Sunday 18 October 2020

Sumpah Pemuda : Langkah nyata dalam mewujudkan Cita Cita “Indonesia”


Pemerintah Belanda mendapat banyak keuntungan selama menjadikan Hindia Belanda (indonesia) sebagai tanah jajahan, keuntungan yang besar-besaran ini kemudian mampu membangun negeri belanda nun jauh dibenua Eropa sana menjadi salah satu negara yang kaya raya, tentu ini berbanding terbalik dengan Hindia Belanda (indonesia) yang sudah dikeruk habis-habisan baik sumber daya alama maupun tenaga dan nyawa rakyatnya terutama setelah diterapkannya program Tanam Paksa. Berangkat dari kondisi mengerikan inilah kemudian muncul kritikan dari beberapa golongan “tercerahkan” di Belanda bahwa apa yang dilakukan oleh negaranya sangatlah tidak adil dan tidak manusiawi (karena masyarakat Belanda sebenarnya tidak mengetahui jika selama ini Hindia Belanda hidup dengan sengsara dibawah pemerintahan negara Belanda, yang mereka ketahui bahwa justru dibawah kekuasaan mereka, Hindia Belanda menjadi sejahtera ini dikarenakan berita-berita yang disampaikan hanya berita-berita baik yang dimanipulasi demi kelanggengan kekuasaan Belanda ditanah jajahan).  Beberapa contoh sastrawan yang mengungkapkan “kebobrokan” Pemerintah kerajaan Belanda adalah Douwes Dekker dengan nama pena Maltatuli menulis buku yang berjudul  Max Havelaar” yang berhasil membuat Perlemen Belanda “gaduh” dan membuka mata masyarakat Belanda, selain itu buku karya Van Deventer yang berjudul “Een Eereschlud” (utang Kehormatan)  dimana dengan diungkapnya kebenaran mengenai kondisi sesungguhnya masyarakat Hindia Belanda yang sengsara maka lahirlah sistem Politik Etis atau Politik Balas Budi (1901) yang Artinya Pemerintah Belanda mengeluarkan kebijakan yang dipandnag dapat lebih menguntungkan dan mensejahterakan rakyat Hindia Belanda seperti Edukasi, Irigasi dan transmigrasi sebagai bentuk “balas budi” terhadap masyarakat Hindia Belanda, nah dari politik Etis inilah (terutama Edukasi) lahirlah golongan terpelajar yang kemudian “tercerahkan” dan berhasil melahirkan cita-cita nyata tentang  sebuah negara merdeka bernama “Indonesia”.

Perlawanan bangsa Indonesia sebelum lahirnya sistem Politik etis adalah sistem perlawanan bersenjata dan bersifat kedaerahan, dan diakui atau tidak gerakan perlawanan ini selalu berhasil dipatahkan oleh Belanda  (walau kita tidak boleh memungkiri peranan pentingnya) hal ini kemudian berubah dengan dibentuknya beberapa organisasi yang menghimpun/mempersatukan pergerakan “perlawanan” menjadi lebih cerdas dan berstrategi. Organisasi pertama yang didirikan oleh para pemuda adalah Boedi Oetomo pada 2 Mei 1908 (dibentuk oleh para mahasiswa Stovia atau Sekolah dokter Jawa dan disusul kemudian didirikannya berbagai organisasi seperti SI, Indische Partij (IP), NU, Muhammadiyah, Perhimpunan Indonesia dan masih banyak organisasi-organisasi lainnya yang tumbuh dan berkembang di Hindia belanda sebagai bentuk “perlawanan” nyata terhadap penjajahan.

Puncaknya adalah ketikan dibentuknya PPPI (perhimpunan Pelajar-Pelajar di Indonesia) pada tahun 1926 yang beranggotakan banyak para pelajar seperti Muh. Yamin, Amir Syafruddin, dan lain-lain yang mempersatukan berbagai organisasi-organisasi kepemudan dan melakukan Kongres Pemuda sebanyak 3 kali yaitu :

Kongres Pertama : dilakukan pada sabtu, 27 Ontober 1928 diama dibacakan pula amanat tertulis dari ir. Soekarno sebagai pengurus Perhimpunan yang ada di Belanda,, dlaam sidang ini dibahas mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan agar mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Kongres Kedua : dilakukan pada minggu 28 Oktober 1928 pada pukul 08.00-12.00 yang membahas tentang pentingnya pendidikan namun Ki Hajar Dewantoro sebagai pembicara berhalangan hadir

Kongres : dilakukan pada hari minggu, 28 oktober 1928 pada 17.30-20.00 dimana ralam rapat kali ini dikumandnagkanlah lagu Indonesia Raya karya W.R. Supratman dan bendera Merah Putih sbagai bendera kebangsan, selain itu pula diikrarkannya sebuah sumpah yang sat ini kita kenal dengan nama Sumpah Pemuda.

Pertama : Kami Putra-putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, Tanah Indonesia

Kedua : Kami Putra-putri  Indonesia mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.

Ketiga : kami Putra-putri  Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

 

133 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama:Fardila Salsabila
    Kelas:XI-A(Bahasa)

    Kita rakyat indonesia harus sangat bangga karena banyak rakyat indonesia yang melakukan perlawanan terhadap penjajah salah satu perlawanan yang harus kita apresiasi adalah perlawanan para pemuda terhadap penjajah

    ReplyDelete
  3. Nama : Sherina Norvenky
    Kelas : XI A

    Sebagai pemuda Indonesia kita seharusnya dan berkewajiban untuk membela negara ,agar kejadian seperti dulu tidak terjadi di masa orde baru ini.

