Tuesday 25 August 2020

Renaisans : Ketika Eropa Terlahir kembali !

Renainsans berasal dari bahasa Prancis yaitu Re dan Sance yang artinya adalah lahirnya kembali kebudayaan Yunani-Romawi. Terlahir kembalinya Eropa tidak terlepas dari kondisi Eropa yang saat itu tengah mengalami zaman kegelapan (Dark Age) atau disebut juga dengan Abad Pertengahan dimana pada zaman itu dokrinasi gereja sangat besar sehingga segala aspek kehidupan diatur oleh gereja dan bagi yang bertentangan dengan pandangan gereja maka tidak sungkan-sungkan akan dihukum mati. Doktrinasi gereja selalu mengaitkan bahwa kehidupan manusia sudah ditentukan oleh Tuhan dimana tujuan akhir dari hidup manusia adalah semata-mata keselamatan akhirat sedangkan dunia hanya harus diterima apa adanya dengan begitu saja. Pandangan tentang manusia hanya “wayang” Tuhan kemudian berubah ketika Eropa memasuki masa Renainsans yaitu bahwa manusia adalah makhluk yang bebas dan merdeka, bisa melakukan segala sesuatu yang diinginkannya. Adapun kesengsaraan, penderitaan dan kemalangan bisa diubah ketika manusia melakukan perbaikan dengan usaha-usaha sehingga nasib dan kebahagian manusia ditentukan oleh manusia itu sendiri.

Memasuki masa Renaisans Eropa melalui perjalanan yang panjang dan berliku, namun dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan di Eropa yang didapat dari dunia islam maka ancaman-ancaman yang diberikan oleh gereja tidak melunturkan semangat cendikiawan Eropa agar bisa keluar dari masa yang gelap gulita. Beberapa kondisi yang dihadapi Eropa sebelum memasuki masa renaisans adalah sebagai berikut :

1.       Gereja berusaha mengembalikan kembali pengaruhnya agar masyarakat Eropa bisa kembali dibawah “pengaruh”nya.

2.    Berusaha mengembalikan masyarakat pada sistem feodal dimana pada masa menjelang renaisans kekuasaan dan pengaruh para penguasa pada saat itu tergeser oleh lapisan masyarakat baru yaitu para pedagang yang kaya raya karena berhasil melakukan perdagangan dengan dunia Timur (Asia).

3.       Para tokoh renainsans banyak yang harus kehilangan nyawa akibat hukuman mati yang dilakukan oleh gereja seperti Copernicus yang meyakini bahwa pusat alam semesta adalah Matahari dan planet-planet termasuk dengan bumi juga memutari matahari, hal ini bertentangan dengan keyakinan Gereja bahwa pusat alam semesta adalah Bumi dan planet-planet juga matahari-lah yang mengitari bumi. Tokoh renaisans lainnya yang harus kehilangan nyawa karena hukuman mati gereja adalah Galileo Galilei yang mengemukakan bahwa bumi ini berbentuk bulat bukan datar seperti yang diyakini oleh Gereja.

Inti dari kebangkitan Eropa dengan Renaisans-nya yaitu tentang humanisme ( faham yang menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia) dan Rasionalisme (faham yang mengedepankan kebenaran berdasarkan logika dan fakta), adapun tokoh-tokoh renaisans yang paling terkenal adalah :

1.      Leonardo Da Vinci : seorang seniman, arsitek, ilmuan, penulis, dan filsuf asal Italia.

2.       Niccolo Machiavelli seorang diplomat, ahli politik dan filsuf dengan karyanya yang terkenal yaitu II Pricipe (sang Pangeran).

3.       Michaelangelo adalah seorang seniman dan pematung terkenal

4.       Galileo Galilei seorang ahli Astronomi modern.

5.       William Shakespeare seorang pujangga, dramawan dan penulis.

Ada banyak lagi tokoh-tokoh pencerah dari masa Renaisans yang membawa Eropa dari abad kegelapan pada masa kebangkitan yang membuat Eropa menjadi penguasa peradaban saat ini, namun satu hal yang pasti bahwa masa renaisans adalah jawaban dan bentuk perlawanan dari bangsa Eropa atas keterpurukan yang selama ini menyelimbuti mereka beberapa abad lamanya akibat kungkungan Doktrinasi Gereja yang saat itu menentang berkembangnya ilmu pengetahuan.



