Monday 17 August 2020

197 Tahun Nusantara dibawah Cengkraman Perusahaan Dagang : VOC

Kedatangan Bangsa Eropa ke Nusantara awalnya didorong perburuan rempah-rempah yang berharga, setelah menemukan Nusantara (Hindia Timur) sebagai pusat penghasil rempah-rempah terutama daerah Maluku timbullah hasrat untuk berkuasa, salah satunya dengan jalan memonopoli perdagangan, negara-negara Eropa yang berdagang di Nusantara terdiri dari berbagai kongsi-kongsi (perusahaan) dagang mandiri, sehingga membuat persaingan menjadi sangat ketat karena mereka bukan hanya harus bersaing dengan kongsi dagang dari negera lain namun juga dari konsi dagang yang berasal dari negara yang sama, maka bertujuan untuk menghindari persaingan sesama kongsi dagang bangsa sendiri dan memperkuat persaingan dengan kongsi dagang bangsa lainnya dibentuklah persatuan Kongsi dagang negara-negara tersebut dibawah satu bendera seperti Inggris yang membentuk EIC (East India Company) yang berpusat di Kalkuta-India dan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie)  yang berpusat di Batavia (sekarang Jakarta).

VOC berdiri pada tanggal 20 Maret 1602 sebagai gabungan kongsi/perusahaan dagang bangsa Belanda, yang dipimpin oleh Heeren XVII  atau Dewan Tujuh Belas alias Tuan pemilik saham yang berasal dari 17 Provinsi yang ada di Belanda. Saking istimewanya Perusahaan ini bahkan bisa dikatakan bahwa dia seumpama “negara didalam negara”, mengapa? Karena hak istimewa yang dimiliki oleh VOC sama seperti hak yang dimiliki oleh sebuah negara. Hak istimewa yang dimiliki VOC disebut dengan Hak Octroi yaitu sebagai berikut :

1.       Monopoli Perdagangan

2.       Membentuk angkatan perang dan tentara sendiri

3.       Melakukan peperangan tanpa harus persetujuan Kerajaan Belanda

4.       Melakukan perjanjian dengan raja-raja setempat

5.       Mencetak mata uang sendiri

6.       Mengangkat pegawai sendiri

7.       Memerintah tanah jajahan

Mengapa kerajaan Belanda memberikan hak istimewa tersebut padahal bisa saja kerajaan Belanda mengambil alih pengelolaan VOC? Karena dengan pengelolaan diberikan pada pihak swasta maka orientasi keuntungan akan tetap menjadi prioritas dan secara tidak langsung ini memberikan keuntungan kepada pihak kerajaan. Bayangkan bagaimana kemudian pengelolaan VOC ini dilakukan oleh Heeren XVII langsung dari Amsterdam ke Hindia Timur? Hal ini sangat rumit dan jauh maka kemudian diangkatlah Jenderal Gubernur yang berkantor di Batavia  (gedung kantornya sekarang adalah Museum Fatahillah Jakarta) dalam mengurusi VOC dimana Jenderal Gubernur ini bertanggung jawab langsung kepada anggota Heeren XVII. Posisi Batavia yang strategis dan berada ditengah-tengah/pusat Hindia Timur menjadikan VOC mudah dalam melakukan ekspansi penguasaan atas perdagangan diberbagai daerah.


Kantor Gubernur Jenderal VOC di Batavia sekarang menjadi Museum Fatahillah - Jakarta

sumber : https://www.anekatrip.com/museum-fatahillah/

Jenderal Gubernur VOC petama yaitu Pieter Both (1602-1614) merupakan peletak dasar VOC sebagai sebuah kongsi dagang Belanda didaerah Hindia Timur, selanjutnya selain Pieter Both ada Gubernur Jenderal VOC yang termasyur cerdas namun licik, kejam dan ambisius juga sebagai peletak dasar dari terjadinya Kolonialisme dan Imperialisme di Nusantara yaitu Jan Piterzoon Coen (J.P Coen) dimana atas keberhasilannya menaklukkan kerajaan-kerajaan di Nusantara dan memberikan keuntungan besar bagi VOC maka JP. Coen bahkan diangkat hingga dua kali sebagai Gubernur Jenderal VOC. Keberhasilan JP.Coen diantaranya seperti mengalahkan dan mengusir Portugis, menaklukan kerajaan-kerajaan di Nusantara seperti Banten, Mataram Islam, Kerajaan Makassar, ternate, Kalimantan Selatan, Banda , Ambon bahkan Papua.


Gambar Gubernur Jenderal VOC J.P Coen

sumber :https://en.wikipedia.org/wiki/Jan_Pieterszoon_Coen

Kelicikan VOC dalam menjaga harga rempah-rempah tidak jatuh dan tetap berharga adalah dengan sistem pelayaran Hongi, apa itu pelayaran Hongi?  yaitu  sistem pengawasan yang dilakukan kapal-kapal VOC dalam menjaga kestabilan harga rempah-rempah yaitu dengan cara membakar pohon-pohon cengkih atau pala disaat stock rempah-rempah sangat melimpah, karena dengan melimpahnya rempah-rempah otomatis akan membuat harga jatuh dan ini yang tidak diinginkan oleh VOC. Sistem pelayaran Hongi ini mengakibatkan kesengsaraan bagi rakyat terutama rakyat Maluku sebagai pusat penghasil rempah-rempah karena kerja keras mereka dalam memelihara perkebunan rempah-rempah harus musnah karena penghancuran yang dilakukan oleh pihak VOC padahal saat itu seharusnya mereka panen raya dan untung besar.

Awal kehancuran VOC mulai terjadi pada abad ke 18 setelah mengalami kejayaan dari abad 17 hingga awal 18, hal ini bermula dari perubahan mengenai pengelolaan VOC yang asalnya dilakukan oleh swasta (Heeren XVII) kemudian berpindah pada Raja Willem IV, maka pengelolaan profesional yang dilakukan oleh swasta dimana sebelumnya orientasi keuntungan adalah prioritas kemudian sedikit demi sedikit bergeser menjadi sistem feodal kekuasaan yang berakhir pada korupsi dan menumpuk kekayaan serta keuntungan pribadi para penjabat VOC.  Karena korupsi yang merajalela  keuntungan yang dihasilkan VOC semakin menurun sedangkan ongkos belanja semakin meningkat salah satunya adalah akibat perang Jawa (perang Diponogoro) yang melelahkan serta menguras habis anggaran keuangan VOC akibatnya VOC gulung tikar dan resmi dibubarkan pada 31 Desember 1799. Segala urusan terhadap daerah koloni Belanda termasuk di Nusantara kemudian dikelola oleh pemerintah Kerajaan Belanda. Maka dimulailah era baru dimana Nusantara (Hindia Timur) dikuasai langsung oleh Pemerintah Kerajaan Belanda dan Nusantara (Hindia Timur) kemudian lebih dikenal dengan sebutan Hindia Belanda.

Faktor-faktor lain yang mengakibatkan dari mudahnya kerajaan-kerajaan Nusantara jatuh ketangan para penjajah adalah selain karena terpengaruh dengan politik devide et Impera (politik adu domba) adalah karena banyaknya penjabat pribumi yang juga “mengamankan” pengaruh dan kekuasaannya masing-masing degan cara menjilat pada pihak asing, karena mereka sadar saat itu posisi VOC sangat kuat sedangkan kita semakin lemah, maka tidak ada pilihan lain selain “manut dan menurut” ketimbang diperangi dan dihancurkan. Perlu kita ketahui bersama kekayaan VOC ketika masa kejayaannya yaitu bahkan mampu menjadikan Belanda sebagai negara yang kaya raya di Eropa (dimasa sebelumnya Belanda justru dibawah penjajahan Spanyol) dan membangun Infrastruktur-inftrakstruktur modern nan megah justru dari keringat, darah dan air mata rakyat Nusantara. Mereka datang ke Nusantara mengisi kapal-kapal dengan batu bata tak berharga namun kembali ke Eropa dengan kapal-kapal yang penuh dengan harta karun rempah-rempah yang sangat berharga.