    ReplyDelete
  4. Nama : Dzikra Haifa Yusriah
    Kelas: XI-A

    Sumpah pemuda bukanlah hanya sekedar kata-kata melainkan juga harus dalam tindakan yang nyata.Kita sebagai pemuda penurus bangsa harus dapat membuktikan bahwa kita adalah pemuda yang berprestasi dan dapat mengharumkan nama bangsa.

    ReplyDelete
  5. nama : Kansya Divia M
    kelas : XI-A

    berkat perlawanan para pejuang pemuda kita dulu, kita bisa mendapatkan ilmu dan belajar. Karena itu, kita harus bangga kepada para pemuda itu dan sbg generasi penerus kita juga hrus membuat negara ini semakin maju kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Siti Aidah listia
      Kelas:XI-b
      Kita sebagai pemuda penerus bangsa,kita harus mencontoh para pejuang pemuda kita dulu karena semangat dan cara berfikir pada waktu itu. begitu besar.Maka dari itu

      Delete
    2. Nama: Siti Aidah listia
      Kelas:XI-b
      Kita sebagai pemuda penerus bangsa,kita harus mencontoh para pejuang pemuda kita dulu karena semangat dan cara berfikir pada waktu itu.

      Delete
  6. Nama: Alifia nur afni rahmawati
    Kelas: XI A

    kita sebagai pemuda harus menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda juga memiliki semangat untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  7. Nama : Rifaa Ghassani (xi a)

    Karena sekarang tidak ada lagi perang, maka jangan sia-siakan kesempatan. Caranya dengan belajar dan bekerja keras. Dengan begitu bangsa ini akan lebih baik

    ReplyDelete
  8. Nama : Siti wapa
    Kelas : XI - A
    kita sebagai pemuda harus mempunyai semangat juga harus mulai menyadari bahwa masa depan bangsa ada ditangan para pemudanya.

    ReplyDelete
  9. Nama : Anye Agisna Cb
    Kelas : 11A
    Sebagai generasi penerus bangsa kita harus menjadi seorang yang berilmu dan berpengatahuan supaya tidak mudah dijajah oleh bangsa lain

    ReplyDelete
  10. Nama: Fitri Rumyati
    Kelas: XI-A

    Sumpah pemuda menjadi pegingat akan mahalnya persatuan yang di bangun dan di pelihara oleh pemuda-pemuda dan itu menjadi PR besar bagi pemuda di generasi sekarang dan akan datang.

    ReplyDelete
  11. Nama : Afifah Salwa Salsabila
    Kelas : XI - A

    Kita sebagai penerus bangsa sudah seharusnya merasa bangga dan bisa menerapkan nilai nilai yang terkandung di dalam sumpah pemuda

    ReplyDelete
  12. Nama : Ariq Putra Fauzan
    Kelas: XI-A

    Kita sebagai generasi penerus bangsa,Harus tetap menjaga keutuhan negeri ini,kita harus mempertahankan kesatuan negeri ini karena dahulu para pejuang berusaha dengan gigih agar indonesia bersatu dan terbebas dari penjajahan.

    ReplyDelete
  13. Nama: Fina Lutfiah Munawiroh
    Kelas: XI -A

    Belajar dari sejarah bahwa sumpah pemuda dapat membangkitkan rasa persatuan dikalangan para pemuda yang ada dalam masa penjajahan, saatnya sekarang sebagai generasi muda mengaplikasikan sumpah pemuda dengan memberikan karya terbaik bagi bangsa.

    ReplyDelete
  14. Nama : Liani Siti Lutfiah
    Kelas : XI-A

    Terus mencari ilmu, agar kita tidak bisa di bohongi atau di Mamah, karna saat ini para penjajah tidak menjajah secara fisik namun pikiran. Belajarlah dari sejarah sumpah pemuda yang dapat membangkitkan persatuan dikalangan para pemuda.

    ReplyDelete
  15. Nama : Rifka Rahma Dewi
    Kelas : XI - A

    Ketika bicara pemuda bukan tentang umur, melainkan pilihan sikap, manusia - manusia yang bergerak dengan keyakinan. Karena sejarah hanya mencatat para pemain, yaitu pemain diatas rata - rata.

    ReplyDelete
  16. Nama : Dini Nursari Anjani
    Kelas: XI-D

    Begitu banyak cita cita yang diinginkan Indonesia salah satunya merdeka, tanpa para pejuang pejuang ini Indonesia tidak akan merdeka maka dari itu patutlah kita sebagai pemuda pemudi mengapresiasi perjuangan mereka

    ReplyDelete
  17. Nama: Berlianti Rosmawar Hayati
    Kelas:XI-D
    Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.kita sebagai generasi penerus bangsa, hari s tetap menjaga keutuhan negri ini.

    ReplyDelete
  18. Nama : Kevin Pratama Ruswendi
    Kelas : XI-D

    Kita sebagai pemuda pemudi bangsa Indonesia yang memiliki kelebihan dan kemampuan kita masing masing ,seharusnya patut berbangga kepada bangsa kita sendiri ,dan kita juga harus bisa membuktikan bahwa kaum milenial pun ,bisa membanggakan negara kita sendiri ,dengan kecerdasan dan kepintaran kita

    ReplyDelete
  19. Nama:Salma rosliana
    Kelas:XI-D

    Sebagai generasi penerus bangsa kita sebaiknya harus menerapkan
    Nilai nilai sumpah pemuda karena dimasa yang akan datang para pemuda lah akan sangat berpengaruh di negri ini yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan dengan sangat gigih melawan para penjajah.Jadi belajar lah dari sejarah sumpah pemuda bahwa para pemuda lah yang dapat membangkitkan rasa persatuan di negara ini.