Karya lukis Michaelangelo di Kapel Sistina 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Langit-langit_Kapel_Sistina


Lukisan Monalisa yang dipenuhi dengan misteri tak terpecahkan hingga saat ini karya Leonardo Da Vinci

sumber : https://www.ideapers.com/2019/03/10-Karya-Seni-Terkenal-Leonardo-da-Vinci.html

50 comments:

  1. Sejarah mempunyai makna yang bagus, dan hampir semua orang menyukai sejarah, terima kasih sejarah
    Gian Azi Munawwar
    XI-J

    ReplyDelete
  2. terima kasih setelah saya membaca artikel di atas saya menjadi tau tokoh tokoh yang berperan penting di eropa lebih teatnya di renasains
    Rama arendra pratama
    XI-J

    ReplyDelete
  3. Via oktaviani
    XI-J

    Dari artikel diatas saya jadi mengetahui tokoh tokoh pencerah dari masa renaisans yang membawa eropa dari abad kegelapan pada masa kebangkitan yang membuat eropa menjadi penguasa peradaban saat ini.

    ReplyDelete
  4. Chairina Novianti Ramadhani
    XI-J

    Dengan terlahirnya kembali eropa,maka terlahir pula para seniman yang sangat luar biasa, walaupun ada beberapa seniman yang harus dihukum mati, karena adanya tokoh-tokoh pencerah dari masa renasains eropa berubah dari semula abad kegelapan menjadi penguasa peradaban.

    ReplyDelete
  5. Hendri Khoerudin
    XI-J

    Manusia adalah makhluk yang bebas dan merdeka, bisa melakukan segala sesuatu yang diinginkannya. Adapun kesengsaraan, penderitaan dan kemalangan bisa diubah ketika manusia melakukan perbaikan dengan usaha-usaha sehingga nasib dan kebahagian manusia ditentukan oleh diri sendir.

    ReplyDelete
  6. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan pemikir dan seniman Eropa. Mereka kembali melihat dan membuka ide-ide lama yang ditinggalkan oleh bangsa Yunani dan Romawi, baik dalam bentuk pemikiran, bangunan, atau karya seni.

    Nama:hensan
    Kelas:XI-J

    ReplyDelete
  7. Dandi nurrohman
    XI-J

    Nyawa Tokoh tokoh renainsans yang meninggal tidak lah sia sia karena materi materi jaman dahulu yang di suarakan oleh seorang tokoh telah menjadi materi materi di zaman ini

    ReplyDelete
  8. Sisi gelap dari eropa bukan hanya sekedar itu saya pasti masih banyak sisi gelap dari eropa yang beulum terungkap sampai sekarang

    Farhan ramdhani
    XI-J

    ReplyDelete
  9. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : XI-i
    .
    Terimakasih bu, dari artikel ini saya bisa tahu banyak hal tentang kebangkitan Eropa. Seperti Renainsans ini. Dari sini saya tahu, Meskipun banyak tokoh renainsans harus kehilangan nyawa, tetapi mereka mempunyai dampak besar terhadap Eropa. Banyak sekali dampak besar yang diberikan oleh tokoh tokoh tersebut. Salah satunya seperti Seni dan budaya berkembang lebih pesat juga bebas.

    ReplyDelete
  10. Bangsa Eropa mulai bangkit dari keterpurukan atau kegelapan yg selama ini di alami oleh mereka namun bukan hal mudah untuk mengembalikan semua keadaan,butuh waktu lama dan itupun belum tentu bisa berjalan dengan mulus,pasalnya para anggota renaisans bnyak yg di hukum mati oleh gereja karena dianggap bertentangan dengan gereja yang pada akhirnya Eropa berhasil bangkit dari keterpurukan



    Amanda putriN
    XI-i

    ReplyDelete
  11. Cita Aulia Nurdiansyah
    XI-I

    Dari materi diatas saya bisa tahu tokoh tokoh renaisans, banyak sekali yg dipelajari dari artikel ini, karena bisa mengetahui tentang sejarah yg tidak hanya diIndonesia Saja.

    ReplyDelete
  12. Yeni mulyani
    XI-i

    Manusia adalah makhluk yang bebas dan merdekaa tetapii kita haruss mengikuti aturan.

    ReplyDelete
  13. Dengan membaca artikel diatas, kita jadi tahu bahwa tokoh tokoh renaisans sangat banyak diluar indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan membaca artikel diatas, kita jadi tahu bahwa tokoh tokoh renaisans sangat banyak diluar indonesia

      M. Raffi pratama
      Xi-i

      Reply

      Delete
  14. Kaila Az-Zahra
    XI-i

    Dari artikel ini saya bisa mempelajari tentang kebangkitan Eropa seperti renainsans

    ReplyDelete
  15. Lucky Habdan Hakim
    XI-I

    Tokoh tokoh renainsans sangat berperan dalam kebangkitan bagi Negara Negara yang berada di wilayah Eropa sehingga Eropa bisa menjadi seperti sekarang

