Sunday 18 October 2020

Indonesia : “SEBUAH NAMA YANG TAK DAPAT LAGI DITUKAR ATAU DIGANTI”




sumber gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Geography_of_Indonesia

Seringkali kita dibuat penasaran sebenarnya dari mana nama Indonesia berasal? Nama yang sejak kehadirannya hingga saat ini menjadi sumber kekuuatan dan perjuangan hingga tertumpahnya nyawa dan darah para pahlawan yang tak dapat terhitung banyaknya. Ternyata nama Indonesia mulanya dikembangkan oleh Adolf Bastians (seorang Sarjana Jerman) yang mengambil istilah dari Logan (seorang sarjana Inggris). Namun yang dimaksud Bastians dengan Konsep Indonesia adalah Indonesia secara Etnografi, Bukan konsep Indonesia seperti saat ini. ( AM. Sardiman dan Lestariningsih, Amurwani Dwi (2017) : 195).

Etnografi adalah sebuah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari pola hidup dan interaksi kelompok berdasarkan sistem Sosio-Kultural. Jadi awalnya nama Indonesia bukanlah nama sebuah bangsa dan negara seperti saat ini, nama indonesia awalnya hanya digunakan untuk menyebut suatu masyarakat yang memiliki pola sosial-kultural yang sama, namun kemudian dari inspirasi nama inilah para pendiri bangsa menggunakannya bukan hanya sebatas identitas namun juga cita-cita.

Dipelopori oleh M. Hatta sebgai pengurus aktif dari Perhimpunan Indonesia/ PI (1925) di Belanda (saat itu beliau dan beberapa pemuda tengan mengenyam pendidikan di negeri Belanda) dengan secara aktif dan rutin mengeluarkan majalah sebagai corong perjuangan propaganda kemerdekaan. Awalnya majalah tersebut bernama : “Hindia Putra” kemudian diganti menjadi “Indonesia Merdeka”. Digantinya nama majalah tersebut memiliki maksud atau tujuan besar yaitu agar kemudian orang-orang tidak lagi memakai nama “Indes Nerderlandises/Hindia Belanda” yang cendrung merendahkan namun menggantinya dengan membiasakan menyebut nama “Indonesia” maka dimuali-lah masa itu...masa dimana dalam diskusi-diskusi, perdebatan-perdebatan, pidato-pidato, kongres-kongres bahkan media massa kompak tak lagi menyebut dan menulis “Indes Nerderlandises/Hindia Belanda” namun “INDONESIA”, Seperti yang M, Hatta katakan ...”SEBUAH NAMA YANG TAK DAPAT LAGI DITUKAR ATAU DIGANTI”




122 comments:

  1. Nama : Sherina Norvenky
    Kelas : XI A


    Dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan saya bahwa untuk menemukan nama Indonesia itu perlu perdebatan,kongres kongres dan diskusi untuk benar benar menemukan sebuah nama yang tak dapat lagi ditukar atau diganti

    ReplyDelete
  2. Nama:Fardila Salsabila
    Kelas:XI-A(Bahasa)

    Sebuah nama yang tak dapat lagi ditukar atau diganti yaitu indonesia nama negara kita yang tercinta sebuah nama yang mempunyai arti bersejarah

    ReplyDelete
  3. Nama : Dzikra Haifa Yusriah
    Kelas: Xi-A

    Terimaksih karna dengan adanya artikel ini dapat menbah ilmu baru bagi saya.

    ReplyDelete
  4. nama : Kansya Divia M
    kelas : XI-A

    Dengan membaca artikel ini, saya menjadi tahu arti dari nama negara Indonesia, nama yang bagus juga bersejarah.

