Sunday 24 January 2021

Nasionalisme di Asia-Afrika

sumber Gambar Mahatma Gandhi didapat di: http://vedology.blogspot.com/2015/10/satya-and-ahimsa-by-mahatma-gandhi.html
Nasionalisme tumbuh dan berkembang pasti diawali dengan usaha-usaha kecintaan akan bangsa dan Negara agar dapat mencapai kemerdekaan dan setelah berhasil merdeka, nasionalime dijadikan “alat efektif” agar warga Negara mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan usaha-usaha agar bangsa dan Negara dapat terus bertahan, maju dan berkembang dan risalah ajaran terkait Nasionalimes ini barang tentu dimanapun itu pasti dibawa oleh golongan terpelajar, namun diantara seluruh Negara di dunia, Nasionalime Negara-negara di Asia – Afrika memiliki ciri khas yaitu terjadi karena dorongan penderitaan dan Keterdesakan akibat Kolonialisme dan Impreliasme bangsa Barat sehingga terciptalah cita-cita Merdeka. Seiring berjalannya waktu, nasionalisme tidak melulu terkait politik belaka namun juga nasionalisme ekonomi dan nasionalis social, dimana nasionalime ekonomi bertujuan agar menciptakan kemakmuran bagi seluruh rakyat dan memberantas segala bentuk ekspliotasi sumber daya yang dilakukan oleh para penjajah sedangkan nasionalisme social usaha membebaskan diri dari pengaruh asing yang bersifat merusak dan diskriminasi social yang dilakukan oleh para penjajah dimana status social dibagi berdasarkan warna kulit. Adapun factor-faktor pendorong terjadinya Nasionalime di Asia – Afrika adalah sebagai berikut : 
 1. Romantisme akan kejayaan pada masa lalu dimana paradaban-peradaban besar dunia pernah dikuasai oleh bangsa Asia-Afrika seperti Peradaban Mesir, Mesopotamia, Babilonia, China, India, Indonesia (kejayaan Majapahit dna Sriwijaya) dan Turki dengan Kekhalifan Ottoman, Seljuk dan Mameluk. 
2. Kesengsaraan akibat Kolonialime dan Imperialisme 
3. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 dimana Rusia sebagai bangsa berwarna Putih yang dipandang sebagai bangsa unggul dibandingkan dengan bangsa kulit berwarna. Berikut ini adalah Negara-negara Asia – Afrika yang mengalami kebangkitan Nasional : 
1. India yang menderita dibawah penjajahan Inggris bangkit melalui berbagai gerakan baik itu melalui perlawanan secara fisik, keagamaan, pendidikan dan politik hingga india berhasil meraih kemerdekaannya pada 26 Januari 1950, sosok yang termahsyur dalam perjuangan kemerdekaan India adalah Mahatma Gandhi yang mengajarkan Gerakan Politik tanpa Kekerasan/Peperangan (Ahimsa), Satya Graha ( menolak kerja sama dengan pemerintah Kolonial Inggris) dan Hartal (Gerakan Mogok sebagai bentuk protes terhadap ketidak adilan pemerintah colonial inggris) dan yang terakhir adalah Swadeshi (gerakan menggunakan bahan-bahan atau Produk dalam negeri untuk menghancurkan industry Inggris) selain itu dikenal juga sosok Pandit Jawaharlal Nehru dimana setelah India merdeka Pandit menjadi Perdana Menteri pertama India. 

2. Filiphina yang pada awalnya dijajah oleh Spanyol kemudian berhasil merdeka karena dibantu oleh Amerika Serikat namun kemudian Filiphina justru jatuh pada Penjajahan Amerika Serikat, tokohnya yang terkenal adalah Jose Rizal yang kemudian pada tanggal 4 Juni 1946 Filiphina benar-benar berhasil meraih kemerdekaannya dari Amerika Serikat dengan Manuel Roxas sebagai Presiden Pertamanya. 

