Wednesday 12 August 2020

Segitiga Persahabatan dalam Lingkaran Kekuasaan : Soekarno, Kartosuwiryo dan Semaun

sumber : https://www.kompasiana.com/igoendonesia/5535a1c46ea834370fda42e1/simpang-jalan-tiga-sekawan-soekarno-semaun-sekarmadji

"Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno)


Seorang pemuda dengan perawakan cungkring, hitam dan rambut keriting menertawakan Soekarno muda yang tengah berlatih berpidato di depan cermin dikamar kost-nya, pemuda itu mengatakan jika Soekarno seperti orang gila, kemudian Soekarno membalas : justru kamu yang kurus, hitam dan berambut keriting tidak mungkin jadi orang besar. Soekarno dan pemuda itu sangat dekat, hingga tak sungkan lagi untuk saling mengejek tak ada rasa tersinggung atau kesal justru akan dibalas lagi dengan ejekan yang lebih. Tak ada yang tahu apa yang terjadi dimasa depan nanti, Persahabatan yang begitu indah suatu saat akan membawa mereka berdua pada manisnya perjuangan dalam mengusir Penjajah dan mewujudkan cita-cita berdirinya Negara Indonesia namun suatu saat takdir pula akan membuat mereka saling berhadapan karena perbedaan padangan politik dan idealisme hingga pemuda itu akan mati karena “tanda tangan” yang dibubuhkan Soekarno diatas surat eksekusinya. Pemuda itu bernama Kartosuwiryo.

Soekarno, Semaun dan Kartosuwiryo bersama penah menghuni rumah Kost Milik seorang tokoh Nasional yaitu H. Said Omar Cokroaminoto (HOS Cokroaminoto) yang saat itu dijuluki  sebagai “Raja Jawa tanpa Mahkota” saking banyaknya tokoh Bangsa yang menjadi muridnya, ketiganya berguru pada sosok yang sama namun suatu saat justru masing-masing menganut idealisme yang bersebrangan, seperti Soekarno yang berfahamkan Nasionalis, Kartosuwiryo Islamis, dan Semaun yang rajin mengaji justru akan memilih haluan Komunis. Ketiganya sangat mengagumi sosok HOS. Cokroaminoto, bahkan Soekarno sebagai murid kesayangann dinikahkan dengan putri Cokro yaitu Siti Oetari, Kartosuwiryo dipercaya bekerja di koran milik Cokro yaitu Fadjar Asia sebagai sekretaris dan Semaun yang nge-fans berat kepada Cokro juga masuk ke Organisasi SI (Serikat Indonesia) bentukan Cokro walaupun harus berakhir dengan pemecatan Semaun karena telah menyusupkan ideologi komumis ke SI namun Semaun tetap menruh kagum dan hormat kepada Cokro.

Kisah Tragis antara Soekarno dan Kartosuwiryo juga Indonesia dan NII dimulai pada tahun 1948 ketika perjanjian Renville berhasil disepakati dipandang sangat merugikan Indonesia salah satunya adalah Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia dan TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Otomatis hal ini membuat Ibu Kota Indonesia pindah dari Jakarta ke Jogjakarta dan hijrahnya Divisi Siliwangi beserta laskar-laskar perjuangan ke daerah Jogjakarta. Kartosuwirjo dengan Laskar pejuangannya yang bernama Hizbullah menolak menuruti Perjanjian Renville karena bagi mereka itu tandanya Indonesia kalah dari Belanda sekaligus berakhirnya eksistensi Negara Indonesia maka untuk mengisi kekosongan kekuasaan (menurut pandangan Kartosuwirjo) dideklarasikanlah Negara Islam Indonesia (NII) pada 7 Agustus 1949 yang berlandaskan syariat Islam dengan angkatan tentaranya bernama Tentara Islam Indonesia (TII).

Tidak lama setelah berhijrah ke Jogjakarta Divisi Siliwangi kembali lagi ke Jawa Barat, ternyata mereka harus dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka dihadang oleh TII yang dulu merupakan teman seperjuangan dalam mengusir Belanda justru kini saling berhadapan sebagai musuh dan memaksa mereka tunduk dibawah Negara Islam Indonesia, karena menolak maka Divisi Siliwangi yang saat itu tengah mengahadapi Pasukan Belanda juga sekaligus harus berhadapan dengan pasukan TII. Akibat pembangkangan yang dilakukan oleh Kartosuwiryo Indonesia yang masih belia menghadapi pemberontakan DI/TII dan merupakan pemberontakan yang paling lama serta paling sulit ditumpas hingga baru berhasil dipadamkan pada tahun 1962 (13 tahun kemudian).

Dengan tertangkapnya Kartosuyiryo maka otomatis sebagai pemberontak dia dijatuhi hukuman mati, karena Soekarno yang merupakan seseorang yang pernah dekat dengan Kartosuwiryo sempat merasa galau, selama 3 bulan Soekarno enggan menandatangai surat eksekusi Kartosuwiryo yang merupakan sahabatnya sendiri. Dengan derai air mata dan berat hati maka Soekarno diposisikan  harus lebih mengedepankan tugasnya sebagai Pemimpin Negara dibanding dengan perasaannya. Dapat disayangkan sebenarnya sesaat sebelum Kartosuwiryo memproklamirkan NII, Wakil Presiden Hatta dan Menteri M.Natsir sudah berusaha mengirim surat kepada Kartosuwiryo dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya agar Kartosuwiryo menguringkan niatnya memproklamirkan NII karena bagaimanapun bangsa Indoensia tidak mau berhadapan dengan saudara seperjuangannya sendiri namun karena sulitnya utusan Hatta dan Natsir bertemu dengan Kartosuwiryo sehingga surat tersebut baru diterima olehnya setelah dideklarasikannya NII.

Kisah antara Soekarno dan Semaun tidak se-Tragis seperti Soekarno-Kartosuwiryo, meski Semaun menganut faham Komunis, bahkan ketika Semaun diasingkan ke Belanda (oleh pemerintah Hindia Belanda) karena beberapa kali memotori pemogokan dan demontrasi buruh, Semaun kemudian lari dari pengasingannya dari Belanda ke Soviet, dan dengan jalan "kiri"nya dia aktif melancarkan gerakan-gerakan komunisnya untuk kemerdekaan Indonesia bahkan Lenin (Pemimpin Negara Komunis Soviet)  bisa dikatakan "dekat" dan "percaya" kepada Semaun dengan memberikannya beberapa jabatan penting. Bertahun-tahun Semaun hidup di Soviet, rasa rindunya terhadap Indonesia memanggilnya untuk kembali, apalagi ketika ia mengetahui Indonesia telah merdeka dibawah pimpinan Soekarno, temannya dulu ketika Indekos di rumah Cokro. namun karena dianggap sangat "mengetahui" Soviet", kepulangan Semaun dihalang-halangi Soviet, khawatir dia akan membocorkan rahasia penting mengenai Soviet jika pulang ke Indonesia, namun hal ini kemudian dapat diatasi ketika Soekarno melakukan kunjungan untuk pertama kalinya ke Moscow-Soviet dan Semaun meminta bantuan Soekarno agar ia dapat kembali pulang ke Indonesia. maka Soekarno kemudian meneruskannya  kepada Marsekal Barsilov (Pimpinan tertinggi Partai Komunis Uni Soviet) dan akhirnya Semaun bisa kembali ke Indonesia pada tahuh 1957. Setibanya di Indonesia Semaun berusaha merebut kembali pengaruhnya di SI namun karena gagal akhirnya Semaun mengisi kegiatannya sebagai tenaga pengajar di Universitas Padjajaran sebagai Dosen Ilmu Ekonomi hingga meninggal secara wajar tahun 1971. Terlepas dari pemahaman Kiri nya namun Semaun tidak menggunakan itu untuk melawan pemerintah Indonesia seperti tokoh Komunis lainnya, justru dia menggunakan faham komunisnya untuk membantu Indonesia lepas dari penjajah, maka dari itu kemudian Semaun dapat hidup aman hingga akhir hayat karena tak memilih jalan sebagai "pemberontak", meskipun seumur hidupnya dia tetap membawa "Cap" yang kurang baik akibat ideologi Komunis-nya.

