Sunday 9 August 2020

Kabut Hitam di Benua Eropa Sesion 1

 


 

وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ

”Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia…” (QS Ali Imran ayat 140)

 

Dikala dunia Islam terang benderang dengan kemilau pengetahuan da peradaban maka...dibelahan bumi yang lain...justru kabut gelap tengah menyelimbuti bangsa Romawi  (Eropa)...

Sejak berdiri pada Abad 27 SM (sebelum Masehi) Kekaisaran Romawi mencapai masa kejayaan dibawah kepemimpinan Octaviannus Augustus, luasnya kekuasaan bahkan dari Eropa hingga ke Afrika, mercusuar peradaban menjulang digdaya dengan segala kehebatan Romawi yang terdepan dalam sistem politik, pemerintahan, militer, hukum dan bangunan-bangunan megah yang hingga saat ini masih diadopsi dan dinikmati oleh dunia modern sekalipun, namun tak ada kejayaan yang berlangsung secara abadi, Romawi kemudian terbagi menjadi 2 yaitu Romawi Barat dan Romawi Timur (Byzantium).


Peta Wilayah Romawi Barat dan Romawi Timur 

Sumber Gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Kekaisaran_Romawi_Timur

Karena penyerangan yang dilakukan oleh bangsa Germania dimana orang-orang Romawi menyebutnya dengan bangsa Bar-bar artinya bangsa tanpa etika, liar dan tanpa peradaban (saat ini istilah Bar-bar sering kali justru merujuk pada umat Islam yang melekat dengan image Terorist) maka Runtuhlah kekaisaran Romawi Barat yang terpecah-pecah menjadi beberapa kerajaan kecil yang lemah, dan untuk mengjaga kekuasaan kerajaan-kerajaan kecil itu dibuatlah kastil-kastil megah yang didiami oleh para bangsawan kaya raya yang dikelilingi oleh benteng-benteng tinggi sekaligus tempat  para pekerja hidup menggarap tanah-tanah milik tuan tanah (bangsawan) dan para pekerja ini diawasi oleh Para Prajurit,  sistem tersebut disebut dengan sistem Feodal atau sistem feodalisme. Sedangkan disisi lain Romawi Timur (Byzantium) masih berdiri digdaya tak tertaklukan berkat benteng Kokoh Konstantinopel (yang pada tahun 1453 justru akan jatuh ke tangan Umat Islam dibawah kekuatan Sultan Muhammad Al-Fatih).


gambar tentang Feodalisme diambil dari : https://www.kompasiana.com/ilhamarsandi8339/5f22bafa097f363a2c066802/apa-itu-feodalisme

Karena Romawi Barat yang kemudian terpecah-pecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil yang lemah maka segala sistem berada dibawah komando Vatican Roma dengan pemimpin tertinggi adalah Paus. Tidak adanya persatuan diantara kerajaan-kerajaan di Romawi Barat membuat segala sesuatu berada dibawah  kendali dan pengaruh keputusan Gereja, bahkan Gereja bisa mengambil tindakan apapun apabila mendapati hal-hal yang bertentangan dengan ajaran mereka, ini membuat kemajuan ilmu pengetahuan di Eropa menjadi stagnan, bahkan bisa dikatakan Eropa pada saat itu (abad 5-15) mengalami zaman kegelapan (Dark ages). Sebagai contoh adalah bagaimana Galileo Galiley dihukum mati karena menyebarkan teori baru mengenai Bentuk bumi adalah Bulat yang bertentangan dengan keyakinan Gereja yang sangat meyakini bahwa bentuk bumi Ini adalah datar.