Dapat dibayangkan oleh kita bagaimana dari tahun 1602 hingga 1799 yaitu selama 197 tahun daerah Nusantara justru bukan dijajah oleh sebuah negara namun ternyata oleh sebuah kongsi dagang atau perusahaan, fakta tersebut sesungguhnya sangat menyakitkan dan menyesakan dada, namun hal tersebut sehatusnya membuat kita berfikir bahwa pengalaman pahit yang dirasakan oleh para pendahulu kita tidak lagi  dirasakan oleh generasi saat ini. Secara sadar atau tidak sistem Imperialisme modern justru lebih halus namun lebih menakutkan, sebagai contoh kecil adalah bagaimana kemudian secara tidak sadar kita terjajah secara ekonomi karena lebih mencintai produk import dibandingkan dengan produk dalam negeri, tugas kita bersama selain mencintai produk dalam negeri namun juga meningkatkan kualitas dan daya saing serta nilai jual produk tersebut agar negara kita bisa lebih berdikari (bediri dibawah kaki sendri) tidak tergantuh dibawah pengaruh ekonomi negara lain bahkan lebih baik lagi apabila produk Indonesia mampu dihargai dan bersaing di dunia dengan produk-produk negara lainnya.  

                                                                                                                                        

159 comments:

  1. Tiara Salsabila
    XI-D

    Sebagai bangsa indonesia sudah seharusnya kita melestarikan dan meningkatkan produk indonesia, karena produk indonesia tidak kalah bagus dengan produk import atau produk luar negeri.
    Indonesia pasti bisa lebih baik dari produk negara lain.
    Mari kita tingkatkan kualitas produk indonesia agar lebih maju dan berkembang serta memiliki nilai jual dan tidak tergantung dibawah perekonomian negara lain.

    ReplyDelete
  2. Dini Nursari Anjani
    XI-D

    Dari artikel tersebut kita sebagai warga negara indonesia harus bersyukur bahwa saat ini kita tidak merasakan pengalaman pahit pada masa penjajahan dulu, begitu sulit pejuang-pejuang yang berjuang untuk bangsa ini, dan tepat pada hari kemarin indonesia sudah 75 tahun merdeka, sebagai bangsa negara kita harus menjunjung tinggi dan melestarikan kebudayaan yang ada di indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Siti Aidah listia
      Kelas Xl-b
      Dari artikel diatas memeberikan pelajaran kedapada kita harus mencintai produk lokal,agar tidak terjajah secara ekonomi oleh negara lain.Dan kebanyakan anak muda zaman sekarang mereka lebih suka memakai brand brand luar.

      Delete
  3. Murni Hafizah Salsabila
    XI-D

    Kita sebagai bangsa Indonesia harus lebih melestarikan produk bangsa indonesia bukan melestarikan produk bangsa lain.

    ReplyDelete
  4. Chandra Bima daya
    XI D


    Intinya kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia dan kita harus bangga dengan produk produk dari dalam negeri karena tidak kalah saing kualitas dan harganya dengan produk produk luar. .

    ReplyDelete
  5. Seharusnya kita sebagai warga negara indonesia harus banyak bersyukur da berterimakasih kepada para pejuang bangsa yang begitu berjasa.Dan kita sebagai warga negara indonesia harus lebih menghargai dan mencintai produk produk dalam negri agar tidak kalah saing dengan produk produk luar lainnya.

    Salma Rosliana
    XI-D

    ReplyDelete
  6. Silvi Lutfiah Padilah
    XI-D

    Begitu berharganya rempah rempah di negara lain, masyarakat indonesia seharusnya bersyukur atas apa yang tumbuh di negara ini. Banggakan hasil karya dan hasil tanam di tanah kita ini, jangan sampai kita lebih bangga memakai produk negara lain.

    ReplyDelete
  7. Hadist Guida Herdiana
    XI-D

    Dari artikel ini saya mengerti,sebagai bangsa indonesia kita harus melestarikan produk indonesia dan ditingkatkan agar bisa dikenal oleh negara negara lain.

    ReplyDelete



  8. Nama : Firman suryadi
    Kelas: Xl-D



    Kita bangsa indonesia yang kaya harus bangga dengan produk dalan negeri dibandingkan produk luar negeri kita harus terus meningkatkan dan melestarikan produk dalam negeri

    ReplyDelete
  9. Dari yang saya baca, emang banyak masalah dan kejadian yang dialami bangsa Indonesia, terutama VOC,banyak bangsa Indonesi rugi terutama Maluku yang banyak rempah rempah,gara gara kebanyakan rempah-rempah sampai dibakar pohon pohon yang telah bangsa Indonesia tanami,dibakar begitu saja,tapi lama kelamaan VOC juga mengalami rugi besar sampai dibubarkan,terus bukan hanya itu yang membuat bangsa Indonesia menderita,udah dibubarkannya VOC datanglah Belanda menjadi penguasa Indonesia dengan begitu lamanya,lama Indonesia menderita,tapi berkat jasa para pahlawan kita merdeka,dan gunakan sumberdaya alam ini dengan sebaik baiknya dan jadikan produk Indonesia adalah produk yang terkenal dimana saja,dan kita harus bisa mencintai produk Indonesia.


    Ayu Nabila Faiqoh
    Xl-D

    ReplyDelete
  10. Kita sebagai bangsa Indonesia,harus sering memakai dan membeli produk asli Indonesia

    Siti Toyibah
    XI-D

    ReplyDelete
  11. Kita sebagai warga negara indonesia harus bersyukur, kita tidak pernah merasakan rasa pahit para pahlawan untuk memerdekakan negara ini.oleh karena itu ciptakanlah perdamaian,kesejahtraan,keadilan dinegara ini.


    Nabil Sauki Billah
    XI-D

    ReplyDelete
  12. Aldi Herdiana
    XI-D

    tanamkan jiwa nasionalis mulai dengan memakai produk lokal

    ReplyDelete
  13. Dari artikel tersebut kita harus nya bangga dan kagum dengan bangsa Indonesia kita sendiri,karena kita bisa memberikan/menjual rempah rempah yang kitu punya ke luar negeri ,maka kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga dengan bangsa kita sendiri!!

    Nama:Kevin Pratama Ruswendi
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  14. Sebagai anak bangsa sebaiknya kita meningkatkan inovasi dan kreativitas produk buatan dalam negeri agar masyarakat lebih menggunakan dan mencintai produk produk tanah air


    Nama: Rina Aryanti
    Kelas:
    XI-D

    ReplyDelete
  15. Artikel diatas memberikan pelajaran tentang pentingnya mencintai produk dalam negeri. Supaya kita tidak terjajah secara ekonomi oleh negara lain. Kebanyakan anak muda sekarang dengan bangga memperlihatkan bahwa mereka sering memakai barang impor padahal hal tersebut sama saja dengan kita menguntungkan negara lain. Contoh kecil untuk mulai memajukan produk dalam negri adalah dengan mulai berpakaian menggunakan brand lokal dengan begitu kita turut memajukan ekonomi dalam negri dan menghargai karya anak bangsa.


    Ririn nuryasifa
    XI-D

    ReplyDelete
  16. Peristiwa tersebut tentunya tidak boleh terulang kembali di Indonesia. Untuk itu, perlu adanya kesadaran dan perenungan atas sejarah demi mengambil sebuah pelajaran. yang patut disyukuri saat ini kita hidup di zaman di mana negara kita telah merdeka, tentunya menjadi pengingat bagi diri kita untuk selalu bersyukur dan memanfaatkan kemerdekaan sebaik-baiknya.