3. Mesir pada awalnya berusaha menjatuhkan pemerintahan monarki (kerajaan) yang dianggap terlalu lemah karena dibawah pengaruh Inggris terutama terkait Terusan Suez sebagai “Jalur terpenting” yang “dijual” kepada Inggris karena Inggris merupakan pemegang saham terbesar pembangunan terusan Suez dan dengan dikuasainya terusan Suez maka dengan mudah Mesir dapat ditaklukan. Gerakan yang dipolopori oleh kaum terpelajar ini kemudian berhasil memerdekakan Mesir dari Inggris pada tahun 1922 namun meskipun begitu rakyat Mesir tetap belum merasa puas karena kondisi Mesir yang semakin terpuruk apalagi terkait kekalahan Mesir dan Negara-negara Arab dalam melawan Negara Israel pada tahun 1948 dan pada tahun 1952 kalangan militer berhasil menjatuhkan Raja Faruq dibawah pimpinan Gammal abdul Naseer.

60 comments:

  1. Amanda putri novianti
    XI-i

    Rasa Nasionalisme bisa kita sebut jga dngan bela negara dmna setiap negara manapun yg memiliki rasa nasionalisme pasti akan menjadi negara yg memberikan dampak baik bagi negara nya sndiri maupun negara lain karna rasa saling tolong menolong kepada negara yg tertindas muncul dari dalam diri negara trsbut berkat adanya nasionalisme itu

    ReplyDelete
  2. Nama : Ishma Rachma Meilani
    Kelas : 11-i

    Alhamdulillah ibu, terimakasih atas ilmunya. Dengan ini saya tahu tentang Nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  3. Irfan riansyah
    XI-I

    terimakasih atas ilmunya Bu dengan ilmu yg ibu berikan kepada saya saya jadi mengentri tentang nasionalisme di Asia Afrika.

    Terimakasih Bu

    ReplyDelete
  4. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : XI-I
    .
    Terimakasih ibu atas ilmunya. Dengan artikel ini saya bisa tahu sejarah dari nasionalisme Asia Afrika. Dan dari artikel ini juga, saya bisa tahu negara Asia Afrika mana saja yang mengalami kebangkitan nasional.

    ReplyDelete
  5. Yeni mulyani
    XI-i

    Makasi ibu jdi kita tau perkembangan nasionaliame di asia-afrika

    ReplyDelete
  6. Elenia Alifah Gami
    XI-i

    Terimakasih ilmunya Bu,dari artikel ini saya tahu tentang nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah terimakasih bu, berkat artikel diatas kita jadi tahu bahwa nasionalisme tidak dinegara kita saja melainkan nasionalisme diasia-afrika

    ReplyDelete
  8. Nama muhamad rafi pratama
    Kelas XI-i

    Alhamdulillah terimakasih bu, berkat artikel diatas kita jadi tahu bahwa nasionalisme tidak dinegara kita saja melainkan nasionalisme diasia-afrika

    ReplyDelete
  9. Nama: Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I
    Makasii bu , setelah membaca artikel ini saya menjadi tahu perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika, berikut juga tentang penjelasan negara-negara Asia-Afrika yg mengalami kebangkitan nasional.

    ReplyDelete
  10. dickh hilmansyah
    XI-i

    terimakasih ibu,setelah saya baca artikel ini saya dapat ilmu pengetahuan atas nasionalisme asia afrika

    ReplyDelete
  11. dickh hilmansyah
    XI-i

    terimakasih ibu,setelah saya baca artikel ini saya dapat ilmu pengetahuan atas nasionalisme asia afrika

    ReplyDelete
  12. Naya amanda dwi putri
    Xi-i

    Terimakasih bu ,setelah membaca artikel ini saya jadi tau perkembangan nasionalisme di asia-afrika ,menambah Ilmu pengetahuan dan menambah wawasan.