    ReplyDelete
  5. Nama: Alifia nur afni rahmawati
    Kelas: XI A

    terimakasih banyak artikel ini menambah ilmu juga pengetahuan baru untuk saya

    ReplyDelete
  6. Nama : Siti wapa
    Kelas : XI - A

    Terimakasih artikel yang telah ibu berikan, karena dapat menambah ilmu untuk saya

    ReplyDelete
  7. nama : rifaa ghassani (XI A)

    dengan membaca artikel diatas saya mendapat ilmu baru

    ReplyDelete
  8. Nama : Anye Agisna Cb
    Kelas : 11A
    Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa nama Indonesia mulanya dikembangkan oleh Adolf Bastians (seorang Sarjana Jerman) yang mengambil istilah dari Logan (seorang sarjana Inggris)

    ReplyDelete
  9. Nama: Fitri Rumyati
    Kelas: XI-A
    Terima kasih dengan adanya artikel ini,saya jadi mendapat kan ilmu baru.

    ReplyDelete
  10. Nama : Afifah Salwa Salsabila
    Kelas : XI-A

    Terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapatkan wawasan baru

    ReplyDelete
  11. Nama : Ariq Putra Fauzan
    Kelas: XI-A

    Saya ucapkan terimakasih kepada ibu yg telah membuat artikel ini,karena dengan artikel ini menambah wawasan bagi kita terutama saya tentang Asal mula nama Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Siti Aidah listia
      Kelas:XI-b
      Dari artikel ini saya mendapatkan pengetahuan baru tentang asal usul nama Indonesia dan cita cita para pendiri bangsa terdahulu.Terimakasih Bu ilmunya

      Delete
  12. Nama: Fina Lutfiah Munawiroh
    Kelas:XI-A

    Setelah membaca artikel diatas saya mendapatkan ilmu dan wawasan baru

    ReplyDelete
  13. Nama : Liani Siti Lutfiah
    Kelas : XI-A

    Terima kasih ibu, saya mendapatkan ilmu baru.

    ReplyDelete
  14. Nama : Rifka Rahma Dewi
    Kelas : XI - A
    Dibalik sebuah nama negara ini, terdapat sebuah cita cita para pendiri bangsa terdahulu

    ReplyDelete
  15. Nama : Kevin Pratama Ruswendi
    Kelas : XI-D

    Setelah saya membaca artikel tersebut /artikel yang ibu berikan ,saya mendapatkan ilmu baru dan wawasan baru ,terima makasih bu

    ReplyDelete
  16. Nama : Dini Nursari Anjani
    Kelas: XI-D

    Terimakasih bu dari artikel tersebut saya mendapatkan pengetahuan baru tentang asal usul nama Indonesia

    ReplyDelete
  17. Nama:Salma rosliana
    Kelas:XI-D

    Dari artikel diatas dibalik sebuah nama negara kita yang sekarang terdapat sebuah cerita bahwa para pendiri negri ini terdahulu memiliki tujuan yang besar.Terimakasih bu dari artikel tersebut menambah wawasan dan ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  18. tiara Salsabila
    XI-D

    Dari artikel ini saya bisa tahu asal usul nama Indonesia.
    Terimakasih ibu ilmunya

    ReplyDelete
  19. Anjani Nurfadillah
    XI-D
    Terimakasih Bu Artikel Diatas Sangat Berguna Bagi Saya dengan Artikel Ini Saya Jadi Mendapatkan Ilmu Yang Baru

    ReplyDelete
  20. Nama : Mochamad Ariel Mulyadi
    Kelas : XI -D

    Terimakasih dengan adanya artikel ini , saya menjadi tahu apa arti dari nama indonesia, dan saya mendapatkan ilmu baru.

    ReplyDelete
  21. Nama: Silvi Lutfiah Padilah
    Kelas: XI-D

    Setelah membaca artikel di atas saya menjadi tau asal mula nama Indonesia darimana, terimakasih saya telah mendapatkan pengetahun baru

    ReplyDelete
  22. Nina agustina
    XI-D
    Terima kasih bu,dari artikel ini saya bisa mendapatkan ilmu baru

    ReplyDelete
  23. Nama: Novi Fitriyani
    Kelas: XI-D
    Terimakasih Bu setelah membaca artikel ini saya mendapat ilmu dan pengetahuan baru

    ReplyDelete
  24. Nama:Hadist Guida Herdiana
    Kelas:XI-D

    Wah ternyata artikel diatas sangat berguna loh,sekarang saya mendapatkan ilmu baru,terimaksih bu

    ReplyDelete
  25. Nama: Agniati
    kelas: XI-D

    Indonesia yang awalnya untuk menyebut suatu masyarakat yang memiliki pola sosial kultural yang sama,dan dijadikan nama negara kita ini, sebagai indentitas sekaligus cita cita negara indonesia.