“Titah Gereja adalah Titah Tuhan “ benar-benar diyakini oleh bangsa Eropa saat itu, bahkan ketika Paus Urbanus II yang menyerukan perang Salib dalam upaya merebut kembali Yarussalem (Palestina) dari tangan Umat Islam (Kekhalifahan Abbasiyah),  maka berbondong-bondonglah orang-orang Eropa mendaftarkan diri menjadi Prajurit perang Salib dengan jaminan Penghapusan dosa dan juga Syurga bagi mereka yang ikut serta dalam perang ini. Awal mula terjadinya perang salib ini adalah karena umat kristen Eropa yang dibatasi untuk melakukan ziarah ke Yarusallem (kota suci 3 agama yaitu Yahudi, Kristen dan Islam), namun sayang pasukan salib yang dikirim oleh bangsa Eropa kebanyakan adalah bukan prajurit terlatih, kebanyakan diantara mereka justru adalah parampok dan penjahat yang ingin lepas dari dosa-dosa maka tak ayal kemudian hal ini menyebabkan dari panjangnya perang Salib (dimulai dr tahun 1096-1291) umat islam memenangi 6 kali pertempuran sedangkan pasukan Salib hanya 1 kali kemenangan. Kekalahan demi kekalahan yang menimpa pasukan salib membuat kondisi Eropa semakin terpuruk, selain banyaknya korban jiwa yang melayang  mengakibatkan perekonomian Eropa semakin merosot hingga Eropa semakin tenggelam dalam Kabut Hitam kebodohan, Doktrinasi otoritas Gereja dan kemiskinan, masa ini disebut dengan Zaman Kegelapan (Dark Ages).


Gambaran Eropa pada zaman kegelapan / Dark Ages

sumber : https://wawasansejarah.com/abad-pertengahan-eropa/

Disisi lain...Romawi  Timur atau yang disebut dengan Byzantium dapat dikatakan stabil dan aman selama berabad-abad kemudian,  hal ini tidak terlepas dari peran Benteng Kokoh Konstantinopel yang tak terkalahkan, namun tahun 1453 dibawah Sultan Muhammad al-Fatih , Kota Konstantinopel sebagai pusat Peradaban Dunia sekaligus  ibukota Byzantium akhirnya takluk dibawah bendera Islam. Maka runtuhnya Romawi Timur (Byzantium) yang menandai berakhirnya seluruh kejayaan Kekaisaran Romawi (baik Timur atau Barat) dari peta perpolitikan dunia, membuat kepedihan-kepedihan dan kesulitan-kesulitan yang menimpa bangsa Eropa sekaligus menjadi awal mula dari cikal bakal kebangkitan Eropa dikemudian hari menggantikan Kekuasaan Dunia Islam.

 

64 comments:

  1. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : 11-i
    .
    Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa semua yang ada di dunia tidak ada yang abadi. Roda terus berputar dikehidupan ini. Seperti bangsa Eropa, mereka berjaya dengan waktu yang cukup lama. Tetapi, kejayaan tersebut berakhir dengan Kegelapan. Namun, dari kegelapan itu lah kita bisa belajar untuk bangkit kembali di kemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas ilmunya :)
      yg menyatakan tidak ada yang abadi .


      irfan riansyah
      kelas :11 i

      Delete
  2. Nama : Ishma Rachma Meilani
    Kelas : XI-I

    Apapun yang ada didunia tidak akan abadi, itu semua hanya titipan Allah. Kehidupan itu seperti roda berputar kadang dibawah kadang diatas. Kita manusia hanya bida merencanakan selebihnya Allah yang menentukan

    ReplyDelete
  3. Nama:Lucky Habdan hakim
    Kelas:11i

    Kita hidup tidak selama akan terus berjalan mulus kadang diatas kadang dibawah dan seharusnya tidak perlu ada kesombongan karena semuanya hanya titipan illahi senantiasa kita hanya menjaga saja agar bisa dipertanggung jawabkan di akhirat kelak

    ReplyDelete
  4. Laksmi Wulandari Fatimah
    XI-I

    Dari sini saya mengerti bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, roda kehidupan itu terus berputar

    ReplyDelete
  5. Nama:Naya Amanda Dwi Putri
    Kelas:11-i

    Dari runtuhnya Romawi Timur (Byzantium) yang menandai berakhirnya seluruh kejayaan Kekaisaran Romawi (baik Timur atau Barat) dari peta perpolitikan dunia, membuat kepedihan-kepedihan dan kesulitan-kesulitan yang menimpa bangsa Eropa sekaligus menjadi awal mula dari cikal bakal kebangkitan Eropa dikemudian hari menggantikan Kekuasaan Dunia Islam.

