Sunday 19 July 2020

Kisah Romantis, Tragis dan Heroik dibalik sejarah Kerajaan-kerajaan Hindu – Buddha di Indonesia (Sesion II)

1.    Sesion II, Pasukan Mongol yang Tak terkalahkan takluk di bumi Nusantara; Kisah Heroik antara Raja Kertanegara (Singosari) dan menantunya Raja Raden Wijaya (Pendiri Kerajaan Majapahit)


Kaisar Kubilai khan Penguasa Dinasti Mongol

Setiap derap langkah pasukan tentara Mongol niscaya membuat setiap raja dari berbagai belahan dunia menjadi gemetar ketakutan, saking terkenal kejam, ekspansif dan egresif Kaisar Kubilai Khan dari Dinasti Mongol memecahkan rekor sebagai penguasa dengan kekuasaan yang paling luas pada abad ke 13, melebihi kekhalifahan Islam dan Alexander the Great . hal ini dikarenakan kemampuan berperang para prajurit Mongol sangat tangguh mengingat mereka berasal dari bangsa pengembara padang rumput yang terkenal bebas dan liar. 1 hal yang unik dari para penakluk Mongol ini adalah bahwa ketika mereka berhasil menanklukan sebuah daerah maka mereka akan membumihanguskan daerah tersebut dan kemudian mereka bisa begitu saja pergi meninggalkan daerah yang berhasil ditaklukan tanpa kemudian mengambil alih kekuasaa, itulah mengapa mereka dikenal sebagai bangsa Penakluk.

Bisa dikatakan mungkin hanya raja Kertanegara dari Singosari satu satunya Raja di dunia yang berani menantang Kaisar Kubilai khan dari Mongol. Ini terjadi ketika utusan Mongol yang bernama Meng Ki datang menghadap Kertanegara dan menyerukan agar kerajaan Singosari tunduk dibawah kekuasaan Kaisar Kubalai Khan, namun Kertanegara menolak dan memotong telinga Meng Ki kemudian mengusirnya.

Mengetahui hal ini alangkah murkanya kaisar Mongol hingga ia bermaksud melakukan balas dendam dengan menyerang Singasari. Resiko besar dengan menantang Mongol sudah dipertimbangkan oleh Kertanegra makanya ia kemudian melakukan sebuah misi yang bernama Ekspedisi Pamalayu pada tahun 1275 dengan menaklukan Sriwijaya dan kerajaan Melayu juga menjalin hungungan baik dengan kerajaan Champa dengan menikahkan putrinya dengan Raja Champa dimaksudnkan agar menahan serangan serta pengaruh Mongol bila suatu saat mereka datang.

Namun takdir siapa yang tahu apa yang terjadi dimasa depan, ternyata Singasari runtuh dan Kertanegara tewas justru bukan karena serangan Mongol namun karena dibunuh  Jayakatwang (raja Kediri) hingga Jawakatwang mengambil alih pula wilayah Singasari. Mengetahui terbunuhnya Kertanegara oleh Jayakatwang, membuat menantu Kertanegara murka, yaitu Raden Wijaya.

Jayakatwang lupa bahwa selain mewarisi kekuasaan Kertanegara iapun mewarisi musuh-musuhnya, termasuk dendam Kaisar Mongol atas penghinaan yang dilakukan oleh Kertanegara kepada utusannya. Maka ketika Prajurit Mongol tiba di Jawa dan hendak menghancurkan Singasari, Raden Wijaya menjadikan ini sebagai senjata untuk menghancurkan Jayakatwang dan membalas dendam atas kematian ayah mertuanya. Raden Wijaya membantu pasukan Mongol hingga pasukan Mongol berhasil membunuh Jayakatwang, dan malam ketika keberhasilan penyerangan mereka, prajurit Mongol melakukan persta pora hingga mereka sangat mabuk karena minum-minum dan kesempatan ini digunakan Raden Wijaya untuk menyerang dan menghancurkan Prajurit Mongol dan mengusirnya dari tanah Jawa dan setelah itu Mongol tidak pernah kembali lagi menyerang Jawa.

Setelah berhasil mengelabui Jayakatwang dan mengusir prajurit Mongol dengan strategi cerdasnya maka Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit pada tahun 1293 dan menjadikan Majapahit sebagai Kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia bahkan Asia Tenggara.