    Nadhira Zharfan Aulia
    XI-D

    ReplyDelete
  17. Kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada para pejuang bangsa,Dan kita harus mencintai produk produk dalam negeri kita.
    Nama:Anjani Nur Fadillah
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  18. Nama: Erina Widia Anggraeni
    Kelas: XI-D

    kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus bersyukur karena kita dilahirkan di negara yang kaya akan rempah rempah yang sangat bermanfaat.Kita juga harus melestarikan dan mencintai produk dalan negeri

    ReplyDelete

  19. Dari artikel di atas kita seharusnya lebih mencintai dan melestarikan produk dalam negri di bandingkan produk import dan dari artikel di atas bisa di bilang begitu berharganya rempah rempah bagi negara lain oleh karna itu kita harus bersyukur dan bangga terhadap negara ini.

    Nama:Berlianti rosmawar hayati
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  20. sebagai warna negara kita harus melestarikan dan mencintai produk dalam negri

    Novi Fitriyani
    XI-D

    ReplyDelete
  21. mencintai produk dalam negeri juga merupakan sikap cinta terhadap tanah air, oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa harus lebih mencintai dan menghargai produk dalam negeri agar bisa bersaing dengan produk luar negeri lainya.

    Adhitya aldi maulana
    XI-D

    ReplyDelete
  22. Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    Kita harus bersyukur karena sudah berada dalam keadaan merdeka tanpa melalui betapa pahit perjuangan para pejuang kita untuk merebut kemerdekaan ini dari jaman penjajahan,maka dari itu kita harus menjaga negara kita ini dan cintailah produk dalam negeri sebagai rasa bangga terhadap negara tercinta kita ini.

    ReplyDelete
  23. Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    Kita harus bersyukur karena sudah berada dalam keadaan merdeka tanpa melalui betapa pahit perjuangan para pejuang kita untuk merebut kemerdekaan ini dari jaman penjajahan,maka dari itu kita harus menjaga negara kita ini dan cintailah produk dalam negeri sebagai rasa bangga terhadap negara tercinta kita ini.

    ReplyDelete
  24. VOC datang ke nusantara untuk mendapatkan rempah rempah yang akan merska jual di eropa. voc berdiri pada tanggal 20 maret 1602 voc merupakan sebuah kongsi dagang di belanda yang berperan memajukan perekonomian kerajaan belanda
    VOC juga seringkali disebut sebagai sebuah ‘negara di dalam negara’ hal tersebut dikarenakan voc memiliki pengaruh yg begitu besar,melebihih kerajaan belanda itu sendiri selain itu, voc juga memiliki hak octroi yg menjadikannya memiliki wewenang seperti sebuah negara.

    Asri nazwa rabbani
    XI-D

    ReplyDelete
  25. mengingat bagaimana penjajahan terjadi di indonesia pada zaman dulu memang menyesakkan dada. oleh karena itu, sejarah dapat menjadi acuan untuk menjadi lebih baik lagi.

    Rysma Yulianti
    XI-E

    ReplyDelete
  26. Cintailah produk-produk dalam negeri

    Aisya sinta
    XI-E

    ReplyDelete
  27. Kita sebagai bangsa Indonesia harus mencintai, melestarikan dan memakai produk dalam negeri.
    Adinda Ayu Rinandasari
    XI-E

    ReplyDelete
  28. Siti mariam
    XI E

    Sebagai vangsa indonesia kita harus bangga dan tetap menjaga kelestarian alamnya

    ReplyDelete
  29. Chindi mauliyanti
    XI-E


    kita sebagai bangsa indonesia harus melestarikan,dan mencintai produk dalam negri

    ReplyDelete
  30. Sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya kita mencintai dan bangga akan produk negeri.

    Najib Alimudin Fajri
    XI-E

    ReplyDelete
  31. Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya kita banyak bersyukur karena Indonesia dilimpahkan dengan berbagai kekayaan alam yang sangat bermanfaat. Maka dari itu, kita harus menggunakan, melestarikan,dan mencintai produk produk dalam negeri.

    Hanisa Nur Oktaviani XI-E

    ReplyDelete
  32. Chindi mauliyanti
    XI-E


    kita sebagai bangsa indonesia harus melestarikan,dan mencintai produk dalam negri

    ReplyDelete
  33. Sekalipun di era sekarang banyaknya produk luar masuk ke negara kita ,jangan lupa untuk memakai dan mencintai produk dalam negeri

    Chandra Krisnawan
    Xl E

    ReplyDelete
  34. Fadila Nurlita Septiani
    XI-E

    Memang seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia harus mencintai produk dalan negeri

    ReplyDelete
  35. kita sebagai negeri indonesia harus melestarikan produk indonesia sendiri
    Salsabila
    XI-E

    ReplyDelete
  36. Nama : Mochamad Ariel M
    Kelas: XI-D

    Dari artikel trsebut seharusnya kita sebagai warga negara indonesia harus banyak bersyukur dan berterimakasih kepada para pejuang bangsa yang begitu berjasa.Dan kita harus bersyukur dilahirkan di negara yanh kayanakan rempah rempah yang sangat bermanfaat dan kita harus melestarikan dan mencintai produk dalam negri ini

    ReplyDelete
  37. tugas kita bersama selain mencintai produk dalam negeri juga meningkatkan kualitas dan daya saing serta nilai jual produk. tidak tergantung dibawah pengaruh ekonomi negara lain. bahkan lebih baik lagi apabila produk Indonesia mampu dihargai dan bersaing di dunia dengan produk-produk negara lainnya.

    najwa aulia
    XI.E

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Sudah sepatutnya kita bangga terhadap produk dalam negeri yang kaya akan rempah rempah dan keragamannya


    Bayu Putra Anugrah
    XI-E

    ReplyDelete
  40. pengalaman pahit yang dirasakan para pendahulu kita jangan sampai terulang kembali,sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita bersyukur atas melimpahnya kekayaan alam yang dimiliki oleh negara kita,dengan cara menjaga,melestarikan,mencintai,menggunakan produk dalam negeri.

    Amalia Marliani (XI-E)

    ReplyDelete
  41. setiap masyarakat harus terlibat aktif dalam upaya menjaga dan melestarikan kekayaan Indonesia. Jangan sampai kekayaan tersebut rusak, dan tidak memberikan keuntungan apapun bagi bangsa Indonesia.

    Aliyah Nur Alip
    XI E

    ReplyDelete
  42. Seharusnya kita lebih bersyukur melestarikan mencintai dan bangga atas produk dalam negeri yang tak kalah bagus dengan produk luar

    Gita Aulia Azizah
    XI-E

    ReplyDelete
  43. selain mencintai produk dalam negri kita juga harus meningkatkan dan melestarikan produk dalam negri

    ReplyDelete
  44. kita sebagai warga indonesia seharusnya mensyukuri apa yang telah diberi. contohnya dengan cara mencintai produk dalam negeri

    Silmi Nadhirah Hasya
    XI-E

    ReplyDelete
  45. Kita sebagai penerus bangsa harus berterimakasih kepada para pahlawan yang telah berjuang mati-matian untuk memerdekakan negara Indonesia. Oleh karena itu, kita harus melestarikan dan lebih mencintai produk dalam negeri dibandingkan produk luar.

    Suci Indah Ramadani
    XI-E

    ReplyDelete
  46. Sebagai generasi bangsa kita seharusnya bersyukur dan menjaga kelestarian rempah rempah,menjauhi produk asing dan kita harus banyak menggunakan produk dalam negri.

    Defal Ardiansyah firdaus
    XI-E

    ReplyDelete
  47. Mensyukuri dan melestarikan produk dalam negri adalah sebagai bukti bentuk cinta tanah air.



