Sunday 17 January 2021

Lahirnya Paham-Paham Baru di Dunia

Mungkin saat ini beberapa istilah seperti : Nasionalisme, sosialisme, liberalism tidak lagi asing dan sering kali kalian dengar, namun ternyata istilah tersebut sebenarnya adalah paham penting yang berkembang pada abad ke -19 yang kemudian mengubah tatanan politik seluruh Negara di dunia. Awalnya paham ini berkembang di kawasan Eropa dengan tujuan melepaskan diri dari kungkungan gereja, melawan Feodalisme dan memperjuangkan Hak asazi setiap individu hingga Eropa mampu bangkit menjadi Negara-negara yang maju dan berhasil menguasai serta menjajah kawasan Asia-Afrika, dari interaksi karena kolonialime dan Imperialisme inilah Negara-negara Asisa-Afrika juga akhirnya mengenal dan menyerap manfaat dari paham-paham tersebut hingga mampu melawan dan memeredekakan diri dari penjajahan bangsa kulit putih. Berikut adalah lahirnya paham-paham baru dan penting di dunia : 1. Nasionalime Paham ini berasal dari Eropa dengan salah satu tokoh yang terkenal adalah Ernest Renandimana menurutnya nasionalisme adalah sekelompok manusia yang berkeinginan untuk hidup bersatu atau dengan kata lain seperti yang diungkapkan oleh Hans Khon Nasionalisme adalah suatu paham yang menempatkan kesetiaan tertinggi individu terhadap bangsa dan bangsa. Paham nasioanlisme inilah salah satu paham yang sangat penting yang kemudian membangkitkan dan mendorong terjadinya kemerdekaan dari Negara-negara Asia-Afrika. 2. Liberalisme Liberalisme berasal dari bahasa latin yaitu Libertas yang artinya kebebasan. Pada awalnya paham ini lahir dengan tujuan membebaskan manusia dari kungkungan dan doktrinasi gereja namun kemudian semakin meluas hingga menyentuh ranah politik, ekonomi dan kebebasan individu (menjungjung tingggi kebebasan individu dan menentang otoriterme termasuk dalam masalah moral individu). Tokoh – tokoh yang membidani lahirnya faham Liberalisme adalah John Locke dari Inggris dan Montesquieu dari Prancis yang berfokus Liberasime dalam bidang Politik dan Adam Smith berfokus pada Liberalisme Ekonomi. 3. Sosialisme Paham sosialime lahir dengan tujuan agar Negara melakukan usaha kolektif bersama yang produktif dan membatasi milik perorangan sebagai usaha menghindarkan drai kesenjangan/ketimpangan social dan ekonomi sehingga rakyat menerima manfaat berupa pemerataan social dan penghapusan kemiskinan. (bisa dikatakan tdk ada orang yang sangat kaya atau sangat miskin, masyarakat cendrung hidup dengan merata karena kekayaan dikelola dan dimiliki Negara sehingga tidak ada kekayaan/kepemilikan individu yang besar kecuali yang bersifat kecil). Tokohnya adalah Robert Owen dari Inggris. 4. Demokrasi Demokrasi berasal dari kata Demos yang artinya rakyat dan Kratos yang berarti kekuasaan, yang secara singkat bahwa kekuasaan Negara berada ditangan Rakyat dalam artian bahwa Rakyat berhak menentukan dan ikut aktif dalam kehidupan politik Negara. Paham ini lahir di Eropa berawal dari absolutisme dan Otoririterian para penguasa (Raja-Raja di Eropa) sebelumnya. Tokoh dari Demokrasi adalah John Locke dan Montenesque. 5. Pan-Islamisme Paham ini secara khusus lahir dan berkembang di Negara-negara Asia-Afrika yang memiliki latar belakang yang sama yaitu kesamaan beragama islam dan sama-sama dijajah. Kemunduran yang terjadi pada umat islam dan semakin maju serta berkuasanya Negara-negara barat mendorong Jamaluddin Al-Afgani dari Afganistan untuk melahirkan dan menyebarkan paham Pan-Islamisme. Menurut paham Pan-Islamisme, Agama dan Patriotisme tidaklah bertentangan ini kemudian terwujud dengan 2 bentuk persaudaraan yaitu persaudaraan Islamiyah (Ukhuwah Islamiyah) dan Persaudaraan kebangsaan (Ukhuwah wathaniyah) justru persatuan dan kesatuan antar umat islam sangat penting dan upaya penyatuan kekuatan ini disebut dengan Pan-Islamisme yang mendapatkan banyak dukungan dari pemimpin dan intelektual islam sehingga memberikan inspirasi lahirnya kemerdekaan Negara-negara islam yang didorong oleh semangat agama dan perlawanan terhadap penjajah dengan semangat dan perbedaan agama yang dianut (antara Negara penjajah dan Negara yang dijajah).

