Tuesday 18 August 2020

Kemilau Cahaya Peradaban Islam Yang Menerangi Gelapnya Zaman Kegelapan di Eropa


Dalam bukunya Prof. Ahmad Suhelmi yang berjudul “Pemikiran Politik Barat” dikatakan bahwa sesungguhnya Eropa “berhutang” pada Peradaban Islam, dimana karena dunia islam yang saat itu mencapai puncak peradabannya sedangkan pada saat yang bersamaan Eropa justru tengah mengalami “Abad Kegelapan” justru dunia islam menjadi “jembatan” atau menterjemahkan kembali “peradaban Yunani – Romawi” yang ditinggalkan oleh Eropa sehingga karena berhasilnya peradaban Islam mentransformasikan kembali warisan peradaban Yunani – Romawi yang berharga dan diperkaya dengan kekayaan Khazanah keilmuan islam  yang kemudian 3 unsur penting peradaban ini (Yunani-Romawi-Islam) membawa Eropa dari zaman gelap pada zaman yang terang benderang. Cara bagaimana Eropa dapat tercerahkan adalah dengan penerjemahan buku-buku Arab oleh para pelajar Eropa yang menimba ilmu di spanyol yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Spanyol lalu diterjemahkan kembali ke bahasa latin, dari situlah kemudian buku-buku islam yang “mencerahkan” tersebut dipelajari disekolah-sekolah Eropa.

Penerjemahan buku-buku Yunani-Romawi, Hindu bahkan Persia dilakukan pada zaman khalifah Al-Mansyur dari kekhalifahan Abbasiyah, dimana menurutnya buku-bukur tersebut adalah harta karun, namun masalahnya adalah tidak satupun buku-buku tersebut bertulisan arab, sehingga ia kemudian memerintahkan para ilmuan dan penerjemah untuk menyalin buku-buku tersebut kedalam tulisan arab dan memilah mana buku-buku yang sesuai dengan semangat keislaman tujuannya agar buku-buku tersebut dapat dipelajari seantero arab dan bayangkan saja ternyata butuh waktu 100 tahun untuk buku-buku tersebut selesai diterjemahkan dan ditulis kembali dalam bahasa Arab! Dimulailah babak baru dimana Bagdad sebagai pusat peradaban ilmu dan pengetahuan memiliki segala sesuatu dari mulai bangunan-bangunan indah, perpustakaan, sekolah-Universitas, pemandian umum, dan Rumah Sakit pokoknya segala “bahan” pembentuk peradaban maka Baghdad (islam) memilikinya!


Gambaran kota Bagdad pada zaman Dinasti Abbasiyah

sumber : https://ibtimes.id/sistem-pertanian-modern-pada-zaman-dinasti-abbasiyah/


Kota Bagdad pada zaman Dinasti Abbasiyah yang berbentuk Bulat disebut juga dengan Kota Lingkar

sumber : https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/10/24/oybiuh313-baghdad-simbol-kemajuan-sejarah-desain-perkotaan

Pada zaman kegelapan kebiasaan mandi orang-orang muslim dianggap sebagai ritual setan, tak ayal bagaimana ketika penaklukan Cordova, Andalusia dan Granada oleh kerajaan kristen Spanyol maka pemandian-pemandian umum dikota – kota pusat peradaban Islam dihancurkan dan dilarang untuk digunakan. Menurut Larry Gonic dalam buku Komik Peradaban dikisahkan ketika di Vatikan Paus Urbanus menyerukan Perang Salib ke Yarusalem  maka ribuan orang yang berkumpul berteriak “Deus Le Volt “ (Tuhan Menghendaki) hampir menyebabkan hadirin lainnya pingsan akibat Bau mulut “...Kita semua tahu betapa meriahnya acara itu...sembrat warna-warni, kibaran bendera..tetapi, bagaimana dengan baunya? Pastilah Dahsyat, karena bangsa Frank pada saat itu jarang mandi! Paus berseru kepada kerumunan manusia berbau busuk itu agar berperang ke Yarusalem...Tigapuluh ribu mulut bergigi keropos berteriak menjawab...dan dua hadirin dari Byzantium nyaris pingsan, mungkin karena tidak tahan dengan baunya...” (Gonic, Hal 204).