    Shaila Fauziah
    XI-E

    ReplyDelete
  48. Beruntungnya kita menjadi bagian dari warga negara indonesia yang kaya akan rempah rempah dan juga alam yang sangat asri

    Syifa Nur Ilahiyah
    XI-E

    ReplyDelete
  49. Dalam artikel di atas kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya kita bersyukur dan bergotong royong melestarikan kekayaan kita jangan sampai kekayaan kita rusak

    Sarrah Maria Istiqomah
    XI-E

    ReplyDelete
  50. Memakai produk dalam negeri dan melestarikannya adalah hal yang dapat kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa.


    Khilda Inayyah
    XI-E

    ReplyDelete
  51. selain mencintai produk dalam negri kita juga harus meningkatkan dan melestarikan produk dalam negri


    Fauzul azis
    XI

    ReplyDelete
  52. cucu husni saebah
    XI-E
    Menurut saya sebaiknya,bagaimana anak muda sekarang agar ingin menanam rempah-rempah dihalaman rumah.agar tertanam rasa kecintaan akan terhadap suatu hal,bangsa yang kuat iyalah bangsa yang mendidik dari anak-anak sampai remaja akan kesopanan dan kecintaan suatu hal.

    ReplyDelete
  53. Kita sebagai warga Indonesia harus lebih mencintai produk dalam negri. Dan lebih meningkatkan kualitas produk kita agar dapat di hargai oleh negara lain


    Nama: Aida Fauziah Rahma
    Kelas: XI-E

    ReplyDelete
  54. Sebagai bangsa indonesia kita harus bangga terhadap produk dalam negeri dan tidak memakai produk import.

    Ahmad abdul aziz
    XI-D

    ReplyDelete
  55. Kita sebagai bangsa indonesia kita harus melestarikan dan mencintai produk dalam negeri

    Femi yuspita juliani
    XI-E

    ReplyDelete
  56. Sebagai bangsa Indonesia kita harus mencintai produk dalam negeri, melestarikan nya dan menjaganya,kita harus bersyukur atas karunia Tuhan yang telah memberikan kenikmatan kepada kita bangsa Indonesia Sekarang

    Nama:sit NurJamilah
    Kelas: IX-D

    ReplyDelete
  57. Sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga dan mencintai produk dalam negeri



    Anisa Nuraeni
    XI-E

    ReplyDelete
  58. Nama :imam muhamad nur
    Kelas:XI-D

    Sebagai rakyat indonesia kita harus mencintai, melestarikan, dan mengembangkan produk produk indonesia serta memperkenalkan produk indonesia kepada masyarakat luar agar indonesia bisa lebih maju kedepannya

    ReplyDelete
  59. Sebagai bangsa Indonesia kita harus melestarikan kekayaan dan produk Indonesia jangan terlalu sering menggunakan produk dari luar. Boleh saja untuk suka terhadap produk luar akan tetapi kita tidak boleh lupa akan produk dalam negeri sendiri, karena zaman sekarang sudah ada beberapa orang yang terbiasa menggunakan produk luar.

    Fadila Annisa Yasmin
    XI C

    ReplyDelete
  60. Kita seharusnya lebih mencintai dan melestarikan serta mengembangkan produk lokal, rempah rempah di Indonesia lebih di hargai oleh bangsa luar sedangkan orang Indonesia lebih menyukai produk produk luar negeri, harus nya kita bersyukur dapat hidup di negeri ini, negeri yang kaya akan SDA, kita sebagai generasi muda harus lebih meningkatkan kecintaan terhadap produk lokal

    Nama: Mutiara Fitri Permata Sari
    Kelas: XI-C

    ReplyDelete
  61. Nama:Azalia Adelin
    Kelas: XI C

    Dari artikel diatas banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Juga ada banyak hikmah yang bisa kita ambil yaitu:
    - tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan
    - rela berkorban untuk bangsa dan negara
    - gigih dalam melawan para penjajah
    - tidak takut terhadap musuh walaupun jumlahnya banyak
    - berani dalam membela kebenaran
    - selalu mementingkan bangsa daripada pribadi.

    ReplyDelete
  62. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia harus mempunyai sikap cinta kepada tanah air, oleh karena itu kita harus bersyukur, melestarikan dan mencintai produk dalam negeri.

    Nama: Dede Annisa Rahayu
    Kelas: Xl-C

    ReplyDelete
  63. Shabrina Dinda Rajbani
    XI-C

    Dari artikel ini kita dapat mengetahui bahwa kita sebagai rakyat Indonesia harus mencintai produk Indonesia serta dapat mengembangkan produk Indonesia, karena dengan begitu negara kita dapat berdiri di kaki sendiri.

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Putri Rahmi Azzikra
    XI C

    Dari artikel ini kita sebagai warga Indonesia harus banyak bersyukur bahwa saat ini kita tidak merasakan pahitnya penjajahan dulu,begitu sulit pejuang yang berjuang untuk bangsa ini.Dan kita sebagai rakyat Indonesia kita harus mencintai dan melestarikan produk produk indonesia dan lebih memperkenalkan produk kita ke luar

    ReplyDelete
  66. kita harus berterima kasih kepada pejuang yang sangat berjasa dengan cara menanamkan rasa nasionalisme salah satunya yaitu dengan mencintai produk dalam negeri (lokal). Kita harus bangga memakai produk lokal, dengan memakai produk lokal secara tidak langsung kita meningkatkan perekonomian negara juga.


    Shiva Regina
    XI-C

    ReplyDelete
  67. Yuli Nurholiza
    XI -C

    dari artikel di atas, kita sebagai generasi penerus bangsa harus sadar bahwa pentingnya mencintai produk dalam negri.kita juga harus melestarikanya supaya Indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju dan lebih baik kedepanya.

    ReplyDelete
  68. Kahilla Sarah Azmy
    X-C

    Setelah membaca blog ini, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bangga dan bisa melestarikan kekayaan-kekayaan alam yg ada di negara Indonesia. Kita juga harus bisa mencintai produk dalam negeri dan bisa mengembangkan produk-produk tersebut supaya bisa bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri.

    ReplyDelete
  69. Indonesia kaya akan budaya dan keanekaragaman seni contohnya seni pembuatan kerajinan tangan khususnya kerajinan gerabah ,namun sayangnya bangsa kita sendiri mulai melupakan kerajinan tangan tersebut. Kita sebagai generasi muda harus memberikan wawasan dan contoh kepada masyarakat tentang bagaimana cara pembuatan dan pemeliharaan kelestarian kerajinan tangan tersebut contohnya dengan mencari para pengrajin gerabah dan memberi dana kepada mereka untuk mengelola dan memajukan usaha mereka. Pengambilan dana bisa dengan pengajuan kredit umkm bersama pemerintah. Mengapa kerajinan gerabah harus dilestarikan ?Karena gerabah merupakan warisan budaya nenek moyang kita yang harus dijaga kelestariannya.

    Nama:Muhammad Naufal Ridho
    Kelas:XI-C

    ReplyDelete
  70. Kita sebagai warga Indonesia harus lebih mencintai produk dalam negri,dan kita sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia harus mempunyai sikap cinta kepada tanah air.

    ReplyDelete
  71. Bahwa VOC memiliki tujuan untuk berdagang ke nusantara pada awalnya . Namun , karena keinginan untuk menguasai nusantara dan mengambil rempah-rempahnya , membuat VOC bertindak sewenang-wenang dan menguasai nusantara untuk mempermakmur diri sendiri tanpa memperhatikan daerah yang dijarahnya



    Nama : Naifa nurul hidayani
    Kelas: XI -C

    ReplyDelete
  72. dari artikel diatas, kita jadi tahu bagaimana awal mula nya belanda menguasai indonesia, lalu bagaimana liciknya belanda terhadap kita. dan juga kita jadi tau bahwa kita harus melestarikan, menggunakan, dan mencintai produk dalam negeri.


    nama : jasmine aulia pasha
    kelas : XI - C

    ReplyDelete
  73. Sudah seharusnya kita bersyukur karena pengalaman pahit di masa penjajahan tidak lagi dirasakan oleh generasi saat ini. oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa harus menghargai jasa pahlawan dengan cara mencintai produk dalam negeri juga meningkatkan kualitas dan daya saing serta nilai jual produk lokal.