    ReplyDelete
  6. Ikeu Nurholijah
    XI-I

    Karena di dunia ini tidak ada yang abadi itu semua titipan dari alloh, jadi jangan sombong karena roda kehidupan berputar kadang di atas dan kadang juga di bawah.

    ReplyDelete
  7. Nama : kaila azzahra
    Kelas : XI-i
    Kebesaran hanya milik Allah SWT,kita semua hanya diberi titipan.dimana ada kehidupan pasti disitu akan ada manis dan pahitnya

    ReplyDelete
  8. Nama: M. Muhamad ramdani
    Kelas: XI-i

    Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa
    oleh karena itu setiap orang yang bergerak juga punya kesempatan untuk berasa diatas. sedangkan bila kita berdiam diri saja, kita pasti tergilas oleh kehancuran.

    ReplyDelete
  9. Nama hiqmal fauzi
    Kelas XI-i
    Dunia hanya alam fana

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Elita Yulia Suryana Putri
      Kelas: XI-i
      Dari pelajaran ini saya mengerti bahwa kehidupan didunia ini tidak ada yg abadi, manusia hanya bisa merencanakan tapi Allah yg menentukan

      Delete
    2. Nama: yeni mulyani
      Kelas:XI-i

      Karenaa hidupp tidak selaluu nikmatt karenaa psti ada kepahitann teatpi di balik kepahitan itu adaa sesuatuu yang indahh

      Delete
  11. Nama:Muhammad Rafi Pratama
    Kelas :Xi-I
    Kita jadi tahu bahwa kehidupan tidak ada yang abadi,kita sebagai manusia hanya menjalankan perintah perintah allah

    ReplyDelete
  12. Nama: Faradila Agustina Putri
    Kelas: XI-i

    Roda akan terus berputar, seperti bangsa Romawi yang dulunya berjaya bisa runtuh/kalah ditangan umat Islam.

    ReplyDelete
  13. Nama: Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I

    Disini saya bisa mengambil pelajaran bahwa tidak ada yg abadi didunia ini semua hanya titipan Allah,terkadang kita hidup itu seperti roda berputar. Cepat atau lambat,selalu datang ke tempat dimana kita mulai. Dan pada akhirnya setiap manusia menuai apa yang mereka tabur. Roda kehidupan memang berputar dengan aneh, membawa manusia masuk ke banyak skenario yang satu sama lain tampak bertentangan.

    ReplyDelete
  14. Nama: Cita Aulia Nurdiansyah
    Kelas: XI-I
    Dari materi diatas kita bisa paham bahwa kehidupan tidak ada yang abadi. Tidak semua yang kita dapat bakal terus digenggam, ada masanya yang digenggam itu hancur dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  15. Di sini saya dapat pelajaran bahwa hidup itu tidak selalu berjalan lurus pasti ada jalan yg berbelok belok

    Reza yoga
    XI-i

    ReplyDelete
  16. Disini saya bisa mengerti bahwa hidup tak selama nya berjaya kadang kala kita akan hancur karena ke sombongan kita sendiri.

    Muhammad wilzan
    xl-i

    ReplyDelete
  17. Nama:Angga Nugraha
    Kelas:XI-i

    Disini saya dapat mengambil pelajaran bahwa hidup tidak selalu di atas,kadang juga dibawah.