58 comments:

  1. Nama : Irfan Riansyah
    Kls : 11 - I

    Dengan membaca artikel di atas saya menjadi paham bahwa awal mula nya perubahan tatanan politik itu terjadi di Europa dalam upaya melepaskan diri dari Greja melawan feodalisme serta memperjuangkan hak asasi setiap individu hingga Europa menjadi negara yang maju serta mampu menguasai beberapa wilayah Asia-Afrika.

    ReplyDelete
  2. Yeni mulyani
    XI-i

    Trimakasih ibuu sekarang tau berkembangnya nasionalisme,liberlisme,sosialisme,demokrasi dan pan-islamisme pada abad ke-19.

    ReplyDelete
  3. Nama : Ishma Rachma Meilani
    Kelas : XI-i

    Alhamdulillah, ibu terimakasihh atas pembelajaran hari ini. pelajaran hari ini saya menjadi tau tentang paham-paham yg berkembang pada abad ke-19

    ReplyDelete
  4. Cita Aulia N
    XI I


    Paham paham ini pula sangat penting untuk bangsa bangsa sekarang, agar bisa menciptakan kesatuan, kebebasan dalam memilih, semangat akan melakukan kegiatan,saling menghargai sesama manusia.

    ReplyDelete
  5. Nama: Lucky Habdan H
    Kelas: XI-I


    Alhamdulillah sekarang saya tau tentang perkembangan di abad-19 dalam era globalisasi

    ReplyDelete
  6. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : XI-I

    Terimakasih ibu ilmunya. Dengan membaca artikel ini, saya jadi tahu apa saja paham paham baru yang ada di dunia. Serta, saya jadi tahu siapa saja tokoh dari paham paham tersebut.

    ReplyDelete
  7. Ikeu Nurholijah
    XI-I

    Makasih ibu dari artikel ini saya tau tentang perkembangannya nasionalisme, kolonialisme, sosoalisme dan panalisme pada abad ke 19

    ReplyDelete
  8. Terimakasih ibu sekarang jdi tau perkembangan-perkembangan pada abad ke-19

    ReplyDelete
  9. Naya amanda dwi putri
    XI-i


    Dunia bisa semakin berkembang menuju abad baru dengan lahirnya paham paham baru di dunia .Setelah membaca artikel ini saya jadi tau berkembangnya Nasionalisme, Liberalisme, Sosialisme, Demokrasi, dan Pan-Islamisme.

    ReplyDelete
  10. Nama: Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I

    Terimakasih bu, setelah membaca artikel ini saya menjadi tahu tentang adanya perkembangan nasionalisme, kolonialisme,dan sosialisme pada abad ke-19

    ReplyDelete
  11. Nama: Elita Yulia Suryana putri
    Kelas: XI-i

    Terimakasih atas pembelajaran sejarah hari ini,jadi kita tau bahwa sejarah pada abad 19 dan kita tau perkembangan pada saat itu

    ReplyDelete
  12. Amanda putri novianti
    XI-i

    Dengan membaca artikel ini saya menjadi faham apa itu nasionalisme,liberisme,sosialisme dll yg berkembang pda abad ke 19
    Tdk hanya itu pham2 inijga dapat diterapkan pada era jaman skrng agar terciptanya hal hal yg lebih baik untuk bangsa kedepan nya

    ReplyDelete
  13. Nama:M.muhamad ramdani
    Kelas:XI-i
    Dengan membaca Sejarah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang lahirnya Paham-Paham Baru Di Dunia.