    Desinta Dwi Lestari
    XI-C

    ReplyDelete

  74. Kita harus bersyukur karena sudah berada dalam keadaan merdeka tanpa melalui betapa pahit perjuangan para pejuang kita untuk merebut kemerdekaan ini dari jaman penjajahan,maka dari itu kita harus menjaga negara kita ini dan cintailah produk dalam negeri sebagai rasa bangga terhadap negara tercinta kita ini.

    Risa Lestari
    XI-C

    ReplyDelete
  75. Produk indonesia ga jauh berbeda dengan produk luar,maka itu kita harus memasarkan produk indonesia keluar luar supaya orang luar tau bahwa produk indonesia lebih bagus di bandingkan dengan produk luar.


    Nama: Aditya Faisal Yahmi
    Kelas:XI-E

    ReplyDelete
  76. Kita harus lebih menghargai pejuang pejuang yang telah memperjuangan Indonesia.Dan lebih melestarikan kekayaan alam yang ada di dalam negeri,lebih mencintai produk dalam negri .

    Nama: Alia Oktaviani Ahmad
    Kelas:XI-C

    ReplyDelete
  77. Dari artikel diatas, kita jadi mengetahui apa itu VOC dan mempelajarinya agar lebih paham dan mengerti tentang sejarah Indonesia

    Arinda nurul zarka
    XI - C

    ReplyDelete
  78. Dari artikel diatas kita dapat mengetahui bahwa kita harus mencintai dan melestarikan produk sendiri. Sebagaimana orang-orang terdahulu yang berjuang keras untuk melestarikan rempah-rempah yang dimiliki bangsa Indonesia dari negara asing.

    Nama: Adinda Ayu Dwi Kharisma
    Kelas : XI-C

    ReplyDelete
  79. Setelah membaca artikel di atas kita harus bersyukur atas kekayaan alam dan mengembangkan atau melestariakan kekayaan2 alam yang ada di negara kita yaitu indonesia, dan juga kita harus bersyukur karena saat sekarang ini kita tidak merasakan pahitnya penjajahan dulu yang sangat besar perjuangannya.

    ReplyDelete
  80. dari artikel diatas maka kita harus menjaga, meningkatkan dan mencintai produk dalam negri, sikap itu pun sudah menunjukkan silap cinta terhadap tanah air

    Myra zada ismena
    XI-C

    ReplyDelete
  81. sebagai penerus bangsa kita harus berterimakasih kepada para pahlawan yang telah berjuang mati-matian untuk memerdekakan negara Indonesia. Oleh karena itu, kita juga harus melestarikan dan lebih mencintai produk dalam negeri.


    Nama: Nabila nur setiani
    Kelas:XI-C

    ReplyDelete
  82. seharusnya kita bangga dan bersyukur karna kita di lahirkan di negara indonesia dan kita juga harus berterimakasii kpda para pahlawan karna mereka lah kita skrng tidak merasakan pahit nya penjajahan dari artikel di atas kita seharusnya lebih mencintai produk lokal sebagai rasa bangga terhadap negara indonesia


    Sherly Delistiany
    XI-C

    ReplyDelete
  83. kemerdekaan yang kita nikmati tak lepas dari kepedihan yang hakiki,dengan perjuangan yang amat sangat pedih untuk menciptakan bangsa yang bebas dari penjajah. dengan itu kita patut bersyukur ,dan menjaga kedaulatan republik indonesia,

    nama ; Ryan maulana
    kelas; XI - C

    ReplyDelete
  84. Kita harus bersyukur karena sudah berada dalam keadaan merdeka tanpa melalui betapa sulit perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan ini dari jaman penjajahan, maka dari itu kita harus menjaga negara kita ini dan cintailah produk dalam negeri sebagai rasa bangga terhadap negara kita ini

    Nama: Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas: X-C

    ReplyDelete
  85. Kita harus bersyukur karena sudah berada dalam keadaan merdeka tanpa melalui betapa sulit perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan ini dari jaman penjajahan, maka dari itu kita harus menjaga negara kita ini dan cintailah produk dalam negeri sebagai rasa bangga terhadap negara kita ini

    Nama: Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas: X-C

    ReplyDelete
  86. Kita sebagai rakyat indonesia harus bangga karena memiliki kekayaan alam yang melimpah, tidak usah cape cape menjajah seperti negara lain demi mendapatkan rempah rempah maka dari itu kita harus bersyukur

    risma Dwi Putri Andriana
    XI-C

    ReplyDelete
  87. Jadi kita harus lebih menghargai perjuangan pahlawan saat berjuang untuk kemerdekaan tanah air yang begitu sulitnya untuk memerdekakan negara ini


    Ahmad soleh nugraha
    X-C

    ReplyDelete
  88. Dari artikel di atas seharusnya bangsa indonesia bisa melestarikan dan mengembangkan produk produk dalam negeri dan mengurangi barang barang impor.Karena produk dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan produk impor.

    Kita harus bisa meningkatkan perekonomian indonesia dengan mencintai produk lokal dan produk indonesia bisa bersaing dengan produk internasional.contohnya adalah merek sepatu dari indonesia yang sudah dijual di jepang dan lain-lain.

    Maulida Mustaqim Haq
    XI-C

    ReplyDelete
  89. Dari artikel di atas kita harus melesatrikan dan mecintai produk indonesia dan kita harus bngga dengn kekayaan alam ini dengan rempah rmpah yang banyak.
    Farhan ghifari
    XI-C

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Mari kita bersama-sama untuk selalu bersyukur atas aman dan tentram nya negeri kita sekarang, serta selalu mendukung dan mencintai berbagai hasil/produk bangsa kita sendiri demi kejayaan negeri ini.

    Ihsan Muhammad Iqbal
    XI-C

    ReplyDelete
  92. Kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga dan melestarikan kekayaan rempah rempah negri ini supaya tetap terjaga ke asri an dan kualitas nya,dan harus bisa menjadi penopang keutuhan NKRI.


    Fajar ihsanudin
    XI-B

    ReplyDelete
  93. Nama : ayu rahayu
    Kelas: XI-B

    dari artikel ini kita tahu kita harus bangga terhadap indonesia karena memiliki kekayaan yang berlimpah dengan menghasilkan banyak produk produk dan itu juga kita sebagai warga indonesia sendiri kita harus mencintai produku dlm negeri ini
    Terima kasih....

    ReplyDelete
  94. Dari artikel diatas kita mengetahui bahwa apa yang kita miliki di negara Indonesia merupakan anugrah oleh karena itu kita harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitasnya

    Balqis clarisa rahmadhita
    XI-B

    ReplyDelete
  95. kita sebagai bangsa indonesia seharusnya lebih mencintai produk indonesia, melestarikan dan juga meningkatkan produk produk di indonesia agar produk produk indonesia lebih di hargai dan kita harus menerapkan kebudayaan kebudayaan indonesia.

    nama: faisya rachmiani putri
    kelas: XIB

    ReplyDelete
  96. Nama: Yulia Monita Razak
    Kelas: 11-B MIPA 1

    Dalam artikel diatas kita harus belajar mencintai produk dalam negeri ketimbang produk luar negeri kita juga harus membantu produk dalam negeri semakin maju

    ReplyDelete
  97. dari artikel diatas, kita harus bangga dan bersyukur terhadap kekayaan Indodesia. kita juga harus menjaga dan melestarikan apa yang dimiliki negara kita Indonesia.