88 comments:

  1. Jangan mabuk-mabukan saat dalam peperangan karena itu bisa menjadikan peluang musuh untuk meng epic comeback kan kita

    Daffa khoirulloh said
    XI-i

    ReplyDelete
  2. Nama:raffiprtma

    MaKa jangan lah kita sombong terlebih dahulu jika sudah menang

    ReplyDelete
  3. Jangan terlalu sombong dengan apa yang telah kalian dapat karena semuanya hanyalah titipan jika sombong maka akan menerima akibatnya sendiri

    "Lucky Habdan Hakim'

    ReplyDelete
  4. (Cindy Reisa Aprianti 11-i)
    .
    Taktik cerdas dari Raden Wijaya sangat menarik. Dari cerita tersebut kita bisa mengambil pelajaran bahwa, kita jangan ragu untuk mengambil suatu keputusan besar. Karena, jika kita ragu maka kita tidak akan maju dan sukses, pasti kita akan terus diam diposisi kita sekarang. Tetapi, jika kita bisa mengambil keputusan yang besar dan benar, maka kita akan mendapat hasil yang besar pula.

    ReplyDelete
  5. Didalam perang Tidak ada Kara curang tetpi ada kata cerdik. Jangan tergesa gesa dengan melihat musuh tergeltak . visa saja ITU hnya jebakan.




    Irfan riansyah
    XI-I

    ReplyDelete
  6. Ishma Rachma M
    11-i

    Kita harus bisa mengambil keputusan, tetapi kita harus mengambil keputusan dengan baik dan benar. Tidak ada kata ragu untuk meraih keberhasilan

    ReplyDelete
  7. (Faradila Agustina Putri 11i)Hikmahnya jangan seperti prajurit kerajaan Mongol yang bisa mengalahkan jayakatwang atas bantuan Raden Wijaya, mereka merasa paling kuat dan tidak terkalahkan. Euphoria yg berlebihan dari tentara Mongol ini malah menjadikan Boomerang yang akhirnya menjatuhkan mereka.

    ReplyDelete
  8. Kita harus mengambil keputusan dengan benar jangan mengambil keputusan dengan tergesa gesa nanti menjadi kekalahan

    Ikeu Nurholijah
    11 i

    ReplyDelete
  9. Kaila azzahra XI-i
    Kita harus memutuskan keputusan dengan berfikir dua kali untuk kedepannya

    ReplyDelete
  10. Cita Aulia N. 11-i

    Dari cerita diatas mengajarkan kita bahwa hidup tidak selalu diatas, yg artinya hidup tidak selalu tentang kemenangan ada waktunya kita mendapat kekalahan.Sebesar apapun kekuasaan kamu, seberapa puluh kali kamu menang, ada kalanya jg kamu runtuh. Dari Raden Wijaya jg mengajarkan bahwa kita harus menjadi manusia yang be smart.

    ReplyDelete
  11. (Putri Octa Rosmayanti 11-i)
    Dalam sebuah peperangan kita harus melakukan taktik yg cerdas untuk mengelabui musuh,jadi kita mendapatkan pelajaran bahwa jangan ragu dalam mengambil keputusan apapun karena dengan itu kita dapat meraih keberhasilan, dan janganlah kita berperilaku sombong karena dgn itu kita akan mendapatkan akibat dari itu semua.

    ReplyDelete
  12. Laksmi Wulandari Fatimah XI-I

    Kita harus bisa membuat keputusan yang baik dan benar. Jika kita telah mencapai suatu kesuksesan kita tidak boleh sombong

    ReplyDelete
  13. Bagus sekali raden wijaya bisa mengalahkan kerajaan Mongol dengan secara halus.dan mengusir dari tanah jawa.

    ReplyDelete
  14. Reza yoga Pratama

    Perang tidak bisa di menangkan dengan emosi.tetapi dengan perhitungan yang tepat

    ReplyDelete
  15. (Elita Yulia Suryana Putri 11-i)
    Orang yang diawali dengan kesombongan hasil akhirnya akan mengecewakan

    ReplyDelete

  16. "Hanya ada Tuhan di surga dan hanya satu penguasa Jenghis Khan di bumi".
    #savekhankhan

    ReplyDelete
  17. Hiqmal fauzi XI-i
    Karena dendam semuanya hancur

    ReplyDelete
  18. Angga Nugraha 11-i
    Janganlah sombong kita harus mengambil keputusan yang benar,agar mendapatkan hasil yang baik bagi kerajaannya dan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  19. "kita harus bisa mengambil keputusan yang baik ,benar dan tepat, jika telah mencapai sesuatu kita tidak boleh sombong karena itu sangat berakibat buruk"

    ReplyDelete
  20. M. Muhamad ramdani
    11-i
    Dari cerita diatas kita bisa tau bahwa jangan terlalu sombong karena sesuatu hal buruk bisa datang terjadi kapan saja

    ReplyDelete
  21. Perang tidak bisa di raih dengan ke curangan atau emosi

    Rizki maulana
    11-i

    ReplyDelete
  22. Jangan terlalu sombong sebelum menang .