    ReplyDelete
  20. Anjani Nurfadillah
    Kls XI D

    Kita Sebagai Pelajar Harus Memiliki Sikap Semangat untuk Mengejar Cita Cita Seperti Para Pahlawan Yang Rela Berkorban Demi Indonesia Dan Kita Sebagai Pelajar Wajib Mencontoh Sikap Pahlawan Yang Berani Dan Kita Tidak Boleh Sedikitpun Melupakan Jasa Para Pahlawan

    ReplyDelete
  21. Tiara Salsabila
    XI-D

    Kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada para pahlawan karena atas jasanya Indonesia bisa merdeka dan bisa hidup dengan aman. Sebagai generasi penerus bangsa,kita harus membuat Indonesia menjadi negara lebih maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  22. Nama: Silvi Lutfiah Padilah
    Kelas: XI-D

    Sebagai seorang pemuda seharusnya kita bisa mencontoh semangat dan cara berfikir pemuda pada waktu itu, dengan semangat ingin merdeka memunculkan cara berfikir yang serius.

    ReplyDelete
  23. Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    Begitu besar perjuangan para pahlawan kita pada masa itu untuk kemerdekaan bangsa ini,kita harus sangat menjaga negeri ini dan belajar dari perjuangan para pahlawan kita yang tiada hentinya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita.

    ReplyDelete
  24. Nama: Mochamad Ariel M
    Kelas: XI-D

    kita sebagai penerus bangsa harus menerapkan nilai-nilai sumpah pemuda, dan memiliki semangat untuk menjadikan Indonesia lebih maju lagi..

    ReplyDelete
  25. Nama: Agniati
    Kelas:XI-D

    Begitu besar perjuangan para pahlawan kita pada masa itu untuk kemerdekaan bangsa ini,kita harus sangat menjaga negeri ini dan belajar dari perjuangan para pahlawan kita yang tiada hentinya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita.

    ReplyDelete
  26. Nama:Aldi
    Kelas:XI-D

    Sebagai generasi penerus kita harus menjaga keutuhan dan kemakmuran bangsa ini.

    ReplyDelete
  27. Nama: Novi Fitriyani
    Kelas: XI-D

    sumpah pemuda yang membangkitkan persatuan para pemuda, ikrar Sumpah Pemuda ini bisa menjadi penyemangat generasi baru untuk menjadi bangsa yang maju.

    ReplyDelete
  28. Nama : Ayu Nabila Faiqoh
    Kelas : Xl-D

    Dari yang sudah baca diartikel tersebut,banyak pemudah , pahlawan yang begitu berusaha merebut Indonesia untuk merdeka,dengan cara apapun untuk merebut Indonesia kembali,dan ada yabg terkenal yaitu"sumpah pemuda",Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa,itulah nilai nilai berjuang untuk mempersatukan Indonesia,dan jangan lupa untuk mengenang para pahlawan Indonesia,

    ReplyDelete
  29. Nama:Hadist Guida Herdiana
    Kelas:XI-D

    Sebagai generasi muda kita harus menanamkan rasa semangat seperti para pahlawan pahlawan kita,dengan semangat kita akan mudah menggapai impian kita.

    ReplyDelete
  30. Adhitya Aldi Maulana
    XI-D

    Sebagai pemuda dan penerus bangsa ini, kita harus lebih aktif dan giat dalam mencari ilmu agar menjadi pemuda yang berprestasi dan menjadi pemuda yang bisa membaggakan bangsa ini.

    ReplyDelete
  31. Nama:Siti Toyibah
    Kelas:XI-D

    tepat 91 tahun lalu para pemuda Indonesia mengucap ikrar sumpah pemuda dengan semangat untuk merdeka,mereka bersatu berikrar bertanah air satu,berbangsa satu,dan berbahasa satu bahasa indonesia.hingga setiap tanggal 28 oktober ditetapkan sebagai hari sumpah pemuda

    ReplyDelete
  32. Nama : Nadhira Zharfan Aulia
    Kelas : XI-D

    arti Sumpah pemuda itu bukti rasa patriotisme dan nasionalisme pemuda indonesia yang menjunjung tinggi solidaritas persatuan bangsa. Terutama pada era zaman sekarang tentunya hal ini masih sangat dibutuhkan untuk direalisasikan.

    ReplyDelete
  33. Nama: Firman S
    Kelas : XI-D
    Kita sebagai pemuda Dan penerus bangsa ini harus menanamkan jiwa dan semangat para sumpah pemuda dan harus terus giat belajar dalam mencari ilmu supAya menjadi pemuda yang berprestasi dan membanggakan bangsa ini.

    ReplyDelete
  34. Nama : Murni Hafizah Salsabila
    Kelas : XI-D

    kita sebagai bangsa Indonesia harus berterimakasih kepada pemuda pemudi bangsa indonesia berkat mereka kita harus saling menghargai satu sama lain, saling tolong menolong.

    ReplyDelete
  35. Nama :Tia Kayla Azzahra
    Kelas :XI-D
    Sumpah pemuda adalah cerminan untuk para pemuda masa kini agar menghargai dan menghormati bangsa indonesia.

    ReplyDelete
  36. Nama : Nabil S.B
    KELAS : XI-D
    Disini kita sebagai pemuda harus semangat untuk belajar,dan tidak boleh ada rasa malas didalam diri kita.

    ReplyDelete
  37. Nama :Rina Aryanti
    Kelas:XI-D
    Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati.