    Risnanda Mulfia
    11 - B

    ReplyDelete
  98. kita harus bersyukur atas apa yang sudah di berikan oleh tuhan terhadap negeri kita dan juga harus menjaga dan melestarikan nya serta mencintai produk dalam negeri

    Tegar Dwi Pratami
    XI-B

    ReplyDelete
  99. dalam artikel ini saya tambah bersyukur tinggal di indonesia yang di dalamnya terdapat banyak sekali rempah rempah dan makanan hasil hutannya sendiri maka dari itu pakailah produk lokal dan jangan membangga banggakan barang hasil import dari luar negri

    Nama:Elsa Salsabila
    Kelas:XI B

    ReplyDelete
  100. Sebagai bangsa indonesia kitas seharusnya mencintai dan melestarikan produk dlm negri.
    melestarikan budaya Indonesia dan mewariskan kepada generasi mendatang agar mengenal bangsa Indonesia.


    Syamrotul Amalia
    XI-B

    ReplyDelete
  101. Dari artikel ini,kita harusnya lebih bersyukut karna sudah hidup aman damai,tidak sepeti jaman duluu di kejar kejar penjajah


    Rafli arrasyid
    11-B

    ReplyDelete
  102. Ternyata selama 197 tahun Indonesia bukan dijajah oleh sebuah negara, namun oleh sebuah kongsi dagang. Kita harus bersyukur, pengalaman pahit yang dirasakan oleh para pendahulu kita tidak lagi dirasakan oleh generasi saat ini.

    Mutiara Fuadah
    XI-B

    ReplyDelete
  103. Kita sebagai bangsa indonesia harus bersyukur dengan apa yg telah diberikan tuhan terhadap negri kita.Maka dari itu kita harus melestarikan dan membanggakan produk dari dalam negri atau lokal.Jangan membanggakan produk luar negri

    ReplyDelete
  104. Dari artikel ini saya menjadi lebih bersyukur atas perjuangan para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan, karena jasa mereka kita sekarang tidak lagi merasakan penjajahan. Kita harus pandai menjaga negara kita sekarang ini. Kita lebih mencintai budaya dan produk misalnya dan tetap semangat untuk melestarikannya

    Nindi Nur M
    XI B

    ReplyDelete
  105. Intinya kita sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya kita bersyukur terhadap negara kita sendiri ,salah satunya dengan cara kita harus mencintai dan menghargai produk dalam negri


    Syifa Astriani
    XI-B

    ReplyDelete
  106. dari artikel di atas menjelaskan bahwa kita atau warga negara indonesia harus lebih lagi mencintai produk kita sendiri karena apa?, karena ini adalah satu satunya cara agar bangsa kita ini INDONESIA bisa lebih berjaya lagi dan kita harus lebih mengembangkan lagi produk kita dan yang paling penting kita harus Lebih bersyukur serta harus selalu mendukung dan mencintai hasil produk bangsa kita INDONESIA

    ReplyDelete
  107. Dari artikel ini banyak sekali hal yang dapat dipetik dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga Indonesia untuk bersyukur dan berterima kasih pada para pahlawan bangsa yang sangat berjasa, sehingga kita tidak merasakan pengalaman pahit saat masa penjajahan, dan karena itu kita sebagai warga Indonesia harus mencintai produk dalam negeri, Terima kasih ibu atas ilmunya.

    Nama: Salma Sabila
    Kelas: XI-b

    ReplyDelete
  108. banyak sekali yang dapat dipetik dari artikel diatas.selain mengetahui seputar VOC , kita juga mengetahui betapa berharganya rempah rempah yang dihasilkan dari tanah nusantara.
    maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan mencintai produk dalam negeri .

    Ayesha Aufa Syauqi
    XI-B

    ReplyDelete
  109. Setelah membaca artikel diatas, saya semakin sadar bahwa memang banyak warga indonesia yg sering membeli produk impor dan membangga banggakannya, padahal hal seperti itu tidak patut dibanggakan karena yg harus kita banggakan adalah saat negara sendiri bisa menciptakan produk produk hebat yang tak kalah dari produk impor, jadi kita sudah sepatutnya membeli dan bangga dengan produk bangsa sendiri


    Dzakiya Fathiarrahma Kancana
    XI B

    ReplyDelete
  110. Dari artikel tersebut kita sebagai warga negara indonesia harus bersyukur bahwa saat ini kita tidak merasakan pengalaman pahit pada masa penjajahan, Dan kita sebagai rakyat Indonesia kita harus mencintai dan melestarikan produk produk indonesia.

    Alsaiza alma fatihah
    XI-B

    ReplyDelete
  111. Dari artikel tersebut kita sebagai warga negara indonesia harus bersyukur bahwa saat ini kita tidak merasakan pengalaman pahit pada masa penjajahan, Dan kita sebagai rakyat Indonesia kita harus mencintai dan melestarikan produk produk indonesia.

    Alsaiza alma fatihah
    XI-B

    ReplyDelete
  112. setelah membaca artikel ini saya menjadi lebih bersyukur dan berterimakasih kepada para pahlawan,karena jasa mereka kita tida merasakan penderitaan. dan juga lebih mencintai,melestarikan produk dalam negeri.


    Novita Pratiwi
    XI B

    ReplyDelete
  113. setelah eropa menemukan nusantara yang berlimpah akan rempah-rempah pda awalnya hanya ingin rempah-remah menjadi rasa ingin menguasai yang mengakibatkan bangsa indonesia dijajah

    Devita septiani
    Xi b

    ReplyDelete
  114. tugas kita bersama selain mencintai produk dalam negeri namun juga meningkatkan kualitas dan daya saing serta nilai jual produk tersebut agar negara kita bisa lebih berdikari (bediri dibawah kaki sendri) tidak tergantuh dibawah pengaruh ekonomi negara lain bahkan lebih baik lagi apabila produk Indonesia mampu dihargai dan bersaing di dunia dengan produk-produk negara lainnya.
    Risma Amalia
    XI-D

    ReplyDelete
  115. Kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga akan kekayaan warga negara kita,dan sebagai masyarakat dalam negri kita harus menghargai produk negri kita sendiri karna saya yakin produk kita juga takalah bagus dan juga banyak ide seperti praktis dalam membuat barang, dan harus membuat kita bangga oleh negara kita ini.

    ReplyDelete
  116. Kita sebagai masyarakat indonesia harus bangga akan kekayaan warga negara kita,dan sebagai masyarakat dalam negri kita harus menghargai produk negri kita sendiri karna saya yakin produk kita juga takalah bagus dan juga banyak ide seperti praktis dalam membuat barang, dan harus membuat kita bangga oleh negara kita ini.

    Nama:rani maryani
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  117. dari artikel diatas kita sebagai bangsa indonesia harus lebih lagi mencintai dan bangga menjadi bangsa indonesia,dan selalu melestarikan,mengembangkan produk produk indonesia contohnya dengan,memakainya,dan sebagainya.

    Nama : hintan permata sari
    Kelas : XI - E

    ReplyDelete
  118. Dalam artikel tersebut membuat kita berpikir dan bersyukur bahwa pengalaman pahit dan perjuangan para pendahulu kita tidak dirasakan lagi oleh kita saat ini.Dan sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya kita bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa kita.

    Nama:Srirahayu
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  119. Kita harus bersyukur karena sudah berada dalam keadaan merdeka tanpa melalui betapa pahit perjuangan para pejuang kita untuk merebut kemerdekaan ini dari jaman penjajahan,maka dari itu kita harus menjaga negara kita ini dan cintailah produk dalam negeri sebagai rasa bangga terhadap negara tercinta kita ini.

    Nama:Muchamad Raihan Rizaldi
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  120. Dalam artikel tersebut membuat kita berpikir dan bersyukur bahwa pengalaman pahit dan perjuangan para pendahulu kita tidak dirasakan oleh kita saat ini.Dan seharusnya kita sebagai generasi bangsa memberikan yang terbaik untuk bangsa kita.

