Sunday 8 November 2020

Revolusi Rusia : Lahirnya Negara Komunis Pertama di Dunia “Uni Soviet”

 Rusia adalah sebuah Negara yang sangat luas, dingin dan sepi, mengapa? Karena Luas Rusia bisa dikatakan seluas Benua padahal ia adalah sebuah negara, Dingin karena Rusia terkenal dengan musim dinginnya yang ekstrime karena sacara letak geografis sangat dengan Kutub Utara dan Sepi karena Rusia tidak dilalui oleh jalur perdagangan antara barat dan timur. Dan karena beberapa alasan ketika negara-negara Eropa Barat telah menjadi negara Industri namun Rusia masih menjadi negara agraris dengan sistem pemerintahan Monarki absolut dengan Tsar sebagai Raja/kaisar Rusia pemegang kekuasaan tertinggi.

Dikenal sebagai negara yang terbelakang maka pada masa pemerintahan Tsar Alexander III (1881-1894) Rusia mulai merintis menjadi negara Industri sehingga muncul golongan baru dalam sistem sosial Rusia selain Golongan Bangsawan dan Golongan Rakyat Jelata yaitu munculnya Golongan Buruh (proletar) , kaum inilah yang suatu saat akan melahirkan faham sosialis dan Komunis yang akan menggulingkan sistem Monarki (kerajaan) di Rusia. Adanya ketidakpuasaan terhadap pemerintahan monarki pada saat itu kemudian mendorong terbentuknya kelompok Molshevik (sosial-Demokrat) yang dipimpin oleh George Plekhanov  dan kelompok Bolshevik ( Komunis) yang dipimpin oleh Lenin,  mengingikan terjadinya Revolusi dengan cara menggulingkan Tsar yang dianggap sudah tidak layak dan untuk memperlancar tujuannya tersebut maka dibentulah Soviet Pitersburg yaitu semacam dewan buruh dan tentara.

Maka pada taanggal 7 Oktober 1917, kekaisaran Rusia digulingkan oleh  soviet Pitersburg dibawah kendali kelompok Bolshevik dengan pimpinan Lenin serta mengganti Rusia dengan negara Uni Soviet dengan Komunnis sebagai sistem negara satu-satunya, Revousi Rusia disebut juga dengan Revolusi Oktober. Nasib Tsar yang digulingkan yaitu Tsar Nicholas II sangat mengenaskan dimana untuk menghapus jejak kemunduran Rusia maka Tsar beserta seluruh Keluarganya dibunuh dengan kejam. Lenin yang dikenal sebagai tokoh utama yang membidani lahirnya negara Komunis pertama di dunia menjadikan Moskow sebagai pusat dari ibu kota Komunis  dunia dan menjadikan Uni Soviet sebagai “perkumpulan” negara-negara Komunis seluruh dunia. Adapun pengaruh dari terjadinya Revolusi Rusia adalah lahir dan berkembangnya faham Komunis di dunia termasuk di Indonesia dengan munculnya partai ISDV  (1920) dan PKI yang pernah menempati urutan terbesar kedua di dunia sebagai partai komunis setelah Uni soviet sebelum menjadi partai dan aliran terlarang di Indonesia pada tahun 1965.


Lenin ketika sedang berpidato pada saat terjadinya revolusi Oktober sumber : https://sumbersejarah1.blogspot.com/2018/10/revolusi-rusia.html

 

48 comments:

  1. Yeni mulyani
    XI-i

    Mkasi ibu jdi kita tau sejarah tentang lahirnya Negara uni soviet.

    ReplyDelete
  2. Nama : Cindy Reisa Aprianti
    Kelas : XI-i
    .
    Terimakasih bu ilmunya. Dari sini saya bisa tahu seharah terbentuknya Uni Soviet dan bagaimana paham Komunis bisa lahir di Uni Soviet ini.