 

 

 

211 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Siti Aidah listia
      Kelas:XI-b
      Dari artikel diatas saya belajar bahwa tugas sebagai seorang pemimpin sangatlah berat dan tanggung jawabnya sangatlah besar,dan yang paling melekat dari artikel di atas adalah Soekarno harus mengedepankan tugasnya sebagai pemimpin negara dibanding perasaannya.Terimaksih ibu

      Delete
  2. Melawan sahabat sendiri memang sangat sulit , apalagi sahabat yang sudah seperti saudara sendiri,tapi karena Soekarno memiliki paham nasionalisme ia lebih memilih melindungi negara dari pemberontak walaupun pemberontak itu adalah sahabat nya sendiri yang sudah dianggap saudara .

    Nama : Sherina Norvenky
    Kelas : XI A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru tahu tentang kisah persahabatan antara soekarno, semaun dan kartosuwryo setelah membaca artikel diatas. Terima kasih ibu.

      Nama: Liani Siti Lutfiah
      Kelas: XI A

      Delete
  3. Nama : Afifah Salwa Salsabila
    Kelas : XI - A

    Terimakasih, karena adanya artikel ini wawasan saya bertambah

    ReplyDelete
  4. Nama : Anye Agisna Cb
    Kelas : XI A Bahasa
    Dari artikel tersebut pembelajaran yang bisa kita ambil bahwa sebagai seorang pemimpin harus bisa mementingkan tugasnya/bersikap adil tanpa memandang hubungan seperti keluarga ataupun teman,

    ReplyDelete
  5. "Perjuangan melawan penjajah lebih mudah daripada melawan saudara sendiri"(Ir.Soekarno) karna melawan penjajah adalah kewajiban kita sebagai warga negara indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia walaupun kartosuwiryo adalah sahabat dekatnya soekarno tetapi soekarno tetap bertindak adil dengan memberikan hukuman kepada kartosuwiryo karna kartosuwiryo sudah memilih jalan yang salah sebagai pemberontak dan melakukan pembangkangan.Soekarno melakukan eksekusi terhadap kartosuwiryo dengan berat hati tetapi dia sudah salah melakukan pemberontakan berbeda dengan semaun yg hidup aman hingga akhir hayat karna tidak memilih jalan sebagai pemberontak meskipun seumur hidupnyadia tetap membawa cap kurang baik akibat ideologi komunisnya.

    Nama:Fardila Salsabila
    Kelas:XI-A(Bahasa)

    ReplyDelete
  6. Nama:siti wapa
    Kelas:XI - A

    Terimakasih dengan artikel ini ilmu pengetahuan saya bertambah

    ReplyDelete
  7. Dari sini saya belajar bahwa tugas seorang pemimpin sangatlah berat,bukan hanya harus bersikap adil tapi juga harus mementingkan tugasnya diatas segala kepentingan yg lain apalagi kepentingan pribadi.

    nama;Dzikra Haifa Yusriah
    kelas:XI-A(bahasa)

    ReplyDelete
  8. Nama: Alifia nur afni rahmawati
    Kelas: XI-A
    Terimakasih ibu, dengan adanya artikel ini sangat menambah ilmu dan wawasan saya

    ReplyDelete
  9. Nama : Restiani Maldareta Gunawan
    Kelas : XI-A BAHASA

    terimakasih karena dengan artikel ini pengetahuan saya menjadi bertambahnya

    ReplyDelete
  10. Dilihat dari persahabatan soekarno dan kedua temannya, masing masing dari mereka memiliki faham hang berbeda. Tetapi itu semua tidak menghalangi persahaban diantara mereka. Karna yang terpenting adalah kita bisa saling menghargai setiap perbedaan yang ada.

    Rifaa Ghassani Rahman
    XI A (Bahasa)

    ReplyDelete
  11. Saya baru tahu tentang kisah persahabatan antara soekarno, semaun dan kartosuwryo setelah membaca artikel diatas. Terima kasih ibu.

    Nama: Liani Siti Lutfiah
    Kelas: XI A

    ReplyDelete
  12. Nama : Bunga Sayyidina K
    Kelas : XI-A (Bahasa)

    Terimakasih bu, dengan artikelnya pengetahuan saya mnjadi bertambah, apalagi pelajaran sejarah, jdi kita mengetahui peristiwa apa saja yang ada disana

    ReplyDelete
  13. Terimaksih bu,setelah saya membaca artikel diatas saya mendapatkan wawasan dan ilmu baru.

    Nama:Fina LutfIah Munawiroh
    Kelas: XI-A

    ReplyDelete
  14. Nama : Astri Yani
    Kelas : XI-A (Bahasa)

    Dengan artikel ini kita menjadi tau seperti apa peran seorang teman itu,meskipun begitu tetapi soekarno tetap menjalankan tugas nya untuk masyarakat indonesia meskipun harus kehilangan seorang teman

    ReplyDelete
  15. Nama : Ariq Putra Fauzan
    Kelas: XI-A

    Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno). Ya memang benar apa yang dikatakan oleh Ir. Soekarno. Dan keputusan yang dilakukan oleh Ir. Soekarno untuk menghukum yg salah yaitu sahabatnya sendiri merupakan sikap adil yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin,tidak memandang apakah itu temen, sahabat, dll. Agar peristiwa "Perang melawan saudara sendiri" tidak terulang kita sebagai generasi penerus bangsa, harus bersatu dan bergandeng tangan untuk memmajukan Indonesia, dan menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

    ReplyDelete
  16. Terimakasih Bu atas artikelnya.Pesahabatan Soekarno dan kedua sahabatnya, kita jadi tahu perbedaan bukan alasan persahabatan menjadi runtuh.


    Nama: Amalia nurwasilah
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  17. Nama:Reska Dwi Lestari
    Kelas :XI-A

    Soekarno melakukan kunjungan untuk pertama kali ke moscow-soviet dan semaun meminta bantuan Soekarno agar ia dapat kembali pulang ke Indonesia.
    Setibanya di Indonesia semaun berusaha merebut kembali pengaruh nya di SI namun karena gagal akhirnya semaun mengisi kegiatan nya sebagai tenaga pengajar universitas padjajaran sebagai dosen ilmu ekonomi hingga meninggal secara wajar tahun 1971.

    ReplyDelete
  18. Nama: Fitri Rumyati
    Kelas: XI-A
    Kisah antara Soekarno dan Semaun tidak se-Tragis seperti Soekarno-Kartosuwiryo, meski Semaun menganut faham Komunis, bahkan ketika Semaun diasingkan ke Belanda (oleh pemerintah Hindia Belanda) karena beberapa kali memotori pemogokan dan demontrasi buruh, Semaun kemudian lari dari pengasingannya dari Belanda ke Soviet, dan dengan jalan "kiri"nya dia aktif melancarkan gerakan-gerakan komunisnya untuk kemerdekaan Indonesia bahkan Lenin (Pemimpin Negara Komunis Soviet) bisa dikatakan "dekat" dan "percaya" kepada Semaun dengan memberikannya beberapa jabatan penting.

    ReplyDelete
  19. Nama : Kansya Divia Maldava
    kelas : XI-A

    Terimakasih ibu dengan membaca artikel ini saya mendapat ilmu baru dan menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  20. Nama:Kevin Pratama Ruswendi
    Kelas:XI-D

    Terimakasih banyak ibu ,setelah saya membaca dan memahami artikel yang ibu berikan saya mendapat ilmu baru,dan menambah wawasan saya ,sekali lagi makasih ibu

    ReplyDelete
  21. Nama: Berlianti Rosmawar hayati
    Kelas:XI-D

    Dari artikel di atas,,sebagai seorang pemimpin kita harus memiliki sikap yang tegas dan bersikap adil.

    ReplyDelete
  22. Tiara Salsabila
    XI-D

    Soekarno lebih memilih melawan temannya sendiri yang seorang pemberontak untuk melindungi negara, daripada mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pemimpin.
    dari artikel diatas, kita bisa belajar bahwa menjadi seorang pemimpin harus melakukan tugasnya dengan baik.