    Nama:Srirahayu
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  121. mencintai produk dalam negeri juga merupakan sikap cinta terhadap tanah air, oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa harus lebih mencintai dan menghargai produk dalam negeri agar bisa bersaing dengan produk luar negeri lainya.



    Nabila rahma chaerunisa
    Kelas : XI-A

    ReplyDelete
  122. sebagai generasi penerus bangsa, kita seharusnya lebih bersyukur karena negara kita mempunyai rempah-rempah yang akan kaya, dan buktikan dengan mengembangkan produk-produk dalam negeri untuk kehidupan sehari-hari.

    Nama : Kansya Divia Maldava
    kelas : XI-A

    ReplyDelete
  123. Setelah membaca artikel di atas saya harap masyarakat Indonesia lebih mencintai produk Indonesia. Tidak hanya mencintai tapi juga melestarikan dan menghargai apa yg telah di perjuangkan oleh para pahlawan.

    Nama : Afifah Salwa Salsabila
    Kelas : XI A

    ReplyDelete
  124. Kita harus bersyukur bahwa pengalaman pahit dan perjuangan para pendahulu kita tidak dirasakan oleh kita saat ini



    Nama:Destri Maharani
    Kelas:XI A

    ReplyDelete
  125. Sebagai generasi penerus bangsa, alangkah baiknya kita melestarikan dan mengembangkan potensi sumber daya yang ada di indonesia. Mencintai produk dalam negri dan mengembangkannya menjadi produk internasional, karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk kita cinta terhadap negara indonesia dan menghargai para pahlawan yang telah berjuang melawan kolonialisme.

    Rifaa ghassani rahman
    (XI A)

    ReplyDelete
  126. Sejak dulu korupsi memanglah merajalela di kalangan pejabatdan mungkin sampai sekarang sifat itu ada banyak dalam diri manusia,sifat yang serakah dan ingin menang banyak,contoh nya dulu VOC jatuh akibat korupsi,dari artikel ini kita banyak belajar dan banyak mengetahui bagaimana penajajahan di masa itu,mereka bukan hanya merebut rempah rempah dari Nusantara tapi mereka juga melemah kan ekonomi di Nusantara,maka dari itu kita harus mencintai negara kita yang sudah diperjuangkan oleh pejuang pejuang hebat dahulu kala,sehingga akhirnya kita bisa menikmati kemerdekaan ini, mencintai dengan cara jujur dalam bertindak,menanamkan bela negara atau kecintaan terhadap negara atau Nusantara kita,dan banyak lagi .

    Nama:Sherina Norvenky
    Kelas: XI - A

    ReplyDelete
  127. Benar yaa, jika kita bisa lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan sumber daya dengan baik dan benar kita bisa ikut bersaing dengan negara luar agar tidak tergantung dibawah pengaruh ekonomi negara lain.

    Nama : Rifka Rahma Dewi
    Kelas : XI - A

    ReplyDelete
  128. Secara sadar atau tidak sistem Imperialisme modern justru lebih halus namun lebih menakutkan, sebagai contoh kecil adalah bagaimana kemudian secara tidak sadar kita terjajah secara ekonomi karena lebih mencintai produk import dibandingkan dengan produk dalam negeri, tugas kita bersama selain mencintai produk dalam negeri namun juga meningkatkan kualitas dan daya saing serta nilai jual produk tersebut agar negara kita bisa lebih berdikari (bediri dibawah kaki sendri) tidak tergantuh dibawah pengaruh ekonomi negara lain bahkan lebih baik lagi apabila produk Indonesia mampu dihargai dan bersaing di dunia dengan produk-produk negara lainnya

    Nama:Fitri Rumyati
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  129. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus mencintai produk negara sendiri dan mampu meningkatkan kualitasnya agar mampu berdikari dan bersaing di industri perekonomian dengan negara lain

    Nama: Fina Lutfiah Munawiroh
    Kelas : XI-A

    ReplyDelete
  130. sebagai generasi penerus bangsa alangkah baiknya kita melestarikan dan mengembangkan potensi sumberdaya yang ada didalam negri ini. mencintai produk dalam negri yang tak kalah hebat dari produk luar, adalah salahsatu bentuk kita menghargai para pahlawan yang telah berjuang untuk negri ini.

    rifaa ghassani rahman (XI A)

    ReplyDelete
  131. Nama : Ariq Putra Fauzan
    Kelas: XI-A
    Dari Artikel ini kami khususnya saya mendapatkan ilmu tentang VOC, dimana sebelum negara ini merdeka negara ini mengalami berbagai penderitaan dan salah satunya penderitaan yang dilakukan oleh VOC,dimana VOC melakuakn monopoli perdagangan, diamana hasil kekayaan alam Indonesia direbut ditangan VOC, dan rakyat Indonesia menderita dan sengsara.Dan bagsa Indonesia mendapatkan penderitaan dari jajahan jajahan lainnya,hingga masa masa sulit itu dapat dimusnahkan oleh para pahlawan Indonesia, yang telah berusaha memerdekakan bangsa Indonesia, dan kita sebagai generasi muda penerus bangsa kita harus menghargai jas jsa para pahlawan, dan berusaha untuk lebih memajukan negara Indonesia, walaupun penjajahan telah selesai,tapi bangsa kita sebenarnya belum merdeka seutuhnya, mengapa? Karena bangsa kita masih ada penjajahan, salahsatunya penjajahan ekonomi, dimana anak zaman sekarang lebih menyukai dan lebih menggemari produk produk luar negri ketimbang produk dalam negri. Seharusnya kita harus lebih mencintai,menyukai,memakai,menggemari produk produk dalam negri, ini merupakan salah satu cara kita untuk memajukan dan salah satu cara untuk membebaskan jajahan ekonomi, mari kita bersama sama lebih mencintai,memakai,dan mengagumi produk dalam negri,untuk salah satu upaya memajukan negara Indonesia ini,dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk memajukan negara Indonesia...

    ReplyDelete
  132. Betapa berharganya rempah rempah yang ada di negri kita oleh karna itu kita harus sangat bersyukur,melestarikan dan selalu menjaga rempah rempah dan mencintai produk produk buatan negara kita

    Nama:Fardila Salsabila
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  133. Kita sudah seharusnya bersyukur karena negara kita kaya raya dengan rempah-rempah,maka dari itu kita harus mencintai,melestarikan produk dalam negeri


    Nama:Siti wapa
    Kelas:XI-A

    ReplyDelete
  134. kita harus bersyukur dan menghargai semua yang tela diperjuangkan para pahlawan. sebagai generasi penerus bangsa mari kita cintai, banggakan, dan lestarikan produk dalam negeri.

    Alifia nur afni rahmawati
    XI-A

    ReplyDelete
  135. Dapat dibayangkan oleh kita bagaimana dari tahun 1602 hingga 1799 yaitu selama 197 tahun daerah nusantara justru bukan dijajah oleh sebuah negara namun ternyata oleh sebuah kongsi dagang atau perusahaan

    Reska Dwi Lestari
    XI-A

    ReplyDelete
  136. Begitu berharga dan bermanfaatnya rempah", kita harus selalu bersyukur karena Allah telah menempatkan kita ke negara yang kaya akan apa pun. Sebagai warga negara yang baik, kita harus menjaga dan melestarikan hal" positif.