    ReplyDelete
  16. Ishma Rachma Meilani
    11-i

    Dari artikel ini saya bisa mengetahui tokoh tokoh renainsans

    ReplyDelete
  17. Ikeu Nurholijah
    XI-I

    Dari artikel ini tokoh tokoh renainsans berperan kebangkitan dalam negara eropa

    ReplyDelete
  18. Sejarah mempunyai makna yang bagus, dan hampir semua orang menyukai sejarah, terima kasih atas ilmu dan pelajaran nya :)

    Irfan riansyah
    XI-I

    ReplyDelete
  19. M. Muhamad ramdani
    XI-i

    Karya seni adalah salah satu sektor yang paling berpengaruh. Karya seni pada zaman ini cenderung lebih realistis, humanis, romantis.

    ReplyDelete
  20. Dari artikel ini saya jdi mengetahui tokoh² sejarah renaisans

    ReplyDelete
  21. Faradila Agustina Putri
    XI-i

    Renaisans berpengaruh pada perkembangan bangsa Eropa, dan kita jadi tau tokoh tokoh yg menjadi bukti dengan karya seninya.

    ReplyDelete
  22. dicky hilamansya
    XI-i


    tenaisans adalah tokoh yg sangant berperan
    dalam ke kemajuannya negara eropa

    ReplyDelete
  23. Nama: Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I

    Dari artikel diatas saya mengetahui tokoh-tokoh renaisans,yg membawa Eropa dari abad kegelapan meskipun banyak tokoh yg harus kehilangan nyawa.

    ReplyDelete
  24. Manusia adalah makhluk yang bebas dan merdeka bisa melakukan segala sesuatu yang di inginkan nya.

    Nama :Gary pratama
    Kelas:XI-i

    ReplyDelete
  25. Nama:Elita Yulia Suryana Putri
    Kelas: XI-i

    Dari artikel ini saya jadi tahu bahwa tokoh renainsans berperan dalam kebangkitan negara Eropa

    ReplyDelete
  26. "ilmu pengetahuan sangat lah penting bagi perkembangan suatu bangsa, sama seperti para seniman-seniman renaisans yang menyatakan bahwa humanisme dan rasionalisme itu benar ada pada manusia di zaman dahulu maupun saat ini"


    Reza yoga Pratama
    XI-i

    ReplyDelete
  27. Eropa bisa bangkit dari keterpurukannya karena perjuangan dari tokoh renaisans dan kuah dorongan dari diri mereka agar menjadi manusia yang bebas memilih nasibnya sendiri,dan juga agar terbebas dari doktrinasi gereja.
    Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11 H

    ReplyDelete
  28. Eropa bisa terbebas dari keterpurukan dikarenakan perjuangan dari tokoh renaisans dan juga dorongan dari diri mereka agar terbebas dari doktrinasi gereja.
    Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11 H

    ReplyDelete
  29. Seni adalah suatu hal yang indah tapi tak seindah sejarah dimasa renaisans
    Salsabilah N
    XI-H

    ReplyDelete
  30. Dari artikel di atas saya baru mengetahui sejarah saat Eropa zaman dark age yg bgtu terpuruk dn memakan banyak nyawa namun mereka mempunyai rasa semangat yg besar sehingga mereka trlepas dari doktrinasi greja

    Lusy Dwi Sulistiawati
    XI H

    ReplyDelete
  31. Setelah saya membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa tokoh renaisans berperan penting dlm kebebasan bangsa Eropa,perjuangan nya yg membuat bangsa Eropa bangkit dari keterpurukan.
    Nama:Fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  32. Eropa bisa bangkit dari kegelapannya atau keterpurukannya karena perjuangan dari tokoh-tokoh renaisans untuk kebangkitan Eropa. Walaupun tokoh-tokoh tersebut harus bertaruh nyawa tapi mereka membawa pengaruh besar bagi ke bangkitan bangsa Eropa, contohnya seni budaya yang berkembang secara pesat.
    Nama: Annisa azhara ramdan
    Kelas: XI-H

    ReplyDelete
  33. membawa pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan dan kehidupan bangsa Eropa secara keseluruhan. Adapun pengaruh yang dimaksud adalah sebagai berikut: Seni dan budaya berkembang lebih pesat juga bebas. Munculnya pemikiran pencarian daerah baru di luar Eropa (Penjelajahan Samudera) Dan lain lain
    Nama:Ajeng juitasari
    Kelas:XI-h

    ReplyDelete
  34. Nama: Surya Radiansyah
    Kelas: XI-H

    Dari sejarah renaisans ini kita bisa melihat bahwa manusia itu tidak bisa di seragamkan. Manusia punya hak untuk mengemukakan pendapat atau pemikiran nya sendiri.