    Gary pratama
    XI-I

    ReplyDelete
  23. janganlah sombong terlebih dahulu karena kesombongan blm menentukan akan menang


    Restu Anugrah
    11-i

    ReplyDelete
  24. sombong hanya membuat kita terpuruk secara pelan pelan

    irgi
    11-i

    ReplyDelete
  25. dicku hilmansyah

    hal sombong buat cara kita akar bisa membuat bangga diri

    ReplyDelete
  26. jangan kita berbesar hati karna kita sudah menang merendah lah untuk meroket

    ReplyDelete
  27. Dari cerita diatas mengajarkan kita bahwa hidup tidak selalu diatas, yg artinya hidup tidak selalu tentang kemenangan karna roda berputar bukan untuk pasukan itu

    Rizky Rivaldi (XI-I)

    ReplyDelete
  28. perlu diperbaiki

    soni muhamad hujaeni 11-i

    ReplyDelete
  29. Kita harus bisa mengambil keputusan yang benar,dan kita harus bisa memilah memilih untuk setiap keputusan yg kitaambil,dan Jangan jadikan penjajahan sebagai masa lalu yang dilupakan karena dipandang negatif, namun jadikan itu pelajaran dan banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil untuk masa depan.
    Nama : Mutia Indah Maharani
    Kelas :XI-D

    ReplyDelete
  30. Ceritanya menarik bu

    Apgani bayunudin
    XI-J

    ReplyDelete
  31. Dalam peperangan jangan ada kata lengah meskipun kita sudah menang tetap serangan balasan bisa saja terjadi begitu cepat dan tanpa sadar kita kalah dalam serangan balasannya

    Farhan ramdhani
    Xi-j

    ReplyDelete
  32. Jangan sombong karena apa yang kita dapat.selalu rendah hati dan baik kepada orang lain.


    M. YUDI PRATAMA HIDAYAT
    11-J

    ReplyDelete
  33. Jangan terlalu percaya kepada orang lain karena bisa saja orang itu menjadi pengkhianat dan menghancurkan kita secara pelan-pelan atau secara membabi buta.

    Faisal Azhar XI-J

    ReplyDelete
  34. Jangan terlalu sombong karena datangnya keburukan tidak ada yang tau

    Anisa Anastasya XI J

    ReplyDelete
  35. Jangan terlalu sombong karena datangnya keburukan tidak ada yang tau

    Anisa Anastasya XI J

    ReplyDelete
  36. Jangan pernah kalian sombong dengan apa yg kalian lakukan

    ReplyDelete
  37. Jangan pernah kalian sombong dengan apa yg kalian lakukan



    Laila Nur Azizah Xl-J

    ReplyDelete
  38. dari kisah di atas kita bisa tau kalo satu kesalahan saja bisa mengakibatkan fatal semuanya,maka teliti lah dalam mengerjakan atau melaksanakan apapun

    Nama: Rama arendra pratama
    kelas: ix-j

    ReplyDelete
  39. Janganlah terlalu sombong dengan apa yng dimiliki karena itu hanyalah titipan

    Vina Alistiani
    XI-J

    ReplyDelete
  40. Sombong hanya akan menjerumuskan kita dalam urusan apapun. Dalam sebuah peperangan kita harus melakukan taktik yg cerdas untuk mengelabui musuh.

    Imelda Septiani
    XI-J

    ReplyDelete
  41. Orang yang sombong selalu dikalahkan dengan orang yang rendah hati, mungkin tidak segera, tapi pasti

    Gian Azi Munawwar
    XI-J

    ReplyDelete
  42. Orang yang sombong selalu dikalahkan dengan orang yang rendah hati, mungkin tidak segera, tapi pasti

    Gian Azi Munawwar
    XI-J

    ReplyDelete
  43. Nama:Chairina Novianti Ramadhani
    Kelas:XI -J

    Dari cerita di atas mengajarkan kita bahwa kesombongan akan membawa kekecewaan.