Keindahan Kota Granada yang termasyur dengan Istana Al-hambra

sumber : 

https://www.femina.co.id/travel/menelusuri-jejak-kejayaan-islam-andalusia-di-cordoba-dan-granada

sumber : https://khazanah.republika.co.id/berita/px6q3o313/cordoba-keajaiban-dunia-di-era-peradaban-islam

Kisah lain ketika perang salib terjadi adalah bagaimana perbedaan yang sangat mencolok dari penanganan dokter-dokter muslim dan dokter-dokter Eropa, ketika seorang pasien bangsa Frank (Eropa) yang terluka dikakinya, dan diobati oleh dokter muslim ia dengan telaten membersihkan, mengobati dan membalut lukanya dengan hati-hati, namun kemudian tak lama datanglah dokter bangsa Frank yang mengambil alih pengobatan lalu tak disangka dia langsung mengamputasi kaki si prajurit tersebut dengan menggunakan Kapak dan dengan sekali dua kali ayunan terpotonglah kakinya dan seketika itu juga si Pasien (prajurit) langsung mati, hal ini membuat dokter muslim terbengong-bengong tak tahu harus berkata apa.

Sentuhan pertama secara langsung bangsa Eropa dengan peradaban Islam adalah ketika para pedagang Eropa melakukan perdagangan dengan bagsa Asia Barat (Arab) dimana mereka sering mengunjungi kota-kota Islam yang menakjubkan dan sangat Indah, keunggulan orang-orang Islam ini digambarkan dengan kota kota Indah yang dilengkapi taman-taman yang dihiasi dnegan sungai-sungai bagai gambaran syurga, perpustakaan, rumah sakit, sekolah-sekolah modern dan kekaguman ini mendorong bangsa Eropa menimba ilmu dari peradaban Muslim.Peradaban Eropa yang sempat tidur kemudian seakan digelitik untuk kembali bangkit dan menyusul ketertinggalan, dan sedikit demi sedikit abad kegelapan sirna berganti dengan semangat Renaisans (semangat kebangkitan) menuju zaman Aufklarung (Pencerahan). Kekaguman lain bangsa Eropa pada peradaban islam adalah ketika Khalifah Al-Mansyur dari Baghdad mengirim Kaisar Jerman Charlemagne berupa, Jam, Catur, dan seekor Gajah, terkagum-kagum karena belum pernah melihat benda-benda semacam itu bahkan Kaisar ingin agar kelak jika dia mati maka kain kafannya ingin dibordir dengan gambar gajah.

Secara tidal langsung kemajuan ilmu pengetahuan di Eropa mendorong terjadinya penjelajahan samudera, karena selain dari terputusnya perdagangan di Laut tengah akibat jatuhnya Konstantinopel ketangan Umat Islam maka semangat untuk menemukan tanah baru tidak mungkin terjadi apabila bangsa Eropa belum siap/mampu secara teknologi untuk melakukan penjelajahan Samudera. Karena ilmu pengetahuan tidak terlepas adri ilmu perlayaran dan perkapalan seperti penggunaan kompas, peta, pembuatan kapal dan sistem navigasi serta astronomi.

Sebagai generasi muda islam maka selayaknya kita belajar dari kebangkitan bangsa Eropa, karena kita sudah “tertidur’ terlalu lama, kebangkitan kembali peradaban dan ilmu pengetahuan yang pernah dikuasai oleh dunia Islam tidak mungkin terjadi apabila generasi muda yang hanya hidup tanpa semangat belajar dan beribadah, karena hakikat dari adanya peradaban islam adalah karena umat islam memegang teguh ajaran islam dengan semangat belajar dan memperbaiki diri sedangkan kemunduran islam-pun pastinya tidak terlepas dari bagaimana saat ini ajaran islam sudah mulai ditingggalkan oleh penganutnya terlebih semangat Belajar dan semangat beribadah yang mulai padam dari jiwa-jiwa generasi muda islam.

50 comments:

  1. Sangat bagus selain tau sejarah kita juga tau dimana lokasi sejarah tersebut dan dapat melihat bangunannya meski tidak langsung

    ReplyDelete
  2. Nama : Chairina Novianti Ramadhani
    Kelas : XI-J


    Dalam artikel ini saya menjadi tau bahwa kebangkitan bangsa eropa karena peradaban islam,dan kita sebagai generasi muda islam haruslah bangkit dan rajin beribadah,karena kita sebagai umat islam harus memegang teguh ajaran islam dengan semangat belajar dan memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  3. Hendri khoerudin
    XI-J
    Yang perlu dilakukan adalah mempelajari bagaimana cahaya islam ini menerangi dunia, mengeluarkannya dari kegelapan. Melekatkan kembali umat islam sebagai pembangun peradaban karena selayaknya sudah tugas muslim untuk megeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan islam zaman kegelapan tidak perlu ada.

    ReplyDelete
  4. Via oktaviani
    XI-J

    Dalam artikel diatas kita sebagai generasi muda harus mempunyai semangat belajar, rajin beribadah , dan memperbaiki diri agar kemunduran islam tidak terlepas sejak ditinggalkan oleh penganutnya.