    ReplyDelete
  23. NAMA:Salma rosliana
    Kelas:XI-D

    Saya baru mengetahui adanya persahabatan soekarno dengan seorang temannya namun keduanya memiliki pendapat yg berbeda namun meskipun begitu ir soekarno tetap menjalankan tugas nya dengan baik dan adil.
    Dan terimakasih ilmu saya bertambah setelah membaca artikel diatas.

    ReplyDelete
  24. Nama:Hadist Guida Herdiana
    Kelas:XI-D

    Wahhh,setelah saya membaca artikel diatas saya mendapatkan wawasan dan ilmu baru. TERIMAKASIH IBU

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Nama : Dini Nursari Anjani
    Kelas: XI-D

    Kata kata yang di ucapkan Soekarno sangat melakat bagi kita tentang "Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno) ucapan itu memang benar terjadi sekarang

    ReplyDelete
  27. Nama : Murni Hafizah Salsabila
    Kelas : XI-D

    walaupun idealisme mereka saling bersebrangan tetapi persahabatan mereka tetap terjalin baik, terimakasih Bu setelah membaca artikel diatas saya menambah wawasan yang baru

    ReplyDelete
  28. Nama : Erina widia A
    Kelas: XI-D

    Dari artikel diatas saya lebih tau lagi bahwa Jadi pemimpin itu harus memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya,dan juga harus bersikap adil tampa terkecuali

    ReplyDelete
  29. Nama : Nadhira Zharfan Aulia
    Kelas : XI-D

    “Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno). Dengan derai air mata dan berat hati maka Soekarno diposisikan harus lebih mengedepankan tugasnya sebagai Pemimpin Negara dibanding dengan perasaannya.

    ReplyDelete
  30. Nama : Ayu Nabila Faiqoh
    Kelas : Xl-D

    Dari artikel diatas banyak pengetahuan dan pengalaman seorang tokoh, termasuk dalam artikel ini Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” kata Ir Soekarno,dari artikel tersebut emang sulit melawan sahabat sendiri dan Sabahat tersebut sudah lama Deket dan akhirnya dipisahkan oleh keyakinan masing masing, beliau sebenernya gak mau melawan sama Sabahat sendiri tapi beliau menjalankan kewajiban sebagai pemimpin yang harus bisa bertindak untuk negara Indonesia,kalo itu buruk dan walaupun dilakukan oleh sahabat sendiri tapi Soekarno harus bertindak tegas hal ini,dan akhirnya Soekarno berani dan sahabat- sahabat Soekarno dipertemukan lagi, walaupun sangat sulit tapi akhirnya bisa ketemu lagi.

    ReplyDelete
  31. Nama:Siti Toyibah
    Kelas:XI-D

    dari artikel ini wawasan saya bertambah dan bisa mengetahui walaupun dalam keadaan bersahabat dekat,jika ada masalah yg bertentangan kita harus tetap mengeluarkan perilaku nasionalisme

    ReplyDelete
  32. Nama : Firman s
    Kelas : xi-D

    " Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri " (Ir.Soekarno)
    Setelah saya membaca artikel di atas saya mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru.Terima kasih Bu

    ReplyDelete
  33. Dalam suatu persahabatan pasti akan ada berbeda pandangan dalam menghadapi suatu hal.Apalagi dlm segitiga persahabatan Soekarno, Kartosuwiryo dan semaun dalam lingkaran kekuasaan.Tentunya mereka mempunyai pendapat masing-masing tentang pandangan politik dan idealisme,karena itu mereka menjadi lawan.Namun seharusnya sebagai sahabat harus merangkul lagi sahabat kita yang salah jalan agar kembali ke jalan yang benar.tetapi jika hal itu tidak bisa dilakukan kita harus melakukan perbuatan yang benar meskipun menjadi lawan sahabat sendiri seperti yang dilakukan oleh Soekarno yaitu perjuangan mengusir para penjajah.
    Kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut bahwa Lakukanlah yang terbaik sebagai pemimpin negara meskipun melawan sahabat sendiri.


    Nama : Rina Aryanti
    Kelas: XI-D

    ReplyDelete
  34. Adhitya Aldi Maulana
    XI-D

    Terima kasih dengan artikel ini saya dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete
  35. Nama : Nabil Sauki Billah
    Kelas : XI-D


    Trimakasih bu atas artikel nyaa,dengan ini pengetahuan saya jadi bertambah

    ReplyDelete
  36. Nama : Mutia Indah Maharani
    Kelas : XI-D

    Seperti yang tertera dalam judul artikel ini
    Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno)

    Mengapa demikian?? Contoh nya di indonesia banyak yang korupsi,perbuatan yang menyimpang,dll.
    Maka dari itu yang fi ucap kan oleh Ir. Soekarno nemang lah benar
    Terimakasih banyak bu untuk artikel ini,sangat bermanfaat sekali dan dapat menambah wawasan 💞

    ReplyDelete
  37. Nama : Mutia Indah Maharani
    Kelas : XI-D

    Seperti yang tertera dalam judul artikel ini
    Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno)

    Mengapa demikian?? Contoh nya di indonesia banyak yang korupsi,perbuatan yang menyimpang,dll.
    Maka dari itu yang fi ucap kan oleh Ir. Soekarno nemang lah benar
    Terimakasih banyak bu untuk artikel ini,sangat bermanfaat sekali dan dapat menambah wawasan 💞

    ReplyDelete
  38. Nama : Novi Fitriyani
    Kelas: XI-D

    seorang pemimpin harus memiliki tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dan bersikap Adil,terimakasih setelah membaca artikel diatas saya mendapatkan ilmu dan wawasan baru

    ReplyDelete
  39. Nama : Aldi Herdiana
    Kelas : XI-D

    wow impressif artikelnya menarik bu

    ReplyDelete
  40. Nama: Cucu husni saebah
    Kelas: XI-D
    walaupun berat harus membunuh teman seperjuangan dulu,tidak ada cara yang lain karena dia telah memberontak, dan ingin keinginannya tercapai walau dengan cara yang salah.ini demi kebebasan.

    ReplyDelete
  41. Silvi Lutfiah Padilah
    XI-D

    Dari artikel di atas kita mengetahui meskipun kita hidup berdampingan belum tentu kita satu tujuan, dan sebaik baiknya orang lain jangan terlalu terjerumus oleh omongannya, fokuslah kepada tujuan sendiri jika itu tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  42. Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    Terimakasih bu,dengan artikel ini saya jadi lebih tahu mengenai kisah persahabatan soekarno dan perjuangannya untuk melakukan yang terbaik meski harus berlawanan dengan sahabat sendiri.

    ReplyDelete
  43. Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    Terimakasih bu,dengan artikel ini saya jadi lebih tahu mengenai kisah persahabatan soekarno dan perjuangannya untuk melakukan yang terbaik meski harus berlawanan dengan sahabat sendiri.

    ReplyDelete
  44. Aisya sinta
    XI-E

    Terimakasih bu buat artikelnya pengetahuan saya menjadi luas tentang zaman dahulu

    ReplyDelete
  45. Nama : Chandra Krisnawan
    Kelas: Xl-E

    Artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan, Terimakasih bu

    ReplyDelete
  46. Nama : Adinda Ayu Rinandasari
    Kelas : XI-E

    Sebagai pemimpin harus bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, walaupun seseorang itu adalah orang terdekat, tetap saja yang salah tetap lah bersalah. Terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  47. Nama:Bayu Putra Anugrah
    Kelas:XI-E


    Artikel ini sangat bagus singkat padat dan jelas dalam merangkum kisah antara perjuangan soekarno dan imam Kartosuwiryo dalam mempertahankan ideologi mereka masing".

    ReplyDelete
  48. Chandra Bima Saya
    XI-D


    Wahh alhamdulillah bu wawasan saya Dikit demi sedikit jadi bertambah

    ReplyDelete
  49. Nama:Aditya Faisal Yahmi
    Kelas:XI-E

    Alhamdulillah berkat artikel ini saya dapat menambah wawasan tentang pemimpin yang harus mempunyai sifat yang tegas dan adill

    Dan mengetahui tentang sejarah 'Segitiga Persahabatan dalam Lingkaran Kekuasaan : Soekarno, Kartosuwiryo dan Semaun.