    ReplyDelete
  38. Nama : Aliyah Nur Alip
    Kelas : XI E

    Perjuangan para pemuda masih harus terus berlangsung hingga saat ini namun mungkin dengan cara yang berbeda tetapi harus tetap dilanjutkan perjuangannya

    ReplyDelete
  39. Nama : Aliyah Nur Alip
    Kelas : XI E

    Perjuangan para pemuda masih harus terus berlangsung hingga saat ini namun mungkin dengan cara yang berbeda tetapi harus tetap dilanjutkan perjuangannya

    ReplyDelete
  40. Nama:Bayu Putra Anugrah
    Kelas:XI-E
    Jadilah generasi pelurus jangan mau jadi penerus jika ingin jadi penerus luruskan dulu apa yang salah di negeri ini,itulah tugas pemuda saat ini

    ReplyDelete
  41. Nama:Bayu Putra Anugrah
    Kelas:XI-E
    Jadilah generasi pelurus jangan mau jadi penerus jika ingin jadi penerus luruskan dulu apa yang salah di negeri ini,itulah tugas pemuda saat ini

    ReplyDelete
  42. Nama: Tina Tantriana
    Kelas: XI-E

    Disini kita bisa tau bahwa para pemuda dahulu telah berjuang untuk mewujudkan cita cita indonesia dan harusnya kita bersemangat seperti pemuda dahulu dan tidak ada rasa malas untuk mencapai cita cita

    ReplyDelete
  43. Nama : Najib A. F.
    Kelas : XI-E

    Artikelnya sangat membantu, lengkap dan mudah dimengerti. Terimakasih.

    ReplyDelete
  44. Shaila Fauziah
    XI-E

    Sebagai pemuda Indonesia, kita harus menanamkan jiwa semangat belajar, agar dapat memajukan bangsa Indonesi.

    ReplyDelete
  45. Nama: Amalia Marliani
    Kelas: XI-E
    Pemuda harus menjadi generasi pelurus Yang memiliki kesadaran untuk membentuk suatu bangsa dan negara yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  46. Nama: chindi mauliyanti
    Kelas:XI-E

    Adanya hari sumpah pemuda ini seperti cambuk bagi kita, anak-anak muda harus mulai menyadari bahwa masa depan bangsa ada ditangan para pemudanya.

    ReplyDelete
  47. Nama :Risma Amalia
    Kelas :XI-D
    Bersyukur sekali dengan keadaan indonesia sekarang tidak seperti dulu yang adanya tanam paksa dan lain sebagainya walaupun ada juga sedikit konflik dinegara ini. Belajarlah dari sumpah pemuda dapat membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan.

    ReplyDelete
  48. Nama :Syifa Nur Ilahiyah
    Kelas : XI E


    Setelah membaca artikel tentang sumpah pemuda tersebut, saya jadi tahu bagaimana perjuangan orang orang di masa lalu. Dan kita hanya tinggal menikmati hasilnya, sebagai generasi penerus, kita harus menjaga apa yang telah diperjuangkan orang orang yang telah berjuang pada zaman kolonialisme.

    ReplyDelete
  49. Nama:Khilda Inayyah
    Kelas: XI-E

    Meskipun sumpah pemuda terjadi puluhan tahun yang lalu namun bukan berarti semangat pemuda Indonesia telah padam. Semangat sumpah pemuda harus terus menyala hingga kapan pun.

    ReplyDelete
  50. Nama: Chandra Krisnawan
    Kelas:Xl-E

    Jadilah pemuda yang berguna untuk bangsa karena pemuda adalah generasi penerus untuk negara kita kedepannya

    ReplyDelete
  51. salsabila
    XI E

    artikel tersebutsangat bermanfaat untuk menambah wawasan

    ReplyDelete
  52. Nama : Sarrah Maria Istiqomah
    Kelas : XI-E
    Setelah membaca artikel diatas saya sangat lah bersyukur akan keadaan Indonesia yang sekarang, saya pun menjadi tau perjuangan para pemuda di masa penjajahan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Meskipun sumpah pemuda terjadi puluhan tahun yang lalu tapi kita sebagai generasi penerus harus mempertahankan sumpah pemuda dan semangat pemuda

    ReplyDelete
  53. Nama: aisya
    Kelas: XI-e

    Sumpah pemuda adalah cerminan untuk para pemuda masa kini agar menghargai dan menghormati bangsa indonesia. Terima kasih.

    ReplyDelete
  54. Nama:cucu husni saebah
    kelas:XI-D
    menurut saya kita harus paham dan harus tahu muasal dari sebuah inti sejarah, karna agar dapat lebih memahami,menghormati,dan menceritakan kembali ke generasi selanjutnya agar tidak padam dalam hal sejarah. karna itu sangat berguna bagi umat manusia untuk mengetahui masa lalu dari sebuah negara dan apa bila generasi yang akan datang tidak mengetahui sejarah negara maka generasi itu tidak akan mencintai negaranya.

    ReplyDelete
  55. Nama : Erina Widia Anggraeni
    Kelas: XI-D
    Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mempunyai semangat seperti para pemuda dahulu dalam memperjuangkan bangsa Indonesia dari para penjajah

    ReplyDelete
  56. Nama : Rysma Yulianti
    Kelas : XI-E

    Pemuda dan pemudi saya analogikan bagai roda bangsa, dalam arti bahwa pemuda dan pemudi sangat di butuhkan untuk membangun indonesia yang lebih baik juga berkembang, dan untuk membuat indonesia menjadi negara yang maju. seperti apa yang telah dikatakan oleh bung karno. bahwa, 10 pemuda dapat mengguncangkan dunia.

    ReplyDelete
  57. Nama : Raka Farhan Fauzan
    Kelas : XI-E

    Sumpah pemuda bisa di jadikan sebagai motivasi untuk kita, untuk lebih berkembang lagi.