    ReplyDelete
  5. nama : YULIA
    kelas : XI - J

    bangkitan kembali peradaban dan ilmu pengetahuan yang pernah dikuasai oleh dunia Islam,jadilah generasi muda yang semangat belajar dan beribadah dan memegang teguh ajaran islam.

    ReplyDelete
  6. Dari artikel di atas sangat bagus buat orang yg belum begitu mengelan tempat tempat / bangunan yg ada dalam Eropa yg begitu banyak sejarahnya

    Talitha Luvena Shofhaha
    XI - J

    ReplyDelete
  7. Sebagai generasi muda Islam maka selayaknya kita belajar dari bangsa eropa
    Gian Azi Munawwar
    XI-J

    ReplyDelete
  8. Ikeu Nurholijah
    XI-I

    Berawal dari kegelapan dan berkahir dengan keterangan itu lah islam yang mengajarkan menuju kebenaran

    ReplyDelete
  9. NAMA : IRFAN RIANSYAH
    KELAS : XI-I


    didalam artikel ini saya menjadi tau bahwa bahwa kebangkitan bangsa eropa karena peradaban islam,dan kita sebagai generasi muda islam haruslah bangkit dan rajin beribadah,karena kita sebagai umat islam harus memegang teguh ajaran islam dengan semangat belajar.

    ReplyDelete
  10. NAMA : IRFAN RIANSYAH
    KELAS : XI-I


    didalam artikel ini saya menjadi tau bahwa bahwa kebangkitan bangsa eropa karena peradaban islam,dan kita sebagai generasi muda islam haruslah bangkit dan rajin beribadah,karena kita sebagai umat islam harus memegang teguh ajaran islam dengan semangat belajar.

    ReplyDelete
  11. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : XI-i
    .
    Terimakasih Bu ilmunya. Dari situ, saya bisa tau bahwa bangsa Eropa dapat menemukan titik terang tidak jauh dari peradaban Islam. Sebagai generasi muda, kita harus belajar dari sejarah ini untuk kembali bangkit agar ilmu pengetahuan kembali dipimpin atau dikuasai oleh umat Islam. Dengan itu, kita harus rajin dan meningkatkan ibadah dan terus semangat belajar. Dan, Semangat beribadah & belajar dalam diri kita jangan sampai padam.

    ReplyDelete
  12. Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
    Q.S Al-Baqarah : 257

    Nama;rifaldi dimas f
    kelas:XI -i

    ReplyDelete
  13. Nama : Ishma Rachma Meilani
    Kelas : 11-i

    Dari sini saya bisa mengetahui bahwa kebangkitan bangsa Eropa tidak jauh dari peradaban Islam. Kita sebagai generasi muda harus rajin ibadah, selalu semangat dalam beribadah, dan selalu semangat untuk menemukan hal hal baru.

    ReplyDelete
  14. Nama : kaila azzahra
    Kelas : XI-i
    Kita tidak boleh melalaikan belajar dan beribadah,agar Islam tidak ada kemunduran

    ReplyDelete
  15. Sebagai generasi mudaa kitaa hruss belajar salahsatunya dari kebangkitan eropaa ini,dan kita harus semangaat dalam menghadapi kehidupan ini meskipun banyak rintangan yang harus dijalani dan jangan lupa beribadah dan berdoa supayaa kita bisa hidup lebih baik dari sebelumnyaa.

    ReplyDelete
  16. Sebagai generasi mudaa kitaa hruss belajar salahsatunya dari kebangkitan eropaa ini,dan kita harus semangaat dalam menghadapi kehidupan ini meskipun banyak rintangan yang harus dijalani dan jangan lupa beribadah dan berdoa supayaa kita bisa hidup lebih baik dari sebelumnyaa.

    ReplyDelete
  17. Nama:Angga Nugraha
    Kelas:XI-i

    Dari artikel di atas saya jadi tau bahwa bangsa Eropa menemukan titik terang dari peradaban Islam,kita sebagai generasi muda harus rajin beribadah,dan semangat untuk belajar.

    ReplyDelete
  18. Nama:Angga Nugraha
    Kelas:XI-i

    Dari artikel di atas saya jadi tau bahwa bangsa Eropa menemukan titik terang dari peradaban Islam,kita sebagai generasi muda harus rajin beribadah,dan semangat untuk belajar.