    ReplyDelete
  13. Nama:Ikeu Nurholijah
    Kelas: XI-I

    Terimakasih ibu, setelah saya membaca artikel ini saya tau tentang nasionalisme di asia afrika

    ReplyDelete
  14. Nama: Laksmi Wulandari Fatimah
    Kelas: xi-i

    Terimakasih bu,setelah saya membaca artikel ini saya jadi tahu perkembangan nasionalisme di asia-afrika, dan juga menambah wawansan

    ReplyDelete
  15. Nama: Elita Yulia Suryana putri
    Kelas: XI-i

    Terimakasih ilmu nya Bu,jadi kita tahu tentang perkembangan dan peradaban² nasionalisme di Asia Afrika

    ReplyDelete
  16. Nama: M. Muhamad ramdani
    Kelas: XI-i
    Terima kasih bu ilmu nya,Dengan membaca Sejarah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang nasionalisme di Asia afrika .

    ReplyDelete
  17. Cita Aulia N
    XI-I

    Ibu, terimakasih atas ilmunya,setelah membaca artikel diatas saya jadi tahu tentang perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika, dan kita sebagai generasi muda harus bisa memajukan negara kita sendiri dan harus bisa membawa Indonesia kearah yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  18. Lucky Habdan H
    XI-I


    Terimakasih Buu,setelah membaca saya paham tentang perkembangan nasionalisme di Asia afrika

    ReplyDelete
  19. Daffa khoirulloh said
    XI-I
    Terimakasih bu sangat membantu

    ReplyDelete
  20. M Daffin Misbah Alfarisy
    XI-I


    Alhamdulillah, terimakasih bu,dengan membaca artikel ini saya mengetahui tentang perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  21. Faradila Agustina Putri
    XI-i

    Alhamdulillah, terimakasih Bu atas artikelnya dari sini saya dan yg lain belajar dan tau bagaimana perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  22. Terimakasih ibu ilmunya sangat bermanfaat bagi saya berkat membaca artikel tersebut saya bisa tau sejarah dan perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika.

    Reza yoga pratama
    XI-I

    ReplyDelete
  23. Nama:FARHAN RAMDHANI
    Kelas:XI-J

    Terima kasih bu dengan adanya artikel ini saya bisa mengetahui sejarah beberapa negara yang merdeka atas dasar rasa nasionalisme mereka dari para penjajah bangsa barat

    ReplyDelete
  24. Nama: Talitha Luvena Shofhah
    Kelas: XI-J

    Terimakasih Bu dengan ada nya artikel ini saya bisa tau sejarah dan perkembangan nasionalisme di Asia - Afrika

    ReplyDelete
  25. Nama : Chairina Novianti Ramadhani
    Kelas : XI-J

    Rasa nasionalisme memang harus kita miliki,baik kalangan muda maupun tua,karena dengan adanya rasa nasionalisme kita bisa memajukan negara kita,dan saya ingin berterimakasih kepada ibu karena telah memberikan artikel ini,dari artikel ini saya menjadi mengerti bahwa rasa nasionalisme itu memang penting agar negara kita menjadi maju dan terus berkembang ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  26. Nama : Via Oktaviani
    Kelas : XI-J

    Alhamdulillah terima kasih banyak bu atas ilmu yang ibu berikan, setelah saya membaca artikel diatas saya jadi tahu sejarah dan perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika, dengan adanya rasa nasionalisme itu kita bisa memajukan negara kita, sekali lagi terimakasih bu karna ibu telah menambah pengetahuan saya tentang sejarah🙏

    ReplyDelete
  27. Nama:M.Gilang Ramadan
    Kelas:XI-J
    terimakasih Bu atas artikelnya dari sini saya belajar dan tau bagaimana perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  28. Nama: Rama arendra pratama
    kelas: XI-J

    sebelumnyaa terima kasih telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat ini, setelah membaca artikel atau materi di atas saya lebih tau tentang nasinoalisme,terutamaa faktor faktor pendorongnya terjadinya nasinoalisme di asia-afrika dan mengetahui Negara-negara Asia – Afrika yang mengalami kebangkitan Nasional pada saat itu