    ReplyDelete
  58. Nama: Fadila Nurlita
    Kelas: XI-E

    tujuan dari sumpah pemuda yaitu semangat persatuan ,kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mempertahankan kasatuan negara ini

    ReplyDelete
  59. nama :Fahri Nugraha
    kelas : XI-D

    intinya kitaaa harus bangga kepada bangsa indonesia yg sudah berjuang habis habisan dan kita sebagai pemuda bangsa indonesia harus semangat untuk mempertahankan negrii lautan pulau inii

    ReplyDelete
  60. Ririn nuryasifa
    XI-D

    Kita sebagai generasi muda harus bangga kepada para pahlawan kita. Sumpah pemuda yang berartikan rasa patriotisme dan nasionalisme pemuda indonesia.

    ReplyDelete
  61. Adinda Ayu R.
    XI.-E

    Jadilah pemuda yang memiliki semangat baik dalam semangat belajar dan semangat untuk memajukan bangsa dan negara

    ReplyDelete
  62. Suci Indah Ramadani
    XI-E

    Kita sebagai penerus bangsa harus bangga atas perjuangan pemuda pemudi zaman dahulu. Oleh karena itu, kita semua harus mencontoh perilaku mereka dengan cara tetap semangat mempertahankan kesatuan dan persatuan negara Indonesia.

    ReplyDelete
  63. Semangat para pemuda dalam memperjuangkan bangsa Indonesia dari para penjajah pada saat itu harus dijadikan motivasi untuk tetap semangat dalam belajar dan terus mempertahankan kedaulatan Indonesia.

    Hanisa Nur Oktaviani XI-E

    ReplyDelete
  64. Nama : Ravif Sauqi A
    Kelas : XI - D

    Disini kita sebagai pemuda harus semangat untuk belajar, tidak ada rasa malas dalam diri kita. Dan juga harus menanamkan jiwa dan semangat para sumpah pemuda dan harus giat mencari ilmu supaya bisa menjadi pemuda yang berprestasi dan membanggakan negara indonesia.

    ReplyDelete
  65. Sebagai pemuda kita harus berjuang untuk mempertahankan Indonesia,dengan cara belajar dan menuntut ilmu dengan baik agar kedepannya menjadi orang yang berguna bagi bangsa Indonesia

    Nama:Aida Fauziah Rahma
    Kelas:XI-E

    ReplyDelete
  66. Nama:Putri Rahmi Azzikra
    Kelas:XI-C

    Sumpah Pemuda itu merupakan bukti rasa nasionalisme dan patriotisme pemuda indonesia yang menjunjung tinggi solidaritas dan Pada era zaman sekarang tentu sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  67. Nama: Azalia Adelin
    Kelas:XI-C
    Artikel ini sangat bermanfaat, dan setelah membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa generasi muda berperan sangat penting untuk mewujudkan cita cita bangsa Indonesia. Maka dari itu, Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memperbaiki moral generasi muda bangsa Indonesia.Bangsa yang memiliki generasi muda yang bermoral akan memiliki masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  68. Nama: Shabrina Dinda Rajbani
    Kelas: XI-C

    Sebagai pemuda Indonesia saya sangat mengapresiasi para pejuang yang berjuang melawan penjajah. Dari sini kita belajar bahwa kita sebagai pemuda Indonesia harus tetap mempertahankan perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pejuang dengan cara menghargai antar sesama, menghargai antar budaya, menghargai setiap agama, dll.

    ReplyDelete
  69. Nama:Dede Annisa Rahayu
    Kelas:Xl-C

    Kita sebagai pemuda harus semangat dan merapkan nilai-nilai sumpah pemuda untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Nama : Risma Dwi Putri Andriana
    Kelas : XI C

    Kita sebagai generasi penerus bangsa yang akan meneruskan negeri ini bisa kita contoh semangat dan kerja keras para pemuda waktu dahulu

    ReplyDelete
  72. Nama: Arinda Nurul Zarka
    Kelas: XI-C

    Artikel diatas bermanfaat dan mengingatkan lagi arti sumpah pemuda bagi yg lupa tentang penjelasannya

    ReplyDelete
  73. Nama: Gita Aulia Azizah
    Kelas: XI-E

    Dengan adanya Sumpah pemuda ini sebagai gebrakan untuk para pemuda yang harus termotivasi atas semangat dan jasa para pahlawannya

    ReplyDelete
  74. Kita rakyat indonesia harus sangat bangga karena banyak rakyat indonesia yang melakukan perlawanan terhadap penjajah salah satu perlawanan yang harus kita apresiasi adalah perlawanan para pemuda terhadap penjajah

    ReplyDelete
  75. Nama : Adinda Ayu Dwi Kharisma
    Kelas : XI-C

    Kita sebagai peran pemuda jaman sekarang harus bisa menghargai perjuangan para pemuda jaman dulu yang berusaha keras untuk melawan para penjajah. Dan di jaman modern sekarang kita harus bisa memiliki bekal ilmu agar tidak mudah dijajah kembali oleh bangsa lain .

    ReplyDelete
  76. Nama : Kahilla Sarah Azmy
    Kelas : XI-C

    Isi dari artikel diatas sangat bermanfaat, kita jadi tahu bahwa perjuangan untuk memerdekakan negara Indonesia ini sangatlah sulit. Dan saya sebagai generasi muda sangat menghargai jasa para pahlawan-pahlawan demi memerdekakan Indonesia. Untuk generasi penerus bangsa saat ini dan kedepannya, kita harus bisa membentuk rasa nasionalisme dan bersatu membentuk kesatuan walaupun banyak perbedaan-perbedaan demi mewujudkan negara Indonesia menjadi negara yg maju.