    ReplyDelete
  3. Ikeu Nurholijah
    XI-I

    Makasih ibu dari sejarah ini saya bisa tahu lahir nya Negara uni soviet

    ReplyDelete
  4. Nama : Ishma Rachma Meilani
    Kelas : 11-i

    Alhamdulillah dengan artikel ini kita mengetahui sejarah tentang terbentuknya Uni Soviet

    ReplyDelete
  5. Rifaldi dimas f
    XI-i
    Revolusi Rusia telah berhasil menumbangkan kekuasaan Tsar Nicholas II yang memerintah secara diktator. Rakyat Rusia yang merasakan kehidupan di berbagai bidang akibat kediktatoran Tsar Nicholas II, akhirnya berhasil menghimpun kekuatan dan menentang kekuasaannya dalam bentuk revolusi. Revolusi Rusia telah berhasil menumbangkan kediktatoran Rusia. Di samping itu, Revolusi Rusia yang berpaham komunis akhirnya berhasil mengubah haluan negara tersebut ke arah negara komunis. Seperti revolusi-revolusi lain, Revolusi Rusia juga membawa dampak baik bagi Rusia sendiri maupun bagi negara-negara di kawasan di dunia termasuk Indonesia. Pengaruh Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional di Indonesia tampak jelas dengan berkembangan paham Marxis yang kemudian melahirkan Partai Komunis Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Amanda putri novianti
    XI-i

    Dengan membaca artikel ini saya jadi tau dmna asal muasal partai2 komunis di Indonesia yg cukup meresahkan pada saat itu

    ReplyDelete
  7. Nama: M.Muhamad ramdani
    Kelas: XI-i

    Dampak dari Revolusi Rusia tidak hanya dirasakan oleh Rusia sendiri, tapi juga bagi dunia. Selain paham komunis yang menyebar di negara Rusia karena gerakan Bolshevik sebagai komunis radikal, komunis juga mulai meluas di dunia. Indonesia sendiri sempat memiliki partai komunis, yaitu Partai Komunis Indonesia (PKI).

    ReplyDelete
  8. Nama:Muhammad rafi pratama
    Kelas:x-i

    Alhamdulilah terimakasih bu dengan membaca artikel ini kita jadi tau awal mula terbentuknya uni soviet

    ReplyDelete
  9. Rusia telah berhasil menumbangkan kekuasaan Tsar Nicholas II yang memerintah secara diktator.Nasib Tsar yang digulingkan yaitu Tsar Nicholas II sangat mengenaskan dimana untuk menghapus jejak kemunduran Rusia maka Tsar beserta seluruh Keluarganya dibunuh dengan kejam.

    Nama:Reza yoga Pratama
    Kelas:XI-I

    ReplyDelete
  10. di artikel ini menceritakan tentang terbengukny uni soviet dan melahirkan partai komunis


    dicky hilmansya
    XI-i

    ReplyDelete
  11. Makasi Bu ilmu nya .. dari sini saya tau asal muasal terciptanya partai komunis danoartai paling meresahkan pada masanya.

    Nama : Irfan Riansyah
    Kelas : XI-I

    ReplyDelete
  12. Pada dasarnya Revolusi rusia terjadi akibat sikap tsar nicholas II yang otoriter. Tindakan tersebut melahirkan persatuan ka buruh,petani,dan tentara rusia. Munculnya partai sosial demokrat (PSD) turut pula mempengaruhi jalan revolusi.

    Nama :Gary Pratama
    Kelas:XI-i

    ReplyDelete
  13. Nama: Laksmi Wulandari F
    Kls: XI-I

    Terimakasih bu ilmunya, sekarang saya menjadi tahu asal mula terciptanya partai komunis

    ReplyDelete
  14. Nama: Faradila Agustina Putri
    Kelas: XI-i

    Dari artikel ini saya jadi tau tentang awal pula terciptanya partai komunis yang menyebar di seluruh dunia

    ReplyDelete
  15. Nama: Putri Octa Rosmayanti
    Kelas: XI-I

    Makasii bu, dari artikel ini saya jadi tau sejarah terbentuknya Uni Soviet dan asal mula terciptanya partai komunis.