    ReplyDelete
  14. Nama :kaila azzahra
    Kelas :XI-i
    Terimakasih Bu artikel nya saya dapat tahu perkembangan pada abad 19

    ReplyDelete
  15. Nama :Gary pratama
    Kelas:XI-i
    Terimakasih ibu dengan membaca ini sekarang jdi tau perkembangan pada abad ke-19

    ReplyDelete
  16. Nama :Gary pratama
    Kelas:XI-i
    Terimakasih ibu dengan membaca ini sekarang jdi tau perkembangan pada abad ke-19

    ReplyDelete
  17. nama:rifaldi dimas
    kelas:xi-i
    alhamdulillah,terimakasih telah membagikan ilmu ini,walaupun singkat padat dan jelas saya jadi tahu perkembangan abad-19

    ReplyDelete
  18. Nama: Faradila Agustina Putri
    Kelas: XI-i

    Dari artikel yang ibu bagikan saya jadi tau perkembangan abad ke19, juga tentang berkembangnya liberalisme, nasionalisme, sosialisme, demokrasi

    ReplyDelete
  19. Nama: Laksmi Wulandari Fatimah
    Kelas: XI-i

    Terimakasih bu atas ilmunya, sekarang saya jadi tau perkembangan abad ke-19

    ReplyDelete
  20. Nama: Muhamad Rafi Pratama
    Kelas: XI-i

    Alhamdulilah terimakasih bu dengan artikel ini kita jadi tau tentang perkembangan ada abad 19

    ReplyDelete
  21. Faisal azhar fawwaz
    XI-J

    Terimakasih bu sekarang saya sudah tau tatanan politik seperti nasionalisme liberalisme demokrasi sosionalisme

    ReplyDelete
  22. Nama : Chairina Novianti Ramadhani
    Kelas : XI-J

    Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada ibu karena telah memberikan artikel ini,dengan adanya artikel ini saya menjadi tahu perkembangan pada masa abad ke-19 hingga saat ini yang merubah tatanan politik diseluruh dunia, dengan membaca artikel ini pula saya menjadi tahu bahwa awal mula perubahan tatanan politik itu terjadi di Eropa yang kemudian membangkitkan dan mendorong terjadinya kemerdekaan dari Negara-negara Asia-Afrika .

    ReplyDelete
  23. Nama Gian Azi Munawwar
    Kelas XI-J

    Akhirnya bisa paham membaca abad 19

    ReplyDelete
  24. Nama:FARHAN RAMDHANI
    Kelas:XI-J

    Terima kasih bu sekarang saya jadi tau tatanan politik pada abad ke19 semoga bermanfaat bagi semua. Tetap patuhi protokol kesehatan ya:v

    ReplyDelete
  25. nama : Yulia
    kelas : XI - j
    Alhamdullilah terimakasih Bu,dengan artikel ini saya bisa menambah pengetahuan,tentang perkembangan di abad 19.

    ReplyDelete
  26. Nama : Apriadi Setiawan
    Kelas: XI J
    Terimakasih bu bu saya jadi mengetahui tentang perkembangan abad ke 19.

    ReplyDelete
  27. Nama : Via Oktaviani
    Kelas : XI-J

    Terimakasih banyak ibu, dengan adanya artikel diatas saya menjadi tahu banyak hal seperti, perkembangan pada masa abad ke - 19 , paham paham baru seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme dan demokrasi dan tahu juga awal mula perubahan tatanan politik itu terjadi di eropa dalam upaya melepaskan diri dari greja melawan feodalisme serta memperjuangkan hak asasi setiap individu, sehingga eropa menjadi negara yang maju dan menguasai serta menjajah kawasan Asia-Afrika.