    ReplyDelete
  44. Janganlah kalian sombong karena itu tidak baik


    Elvan agustian
    XI-J

    ReplyDelete
  45. Janganlah kalian sombong karena itu tidak baik


    Elvan agustian
    XI-J

    ReplyDelete
  46. Via oktaviani
    XI-J

    Janganlah sombong! sadarlah bahwa keberhasilan yang kita raih tidak pernah terlepas dari bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  47. sombong memang bukan hal yang baik

    Andini Nazara Saifullah
    XI - J

    ReplyDelete
  48. kita jangan ragu untuk mengambil suatu keputusan besar. Karena, jika kita ragu maka kita tidak akan maju dan sukses,dan janganlah kalian sombong karena di dunia ini bukan tempat tinggal melainkan tempat meninggal.

    nama : YULIA
    kelas : XI - J

    ReplyDelete
  49. Janganlah sombong!!!karena orang sombong itu seperti orang berdiri di atas gunung dan dia melihat orang lain kecil padahal dia di mata orang lain pun kecil

    Talitha Luvena Shofhaha
    XI-J

    ReplyDelete
  50. Janganlah sombong!!!karena orang sombong itu seperti orang berdiri di atas gunung dan dia melihat orang lain kecil padahal dia di mata orang lain pun kecil

    Talitha Luvena Shofhaha
    XI-J

    ReplyDelete
  51. Jangan terlalu sombong karena semua yang kita dapatkan hanyalah titipan

    Rama Maulana
    XI-j

    ReplyDelete
  52. Jangan lah berbohong karena berbohong tidak baik

    M.ridwan kurniawan
    XI-J

    ReplyDelete
  53. Janganlah sombong kita harus mengambil keputusan yang benar,agar mendapatkan hasil yang baik bagi kerajaannya dan dirinya sendiri.

    Sidiq permana
    XI-J

    ReplyDelete
  54. Jangan sombong karna sesuatu yang kita dapat itu hanyalah sebuah titipan dan juga orang yang sombong akan berakhir dengan kekecewaan

    Nama:kang abdul hamid
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  55. Janganlah sombong karna kesombongan akan membawa malam petaka untuk dirinya sendiri.

    Salsabilah
    XI-H

    ReplyDelete
  56. Mengapa kita harus menyombongkan bila semua ini hanyalah titipan?

    Dendi Jr
    XI-H

    ReplyDelete
  57. Nama : lola Nurul Jamillah
    Kelas: XI-H

    Karena jika terus dendam tidak akan membuah kan kan hasil

    ReplyDelete
  58. Jangan terlalu cepat puas sehingga lupa ancaman yang terjadi ketika kita lengah dan memperlangit diri.

    Julian Adi Permana

    XI H

    ReplyDelete
  59. Mengapa harus menyombongkan diri?dan mengapa harus mempunyai dendam?.apa yang harus di sombong kan dan jangan dendam karena suatu hal yang bisa membuat Mala petaka bagi diri sendiri.

    Nama:indah Lestari
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  60. Apa manfaatnya menyombongkan diri dgn berpesta pora bila akhirnya membawa petaka

    Nama:Fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H

    ReplyDelete
  61. Kesalahan sekecil apapun bisa berakibat pada kekalahan.
    Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11H

    ReplyDelete
  62. jangan prnh sombong walapun sudah di atas

    Nama : Lusy Dwi Sulistiawati
    Kelas: XI-H

    ReplyDelete
  63. Jangan lah sombong ,karena diatas langit masih ada langit

    Muhamad Geri isnaeni
    X-H

    ReplyDelete
  64. jangan terlalu sombong karena semua yang kita dapatkan hanyalah titipan.