    Makasih banyak ibu

    ReplyDelete
  50. Nama : Amalia Marliani
    Kelas : XI-E
    Setiap orang pasti memiliki keberagaman pandangan,dan keberagaman pandangan jangan sampai menjadi penghalang untuk melakukan kebaikan

    ReplyDelete
  51. Nama :imam muhamad nur
    Kelas:XI-D

    Terima kasih bu atas artikelnya, dengan ini wawasan saya bertambah

    ReplyDelete
  52. nama:salsabila safarina fatihah
    kelas:XI-E

    Terimakasih,karena artikel ini pengetahuan saya bertambah.

    ReplyDelete
  53. Nama :Gita Aulia Azizah
    Kelas : XI-E

    Terimakasih bu dengan artikel ini saya mendapat pelajaran baru tentang kisah kedekatan soekarno dengan sahabatnya meskipun harus memilih/memutuskan jalan terbaik yang dia ambil yang bertentangan dengan sahabatnya

    ReplyDelete
  54. Nama: Tina Tantriana
    Kelas : XI E

    Terimakasih bu dengan membaca artikel ini saya mengetahui adanya persahabtan yang baik dan perjuangan soekarno yang berlawanan dengan sahabat nya yang sudah dianggap seperti saudara

    ReplyDelete
  55. Nama: Defal Ardiansyah firdaus
    Kelas:XI-E


    Saya baru mengetahui tentang persahabatan antara 3 pejuang di negara kita ini,yang justru ketiganya menganut idealisme yang berbeda.

    ReplyDelete
  56. Nama : Sarrah Maria Istiqomah
    Kelas: XI-E

    Dari artikel di atas kita dapat mempelajari bahwa kita harus menjadi pemimpin yang tegas dan bertanggung jawab. Meskipun kita harus melawan orang terdekat kita.

    ReplyDelete
  57. Nama:anisa nuraeni
    Kelas: XI-E

    Dengan adanya artikel ini menambah ilmu dan wawasan saya,Terima kasih bu.


    ReplyDelete
  58. Nama : Najib A. F.
    Kelas : XI-E

    Tak terbayang seperti apa rasanya dituntut untuk mengeksekusi sahabat sendiri. Namun hukum tetaplah hukum, mau sahabat ataupun keluarga sendiri, harus berprilaku adil.

    ReplyDelete
  59. Nama:chindi mauliyanti
    Kelas:XI-E

    Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  60. Nama : Siti Mariam
    Kelas: 11 E

    Terimakasih bu atas artikelnya, sekarang kita tau bahwa perbedaan tidak akan meruntuhkan persahaabatan

    ReplyDelete
  61. Nama : Siti Mariam
    Kelas: 11E

    Terima kasih bu atas artikelnya sekarang saya mengerti bahwa perbedaan tidak akan meruntuhkan persahabatan

    ReplyDelete
  62. Nama : Raka Farhan Fauzan
    Kelas : XI-E

    Terimakasih bu, Setelah membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa Ir. Soekarno merupakan pemimpin yang tegas dan taat kepada hukum

    ReplyDelete
  63. nama : Silmi Nadhirah hasya
    kelas : 11 E

    terimakasih bu, karena adanya artikel ini wawasan saya bertambah

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  65. Nama : syifa nur ilahiyah
    Kelas : XI E

    Saya salut kepada ir. Soekarno karena keamanahan beliau saat terpaksa menyetujui sahabatnya sendiri dihukum.

    ReplyDelete
  66. Mellany putri
    XI-E

    Terimakasih bu buat artikelnya wawasan saya menjadi bertambah

    ReplyDelete
  67. Ir. Soekarno sangat profesional sebagai pemimpin negara, ia menekan egonya untuk menandatangani surat eksekusi Kartosuwiryo yang merupakan sahabat dekatnya dan lebih mementingkan negara dibandingkan perasaannya sendiri.

    Hanisa Nur Oktaviani XI-E

    ReplyDelete
  68. Ririn nuryasifa
    XI-D

    Dari artikel diatas kita jadi tahu dan mengerti tentang Segitiga Persahabatan dalam Lingkaran Kekuasaan Soekarno Kartosuwiryo dan Semaun.

    ReplyDelete
  69. Nama:Tia Kayla Azzahra
    Kelas:XI-D

    Saya kagum kepada soekarno walaupun persahabatannya beda pandangan,soekarno lebih membela negaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Shaila Fauziah
      Kela : XI-E

      Perbedaan bukan menjadi penghalang kita untuk bersahabat dengan siapapun.

      Delete
  70. Nama: Aida Fauziah Rahma
    Kelas: XI-E

    Terimakasih Bu, dari artikel ini saya jadi tahu kisah tentang persahabatan Soekarno

    ReplyDelete
  71. dengan adanya artikel ini, saya menjadi tahu, bahwa kita bisa bersahabat dengan siapapun tanpa melihat adanya perbedaan

    Terimakasih bu artikelnya sangat menginspirasi dan menambah wawasan saya

    Khilda Inayyah
    XI-E

    ReplyDelete
  72. Nama:Fadila Nurlita
    Kelas: XI-E
    Dari artikel di atas kita belajar bahwa menjadi seorang pemimpin harus tegas dan adil tidak boleh membedakan walaupun itu sahabat atau keluarga sendiri.

    ReplyDelete
  73. Dari artikel ini saya jadi mengetahui persahabatan antara soekarno, kartosuwiryo dan semaun. terima kasih bu ilmunya sangat bermanfaat

    rysma yulianti
    11-e

    ReplyDelete
  74. Dari artikel ini saya sekarang tahu tentang sejarah segitiga persahabatan antara soekarno,kartosuwiryo dan semaun .


    Mochamad Ariel M
    XI-D

    ReplyDelete
  75. Nama: femi yuspita juliani
    Kelas: XI-E

    Terimakasih bu,karena setelah saya membaca artikel ini saya jadi tahu tentang kisah persahabatan antara soekarno, semaun dan kartosuwryo

    ReplyDelete
  76. Nama : Risma Amalia
    Kelas : 11-D

    “Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah ... Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri” (Ir.Soekarno)
    Kata kata beliau yang selalu saya ingat, terimakasi ibu telah membagikan artikel yang membuat wawasan saya bertambah.

    ReplyDelete
  77. Nama : Suci Indah Ramadani
    Kelas : XI-E

    Setelah membaca artikel di atas, saya jadi mengetahui kisah tentang segitiga persahatan antara Soekarno, Kartosuwiryo dan Semaun. Terimakasih banyak bu ilmu nya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  78. Nama : Fadila Annisa Yasmin
    Kelas : XI C
    Dilihat dari persahabatan soekarno dan kedua temannya, masing masing dari mereka memiliki faham hang berbeda. Tetapi itu semua tidak menghalangi persahaban diantara mereka. Karna yang terpenting adalah kita bisa saling menghargai setiap perbedaan yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : putri rahmi azzikra
      Kelas : XI-C

      Dengan artikel ini saya menjadi tahu seperti apa peran seorang teman dan dari sini saya belajad bahwa menjadi seorang pemimpin sangatlah berat dan harus adil

      Delete
  79. Nama: Azalia Adelin
    Kelas: XI-C Mipa 2
    Salah satu ucapan Presiden Soekarno yang paling dikenang adalah, "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan saudara sendiri."
    Maksud Soekarno lewat ucapan itu yakni mengingatkan ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia setelah merdeka.
    Sebelumnya, terimakasi ibu atas artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  80. Nama : Adinda Ayu Dwi Kharisma
    Kelas: XI-C

    Terima kasih bu atas artikelnya. Karena dengan membaca artikel ini saya jadi mengetahui tentang kisah persahabatan antara soekarno ,kartosuwiryo, dan semau. Serta dapat mengetahui bagaimana sikap seorang pemimpin tanpa harus memandang siapa lawannya.

    ReplyDelete
  81. sherly delistiany
    XI-C

    terimakasii dari artikel tersebut saya jadi tau kisah soekarno dan sahabat nya dari artikel di atas juga wawasan saya semakin bertambah terimakasii

    ReplyDelete
  82. Nama: Shabrina Dinda Rajbani
    Kelas: XI-C

    Terimakasih Bu, artikel ini sangatlah bermanfaat, karena setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui kisah persahabatan Soekarno, Kartosuwiryo, dan semaun.