    ReplyDelete
  19. Cita Aulia N
    XI-I

    Kita sebagai generasi muda harus lebih bisa semangat,jangan lupa beribadah dan berdoa karena tidak ada yg siasia selama kita terus mencoba

    ReplyDelete
  20. sebagai generasi muda harus rajin beribadah,dan semangat untuk belajar.

    ReplyDelete
  21. sebagai generasi muda harus rajin beribadah,dan semangat untuk belajar.

    ReplyDelete
  22. Lucky Habdan Hakim
    XI I

    generasi muda jangan terlalu terpengaruh oleh pergaulan bebas agar tidak salah kaprah dan harus rajin beribadah juga semangat dalam belajar

    ReplyDelete
  23. Nama: M. Muhamad ramdani
    Kelas: XI-i

    tidak ada kesulitan yang tak berakhir. Atau, setiap kesulitan akan berakhir dan akan berganti dengan kemudahan.

    ReplyDelete
  24. Nama : Muhammad Raffi Pratama Azzikri
    Kelas : XI-I

    Kita sebagai generasi muda jangan salah memilih pergaulan, dan kita harus rajin beribadah serta semangat belajar atau juga semangat dalam hall apapun

    ReplyDelete
  25. Dari sini saya bisa tahu bahwa kita harus banyak belajar tentang sejarah dari peradaban islam.
    Rajinlah beribadah, semangat belajar,dan slalu beriman&bertaqwa kepada Allah SWT.karena Allah slalu melindungi orang-orang yang beriman

    ReplyDelete
  26. Ganjar nugraha
    XI I

    Sangat bagus dan kita tau tempat atau lokasi sejarah tersebut

    ReplyDelete
  27. dicky hilamansyah
    XI i


    disini kita tau bahwa kita sebagai kaum anak muda jangan terlalu bebas akan berbuatan kita,kita juga punya agama yg harus kita ikutin sesuai anjuran

    ReplyDelete
  28. Reza yoga Pratama
    XI-i

    Sebagai generasi muda islam maka selayaknya kita belajar dari kebangkitan bangsa Eropa, karena kita sudah “tertidur’ terlalu lama, kebangkitan kembali peradaban dan ilmu pengetahuan yang pernah dikuasai oleh dunia Islam tidak mungkin terjadi apabila generasi muda yang hanya hidup tanpa semangat belajar dan beribadah

    ReplyDelete
  29. Didalam artikel ini saya menjadi tau bahwa bahwa kebangkitan bangsa eropa karena peradaban islam,dan kita sebagai generasi muda islam haruslah bangkit dan rajin.

    Nama: Gary pratama
    Kelas: XI-i

    ReplyDelete
  30. Nama:muhammad wilzan
    kls:xl-i

    Dari pengetahuan ini saya bisa tau bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah.melainkan kita harus menjaga sejarah dan melestarikan nya supaya anak cucu kita nanti tau

    ReplyDelete
  31. Nama: Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I


    Disini kita tahu bahwa kebangkitan bangsa Eropa menjadikan titik terang dlm sebuah kegelapan, dimana kita sbg generasi muda harus lebih semangat dlm belajar dan rajin rajinlah dlm beribadah.

    ReplyDelete
  32. Dari artikel diatas kita bisa tau bahwaIslam menjadi salah satu pendorong kemajuan dunia baik dalam segi pendidikan, teknologi,politik, atau pun kebudayaan dan arsitektur.
    Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11 H

    ReplyDelete
  33. Lusy Dwi Sulistiawati
    XI-H

    dalm artikel di atas saya sangat bangga mnjadi kaum islam karena ajaran ajaran nya tak mungkin menyesatkan semua ajaran islam menunjukan ke jalan yg benar begitu juga dngn bangsa Eropa yang di tunjukan ke jalan yg benar oleh kaum islam

    ReplyDelete
  34. Nama: Annisa azhara ramdan
    Kelas: XI-H
    Dari artikel di atas kita tau bahwa bangsa Eropa bangkit dari keterpurukannya dan islam menjadi jembatan bagi mereka. Islam juga membawa kemilau cahaya yng menerangi bangsa Eropa saat bangsa Eropa berada dalam kegelapan (keterpurukan). Dan dapat kita ketahui bahwa Islam membawa pengaruh besar bagi dunia dari segi mana pun. Dan kita sebagai penerus harus semangat dalam menjalan kan ajaran Islam.

    ReplyDelete
  35. "Sebagai generasi muda islam sebaiknya kita belajar dari kebangkitan bangsa eropa", di artikel tersebut saya menyadari bahwa kita juga harus bangkit lagi,dengan cara belajar/mempelajari juga beribadah dengan rajin.
    Nama:fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  36. Nama:Ajeng juitasari
    Kelas:XI-h
    Karena selayaknya lentera, sudah menjadi tugas muslim mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan Islam, zaman kegelapan tidak perlu ada. Yang ada hanyalah masa-masa keemasan peradaban dunia.