    ReplyDelete
  28. Nama: Rama arendra pratama
    kelas: XI-J

    saya menjadi tau perkembangan abad ke-19 dan tatanan politiknya seperti nasinoalisme,liberalisme

    ReplyDelete
  29. Nama: Elvan agustian pratamansyah
    Kelas:XI-J


    Alhamdulillah Bu terimakasih setelah saya baca artikel ini saya jadi tau perkembangan abad ke-19

    ReplyDelete
  30. Nama : apgani bayunudin
    Kelas : 11 -j

    Assalamualaikum
    Terimakasih bu atas pelajaran hari ini. Saya jadi tahu tentang perkembangan politik dunia.
    Semoga kita segera bisa belajar seperti biasanya

    ReplyDelete
  31. Nama: Talitha luvena shofhah
    Kelas:XI-J

    Terimakasih bu dengan membaca artikel ini saya mrnjadi tahu yang perkembangan pada abad 19

    ReplyDelete
  32. Nama:Laila Nur Azizah
    Kelas:Xl-J

    Dengan membaca artikel di atas saya menjadi paham apa itu nasionalisme, liberialisme, sosialisme, demokrasi yang berkembang pada abad ke-19

    ReplyDelete
  33. Terimakasih bu saya jadi mengetahui tentang perkembangan abad ke 19

    ReplyDelete
  34. Nama : Imelda Septiani
    Kelas: XI-J

    Terima kasih bu sekarang saya jadi tau tatanan politik pada abad ke19 semoga bermanfaat bagi semua.

    ReplyDelete
  35. Nama : Surya Radiansyah
    Kelas:XI-H

    Dengan membaca artikel ini sekarang saya tahu bahwa paham yg ada di dunia tidak hanya paham komunis dan kapitalis

    ReplyDelete
  36. Dari artikel di atas saya dapat mengetahui perkembangan pada abad ke-19, dan juga paham-paham baru atau tatanan politik spt nasionalisme,liberalisme,sosialisme,dsb. Sehingga saya juga dapat mengetahui tentang awal mula Eropa memperjuangkan hak asasi manusia. Terimakasih ibu atas ilmunya.
    Annisa azhara ramdan
    XI-H

    ReplyDelete
  37. Nama : Rama Rizki Hadistia Mukti
    Kelas : XI-H

    Sekarang saya jadi tahu perkembangan abad 19 dan menjadi paham tentang tatanan politik seperti nasionalisme, liberalisme, demokrasi,dan sosialisme

    ReplyDelete
  38. Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas 11 H
    Dari artikel ini kita bisa tahu bahwa paham lahir didunia ini bertujuan untuk memperjuangkan hak azasi manusia, dan melepaskan diri dari kungkungan gereja.

    ReplyDelete
  39. Nama: Fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H

    Dengan membaca artikel ini saya jadi paham tentang nasionalisme,sosialisme,liberalisme yg berawal dari Eropa dalam upaya melepaskan diri dari gereja melawan foedalisme.

    ReplyDelete
  40. Nama:Dendi jaya rahmadi
    Kelas:XI-H
    Artikel ini sangat membantu untuk mempelajari atau mengetahui tentang nasionalisme,liberalisme,demokrasi dan sosialisme.

    ReplyDelete
  41. Dengan membaca ini saya bisa mengetahui tentang nasionalisms, liberalisme, demokrasi dan sosialisme dari asal nya tidak tahu dan sekrang menjadi tahu walau belum paham banget hhi

    ReplyDelete
  42. Nama:Gilang angga saputra
    Kelas:XI-H
    Dengan membaca artikel diatas saya menjadi paham apa itu NASIONALISME,LIBERALISME,SOSIALISME,DEMOKRASI yang berkembang pada abad 19