    Amalia nurwasilah
    XI-A

    ReplyDelete
  137. Dari artikel di atas banyak sekali yang bisa kita petik,dan kita sebagai warga negara indonesia harus bangga akan kekakyaan rempah rempah yang indonesia miliki hingga saat ini,karna itu kita sebagai warga negara indonesia bersyukur karena allah memberika negara ini kekayaan akan rempah rempah
    Nama :Mutia Indah Maharani
    Kelas:XI-D

    ReplyDelete
  138. sebagai bangsa indonesia sudah seharusnya kita melestarikan dan meningkatkan produk indonesia, karena produk indonesia tidak kalah bagus dengan produk import atau produk luar negeri.
    nama : nadila yulistia azahra
    kelas : 11- F

    ReplyDelete
  139. sebagai bangsa indonesia sudah seharusnya kita melestarikan dan meningkatkan produk indonesia, karena produk indonesia tidak kalah bagus dengan produk import atau produk luar negeri.
    nama : nadila yulistia azahra
    kelas : 11- F

    ReplyDelete
  140. Nama :Rara Azzahra
    Kelas : XI-F

    Dari artikel diatas kita menjadi tahu bahwa kita sebagai bangsa indonesia harus bersyukur dengan apa yang di hasilkan di negara tercinta ini seperti kaya akan rempah rempah yang harus tetap kita lestarikan

    ReplyDelete
  141. Dari artikel cerita yang sudah saya baca,kita sebagai anak generasi muda indonesia seharusnya bangga akan kekayaan alam negara indonesia. Dan sebagai bentuk kecintaanya kita harus menjaga dan melestarikan kekayaannya.

    Nama : Salsabila Rizqan Daru
    Kelas : XI-F

    ReplyDelete
  142. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap negara kita Karena negara kita kaya akan sumber daya alam seperti rempah-rempah,kita sebagai generasi muda juga harus tetap melestarikan produk dalam negeri agar tidak kalah saing dengan produk negara lain
    Nama: Tresna Darmawanti
    Kelas :11-f

    ReplyDelete
  143. Sebagai generasi bangsa Indonesia sudah seharusnya bersyukur atas apa yang dimiliki oleh negara Indonesia. Dengan melestarikan, menjaga, dan juga mencintai produk produk buatan negeri sendiri.

    Nama : Malika Nurul Husna
    Kelas : XI-F

    ReplyDelete
  144. Meskipun Indonesia sudah dikatakan merdeka. Namun,secara ekonomi Indonesia bisa dikatakan belum merdeka sepenuhnya.
    Karna tanpa kita sadari perekonomian Indonesia sudah diperdaya oleh produk atau perusahaan asing. Dan kita sebagai masyarakat pribumi jelas sudah ditipu daya oleh mereka, dengan kita sering membeli, bahkan menyukai produk luar ketimbang produk dalam negri yang jelas tidak kalah menarik dari produk luar.
    Tanpa kita sadari produk dalam negri sebenarnya sangat menarik dan kaya akan sejarah dan cerita menarik yang dituang lewat sebuah seni ataupun sebuah produk baik itu berupa batik dan bentuk lainnya.
    Kita patut bersyukur bisa dilahirkan di negri indonesia ini yang kaya akan sumber daya dan sumber lainnya yang tidak terdapat di negri luar.
    Dan mungkin tanpa kita sadari sebenarnya negara luar sangat iri dengan negara Indonesia yang kaya ini, oleh sebab itu mereka berusaha memperdaya pribumi dengan memperkenalkan produk mereka yang sudah jelas sebenarnya kalah menarik dengan produk Indonesia. Walaupun produksi Indonesia masih terbatas namun karna adanya pengaruh dari luar kita masyarakat lebih memilih yang instan ketimbang yang diproses.
    Namun ada dampak baiknya dari pengaruh luar, yaitu kita tidak terlalu ketinggalan jaman berupa perkembangan teknologi dan bahasa



    Nama: Nadila Dina Indriani
    Kelas: XI-F

    ReplyDelete
  145. Dengan mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia, tentunya rasa nasionalisme akan semakin bertambah. Selain itu dengan mengingat perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia, kita juga akan semakin semangat untuk berjuang pada masa sekarang ini.

    Nama : Moch rizkan herlambang
    Kelas: XI-F

    ReplyDelete
  146. setelah membaca, saya dapat menyimpulkan bahwa dalam artikel tersebut tersirat pesan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus mencintai produk dalam negeri dan menjadikan produk tersebut diakui oleh luar negeri

    Nama: Deni Yarsah
    Kelas : XI F

    ReplyDelete
  147. Keinginan terhadap dunia lah yang menghancurkan segalanya. Mulai dari VOC yang hancur akibat korupsi dari para penguasa nya, juga para pribumi penjilat yang hanya mencari aman di bawah kaki para penjajah.

    Pengetahuan juga sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus. Jadikanlah derita orang terdahulu sebagai pelajaran agar kita tidak mudah di bodohi

    Nama: M. Rahmat fauzan
    Kelas: 11-F

    ReplyDelete
  148. Dari artikel di atas dapat di ketahui bahwa sudah seharusnya kita mulai mencintai produk dalam negri serta berusaha mengolah kembali produk yang lebih baik agar mampu bersaing dengan produk berkualitas dari negara luar, upaya ini pun akan membantu negri kita mampu berdiri dengan kakinya sendiri tanpa adanya bantuan dari negara lain.

    Nama : Gaidha Noer mulla Shadra
    Kelas : XI–F

    ReplyDelete
  149. Dari artikel diatas dapat kita ketahui bersama bahwa perjuangan para pahlawan melawan penjajah tidaklah mudah. Apalagi melawan kongsi perdagangan selama 197 tahun, itu hal yg sangat sulit. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai generasi muda harus menjaga kebebasan ini dengan tetap bangga menjadi warga indonesia dan mencintai serta terus mengembangkan produk produk indonesia.

    ReplyDelete
  150. Dari artikel diatas dapat kita ketahui bersama bahwa perjuangan para pahlawan melawan penjajah tidaklah mudah. Apalagi melawan kongsi perdagangan selama 197 tahun, itu hal yg sangat sulit. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai generasi muda harus menjaga kebebasan ini dengan tetap bangga menjadi warga indonesia dan mencintai serta terus mengembangkan produk produk indonesia.

    Nama:Andieni Dwi Septaviani
    Kelas:XI-F

    ReplyDelete
  151. setelah membaca artikel diatas, kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya lebih mencintai produk dalam negri dan melestarikannya.

    Nama : Siti Soza Yasmin
    Kelas : XI-F

    ReplyDelete
  152. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  153. Sebagai generasi penerus bangsa, memang sudah seharusnya kita mencintai produk negeri sendiri. Selain itu, kualitasnya pun tidak kalah dengan produk luar. Kita harus melestarikan dan bangga atas produk sendiri.

    Nama : Asti Mar'atus Solehah
    Kelas : XI - F

    ReplyDelete
  154. Voc sebenarnya memiliki tujuan yang bagus,tapi sayang tujuan yang bagus itu hanya bermanfaat untuk anggotanya.sementara orang orang diluar voc malah dirugikan.


    Nama : N.Shabrina Azzahra
    Kelas : XI-F

    ReplyDelete
  155. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa harta sesungguhnya dalam hidup adalah bahan untuk kelangsungan hidup itu sendiri, dan VOC mengetahui itu semua. Mereka dengan rakusnya menguasai rempah² di negri ini dan dengan strategi liciknya mereka membuat harga rempah melambung tinggi. Bahkan kekayaan VOC melebihi daftar perusahaan terkaya di dunia sekarang.

    Namun apa jadinyanya saat ini? Para pemuda justru menganggap petani adalah pekerjaan yang ketinggalan zaman. Mereka lebih memilih kerja pabrik/kantoran daripada bertani tanpa berfikir bagaimana bila pasar lenyap. Padahal akhir dari harta pun berujung pada asupan untuk tubuh. Untuk apa harta bila pasar/bahan pangan tidak ada?

    Teknologi maju namun secara peradaban mundur. Semoga negri ini lekas merdeka dari jajahan imperialisme.

    Nama : Muhammad Hanif Suryana
    Kelas : XI-F

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...