    Ega nugraha fadilah
    XI-H

    ReplyDelete
  65. Tidak baik mnjdi orang sombong karna kesombongan hanya akan membawa kita pada kehancuran dan kesombongan akan merugikan dirinya sndiri kelak,dan juga dendam juga
    Akan memicu gaya hidup tidak sehat.
    Nama;Ajeng juitasari
    Kelas;XI-H

    ReplyDelete
  66. Kesombongan,suatu saat akan membuat kita menderita

    Chandra Nurjaman Solihin
    XI-H

    ReplyDelete
  67. Janganlah terlalu sombong karna kesombongan itu yg akan menghancurkanmu

    Nama:syifa fadhillah
    Kls:XI H

    ReplyDelete
  68. Jangnlah terlalu sombong karna kesombongan itu yg akan menghancurkanmu

    Nama:syifa fadhillah
    Kls: XI H

    ReplyDelete
  69. Janganlah sombong dengan apa yang kita dapatkan karena semua yang kita dapatkan hanyalah titipan

    Nama:Angga dwiyan
    Kls:XI-G

    ReplyDelete
  70. Cara Raden wijaya menghancurkan prajurit mongol sangat luar biasa mampu bertindak dangan cepat mengalahkan prajurit mongol yang tengah asyik berpesta pora karena berhasil menyerang jayakatwang, hal ini menunjukan Raden wijaya amat sangat cerdik dan pintar.

    ReplyDelete
  71. Dengan balas dendam semuanya tidak akan pernah selesai


    NAMA: MAHARANI PUTRI AULIA
    KELAS: XI-H

    ReplyDelete
  72. janganlah kita berbuat balas dendam karna balas dendam itu tidak baik

    senliamalia
    11G

    ReplyDelete
  73. Jika kita mengambil keputusan kita harus benar benar memikirkan keputusan tersebut agar tidak terjadi kesalahan saat keputusan tersebut digunakan dan kita harus percaya tidak boleh ragu ragu, karena ragu ragu bisa mematahkan kepercayaan kita.

    Nama : Shalsha Billa
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  74. dalam mengambil keputusan kita harus memikirkannya matang matang dan siap menerima akibat dari keputusan yg kita ambil tersebut.
    Nama:Itsny Nur Faridah
    Kelas:XI-G

    ReplyDelete
  75. kita harus bisa mengambil keputusan dengan cara berfikir matang agar kita tidak salah mengambil keputusan.

    Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  76. karena Balas dendam bukan solusi yang tepat. ... Bagaimanapun, dalam Islam tidak disarankan untuk membalas dendam. Memaafkan adalah sifat mulia, dan menghapus rasa sakit hati adalah ikhlas

    nama:rifkiansyah inshiroh
    kelas:11-G

    ReplyDelete
  77. Sebelum mengambi keputusan,kita seharusnya memikirkan dampak kedepannya baik atau merugikan untuk kita sehingga tidak sia sia.

    Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas : IX-G

    ReplyDelete
  78. balas dendam bukan menjadii solusii yang baikk,dengan cara balas dendam bukanya menyelasaikan masalah bahkan akan menambahh masalah jika bisa dengan bicara baik baik maka bicarakanlah dengan baik baik.

    Name : raga angga wijaya s
    Kelas : XiG

    ReplyDelete
  79. Kita tidak boleh sombong teu lebih dahulu karna yang kita rencana belum tentu berhasil atau kenyataan

    Alhad Al Mutaqien
    Xl-G

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  81. Jangan terlalu sombong dan percaya diri karna belum tentu semua nya berjalan dengan baik,karna suatu keburukan tidak pernah berjalan sesuai keinginan

    Nama:reza muhamad iqbal
    Kelas:XI-G

    ReplyDelete
  82. Karena roda terus berputar, bersiaplah berada di bawah. Kata kata tersebut memang pantas untuk orang yang sombong.
    Annisa azhara ramdan
    XI-H

    ReplyDelete
  83. Seakan memang benar mengalahkan itu lebih mudah dari mempertahankan, seperti halnya dalam bacaan diatas sebesar kekuatan lawan bisa kita kalahkan dengan strategi cerdas dan usaha yang kita lakukan.

    Nama: Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  84. Jangan terlalu besar kepala atau sombong karna kita tidak akan tahu kedepan nya akan seperti apa


    FAVIAN HILMY ZAHRAN
    XI-H

    ReplyDelete
  85. Jangan pernah sombong dengan kemenangan ,karena kemenengan adalah hadiah dari perjuangan kita

    ReplyDelete
  86. Nama:Anjani Nur fadillah
    Kelas:XI-D
    Jangan pernah sombong dengan kemenangan,karena kemenangan hadiah dari perjuangan kita

    ReplyDelete
  87. Nama:Anjani Nur fadillah
    Kelas:XI-D
    Jangan pernah sombong dengan kemenangan,karena kemenangan hadiah dari perjuangan kita

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...