    ReplyDelete
  43. Maryam Nazil Rohima
    XI H

    Dengan membaca artikel di atas saya menjadi paham tentang lahirnya paham paham baru di dunia yang berkembang pada abad ke -19. Yaitu tentang paham Nasionalime, Liberalisme, Sosialisme, Demokrasi dan Pan-Islamisme. Terima kasih atas ilmu yang telah di berikan amat sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  44. Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    Dari artikel di atas saya paham tentang paham paham baru di dunia yang berkembang pada abad ke-19,yaitu Nasionalisme,Liberalisme,Sosialisme,Demokrasi.terima kasih bu untuk ilmu atau materi yang ibu berikan ini sangat bermaanfaat bagi saya dan teman teman

    ReplyDelete
  45. Nama:Alhad Al Mutaqien
    Kelas:XI-G

    Dari artikel diatas saya menjadi tau arti atau darimana bahasa nasionalisme,Liberalisme,Sosialisme,Demokrasi.bahwa kata tersebut memiliki arti dan saya menjadi tau arti atau darimana kata tersebut berasal dan saya menjadi tau perkembangan pada abad ke-19

    ReplyDelete
  46. Nama:Dhani
    Kelas:XI-G

    Dari pembelajaran di atas saya menjadi tau tentang paham penting yang berkembang pada abad ke -19 yang berisikan Nasionalisme,liberalisme,sosialisme,dan demokrasi

    ReplyDelete
  47. Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    Dari artikel diatas saya menjadi tau tentang paham paham yang berkembang pada abad 19. Paham paham ini pula sangat penting untuk bangsa Indonesia sekarang.

    ReplyDelete
  48. Nama: Dimas Aditiya Putra
    Kelas: XI-H

    Setelah membaca artikel di atas, wawasan saya tentang sejarah menambah luas. Saya jadi tau tentang paham penting yang berkembang pada abad ke-19 yang berisikan nasionalisme, liberalisme, sosialisme, dan demokrasi.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  49. Nama:Julian adi permana
    Kelas:XI-H

    informasi yang bermanfaat bu bagi kami semua terimakasih karena ini pengetahuan kami bertambah dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  50. Nama:Rifkiansyah
    kelas:11-G

    Hubungan faham tersebut yakni memberikan pandangan baru bagi negara-negara yang belum merdeka untuk segera membebaskan diri dari belenggu penjajah. dan Nasionalisme, Liberalisme, Sosialisme dan demokrasi menjadi pembelajaran yang penting pada abad ke 19

    ReplyDelete
  51. Nama :Raga angga wijaya s
    Kelas :11-G
    setelah saya membaca artikel ini saya jadi tau tentang paham penting yang berkembang pada abad ke -19 yang berisikan nasionalisme,liberalisme,sosialisme,dan demokrasi ini menjadi informasi sekaligus ilmu yang bermanfaat yang belum saya ketahu

    ReplyDelete
  52. Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas:11-G

    Dari artikel diatas saya menjadi tau tentang paham penting pada abad ke-19 dan bagaimana perkembangannya

    ReplyDelete
  53. Nama: Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    Dari artikel bacaan diatas, saya jadi mengetahui perkembangan pada abad ke-19 yang ternyata melahirkan paham-paham penting dan berpengaruh pada kehidupan dunia.

    ReplyDelete
  54. Dri artikel diatas saya jdi tahu tentang paham paham baru didunia yang ada di abad-19, juga tahu siapa saja tokoh tokoh yg terlibat didalamnya.

    Nama: shalsha billa
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  55. dari artikel di atas saya jadi mengetahui perkembangan abad 19 dan juga tentang adanya perkembangan nasionalisme, kolonialisme,dan sosialisme

    nama : itsny nur faridah
    kelas : XI-G

    ReplyDelete
  56. Makasih ibu saya jadi tau perkembangan abad 19
    Rizky Rivaldi
    11-I
    Ips 3

    ReplyDelete
  57. Dari artikel di atas saya mengetahui perkembangan abad 19 yang berisi nasionalisme, liberalisme dan sosialisme

    Nama : Angga Nugraha
    Kelas: XI-i

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...