    ReplyDelete
  16. Cita Aulia Nurdiansyah
    XI-I

    terimakasih atas ilmunya ibu, dari artikel artikel yg ibu kasih saya banyak belajar dan saya jadi tau sejarah dibelahan dunia💛

    ReplyDelete
  17. Daffa khoirulloh said
    XI-I

    Terimakasih saya jadi tau asal mula komunis

    ReplyDelete
  18. IRGI M RIZKI
    XI-I

    Dengan membaca sejarah revolusi rusia,saya jadi mengerti asal muasal
    terbentuknya komunis.

    ReplyDelete
  19. Nama : Chairina Novianti Ramadhani
    Kelas : XI-J

    Disini saya sangat berterimakasih kepada ibu karena telah memberikan sebuah artikel tentang Rusia,saya menjadi tahu ternyata Rusia merupakan negara komunis,dan saya akhirnya mengetahui bahwa perkumpulan negara negara komunis ternyata berada di Rusia.

    ReplyDelete
  20. Via Oktaviani
    XI-J

    Terimakasih banyak bu atas ilmunya, dari artikel diatas saya jadi tau sejarah terbentuknya Uni Soviet dan asal mula terbentuknya partai komunis.

    ReplyDelete
  21. Gian Azi Munawwar
    XI J

    Sangat berguna sejarah, makasih Bu

    ReplyDelete
  22. nama : Yulia
    kelas : XI - J

    Terimakasih ibu karena telah memberikan sebuah artikel tentang awal mula terbentuknya uni soviet.

    ReplyDelete
  23. Nama:Farhan ramdhani
    Kelas:XI-J


    Bagus artikelnya jadi saya tau kenapa kekaisaran rusia bisa tumbang dan mengganti nama jadi uni soviet

    ReplyDelete
  24. Nama : Surya Radiansyah
    Kelas : XI-H

    Positif

    ReplyDelete
  25. Nama : Muhammad Riyad Firdaus
    Kelas : XI-H
    Dari artikel ini kita tahu bahwa negara Rusia asalnya adalah sebuah negara komunis

    ReplyDelete
  26. Nama:Indah Lestari
    Kelas:XI-H

    Dari artikel ini saya tahu darimana awal mula uni soviet

    ReplyDelete
  27. Dari artikel di atas saya dapat mengetahui tentang revolusi Rusia yang bahwa lahirnya atau terbentuknya Uni Soviet itu di negara Rusia dan terbentuknya partai komunis.
    Annisa azhara ramdan
    XI-H

    ReplyDelete
  28. Nama:fatur tri ferdiansyah
    Kelas:XI-H
    Artikel diatas membuat saya tahu akan sejarah revolusi Rusia yg asal nya negara agraris menjadi negara komunis pertama di dunia.

    ReplyDelete
  29. Nama:Ajeng juitasari
    Kelas:11-h
    mau bertanya mengapa Pada tahun 1903 Partai Sosial Demokrat pecah menjadi Partai Sosialis (Menshevik) dan Partai Partai Komunis (Bolshevik). apakah keduanya saling bertentangan?? lantas bagaimana dengan cita2 serta tujuan awal didirikanya partai Sosial Demokrat itu sendiri bu

    ReplyDelete
  30. Dari artikel diatas saya bisa tahu asal mula rusia dan asal mula uni sovie
    Salsabilah N
    11 H

    ReplyDelete
  31. Nama : Tiara Arianti
    Kelas: XI-G

    Alhamdulillah,terimakasih atas ilmunya bu, dari artikel ini saya bisa mengetahui sejarah tentang terbentuknya uni soviet

    ReplyDelete
  32. Saya jadi mengerti tentang terbentuknya uni soviet dan komunis
    Keykey fauzia
    11G

    ReplyDelete
  33. Nama : Itsny Nur Faridah
    Kelas : Xl-G

    Dari artikel diatas saya jadi tau sejarah terbentuknya Uni Soviet dan asal mula terbentuknya partai komunis.