    ReplyDelete
  83. Nama : Naifa nurul hidayani
    Kelas : XI - C

    Terimakasih bu telah membagikan ilmu yang sangat bermanfaat sekali juga menambah wawasan, saya sangat terinspirasi dengan kisah 3 persahabatan soekarno, semaoen, dan kartosoewirjo

    ReplyDelete
  84. desinta dwi lestari
    XI-C

    terimakasih bu atas artikelnya, ilmu dan wawasan saya semakin bertambah, dan saya menjadi tahu tentang persahabatan soekarno yang bersahabat tanpa melihat perbedaan

    ReplyDelete
  85. Nama:Mutiara Fitri Permata Sari
    Kelas: XI-C

    Membaca artikel ini membuat saya tahu cerita tentang persahabatan antara soekarno, kartosuwiryo dan semaun. Menjadikan saya lebih mengutamakan kepentingan yang lebih penting dari pada kepentingan yang lain. Membuat saya paham jika perbedaan bukan alasan untuk berhenti menjadi sahabat.

    ReplyDelete
  86. Nama :Yuli Nurholiza
    kelas:XI-C

    artikel nya sangat bermanfaat,terimakasih bu.Saya jadi mengetahui kisah tentang persahatan antara Soekarno, Kartosuwiryo dan Semaun.

    ReplyDelete
  87. Nama: Dede Annisa Rahayu
    Kelas: Xl-C

    Terimakasih bu atas artikelnya, sekarang kita tau bahwa perbedaan tidak akan meruntuhkan persahaabatan.

    ReplyDelete
  88. Nama : Kahilla Sarah Azmy
    Kelas: XI-C

    Terimakasih artikelnya bu, setelah membaca artikel ini saya jadi mengetahui bahwa Soekarno memiliki kisah persahabatan dengan kartosuwiryo dan semaun. Selain berperan sebagai pemimpin yg baik, ternyata beliau juga merupakan seorang sahabat yg baik dan bisa menghargai perbedaan pandangan politik dengan para sahabatnya.

    ReplyDelete
  89. Terimakasih bu,artikelnya bermanfaat dan membuat saya tau kisah tentang persahabatan soekarno, semaun dan kartosuwiryo

    Arinda nurul zarka
    XI-C

    ReplyDelete
  90. Nama : Farhan Ghifari
    Kelas : XI-C
    Terima kasih artikelnya bu, sekarang saya tahu perbedaan tidakakan selalu meruntuhkan persahabatan.

    ReplyDelete
  91. nama : jasmine aulia pasha
    kelas : XI - C

    setelah membaca artikel diatas saya jadi tau tentang persahabatan antara soemarno, kartosuwiryo dan semaun. terimakasih bu, artikel nya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  92. Dari artikel di atas saya belajar bahwa menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah, seorang pemimpin harus mempunyai sikap tanggung jawab dan adil serta memprioritaskan tugasnya daripada kepentingan pribadi.

    Nama : Maulida Mustaqim Haq
    Kelas : XI-C

    ReplyDelete
  93. Nama :Risa Lestari
    Kelas:XI-C

    Terimakasih bu atas artikelnya.Saya menjadi tahu persahabatan Soekarno dan kedua sahabatnya,dan tahu akan perbedaan bukan alasan persahabatan menjadi runtuh.

    ReplyDelete
  94. Dari artikel diatas kita belajar bahwa menjadi seorang pemimpin harus bertanggung jawab bisa melakukan tugasnya dengan baik, bersikap adil tanpa membeda-bedakan walaupun itu sahabat ataupun keluarganya sendiri.

    Shiva Regina
    XI-C

    ReplyDelete
  95. Ahmad soleh nugraha
    XI-C



    Dari artikel di atas saya menjadi tau tanggung jawab pemimpin sangatlah berat. Artikel di atas sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  96. Nama : Ryan maulana
    XI-C
    Terimakasih bu,artikelnya yg mengingatkan saya indahnya persahabatan:)

    ReplyDelete
  97. Ahmad soleh nugraha
    XI-C



    Dari artikel di atas saya menjadi tau tanggung jawab pemimpin sangatlah berat. Artikel di atas sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  98. Nama : Ihsan Muhammad Iqbal
    Kelas : XI-C

    Menarik dan heroik! saya rasa sejarah 3 sahabat ini takkan terlupakan. 3 individu berbeda, 1 guru, namun mereka memiliki idealis yang berbeda-beda. Terima kasih atas artikel yang menarik ini bu:)

    ReplyDelete
  99. Terimakasih bu atas artikel yang sangat bermanfaat ini, dengan membaca artikel ini wawasan saya bertambah

    Nama: Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas: XI-C

    ReplyDelete
  100. Nama:Alia Oktaviani Ahmad
    XI-C

    terimakasih bu,artikel nya sangat bermanfaat
    Dari artikel di atas saya menjadi tau betapa beratnya tanggung jawab seorang pemimpin

    ReplyDelete
  101. terimakasi bu, artikel diatas sangat bermanfaat danjuga mudah untuk di pahami dari artikel di atas saya memahami betapa tanggungjawabnya seorang pemimpin

    ReplyDelete
  102. Nama:Myra Zada Ismena
    Kelas:XI-C

    Terimakasih bu atas artikelnya, itu sangat bermanfaat dan membantu saya dalam menambah wawasan, saya jadi mengetahui juga tentang kisah persahabatan antara soekarno, kartosuwiryo dan semaun

    ReplyDelete
  103. Nama:Muhammad Naufal Ridho
    Kelas:XI-C

    dari artikel diatas saya jadi mengerti bahwa seharusnya perbedaan pemahaman tidaklah untuk memisahkan melainkan untuk mempersatukan

    ReplyDelete
  104. Nama : Risma Dwi Putri Andriana
    Kelas : XI C

    Setelah membaca artikel ini, bukti bahwa seorang pemimpin harus profesional bertanggung jawab atas tugasnya dan adil tidak memandang yang dia hadapi sekaligus sahabat dekatnya yang dia hadapi

    ReplyDelete
  105. Nama: Salma Sabila
    Kelas:xi-b
    Terimakasih Bu atas artikelnya, wawasan saya jadi bertambah.

    ReplyDelete
  106. Nama: Nindi Nur Meilandini
    Kelas: XI B

    Setiap orang pasti memiliki paham yang berbeda begitupun seperti di dalam artikel , namun Ir. soekarno seorang pemimpin yang berjiwa Nasionalisme, adil, dan bertanggung jawab mencontohkan kepada kita agar kita bisa lebih menghargai pendapat paham setiap orang, jangankan sahabat terkadang paham otak dan hati saja berbeda.

    ReplyDelete
  107. Nama : Nazwa Zaimatunisa
    Kelas : XI B

    Dari artikel diatas bisa menambah wawasan saya tentang persahabatan antara soekarno,kartosuwiryo dan semaun. Dan dari artikel ini saya memahami bahwa seorang pemimpin itu harus sangat bertanggung jawab

    ReplyDelete
  108. Nama :Muchamad Raihan Rizaldi
    Kelas: XI-B
    terima kasih ibu atas artikelnya,bahwa dalam artikel di atas kita sebagai pemimpin harus bertanggung jawab dan dengan membaca artikel ini wawasan saya jadi bertambah dan dapat mengambil hikmahnya.

    ReplyDelete
  109. Nama : Ayesha Aufa Syauqi
    Kelas : XI-B

    dengan membaca artikel diatas, saya jadi tahu tentang persahabatan yang terangkai antara soekarno, Kartosuwiryo, dan semaun. juga perbedaan pandangan antara satu pihak dengan pihak yang lain. saya juga mengetagui betapa besarnya tanggung jawab yg harus dikerahkan oleh seorang pemimpin. artikel nya menarik, juga menambah wawasan. terima kasih bu

    ReplyDelete
  110. Nama:Balqis clarisa rahmadhita
    Kelas:XI-B

    Artikel yang ibu tulis selalu menarik untuk dibaca tidak teralalu panjang tetapi detail dan mudah dimengerti

    ReplyDelete
  111. Nama:Yulia Monita Razak
    Kelas:XI-B MIPA 1

    setelah membaca artikel diatas saya menjadi lebih tahu tentang sejarah indonesia bahkan tentang persahabatan soekarno,kartosuwiryo,dan semaun

    ReplyDelete
  112. Nama: Novita pratiwi
    Kelas : XI B

    Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat. Saya jadi memahami beratnya menjadi seorang pemimpin membutuhkan tanggung jawab yang besar

    ReplyDelete
  113. Nama : Reza Febrian
    Kelas : XI-B

    terima kasih bu,setelah membaca ini pengetahuan saya jadi bertambah.