    ReplyDelete
  35. Nama: Maharani Putri Aulia
    Kelas: XI-H

    Dari artikel yang saya baca, saya bisa tau tokoh tokoh renaisans yg berperan penting dalam kebebasan/kebangkitan negara eropa.

    ReplyDelete
  36. Maryam Nazil Rohima
    XI H

    Dari artiker tersebut saya paham ternyata ketika Eropa dilanda kegelapan (dark age), pada Abad Pertengahan dimana pada zaman itu dokrinasi gereja sangat besar sehingga segala aspek kehidupan diatur oleh gereja dan bagi yang bertentangan dengan pandangan gereja maka tidak sungkan-sungkan akan dihukum mati. Melalui perjalan panjang pada zaman ini akhirnya dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan di Eropa yang didapat dari dunia islam maka ancaman-ancaman yang diberikan oleh gereja tidak melunturkan semangat cendikiawan Eropa agar bisa keluar dari masa yang gelap gulita. Disini kita bisa tahu yang membawa Eropa terakhir kembali ada pengaruh atau campur tangan dari agama islam sendiri dan di bantu para cendikiawan Eropa, di sisi lain agama islam menunjukkan agama yang amat menjungjung tinggi toleransi.

    ReplyDelete
  37. Dari artikel di atas saya jadi mengetahui tokoh tokoh renains,dan Eropa juga bangkit untuk keluar dari masa yang gelap gulita.

    Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  38. Dari artikel di atas saya jadi mengetahui tokoh tokoh renains,dan Eropa juga bangkit untuk keluar dari masa yang gelap gulita.

    Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  39. Itsny Nur Faridah
    XI-G

    Dari artikel di atas saya menjadi tau tokoh tokoh renaisans yg berperan penting dari bangkit nya eropa meskipun banyak tokoh yang kehilangan nyawa.

    ReplyDelete
  40. Dimas Aditiya Putra
    XI-H
    Setelah membaca artikel diatas, wawasan saya menambah dan saya menjadi tahu tokoh yang berperan penting bangsa renains.

    ReplyDelete
  41. Ega nugraha fadilah
    XI-H

    Manusia adalah makhluk yang bebas dan merdeka, bisa melakukan segala sesuatu yang diinginkannya. Adapun kesengsaraan, penderitaan dan kemalangan bisa diubah ketika manusia melakukan perbaikan dengan usaha-usaha sehingga nasib dan kebahagian manusia ditentukan oleh diri sendiri.

    ReplyDelete
  42. Tiara Arianti
    XI-G

    Dari artikel di atas saya bisa mengetahui tokoh tokoh renaisans yang berperan dalam kebangkitan eropa.

    ReplyDelete
  43. Siti Amelia Putri
    11-G

    Dari artikel diatas kita menjadi tau bahwa kebangkitan eropa tidak terlepas dari perjuangan para tokoh renaisans.Bahkan banyak para tokoh renaisans yang mempertaruhkan nyawanya untuk kebangkitan eropa.

    ReplyDelete
  44. Nama : Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    Dari artikel bacaan diatas, saya jadi tahu maksud renaisans adalah zaman lahirnya kembali kebudayaan Yunani-Romawi yang sebelumnya telah mengalami dark age. Namun, kini menjadi penguasa peradaban di dunia yang tak terlepas dari peran tokoh-tokoh pencerahnya. Dan memotivasi sekali bahwa seberapa keterpurukan yang kita alami bisa diubah dengan usaha yang terus dilakukan.

    ReplyDelete
  45. dari artikel diatas saya menjadi tahu tokoh renaisans yang menjadi peran penting dari kebangkitan bangsa eropa, meskipun banyak tokoh yang kehilangan nyawa tetapi mereka mempunyai dampak besar terhadap eropa.

    Nama : Shalsha Billa
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  46. Dari materi yang sudah dibaca kita menjadi mengetahui bagaimana sejarah renaisans sebagai pelajaran hidup bahwa hidup harus selalu semangat seperti para tokoh diatas

    Nama :Chandra Nurjaman Solihin
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  47. Terimakasih bu dari artikel diatas saya dan siswa lainnya mengetahui maksud dari renaisains adalah zaman lahirnya kembali kebudayaan yunani romawi yg sebelumnya telah mengalami dark age

    Nama:syifa fadhillah
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  48. dri yg saya baca saya mengetahui tokoh tokoh renaisans dan sejarah nya, dan tau proses usaha dri bangsa eropa

    nama:milah hajar hotimah
    kelas: XI-G

    ReplyDelete
  49. Nama: FAVIAN Hilmy Zahran
    XI-H

    Terimakasih bu bari artikel ini saya dapat beberapa ilmu yang sebelumnya saya tidak ketahui ,

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...