    ReplyDelete
  77. Anisa Nuraeni
    Xl-E

    Artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  78. Nama :Yuli Nurholiza
    Kelas:XI-C

    dari artikel ini,kita dapat mengetahui bahwa begitu besar perjuangan para pahlawan indonesia.Dengan itu,kita sebagai generasi penerus harus menanamkan rasa semangat agar bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa indonesia.

    ReplyDelete
  79. Nama :Ryan maulana
    Kls : XI - c
    Sudah selayaknya kita selaku penerus bangsa, meneruskan perjuangan para terdahulu, menjunjung nilai nilai toleransi dan demokrasi
    Agar terciptanya, negeri yang sejahtera dan menjunjung tinggi keadilan.

    ReplyDelete
  80. Nama : Ihsan Muhammad Iqbal
    Kelas : XI-C

    Pendidikan berperan penting dalam mempersatukan dan memajukan negeri ini. Pendidikan membuat para pemuda sadar dan bangkit. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita selaku pemuda-pemudi bangsa ini untuk meneruskan perjuangan, dengan semangat belajar dan mengasah kemampuan kita untuk memajukan bangsa Indonesia, kini dan nanti.

    ReplyDelete
  81. Nama:Muhammad Naufal Ridho
    Kelas:XI-C

    Sebagai pelajar, tugas kita untuk meneruskan perjuangan tanah air kita adalah dengan belajar dengan bersungguh sungguh, karena dengan belajar kita dapat menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

    ReplyDelete
  82. nama : jasmine aulia pasha
    kelas : XI - C

    isi artikel diatas sangat bermanfaat, kita jadi tau bagaimana perjuangan para pahlawan semasa dulu dalam memperjuangkan bangsa indonesia. semoga, di masa sekarang, kejadian tersebut tidak terjadi lagi dan semangat para pemuda di masa sekarang sama dengan semangat para pemuda di masa penjajahan.

    ReplyDelete
  83. Nama : Alia Oktaviani Ahmad
    Kelas : XI-C

    Kita sebagai generasi muda harus bangga dan menghargai perjuangan para pahlawan yang sudah berjuang.

    ReplyDelete
  84. nama : jasmine aulia pasha
    kelas : XI - C

    isi artikel diatas sangat bermanfaat, kita jadi tau bagaimana perjuangan para pahlawan semasa dulu dalam memperjuangkan bangsa indonesia. semoga, di masa sekarang, kejadian tersebut tidak terjadi lagi dan semangat para pemuda di masa sekarang sama dengan semangat para pemuda di masa penjajahan.

    ReplyDelete
  85. Nama:Mutiara Fitri Permata Sari
    Kelas:XI-C

    Sebagai pemuda penerus bangsa kita harus dapat lebih mengeratkan persatuan dan kesatuan dan Cinta terhadap tanah air agar dapat mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang sebenarnya

    ReplyDelete
  86. nama havid hamdani
    kelas XI C
    Sebagai pemuda indonesia kita penerus bangsa ini harus lebih aktif dan giat dalam mencari ilmu agar menjadi pemuda yang berprestasi dan juga menjadi pemuda yang bisa membaggakan bangsa ini agar negara kita maju dan juga aman

    ReplyDelete
  87. Nama:farhan Ghifari
    Kelas:XI-C
    Sebagai generasi muda kita harus menjadi lebih giat dalam belajar dan harus bangga bisa menjadi warga Indonesia oleh karna itu jauhilah yang bermalah malah lawan lan zona nyaman untuk lebih baik kedepannya.

    ReplyDelete
  88. Nama: Naifa nurul hidayani
    Kelas : XI - C
    Menurut saya klo bicara tentang pemuda ialah komponen center kemajuan bangsa, perannya menggertak dan menyentak, merumus dan menerus. Tapi kemajuan nggak hanya tentang pemuda di butuhkan peran yang sudah memiliki trakrecord kebijaksanaan yang lebih tua maka ini adalah combinasi yang dapat memajukan bangsa ini. Muh Yamin dan para pemuda lain buka apa apa tanpa peran ir soekarno atau ki hajar dewantoro kerja sama antar kalangan ini menghasilkan kemajuan dan kemerdekaan

    ReplyDelete
  89. Nama : Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas : XI-C

    Sumpah pemuda menjadi pegingat akan mahalnya persatuan yang di bangun dan di pelihara oleh pemuda-pemuda. Kita sebagai generasi penerus bangsa,Harus tetap menjaga keutuhan negeri ini,kita harus mempertahankan kesatuan negara Indonesia.
    Artikelnya sangat membantu, terimaksih

    ReplyDelete
  90. Nama : Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas : XI-C

    Sumpah pemuda menjadi pegingat akan mahalnya persatuan yang di bangun dan di pelihara oleh pemuda-pemuda. Kita sebagai generasi penerus bangsa,Harus tetap menjaga keutuhan negeri ini,kita harus mempertahankan kesatuan negara Indonesia.
    Artikelnya sangat membantu, terimaksih

    ReplyDelete
  91. Nama : Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas : XI-C

    Sumpah pemuda menjadi pegingat akan mahalnya persatuan yang di bangun dan di pelihara oleh pemuda-pemuda. Kita sebagai generasi penerus bangsa,Harus tetap menjaga keutuhan negeri ini,kita harus mempertahankan kesatuan negara Indonesia.
    Artikelnya sangat membantu, terimaksih