    ReplyDelete
  114. nama: faisya rachmiani putri
    kelas: XIb mipa 1

    dengan membaca artikel diatas saya menjadi lebih tahu tentang persahabatan soekarno, kartosuwiryo dan semaun. dan artikel yang ibu buat selalu menarik dan juga bermanfaat.

    ReplyDelete
  115. Nama : Hafizan Rofif Fauzi
    Kelas : XI-B
    Terima kasih bu.... karena dengan membaca/menganalisis artikel tersebut saya lebih mengenal kisah dari ir Soekarno dan sahabat-sahabatnya....dan mengajar kan kita sebagai seorang pemimpin yang harus mengambil keputusan yang bijak serta tanggung jawab pastinya.... sungguh menarik (artikel nya)...dan pasti menambah wawasan... terimakasih bu

    ReplyDelete
  116. nama : Dzakiya Fathiarrahma
    kelas : XI B

    setelah membaca artikel diatas saya jadi lebih memahami tentang prioritas dan persahabatan. melawan sahabat sendiri memang sulit, tapi kita harusnya bisa menghargai pendapatnya yg berbeda dg kita

    ReplyDelete
  117. Devita septiani kelas 11b
    Setelah membaca artikel diatas saya menjadi tau persahabatan yang sudah lama dibangun akan terpisah juga karna adanya perbedaan2 dari masing2...maka jdikan perbedaan sebagai pengerat hubungan persahabatan bukan malah menjadi pertikaian

    ReplyDelete
  118. dari artikel diatas saya jadi tahu seorang pemimpin harus mementingkan tugasnya diatas segalanya dan hrus bersikap adil.

    Syamrotul Amalia
    XI-B

    ReplyDelete
  119. Nama:Rofi Khoirul Anwar
    Kelas:XI B

    Dari artikel di atas saya bisa mengerti bahwa Persaudaraan saja bisa rapuh karena perbedaan pemahaman Tetapi ir.soekarno yang memiliki jiwa nasionalime dan bertanggung jawab,ia bisa Mengajarkan atau mencontohkan mana yang harus dilakukan dan mana yang harus tidak dilakukakan.
    intinya terima kasih ibu... atas artikelnya

    ReplyDelete
  120. Nama:Srirahayu
    Kelas:XI-B MIPA 1

    Terimakasih Bu, Artikel nya bermanfaat dan memberikan pelajaran bagi saya , dan tentunya menambah wawasan tentang sejarah bagi saya.

    ReplyDelete
  121. Nama : syifa astriani
    Kelas: XI-B

    Dengan adanya artikel ini ,kita belajar bahwa seorang pemimpin haruslah bersikap adil dan bertanggung jawab dengan tugasnya .
    Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat dan juga mudah untuk di pahami.

    ReplyDelete
  122. Terimakasih Bu, artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya

    Mutiara Fuadah XI-B

    ReplyDelete
  123. Risnanda Mulfia
    11-B (MIPA1)

    artikel di atas memberi pelajaran bagi saya. menjadi seorang pemimpin harus bersikap adil, profesional, dan bertanggung jawab atas keputusannya.

    ReplyDelete
  124. elsa salsabila
    XI B

    terimakasih bu artikel nya, dengan artikel tersebut wawasan dan pengetahuan saya bertambah

    ReplyDelete
  125. Nabila nur setiani
    XI-C

    Bahwa tugas seorang pemimpin sangatlah berat,bukan hanya harus bersikap adil tapi juga harus mementingkan tugasnya diatas segala kepentingan yang lain apalagi kepentingan pribadi

    ReplyDelete
  126. Tegar Dwi Pratami
    XI-B

    terimakasih bu, artikelnya sangat bermanfaat, tentunya menambah wawasan sejarah saya.

    ReplyDelete
  127. Dengan adanya artikel di atas saya jadi tau perjuangan ir.soekarno dan sahabatnya-sahabatnya,harus bertanggung jawab,terutama pemimpin yang harus bersikap adil.dan terimakasi bu, sudah memberikan artikel ini saya jadi tau bagaimana perjuangan dan apa arti tentang persahabatan ir.soekarno


    Rani maryani
    XI-B

    ReplyDelete
  128. Terimakasih dengan artikel ini pengetahuan saya bertambah..dari sini saya belajar bahwa tugas seorang pemimpin sangatlah berat,bukan hanya harus bersikap adil tapi juga harus mementingkan tugasnya diatas segala kepentingan yg lain apalagi kepentingan pribadi..dan saya jadi tau perjuangan ir.soekarno dan sahabatnya-sahabatnya.



    Arsyla Az-zahra
    XI-F

    ReplyDelete
  129. Terimakasih Bu atas artikel di atas saya jadi tau bahwa tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin itu sangatlah berat.


    Tresna Darmawanti
    11-f

    ReplyDelete
  130. Dari artikel di atas saya tau bagaimana perjuangan ir. Soekarno dan para sahabatnya kemudian dari artikel di atas juga banyak memberikan saya wawasan


    Desta Putri Yudia
    XI-F

    ReplyDelete
  131. Nadila Dina Indriani
    XI-F


    Dengan membaca artikel ini, saya jadi paham. Bahwa tanggung jawab itu lebih penting dari apapun. Apalagi seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab yang sangat berat. Dan dengan melihat pemimpin seperti Ir. Soekarno yang memiliki jiwa nasionalisme dan tanggung jawab, ia mengajarkan bahwa hal mana dulu yang harus diutamakan dan itu sebuah tanggung jawab.

    ReplyDelete
  132. Terimakasih bu, Artikel diatas sangat bermanfaat dan sangat membantu saya untuk menambah wawasan.


    Siti Soza Yasmin
    XI-F

    ReplyDelete
  133. Apif Abdul Hamid
    XI- F

    Saya baru tahu tentang fakta ini. Artikel ini angat bermanfaat,menambah pengetahuan kita terhadap presiden pertama kita Ir.Soekarno

    ReplyDelete
  134. Dengan artikel ini kita jadi menambah wawasan bahwa menjadi pemimpin itu bukan hanya adil tetapi harus bersikap professional juga...

    Rara Azzahra
    11-F

    ReplyDelete
  135. Salsabila Rizqan Daru
    XI-F

    Terimakasih bu atas artikel yang ibu berikan, artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  136. moch rizkan herlambang
    XI-F
    dengan membaca artikel ini saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru

    ReplyDelete
  137. moch rizkan herlambang
    XI-F
    dengan membaca artikel ini saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru

    ReplyDelete
  138. Nama : Nadila yulistia azahra
    Kelas : XI-F
    dari artikel diatas, ada pembelajaran yg bisa kita ambil, bahwa sebagai pemimpin harus mementingkan tugasnya.
    terimakasih dengan artikel ini, wawasan saya bertambah

    ReplyDelete
  139. M. Rahmat fauzan
    XI-F

    Dari artikel diatas kita belajar betapa berpengaruhnya sebuah ideologi, jika sebuah ideologi telah menancap dengan kuat dalam pikiran kita maka apapun tindakan yang kita ambil pasti berlandaskan ideologi tersebut. Dan selalu akan merasa paling benar jika berlandaskan ideologi sendiri

    ReplyDelete
  140. Qonitha Hasnanur
    XI-F

    Terimakasih atas artikel yang ibu berikan saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru

    ReplyDelete
  141. Deni Yarsah
    11 F

    Dari artikel di atas saya dapat menyimpulkan bahwa menghargai atau menjaga seorang sahabat, dapat dikalahkan dengan menjaga amanah terhadap jutaan jiwa di lingkungannya. Terimakasih Bu atas artikelnya, sangat menambah wawasan mengenai moral, faham maupun sikap nasionalisme.