    ReplyDelete
  18. Elenia Alifah Gami
    XI-i


    Tidak ada yang harus di sombongkan karena ini hanyalah titipan dari Allah SWT yang akan terus berputar kadang diatas kadang di bawah

    ReplyDelete
  19. dicky hilmansyah
    x i

    disini saya dapat belajar tentang bahwa hidup tidak selalu di atas,ada kala kita di bawahnya

    ReplyDelete
  20. Semua yg ada di dunia itu semua barang rusak (barang yg tidak abadi) dan roda kehidupan itu selalu berputar,kita tidak akan selalu ada diatas,kita akan mencoba di bawah,karna allah itu maha adil

    Nama:daffa khoirulloh said
    Kelas:XI-i

    ReplyDelete
  21. Di sini saya bisa mengambil hikmah di balik ini karena hidup tak selama nya di atas bisa saja suatu saat kita di bawah

    Nama :Gary pratama
    Kelas:XI-i

    ReplyDelete
  22. Roda pasti berputar,Dan dunia ini sifatnya fana(tidak kekal/abadi).
    Nama:Rifaldi dimas f
    XI-i

    ReplyDelete
  23. Nama :Jihan Fauziyyah
    Kelas :XII MIPA 6

    Dalam pembahasan artikel ini, saya mengambil hikmah bahwa apa yang didapat tidak akan selalu bersifat selamanya, akan selalu ada perputaran nasib baik itu, baik menjadi buruk ataupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  24. Vina Alistiani
    XI-J

    Dari sini saya mengerti jika kehidupan itu tidaklah abadi melainkan hanya sementara,karena roda kehidupan itu selalu berputar

    ReplyDelete
  25. Nama : Chairina novianti Ramadhani
    Kelas : XI-J

    Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa semua yang ada didunia ini tidaklah bersifat selamanya,bahkan hal yg sudah kita dapat pun tidak akan selamanya menjadi milik kita,kita semua bisa merencanakan tetapi semua kembali kepada yang berkehendak yaitu allah,karena roda kehidupan itu berputar,apabila sedang diatas ataupun dibawah semua itu pasti ada hikmahnya

    ReplyDelete
  26. Dari sini saya bisa mempelajari bahwa kehidupan didunia tukak ada yang abadi ,karena roda akan terjadi s berputas sama halnya jalan tidak akan lurus terus

    Talitha Luvena Shofhaha
    XI - J

    ReplyDelete
  27. Nama:r.hensan
    Kelas:XI-J

    Pelajaran yang saya ambil disinii adalah semuanyaa tidak ada yang abadi karnaa semuanya hanya milik allah

    ReplyDelete
  28. Dari cerita di atas ini, saya bisa mengambil hikmah bahwa apa yang didapat tidak akan selalu bersifat selamanya/abadi.

    nama : YULIA
    kelas : XI - J

    ReplyDelete
  29. Dari cerita diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa semua yang ada di dunia tidak ada yang bersifat abadi, kita sebagai manusia hanya bisa berencana namun yang menentukan hanyalah allah.

    Nama : Imelda Septiani
    Kelas: XI-J

    ReplyDelete
  30. Dari artikel diatas saya bisa mengambil pelajaran bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini semuanya hanya titipan dari Allah swt, kehidupan itu seperti roda yang berputar kadang diatas kadang dibawah,kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan tetapi selebihnya Allah lah yang menentukan,apapun kondisinya sebisa mungkin kita sebagai manusia harus tetap rendah hati;)


    Via oktaviani
    XI-J

    ReplyDelete
  31. Hendri Khoerudin
    XI-J
    Dunia ini dipenuhi dengan perkara dan peristiwa yang tidak pernah menetap, terkadang sesuatu menjadi tinggi derajatnya dan terkadang pula ia akan jatuh, kekayaan seketika bisa berubah menjadi kemiskinan, begitupun sebaliknya, sesuatu yang tinggi tidak akan pernah tinggal selamanya diatas, tidak satupun di dunia ini akan menetap keadaannya.