    ReplyDelete
  92. Nama : Myra Zada Ismena
    Kelas : XI-C

    artikel diatas sangatlah bermanfaat, jadi kita sebagai generasi muda, generasi berikutnya harus lah mejadi pemuda yang bisa membanggakan negara berikutnya

    ReplyDelete
  93. Nama : ahmad soleh nugraha
    Kelas : XI-C

    Artikel di atas mengajarkan kita betapa beratnya perjuangan untuk mempersatukan bangsa Indonesia,jadi kita sebagai para pemuda harus bisa menjaga kesatuan bangsa ini

    ReplyDelete
  94. Nama : Novita Pratiwi
    Kelas : XI B

    sebagai pemuda indonesia, kita harus bangga dan berkewajiban untuk membela negara agar tidak terjadi penjajahan seperti zaman dulu

    ReplyDelete
  95. Nama : Ayesha Aufa Syauqi
    Kelas : XI-B

    sebagai pemuda pemudi generasi millenial, kita seharusnya mencontoh perjuangan perjuangan pemuda zaman dlu yg berhasil menaklukan belanda menggunakan kecerdasannya. artikel diatas sangat membantu karena memberi tahu lahirnya hari bersejarah.

    ReplyDelete
  96. Pemuda adalah generasi yang seharusnya menjadi penggerak kemajuan negara, maka kita sebagai pemuda indonesia harus selalu bersemangat untuk menjaga dan memajukan indonesia

    Nama:Balqis clarisa rahmadhita
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  97. Nama: Salma Sabila
    Kelas: xi-b

    Sebagai pemuda dan pemudi Indonesia kita harus menjadi pemuda yang maju dan membanggakan, dan bisa menjaga kesatuan.

    ReplyDelete
  98. Risnanda Mulfia Fauziah
    11-B

    sebagai pemuda sudah seharusnya kita menjaga dan menjadi penggerak kemajuan negara, mencontoh perjuangan para pahlawan dulu. kita harus bangga jadi pemuda indonesia

    ReplyDelete
  99. desinta dwi lestari
    xi-c

    kita sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya kita bersyukur dan berterima kasih atas jasa para pahlawan, oleh karena itu sudah seharusnya kita menjadikan indonesia sebagai negeri yang maju dan jauh dari para penjajah

    ReplyDelete
  100. kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan perlawanan pahlawan kita yang dahulu mengorbankan segalanya demi menjadikan Indonesia yang merdeka dari para penjajah.

    nindi nur meilandini
    XI B

    ReplyDelete
  101. sherly delistiany
    XI-C

    kita sebagai generasi bangsa harus mempunyai semangat berilmu dan berpengrtahuan karena masadepan bangsa ada di tangan para pemuda nya

    ReplyDelete
  102. Nama: Yulia Monita Razak
    Kelas: XI
    sumpah pemuda bisa dijadikan pedoman hidup kita agar menjadi pemuda yang lebih baik

    ReplyDelete
  103. Nama:Rofi Khoirul Anwar
    Kelas:XI B

    Kita sebagai indonesia tentunya harus lebih mempunyai semangat yang besar dalam hal mencari ilmu karena kuta adalah penerus bangsa ini Yaitu INDONESIA

    ReplyDelete
  104. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.Dan kita sebagai pemuda harus memiliki semangat yg tinggi dan harus bisa memajukan bangsa karena keberhasilan suatu negara bisa dilihat dari kualitas bangsanya.

    Nazwa Zaimatunisa
    XI-B

    ReplyDelete
  105. Shiva Regina
    XI-C

    Kita sebagai generasi penerus, harus bersyukur, bangga, dan berterima kasih kepada para pahlawan atas jasanya Indonesia bisa merdeka dan hidup tentram sekarang.Tugas kita sekarang,kita harus menanamkan rasa semangat seperti para pahlawan,kita harus menjaga keutuhan negeri ini,harus bisa mempertahankan kesatuan negri ini agar Indonesia bisa lebih maju.

    ReplyDelete
  106. Dzakiya Fathiarrahma
    XI B

    setelah membaca ini pikiran saya mjd lebih terbuka ttg perjuangan org org dahulu utk memerdekakan indonesia

    ReplyDelete
  107. Sebagai generasi pemuda penerus bangsa, kita harus bisa menerapkan nilai nilai sumpah pemuda

    Mutiara Fuadah (XI-B)

    ReplyDelete
  108. Sebagai generasi pemuda penerus bangsa, kita harus bisa menerapkan nilai nilai sumpah pemuda

    Mutiara Fuadah (XI-B)

    ReplyDelete
  109. Devita septiani
    Xi b

    Tidak hanya pahlawan yang mempunyai jasa yang besar, disisi itu pula ada jasa pemuda indonesia yang membantu untuk indonesia merdeka... Apalagi setelah dibuatnya teks sumpah pemuda

    ReplyDelete
  110. Tegar Dwi Pratami
    XI-B

    kita sebagai pemuda harus menerapkan nilai nilai pancasila dan mempertahankan kemerdekaan indonesia

    ReplyDelete
  111. Nama:Nabila Nur Setiani
    Kelas:XI-C


    Sebagai generasi pemuda penerus bangsa kita harus bisa menerapkan nilai nilai sumpah pemuda.

    ReplyDelete
  112. Nama : Rara Azzahra
    Kelas: XI-F

    Kita sebagai generasi penerus bangsa jangan menyianyialan kesempatan kita untuk menjaga kesatuan dan keutuhan negri tercinta ini..

    ReplyDelete
  113. Nama : Rara Azzahra
    Kelas: XI-F

    Kita sebagai generasi penerus bangsa jangan menyianyialan kesempatan kita untuk menjaga kesatuan dan keutuhan negri tercinta ini..