    ReplyDelete
  142. Terima kasih, setelah membaca artikel ini, ilmu serta wawasan saya bertambah, terutama tentang rasa dan sikap nasionalisme.

    Nama : Asti Mar'atus Solehah
    Kelas : XI - F

    ReplyDelete
  143. Dari artikel ini, saya belajar bahwa tugas dan tanggung jawab harus dilaksanakan dengan adil. Memberi hukuman pada suatu tindakan yang tidak baik, meski dengan berat hati hukuman itu harus dijatuhkan kepada sahabat sendiri.

    Malika Nurul Husna
    XI-F

    ReplyDelete

  144. Andieni Dwi Septaviani
    XI-F
    Dari artikel tersebut saya mempelajari satu hal yaitu walaupun katanya persahabatan diatas segalanya namun jika yang dipertaruhkan adalah sebuah keadilan maka persahabatan tidak selamanya menjadi prioritas
    Terimakasih bu atas artikelnya


    ReplyDelete
  145. Terimakasih bu atas artikelnya, aya jadi tau informasi tentang itu lebih banyak.

    Nama : N. Shabrina Azzahra
    Kelas : XI-F

    ReplyDelete
  146. Melani agustin
    11 - F

    dari artikel ini saya mendapat wawasan baru dan mengajarkan bahwa harus bertanggung jawab atas tugas kita

    ReplyDelete
  147. Betapa berpengaruhnya sebuah ideologi bagi keberlangsungan hidup manusia. Bahkan, saking kuat pengaruhnya hingga dapat membuat sebuah pertumpahan darah dikarenakan perbedaannya. Semuanya disebabkan karena ideologi yang dikyakini adalah satu satunya kebenaran, sampai menjadikan hidup dan matinya hanya untuk ideologi tersebut.
    Semoga kita semua memegang ideologi yang benar yang bukan hanya menurut asumsi akal semata, namun juga berdasarkan wahyu tuhan yang telah diturunkan kepada kita. Aamiin.

    Nama : Muhammad Hanif S
    Kelas : 11 F

    ReplyDelete
  148. Mengambil dari kisah Semaun, mungkin tidak semua yang kita anggap buruk itu benar benar buruk dan akan berakhir buruk tetapi tergantung pada kita menyikapinya.

    Nama : Rifka Rahma Dewi
    Kelas : 11 A

    ReplyDelete
  149. Ikeu Nurholijah
    XI-I

    Makasih bu dari artikel ini saya tau kita harus bersikap tanggung jawab

    ReplyDelete
  150. Nama:yeni mulyani
    Kelas:XI-i

    Maksi ibuu ilmunya,tugas seorang pemimpin itu sangatlah berat dan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar,dan jadi seorang pemimpin itu harus tegas.

    ReplyDelete
  151. Kaila azzahra
    11 i
    Terimakasih Buu artikel di atas sangat bermanfaat sehingga saya dapat menambah ilmu dan pengetahuan saya

    ReplyDelete
  152. Nama:naya amanda dwi putri
    Kelas:XI-i

    Terimaksih bu banyak sekali pengetahuan baru yg ibu kasih tau sehingga menambah wawasan kita.

    ReplyDelete
  153. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : XI-I
    .
    Terimakasih bu, dari artikel ini saya mendapat ilmu baru. Ternyata Soekarno dengan Kartosuwiryo adalah sahabat dekat. Juga Soekarno dengan semaun. Soekarno tetap harus bersikap adil sebagai pemimpin, ia menandatangani surat eksekusi sahabat nya sendiri. Kita bisa mengambil pelajaran, bahwa pemimpin sudah seharusnya bersikap adil dan harus mementingkan negara dan tidak mementingkan urusan pribadi. Terimakasih bu atas ilmunya.

    ReplyDelete
  154. Cita Aulia Nurdiansyah
    XI-I

    Banyak banget pelajaran yang diambil dari artikel diatas, bahwa sebuah ideologi sangat berpengaruh terhadap hidup Manusia. Menjadi pemimpin pun tidak lah mudah, ia harus memiliki jiwa bertanggung jawab, bersikap adil, memiliki wawasan yang luas & profesional. Terimakasih bu, artikel diatas sangat bermanfaat & menambah wawasan.

    ReplyDelete
  155. Nama: Muhammad Wilzan
    Kelas :Xl-i

    Makasih bu.Dari artikel di atas. Saya jadi lebih tau tentang pengetahuan

    ReplyDelete
  156. Nama: Muhammad Wilzan
    Kelas :Xl-i

    Makasih bu.Dari artikel di atas. Saya jadi lebih tau tentang pengetahuan

    ReplyDelete
  157. Nama:Angga Nugraha
    Kelas:XI-i

    Dengan membaca artikel di atas saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  158. Nama: M.muhamad ramdani
    Kelas: XI-i

    Alhamdulilah terimakasih ibu ilmu nya, dengan membaca sejarah ini kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang Segitiga Persahabatan dalam Lingkaran Kekuasaan Soekarno, Kartosuwiryo dan Semaun

    ReplyDelete
  159. Nama;Lucky Habdan Hakim
    Kelas:XI-I
    Wahhh,setelah saya membaca artikel diatas saya mendapatkan wawasan dan ilmu baru. TERIMAKASIH IBU

    ReplyDelete
  160. Nama :Gary pratama
    Kelas:XI-i


    Terimakasih banyak ibu ,setelah saya membaca dan memahami artikel yang ibu berikan saya mendapat ilmu baru

    ReplyDelete
  161. dicky hilmansyah
    XI-I


    saya setelah membaca artikel di atas saya banyaj mendapayakan ilmu pengetahuan tentang segitiga persahabatan dalam kekuasaan soekarno

    ReplyDelete
  162. Nama : Ishma Rachma Meilani
    Kelas : 11 i

    Dari artikel diatas bisa menambah wawasan saya tentang persahabatan antara soekarno,kartosuwiryo dan semaun. Dan dari artikel ini saya memahami bahwa seorang pemimpin itu harus sangat bertanggung jawab

    ReplyDelete
  163. Nama : Muhamad Rafi Pratama
    Kelas: XI-I

    Terimakasih Bu Dari artikel diatas saya belajar bahwa tugas sebagai seorang pemimpin sangatlah berat dan tanggung jawabnya sangatlah besar

    ReplyDelete
  164. Nama : Laksmi Wulandari Fatimah
    Kelas: XI-I

    Dari artikel diatas saya mengerti bahwa Soekarno harus mengedepankan tugasnya sebagai pemimpin negara dibandingkan perasaannya dan seorang pemimpin itu harus sangat bertanggung jawab

    ReplyDelete
  165. Nama: Elita Yulia Suryana putri
    Kelas: XI-i

    Terimakasih ilmunya Bu dengan membaca artikel ini saya jadi bertambah wawasan tentang arti segitiga persahabatan

    ReplyDelete
  166. Terimakasih ibu dengan membaca artikel ini saya mendapat ilmu baru dan menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  167. Terimakasih bu atas artikelnya saya jadi menamba pengetahuan dan wawasan

    Reza yoga Pratama
    Xi-I

    ReplyDelete
  168. Terimakasih Bu dari artikel ini ilmu dan waawasan saya bertambah

    Elenia Alifah Gami
    XI-i

    ReplyDelete
  169. Putri Octa Rosmayanti
    X-I
    Terimakasih bu atas ilmunya, di sini saya tau bahwa menjadi seorang pemimpin itu bukanlah hal yang mudah, kita harus memiliki jiwa kepemimpinan yg sangat besar, memiliki wawasan yang luas, bersikap adil, dan harus lebih bisa mementingkan kepentingan bersama(negara) dibandingkan dengan mementingkan urusan pribadi, begitu juga hal nya dengan penandatanganan surat eksekusi yg dilakukan Soekarno terhadap sahabatnya.