    ReplyDelete
  34. saya jadi tau sejarah terbentuknya uni soviet dan partai komunis dan saya menjadi tau dmna asal muasal partai2 komunis di Indonesia yang cukup meresahkan pada saat itu

    Nama :Raga angga wijaya s
    Kelas :XI-G

    ReplyDelete
  35. Nama:Alhad Al Mutaqien
    Kelas:X-G

    Saya menjadi tau asal usul nama uni soviet dan kekejaman komunis

    ReplyDelete
  36. Setelah saya membaca saya jadi tau sejarah dan terbentuknya uni Soviet eumm mksh bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya membaca saya jadi tau sejarah uni Soviet mksh bu :)
      Nama : aden maulana
      Kelas :11-G

      Delete
  37. nama:rifkiansyah inshiroh
    kelas:11-G
    Uni Soviet menjadi salah satu negara yang paling kuat serta berpengaruh pada eranya karena mencakup 15 republik (Rusia, Ukraina, Georgia, Belarusia, Uzbekistan, Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Turkmenistan, Tajikistan, Latvia, Lithuania, dan Estonia). Uni Soviet sendiri dibubarkan pada 1991 usai pemerintah komunis di sana runtuh. dan saaya jadi tahu uni soviat karena mencakup 15 republik...

    ReplyDelete
  38. Daei artikel diatas saya jadi tahu sejarah terbentuknya uni soviet dan partai komunis.

    Nama : Shalsha Billa
    Kelas: XI-G

    ReplyDelete
  39. Adit Alyansyah
    XI G

    Dari artikel di atas saya jdi tau asal mula uni Soviet dan komunis

    ReplyDelete
  40. Nama:Siti Amelia Putri
    Kelas:11-G

    Dari artikel diatas kita menjadi tau bagaimana terbentuknya negara uni soviet dan bagaimana bisa uni soviet menjadi negara komunis

    ReplyDelete
  41. Syifa fadhillah
    XI h

    Dari artikel diatas saya bisa mengetahui terbntukny uni soviet dan komunis

    ReplyDelete
  42. Setelah membaca artikel saya bisa mengetahui bagaimana terbentuknya uni soviet dan paham komunis. Dan ternyata PKI merupakan urutan kedua terbesar di dunia sebagai partai komunis sebelum menjadi partai terlarang di indonesia.

    Ilham Arya Nandani
    XI-G

    ReplyDelete
  43. Maharani Putri Aulia
    XI H


    Dari artikel diatas saya bisa tau bagaimana terbentuknya negara uni soviet

    ReplyDelete
  44. Nama: Sofia Rafa Sadiya
    Kelas: XI-G

    Dari artikel bacaan diatas, saya jadi mengetahui awal proses terbentuknya negara uni soviet dan paham komunis yang merupakan pengaruh dari Revolusi Rusia ini.

    ReplyDelete
  45. Nama: Endah Nurhasanah
    Kelas: XI-G

    Dari artikel ini saya jadi tau bahwa negara rusia asalnya negara komunis

    ReplyDelete
  46. Maryam Nazil Rohima
    XI H

    Setelah membaca artikel di atas ternyata negara pertama yang mengusung negara komunis adalah Uni Soviet (1922-1991), yang di jadikan sebagai “perkumpulan” negara-negara Komunis seluruh dunia. Sehingga memberi pengaruh besar terhadap negara Indonesia dengan kelompok ISDV (1920) dan PKI yang pernah menduduki urutan terbesar kedua di dunia sebagai partai komunis setelah Uni Soviet. Hal ini menujukan bahwa Revolusi Rusia berpengaruh besar bagi negara negara dunia dalam hal yang negatif.

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...