    ReplyDelete
  114. Nama : Malika Nurul Husna
    Kelas : XI-F

    Adanya sumpah pemuda merupakan salah satu bentuk rasa nasionalisme para pemuda yang ingin membentuk persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Maka dari itu sebagai pemuda pemudi generasi penerus bangsa sudah seharusnya memiliki rasa nasionalisme demi keutuhan dan kesatuan negara Indonesia.

    ReplyDelete
  115. Nama : Moch rizkan herlambang
    kelas: XI-F

    Berisi ikrar bersatunya dan disatukannya tunas-tunas bangsa oleh kesamaan tanah air, bangsa dan bahasa. Ini mengingatkan kembali jati diri kita sebagai bagian dari NKRI yang harus senantiasa menjaga dan mempertahankan NKRI dari segala macam tantangan, ancaman maupun krisis.

    ReplyDelete
  116. Salsabila Rizqan D
    XI-F

    Sebagai generasi pemuda dan pemudi bangsa indonesia, kita harus tetap menjadikan sumpah pemuda sebagai patokan dalam hidup kita yang berartikan rasa patriotisme dan nasionalisme pemuda indonesia.

    ReplyDelete
  117. Nama:Apif Abdul H
    Kelas:X-F

    Nilai² sumpah pemuda haruslah terus di wujudkan sampai sekarang. Kita generasi pemuda adalah gemerasi yg menggenggam cikal bakal negara dimasa depan akan menjadi seperti apa. Pemuda harus punya rasa nasiionalisme yg tinggi serta rasa cinta tanah air yg besar

    ReplyDelete
  118. Nama : m. Rahmat fauzan
    Kelas : 11F

    Dari bacaan di atas kita dapat mengambil pelajaran, bahwa betapa penting nya edukasi. Sebelum adanya politik etis dari belanda terhadap hindia beland, perlawanan rakyat indonesia masih belum menggoyahkan pemerintah belanda dan juga masyarakat belum bersatu. Namun setelah adanya politik etis, dimana rakyat hindia belanda "tertentu" dapat memperoleh pendidikan sehingga mereka menyadari bahwa apa yang dilakukan belanda adalah salah, dan mereka pun mulai membuat perkumpulan perkumpulan dalam usaha perlawanan hingga tercipta lah sumpah pemuda yang menjadi titik balik perlawanan pemuda indonesia

    ReplyDelete
  119. Nama: Nadila Dina Indriani
    Kelas: XI F



    Kita sebagai pemuda Indonesia, sebagai generasi muda. Harus atau perlu mencontoh dan meniru semangat para pejuang indonesia. Selalu bersatu dengan mewujudkan satu tujuan, dan selalu menjunjung tinggi bahasa Indonesia sesuai dengan isi sumpah pemuda. Karena kita sebagai generasi muda yang akan menggenggam atau menjadi harapan untuk membentuk negara Indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju.

    ReplyDelete
  120. Nama : rifa septiany
    kelas: 11B

    Semangat sumpah pemuda harus terus menyala hingga kapan pun dan kita harus berterima kasih kepada para pahlawan karena atas jasanya Indonesia bisa merdeka
    Reply
    Reply

    ReplyDelete
  121. N. Shabrina Azzahra
    XI-F


    Sumpah pemuda berisikan sumpah yang diucap oleh para pemuda indonesia,yang bertemakan pemuda-pemudi indonesia yang cinta tanah air.Sumpah pemuda juga harus dihayati agar kita bisa menjadi pemuda-pemudi yang baik.

    ReplyDelete
  122. Nama : Siti Soza Yasmin
    Kelas : XI-F

    Sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya kita menjaga keutuhan NKRI sebagai tanda terima kasih kepada para pahlawan.

    ReplyDelete
  123. Nama : Gaidha Noer mulla shadra
    Kelas : XI–F

    Dengan adanya sistem politis etis maka lahirlah beberapa pelajar yang tercerahkan sehingga timbulnya perlawanan yang cerdas dan berstrategi. Dan dengan di bentuknya organisasi yang berisikan para pemuda sehingga membuat sebagian pemuda indonesia menjadi terbangun rasa perlawanan untuk melawan penjajah

    ReplyDelete
  124. Deni Yarsah
    X F

    Dulu para pahlawan berjuang untuk negara
    tidak mementingkan akan apa nantinya dengan raga
    Tapi sekarang, rakyat melawan bangsa sendiri melampaui konsep sumpah pemuda
    Tanpa sadar mereka memecahkan kemerdekaan yang nyata.

    ReplyDelete
  125. Nama : syifa astriani
    Kelas : XI-B

    Sumpah pemuda merupakan sebuah pengingat agar kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu semangat untuk menjaga dan mempertahankan kesatuan negara indonesia


    ReplyDelete
  126. Melani Agustin
    XI - F

    kita sebagai generasi muda penerus haru selalu ingat atas apa yang dilakukan pemuda terdahulu terhadap negara indonesia

    ReplyDelete
  127. Tresna Darmawanti
    11-f
    Kita sebagai generasi muda harus punya sikap seperti pemuda pada jaman dahulu yang memiliki sikap semangat yang tinggi

    ReplyDelete
  128. kita sebagai generasi muda harus mengingat apa yang telah dilakukan pahlawan pahlawan kita, agar kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu semangat untuk menjaga dan mempertahankan kesatuan negara indonesia ini.

    ReplyDelete
  129. cucu husni saebah
    XI-D
    Untuk sejarah ini menarik dan banyak hikmah yang harus saya pelajari, untuk di terapkan di kehidupan kita agar lebih baik dari hari hari sebelumnya.

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...