    ReplyDelete
  170. Muhammad Daffin Misbah Alfarisy
    XI-I

    Terimakasih bu dengan membaca artikel ini saya bisa menambah wawasan

    ReplyDelete
  171. sony muhamad hujaeni
    XI-i

    terimakasih bu ilmunya,banya sekali pelajaran yang kita dapat dengan membaca artikel ini,ketika kita menjadi pemimpin tanggung jawab berada didiri kita jadi harus lahh berani mengambil keputusan dan tegas

    ReplyDelete
  172. Nama : Faradila Agustina Putri
    Kelas : XI-i

    Terimakasih ibu dari artikel ini saya dan teman teman jadi tau bahwa menjadi pemimpin bukan hanya sekedar memimpin tapi pemimpin mempunyai tanggung jawab yg besar juga sebagai pemimpin harus tegas, adil, seperti beliau ir.soekarno yg tidak egois dan berani mengambil keputusan yg benar

    ReplyDelete
  173. nama:rifaldi dimas f
    kelas:XI-i
    terimakasih artikelnya mudah difahami

    ReplyDelete
  174. Melawan sahabat sendiri memang sangat sulit , apalagi sahabat yang sudah seperti saudara sendiri,tapi karena Soekarno memiliki paham nasionalisme ia lebih memilih melindungi negara dari pemberontak walaupun pemberontak itu adalah sahabat nya sendiri yang sudah dianggap saudara .

    Nama ; Irfan Riansyah
    Kls : XI-I

    ReplyDelete
  175. Nama:FARHAN RAMDHANI
    Kelas:XI-J
    alhamdulillah wawasan bertambah terima kasih bu

    ReplyDelete
  176. Faisal Azhar Fawwaz
    XI-J

    Dari artikel diatas saya belajar bahwa akan ada tiba seorang pemimpin mengambil keputusan yang sangat sulit seperti soekarno yg menandatangani eksekusi sahabat nya sendiri lalu saya juga belajar bahwa ideologi atau pemikiran juga akan membawa kita menuju jalan yg baik atau buruk. Terimakasih bu atas ilmu yg sangat bermanfaat itu

    ReplyDelete
  177. Nama : Talitha Luvena Shofhah
    Kelas : XI - J

    Dari artikel di atas saya belajar bahwa tugas sebagai seorang pemimpin sangatlah berat dan tanggung jawabnya sangatlah besar, dan harus bisa mementingkan tugasnya / bersikap adil tanpa memandang hubungan seperti keluarga ataupun teman.

    ReplyDelete
  178. Nama : Chairina Novianti Ramadhani
    Kelas : 11J

    Dari artikel di atas saya belajar bahwa memang benar sangat sulit apabila melawan sahabat sendiri bahkan sahabat yang sudah seperti saudara,tapi saya sangat takjub dan merasa bangga kepada Soekarno,ia masih bersedia menerima semaun kembali ke Indonesia bahkan semaun adalah seorang pemberontak ,dari sini saya belajar bahwa kita selaku sebagai umat manusia harus bisa saling memaafkan,dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang telah memberikan artikel ini,karena dengan adanya artikel ini saya menjadi tahu dan paham bahwa tugas pemimpin bukan hanya sekedar memimpin melainkan haruslah memmpunyai sikap tegas,jujur dan adil.

    ReplyDelete
  179. Nama : Via Oktaviani
    Kelas : Xl - J

    Terimakasih banyak ibu atas ilmu yang ibu berikan, artikel diatas sangat banyak sekali hikmahnya bagi saya, salah satu nya saya jadi memahami dan tau betapa sulit dan beratnya menjadi seorang pemimpin karena harus mempunyai tanggung jawab yang sangat besar, tegas, dan propesional. Contohnya soekarno berani propesional dan mengambil keputusan nya sendiri seperti ia melawan sahabatnya sendiri yang sudah ia anggap seperti saudaranya sendiri. Menurut saya hal seperti itu sangatlah sulit tetapi soekarno memiliki paham nasionalisme jadi ia lebih memilih melindungi negaranya dari pemberontak tersebut walaupun pemberontak itu adalah sahabatnya sendiri.

    ReplyDelete
  180. Nama Gian Azi Munawwar
    Kelas XL j


    Terimakasih Bu dengan adanya artikel ini makin banyak wawasan saya untuk mempelajari sejarah

    ReplyDelete
  181. nama :YULIA
    kelas : XI - J

    Terimakasih ibu,dengan artikel ini saya bisa lebih banyak tau tentang arti sahabat yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  182. Nama : M Gilang Ramadan
    Kelas: XI-J

    Dari artikel di atas kita dapat mempelajari bahwa kita harus menjadi pemimpin yang tegas dan bertanggung jawab. Meskipun kita harus melawan orang terdekat kita.

    ReplyDelete
  183. Nama: Annisa azhara ramdan
    Kelas: XI-H

    Dari artikel di atas saya dapat mengetahui beratnya menjadi seorang pemimpin karena seorang pemimpin di tuntut untuk berlaku adil dan bertanggung jawab hal itu di gambarkan oleh soerkano trhdp sahabatnya.

    ReplyDelete
  184. Dari artikel di atas saya belajar bahwa menjadi pemimpin negara tidaklah mudah dan sangat berat untuk tanggung jawabnya sendiri, dan untuk point utamanya ialah Soekarno harus menghadapi pemberontakan atas sahabat yang sudah di anggap saudaranya sendiri, dan ia lebih memilih melindungi negara sendiri karena ia lebih paham nasionalisme. Sekian Bu makasih.

    Kang Abdul Hamid
    XI-H

    ReplyDelete
  185. Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11 H
    Dari artikel diastas kita bisa tahu bahwa tidak ada ideologi yang sempurna, oleh karena itu kita tidak bisa mendokrin bahwa suatu ideologi tidak baik hanya karena kesalahan dari segelintir kelompok atau orang.

    ReplyDelete
  186. Nama : Rama Rizki Hadistia Mukti
    Kelas : 11 H

    Dari artikel diatas kiya bisa tahu bahwa tugas seorang pemimpin negara sangatlah berat harus bertanggung jawab

    ReplyDelete
  187. Nama: Maharani Putri Aulia
    Kelas: XI-H
    Terimakasih ibu dari artikel di atas saya bisa tau tentang sejarah persahabatan soekarno.

    ReplyDelete
  188. Nama:fatur fri Ferdiansyah
    Kelas:XI-H
    Dari artikel diatas saya bisa tahu tanggung jawab itu berat dan pemimpin juga harus memiliki sifat tegas,baik,adil,dan juga memiliki ideologi.

    ReplyDelete
  189. Nama:adit alyansyah
    Kelas:XI-G

    dari artikel di atas saya jdi tau betapa tegas dan bertanggung jawabnya seorang pemimpin

    ReplyDelete
  190. Dari artikel di atas saya belajar dan bisa tau bahwa menjadi pemimpin negara tidaklah mudah dan sangat berat untuk tanggung jawabnya sendiri karna seorang pemimpin harus mempunyai jiwa yang adil,tegas,baik

    Nama : Raga angga wijaya s
    Kelas : XI-G

    ReplyDelete
  191. Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    Dari artikel diatas saya bisa mempelajari dan menambah wawasan bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah dan sangat penuh tanggung jawab.

    ReplyDelete
  192. Nama:Ilham Arya Nandani
    Kelas:XI-G

    Artikel yang sangat menarik, Ir. Soekarno seorang pemimpin yang sangat profesional, dan sangat bertanggung jawab. Karena beliau rela memilih tugasnya dibandingkan dengan perasaannya untuk sahabatnya sendiri.

    ReplyDelete
  193. Nama: Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    Dari artikel bacaan diatas, saya jadi mengetahui kisah persahabatan antara Soekarno, Kartosuwiryo dan Semaun dalam lingkaran kekuasaan. Dan dari sikap Soekarno sebagai pemimpin saat itu, bisa kita jadikan teladan untuk selalu bersikap nasionalisme demi kepentingan bersama.

    ReplyDelete
  194. Nama:syifa fadhillah
    Kels:11h

    Artikel ini menarik dan sangt menambh wawasan kita,bahwa mnjadi seorang pemimpin tdklah mudah hrs bnar²bertanggung jwab dan profesional

    ReplyDelete
  195. Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas:11-G

    Dari artikel diatas saya mengetahui,menjadi seorang pemimpin sangatlah berat apalagi Ir Soekarno harus menyampingkan perasaannya dan menandatangani surat eksekusi untuk sahabatnya sendiri.

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...