    ReplyDelete
  37. Nama:Itsny Nur Faridah
    kelas:XI-G
    Daari artikel di atas kita menjadi tahu bahwa kebangkitan bangsa eropa tidak jauh dari peradaban islam,membawa cahaya saat bangsa eropa berada dalam sebuah kegelapan.Kita sbg penerus harus semangat belajar dan rajin beribadah.

    ReplyDelete
  38. Salsabilah N
    XI-H

    Karna setelah kegelapan akan datangnya ke terangan maka dari itu kita harus bisa menghargain apa yang telah terjadi dan terus berlari mengejar yang sesungguhnya

    ReplyDelete
  39. Nama :Dimas Aditiya Putra
    Kelas:XI H
    Dalam artikel di atas ada sepenggal kalimat dari satu paragraf yang menjelaskan cara bagaimana Eropa dapat tercerahkan dengan penerjemahan buku-buku Arab oleh para pelajar Eropa yang menimba ilmu di spanyol yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Spanyol lalu diterjemahkan kembali ke bahasa latin, dari situlah kemudian buku-buku islam tersebut dipelajari disekolah-sekolah Eropa. Maka dari itu kita harus rajin belajar dan kita sebagai umat islam tidak boleh bermalas malasan baik beribadah maupun belajar.

    ReplyDelete
  40. Dari sini saya bisa mengetahui sebagai generasi muda kita harus rajin beribadah dan semangat belajar

    Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  41. Sebagai generasi muda kita harus semangat belajar dan rajin beribadah.Karena hakikat dari peradaban islam karena umat islam memegang teguh ajaran islam dengan semangat dan memperbaikinya.

    Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  42. Sebagai generasi muda kita harus semangat belajar dan rajin beribadah.Karena hakikat dari peradaban islam karena umat islam memegang teguh ajaran islam dengan semangat dan memperbaikinya.

    Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  43. Bankitlah indonesia ku! Jangan mementingkan ego kalian sendiri

    Nama :Surya Radiansyah
    Kelas: XI-H

    ReplyDelete
  44. Kebangkitan bangsa eropa tidak jauh dari peradaban islam, jadi intinya kita sebagai generasi muda harus rajin belajar dan beribadah agar kita diberi kemudahan dalam melakukan kebaikan.

    Nama: shalsha billa
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  45. Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas:11-G

    Kita harus mencontoh kebangkitan dari bangsa Eropa karena kita sebagai generasi muda Islam harus menyadari bahwa ilmu pengetahuan harus dikuasai kembali oleh kita dengan cara belajar dan beribadah dengan rajin dan penuh semangat.

    ReplyDelete
  46. Nama: ega nugraha fadilah
    Kelas: XI-H

    generasi muda jangan terlalu terpengaruh oleh pergaulan bebas agar tidak salah kaprah dan harus rajin beribadah juga semangat dalam belajar

    ReplyDelete
  47. Maryam Nazil Rohima
    XI H

    Dengan ini saya tahu bahwa, dengan adanya islam mampu mengubah kegelapan bangsa bangsa eropa, karena Islam adalah agama rahmatan lil ’alamin sebagai bentuk rahmat dan rasa kasih sayang Allah SWT, atas karunia dan nikmat yang diberikan kepada makhluknya di seluruh alam semesta. Di dalamnya menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, menjaga hak binatang dan tumbuh-tumbuhan. Islam membuat sebuah perubahan yang amat sangat dasyat bagi semua umat manusia. Mari kita sama sama sebagai generasi muda islam untuk, memahami Islam rahmatan lil ‘alamin sebagai konsep dasar dalam agama Islam, akan memunculkan kembali keindahan Islam yang sudah lama meredup, agar agama islam menerangi kembali cahaya di penjuru dunia.

    ReplyDelete
  48. Nama : Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    Dari artikel bacaan diatas, saya jadi tahu bahwa kebangkitan bangsa Eropa adalah tak lain karena peradaban Islam, serta menyadarkan dan mengingatkan kita sebagai generasi muda islam untuk terus beribadah dan meningkatkan semangat belajar dalam menggali terus ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  49. Generasi muda seharusnya mempunyai semangat dalam belajar dan beribadah, dan mencontoh dari bangsa Eropa pada saat itu

    Lola Nurul Jamillah
    XI-H

    ReplyDelete
  50. kita harus lebih semangat agar kita bisa seperti bangsa eropa

    nama:milah hajar hotimah
    kls: XI-G

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...