menjadi macet.

d. kelangkaan sembako sehingga membuat meroketnya harga dan terjadinya Panic Buying.

e. maraknya KKN

f. pembangunan yang tidak merata didaerah daerah dan hanya terpusat di pulau jawa

3. Krisis Politik

Pemilu tahun 1971 hingga 1997 Partai Golkar sebagai penusung kepemimpinan Soeharto selalu memenangkan Pemilu , namun untuk pemilu terkahir masa orde baru tahun 1997 terjadi penolakan atas kemenangan kembali Soeharto yang dianggap telah melakukan penyalahgunaan kekuasaan dan penyimpangan dibidang Politik seperti :

a. UU yang mengekang kebebasan Politik

b. Menteri dan pejabat publik dari orang-orang terdekat (nepotisme)

c. Kemenangan Golkar setiap Pemilu

4. Krisis Sosial

kesenjangan sosial menyebabkan kriminalistas semakin tinggi dimana puncaknya adalah terjadinya kerusuhan dan penjarahan terutama pada etnis Tiong Hoa akibat perekonomian terlalu didominasi oleh etnis Tiong Hoa.

5. Krisis Hukum

selama masa pemerintahan presiden soeharto menjadikan lemahnya hukum atau penegakan hukum dikarenakan peran hakim yang dikendalikan oleh pemerintah yang merekaya hukum  agar sesuai dengan keinginan/kepentingan pemerintah sehingga pada masa pemerintahan orde baru dianggap belum mampu menciptakan keadilan bagi masyarakat indonesia.

6. Krisis Kepercayaan

krisis diberbagai bidang menyebabkan menurunnya kepercayaan terhadap pemerintah yang diakibatkan KKN merajalela dann melebarkan kesenjangan antara si Kaya-Miskin

Pemerintahan Orde Baru dianggap gagal karena :

1. Gagal membangun kehidupan Politik yang demokratis

2. Gagal menegakan keadilan sosial

3. Gagal melaksanakan perekonomian yang memihak rakyat

yang kemudian mendorong lahirnya Reformasi 1998 (Reformasi : perubahan terhadap sistem yang telah ada), adapun tuntutan dari Reformasi adalah :

1. menuntut presiden Soeharto turun

2. penghapusan Dwi Fungsi ABRI

3. Amandemen UUD 1945 dan pelaksanaan Otonomi Daerah

4. Penghapusan KKN

5. Tegaknya Sipremasi Hukum dan HAM

akibat terjadinya demonstrasi mahasiswa secara besar-besaran maka jatuhnya 4 orang mahasiswa Trisakti yang menjadi Korban yang kemudian disebut sebagai pahlawan Reformasi yaitu : Elang, Hery, Hafidin Royan dan Hendriawan Soe dan peristiwa tersebut disebut sebagai Tragedi Trisakti 1998.

tepat pada tanggal 21 Mei 1998 karena desakan dari berbagai pihak dan kondisi yang semakin tidak kondusif maka sevara resmi presiden Soeharto mengundurkan diri yang digantikan oleh wakilnya yaitu BJ. Habibi yang menandai berakhirnya masa Orde baru.



No comments:

Post a Comment

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...