    ReplyDelete
  32. kehidupan itu seperti roda, kadang di atas dan kadang di bawah, kita tidak perlu sombong saat kita di atas, karena ingat kita tidak akan selamanya dia atas ada saatnya kita di bawah

    Rama arendra
    XI-J

    ReplyDelete
  33. Di dunia ini hanya sementara, jadi kita sesama manusia harus saling menghargai
    Gian Azi Munawwar
    XI-J

    ReplyDelete
  34. Hiduplah yg sewajarnya karna hidup adalah bumerang.apa yg kita berikan itu yg akan kita dapatkan kemabali layaknya bumerang
    Apgani bayubudin
    XI-J

    ReplyDelete
  35. Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa semua yang ada di dunia tidak ada yang abadi. Roda terus berputar dikehidupan ini.

    Nama:m.ridwan kurniawan
    XI:J

    ReplyDelete
  36. hidup ini adil , ada kala nya kita merasakan terbang diatas , tapi setelah itu kita akan merasakan jatuh kebawah. tidak ada yang abadi termasuk dunia ini


    Andini Nazara Saifullah
    XI - J

    ReplyDelete
  37. Yang saya pelajari dari teks diatas yaitu, setiap ada kebangkitan disitu ada keruntuhan
    Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11 H

    ReplyDelete
  38. Dari pelajaran di atas saya dapat menyimpul kan bahwa yang ada di dunia ini tidak ada yang abadi, dan takdir itu berputar layaknya roda kadang diatas kadang juga di bawah. Kita bisa saja merencanakan rencana yang sangat bagus tapi Allah lah yang berkehendak atas semua ini. Dan hidup ini tidak akan mulus seperti jalan tol, tapi pasti ada kerikil kerikil kecil dalam kehidupan ini.

    Annisa azhara ramdan
    XI-H

    ReplyDelete
  39. yang saya bisa dptkan dri teks di atas yaitu,di atas awan masi ada langit,dan kehidupan seperti roda yg berputar tidak akan pernah lurus sesungguh nya allah lah yang maha kuasa yang bisa menaikan derajat kejayaan nya dan allah pula yang bisa menurunkan kejayaannya,semua tergantung kehendak allah

    ReplyDelete
  40. Dari cerita diatas saya bisa menyimpulkan bahwa tidak ada yang abadi semua adalah rencana tuhan seperti layaknya roda tidak selamanya ada diatas dan pasti mau tidak mau kita akn merasakan berada dibawah:)
    Salsabilah N
    XI-H

    ReplyDelete
  41. Yang saya dapat pelajari dari teks tersebut,saya tahu bahwa dunia ini adil karena seperti roda yg berputar,ada saat nya kita berjaya juga ada saatnya kita runtuh.
    Nama:fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  42. Yang saya dapat pelajari dari teks tersebut,saya tahu bahwa dunia ini adil karena seperti roda yg berputar,ada saat nya kita berjaya juga ada saatnya kita runtuh.
    Nama:fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  43. Menurut saya, jangan terlalu mementingkan dunia karena didunia tidak ada yg kekal atau abadi, pasti kita akan merasakan bagaimana senangnya hidup dan susah nya pula

    Lola Nurul Jamillah
    XI -H

    ReplyDelete
  44. Kita hidup tidak selalu berada di atas,ada saatnya kita jatuh ke bawah,jadi selama kita masih hidup kita harus mensyukuri hidup,mensyukuri apa yang ada.

    Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  45. Kita hidup tidak selalu berada di atas,ada saatnya kita jatuh ke bawah,jadi selama kita masih hidup kita harus mensyukuri hidup,mensyukuri apa yang ada.

    Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  46. pada dasarnya kehidupan manusia berputar, kadang susah dan juga senang. Yang menjadi poin adalah bagaimana kita menyikapinya.
    Nama;Ajeng juitasari
    Kelas;XI-H

    ReplyDelete
  47. Surya Radiansyah
    XI-H

    Indonesia sebenarnya bisa meneladani para kaum eropa yg dulu kehidupan nya terseok-seok oleh umat Islam. Mereka bisa bangkit kembali dari keterpurukan mereka hingga saat ini mereka bisa dibilang cukup bersaing dengan Amerika serikat di bidang apapun.