    ReplyDelete
  29. Faisal Azhar Fawwaz

    XI-J


    Ternyata banyak kesamaan juga antara asia dan afrika apalagi ketika dijajah oleh bangsa barat

    ReplyDelete
  30. nama : YULIA
    kelas : XI - J

    Terima kasih ibu dengan artikel ini saya bisa tau Perkembangan nasionalisme di Asia - Afrika,yang mengalami ke bangkitan. nasional.

    ReplyDelete
  31. Nama:Laila Nur Azizah
    Kelas:XIJ

    Alhamdulila ibu setelah saya membaca artikel ini saya bisa paham perkembangan nasionalisme di asia-afrika

    ReplyDelete
  32. Nama Gian Azi Munawwar
    Kelas XI J

    Alhamdulillah terima kasih banyak ibu sekarang saya paham tentang Asia Afrika, dan membaca sejarah sangat menyenangkan

    ReplyDelete
  33. Nama:Elvan agustian pratamansyah
    Kelas: XI-J

    Alhamdulillah terima kasih Bu sekarang saya jadi paham tentang perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Nama : Apgani bayunudin
    Kls : XI - J

    Alhamdulillah ibu, terimakasih atas ilmunya. Dengan ini saya tahu tentang Nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  36. Nama : Hendri Khoerudin
    Kelas : XI-J

    Dari artikel diatas dapat saya pahami bahwa perjuangan bangsa-bangsa dikawasan Asia dan Afrika untuk memperoleh kemerdekaan makin meningkat, Kemerdekaan bangsa-bangsa dikawasan Asia dan Afrika dalam percaturan politik dunia mulai mendapat arti, dan Munculnya kerjasama dan hubungan yang baik diantara Negara dikawasan Asia dan Afrika dibidang ekonomi, social, dan budaya.

    ReplyDelete
  37. Annisa azhara ramdan
    XI-H

    Terimakasih bu atas ilmunya karena setelah membaca artikel di atas, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri kita dan saya dapat mengetahui tentang nasionalisme di Asia-Afrika.

    ReplyDelete
  38. Nama:fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H
    Dari artikel ini saya jadi memahami tentang perjuangan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika juga dapat menumbuhkan rasa nasiaonalisme kita lebih tinggi.

    ReplyDelete
  39. Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : 11 H
    Dari artikel dia atas kita bisa tahu bahwa nasionalisme dapat menyatukan pribumi untuk melawan segala bentuk kolonialisme dan imperialisme dari bangsa barat

    ReplyDelete
  40. Nama: Dendi jaya rahmadi
    Kelas: XI-H

    Bahwa artikel nasionalisme tersebut sangat membantu untuk mempelajari tetang kerja sama diantara negara di Asia dan Afrika.

    ReplyDelete
  41. Nama: Maharani Putri Aulia
    Kelas: XI-H

    Atas artikel ini saya jadi tau tentang nasionalisme di Asia dan afrika

    ReplyDelete
  42. Nama:indah lestari
    Kelas:XI-H

    Terimakasih Bu karena dari artikel di atas saya dapat mengetahui tentang nasionalisme Asia-Afrika

    ReplyDelete
  43. Nama: Surya Radiansyah
    Kelas XI H

    Artikel ini saya tahu para pejuang nasional di daerah Asia-Afrika

    ReplyDelete
  44. Nama:syifa fadhillah
    Kelas:11h

    Terimaksih bu atas artikel yg ibu berikan saya dapat mengetahui tentang nasionalisme asia-afrika

    ReplyDelete
  45. Salsabilah N
    XI-H
    Terimakasih ibu dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu meskipun belum paham bentul

    ReplyDelete
  46. Nama : Itsny nur faridah
    Kelas : XI-G
    terima kasih bu setelah membaca artikel ini saya menjadi tahu perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  47. Nama : JULIAN ADI PERMANA
    KELAS : XI-H

    Pentingnya rasa nasionalis suatu bangsa sebelum mencapai kemerdekaan, tanpa adanya rasa nasionalis, suatu bangsa tidak akan pernah menemukan titik terang dari negaranya. Makasih bu

    ReplyDelete
  48. Nama:adit alyansyah
    Kelas:XI-G

    Dari artikel di atas saya mulai paham tentang nasionalisme asia-afrika

    ReplyDelete
  49. Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    Terimakasih ibu atas ilmunya, dengan membaca artikel diatas saya menjadi tahu tentang sejarah dan perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  50. Alhmdllh bu dri artikel ini saya mnjdi tahu perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika, juga tahu negara Asia-Afrika mana saja yang mengalami kebangkitan nasional.

    nama:shalsha billa
    Kls : XI-G

    ReplyDelete
  51. Nama:Rifkiansyah inshiroh
    kelas:XI-G

    alhamdulilah saya jadi tau penting nya membaca artikel di atas tentang perkembangan nasionalisme di asia afrika

    ReplyDelete
  52. nama: elni putri apriliani
    kls : 11g
    terimaksih ibu atas ilmunya, dgn membaca artikel diatas saya jadi tahu sejarah nasionalisme di asia afrika

    ReplyDelete
  53. Nama: Dimas Aditiya Putra
    Kelas:XI-H

    Setelah membaca artikel tersebut, wawasan saya mengenai sejarah menambah, dalam artikel tersebut saya menjadi tahu perkembangan nasionalisme di Afrika

    ReplyDelete
  54. Nama: Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI -G

    Dari artikel bacaan diatas, saya jadi mengetahui tentang nasionalisme Asia-Afrika beserta beberapa unsur yang ada di dalamnya.

    ReplyDelete
  55. Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas:11-G

    Terima kasih bu setelah membaca artikel diatas saya menjadi tahu faktor-faktor apa saja yang menyebabkan nasionalisme tumbuh dan berkembang di Asia-Afrika

    ReplyDelete
  56. Nama : Raga angga wijaya s
    Kelas :11-G

    dari artikel tersebut saya menjadi bertambah wawasan saya mengenai sejarah,dalam artikel tersebut juga saya menjadi tahu perkembangan di Asia-afrika

    ReplyDelete
  57. Maryam Nazil Rohima
    XI H

    Dengan membaca artikel di atas saya menjadi paham tentang gerakan gerakan yang mendorong nasionalisme di Asia-Afrika seperti India, Filiphina dan Mesir. Terima kasih atas ilmu yang telah di berikan amat sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  58. Milah Hajar Hotimah
    IX-G

    Dari artikel di atas, saya jd lebih bnyk mengenal atau memahami tentang nasionalisme di Asia-Afrika, dan lebih tahu bagaimana perkembangan dan unsur unsur lain yang ada di nasionalisme Asia-Afrika, terimaksih ibu atas semua pelajaran dan ilmu nya yang telah di bagikan.

    ReplyDelete
  59. Nama:Ilaham Arya Nandani
    Kelas:11-G

    Dari artikel di atas bertambahnya wawasan saya terhadap nasionalisme di Asia-Afrika. Dan ternyata kemerdekaan terjadi karena dorongan penderitaan dan Keterdesakan akibat Kolonialisme dan Impreliasme bangsa Bara, sehingga mendorong negara Asia-Afrika untuk bercita-cita Merdeka

    ReplyDelete
  60. Alhamdulillah, terimakasih bu,dengan membaca artikel ini saya mengetahui tentang perkembangan nasionalisme di Asia-Afrika
    Rizky Rivaldi
    11-I
    IPS 3

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...