    ReplyDelete
  48. Dari teks di atas saya dapat mengetahui bahwa keadilan di dunia ini memang ada,dari diatas langit bisa saja menjadi di bawah tanah
    Chandra Nurjaman Solihin
    XI-H

    ReplyDelete
  49. Roda akan terus berputar, seperti bangsa romawi yang dulunya berjaya bisa runtuh/hancur ditangan umat muslim

    Ega nugraha fadilah
    XI-H

    ReplyDelete
  50. Nama : shalsha billa
    Kelas: XI-G

    semua yang ada didunia ini tidak akan abadi, semua ini hanyalah titipin sang pencipta. Hidup tidak akan selamanya berjalan dengan mulus, seperti roda berputar kadang diatas dan kadang dibawah.

    ReplyDelete
  51. tidak ada yang abadi didunia, ini hanya lah sebuah titipan dari Allah swt. hidup itu tidak selalu senang pasti ada susahnya

    Senli amalia
    XI G

    ReplyDelete
  52. Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa semua yang ada didunia ini tidaklah bersifat selamanya,bahkan yg sudah kita punya pun tidak akan selamanya menjadi milik kita karena kehidupan adalah fana.

    Angga Firmansyah
    XI-H

    ReplyDelete
  53. Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa tidak ada yg abadi didunia ini semua hanyalah titipan,kehidupan itu seperti roda yang berputar kadang diatas kadang dibawah.

    Nama:Itsny Nur Faridah
    kelas:XI-G

    ReplyDelete
  54. Perang adalah suatu hal yang tidak ada gunanya hanya akan membawa kehancuran, contohnya dalam perang salib ini selama lebih kurang 2 abad, dalam perang tersebut hasilnya kekalahan karena pihak islam yang di pimpin oleh Salahuddin Al-Ayyubi, berhasil mempertahankan yerusalem. Akhirnya salahuddin mendatangani perjanjian perdamaian yaitu dimana di tetapkan bahwa jerusalem tetap di kuasai muslim dan terbuka bagi para ziarah kristen hal ini membuktikan bahwa islam amat menjungjung tinggi toleransi dan perdamaian.

    Nama Maryam Nazil Rohima
    Kelas XI H

    ReplyDelete
  55. Dari sini saya bisa mengambil pelajaran bahwa semua yang ada di dunia ini tidaklah abadi,semua hanya titipan semata dan kehidupan iti tidak akan akan menetap,kadang kita di atas dan kadang kita di bawah.

    Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  56. Disini saya dapat mengambil pelajaran bahwa kehidupan dapat disebutkan seperti roda yang berputar kadang di atas atau dibawah seperti bangsa romawi yang dulunya berjaya tetapi kejayaanya dapat di runtuhkan oleh umat islam

    Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas:11-G

    ReplyDelete
  57. Menurut saya setelah membaca cerita di atat kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini,roda kehidupan terus berputar kadang kita jatuh/dibawah,kadang kita di atas/jaya

    Nama:reza muhamad iqbal
    Kelas:X-G

    ReplyDelete
  58. Dari artikel bacaan diatas, mengingatkan saya bahwa memang segala kemenangan yang kita raih tidak akan terus dirasakan senang namun, pasti melalui fase susah. Serta menyadarkan bahwa takdirlah yang berperan penting dalam menentukan kehidupan ini.

    Nama : Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  59. kita harus adil dan kita tidak akan selamanya di dunia dan kita harua menghormati sesama umat karena lebih baik damai dari pada perang ,karena perang tidak akan saling berdamaian justru ada banyak nya korban..


    nama: Rifkiansyah inshiroh
    kelas :Xl-G

    ReplyDelete
  60. Dari artikel di atas, dapat saya simpulkan bahwa, semua kekuasaan atau kepemilikan yg di miliki tidak akan selamanya menjadi miliknya.

    Nama : Dimas Aditiya Putra
    Kelas: XI-H

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...