    ReplyDelete
  26. Nama: Siti Toyibah
    Kelas:XI-D

    terimakasih bu,dari artikel ini saya bisa mendapat pengetahuan yg sangat baik

    ReplyDelete
  27. Nama: Agniati
    kelas: XI-D

    Indonesia yang awalnya untuk menyebut suatu masyarakat yang memiliki pola sosial kultural yang sama,dan dijadikan nama negara kita ini, sebagai indentitas sekaligus cita cita negara indonesia.

    ReplyDelete
  28. Nama :Ayu Nabila Faiqoh
    Kelas : Xl-D

    Dari saya di artikel tersebut, Indonesia sebenernya bukan sebuah negara,tapi kesini kesini Indonesia dipake untuk menganti nama dari Hindia Belanda menjadi Indonesia,dari membaca dapat tahu semua hal yang begitu berharga, contohnya dari artikel itu ayu menjadi tahu kalo asal nama Indonesia itu sendiri,

    ReplyDelete
  29. Nama : Nadhira Zharfan Aulia
    Kelas : XI-D

    setelah membaca artikel diatas saya bisa tahu asal usul nama Indonesia dan mendapat ilmu pengetahuan baru

    ReplyDelete
  30. Adhitya Aldi Maulana
    XI-D

    Setelah saya membaca artikel ini, akhirnya saya tau sejarah di namakannya Indonesia, terimakasih bu ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  31. Firman s
    XI-D
    Setelah membaca artikel ini saya jadi lebih tahu banyak tentang sejarah indonesia dan banyak mendapat ilmu pengetahuan baru, terima kasih bu.

    ReplyDelete
  32. Nama : Murni hafiHaf Salsabila
    Kelas : XI-D

    setelah membaca artikel di atas saya menjadi tau darimana negara kita dinamakan Indonesia

    ReplyDelete
  33. Nama:Tia Kayla Azzahra
    Kelas:XI-D

    Ilmu yang sangat bermanfaat,jadi kita bisa mengetahui asal usul indonesia.

    ReplyDelete
  34. Nama : Nabil S.B
    Kelas:XI-D
    Artikel diatas sangat menambah wawasan saya terhadap sejarah awal nama Negara Indonesia.Terimakasih bu atas informasinya

    ReplyDelete
  35. Nama : Rina Aryanti
    Kelas:XI -D
    Setelah membaca artikel yang telah ibu berikan saya menjadi tahu bagaimana asal usulnya nama negara Indonesia,maka kita jaga nama baik Indonesia dengan menambah prestasi prestasi yang dapat membanggakan negara kita.

    ReplyDelete
  36. Nama:Bayu Putra Anugrah
    Kelas:XI-E
    Artikel ini sangat membantu untuk menambah wawasan serta keterangan mengenai sejarah nama indonesia

    ReplyDelete
  37. Nama : Najib A. F.
    Kelas : XI-E

    Artikelnya sangat membantu, lengkap dan mudah dimengerti. Terimakasih.

    ReplyDelete
  38. Nama : Aliyah Nur Alip
    Kelas : XI E

    Ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  39. Nama :Risma Amalia
    Kelas : XI-D

    Setelah membaca artikel diatas banyak sekali pengetahuan dan ilmu yang belum saya ketahui dan sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  40. Nama : Tina Tantriana
    Kelas: XI-E

    Setelah membaca saya jadi tau bagaimana terbentuknya nama indonesia

    ReplyDelete
  41. Shaila Fauziah
    XI-E

    Artikelnya membuat kita menambah wawasan kita tentang Indonesia.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Nama : chindi mauliyanti
    Kelas : XI-E

    Terimakasih bu,ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  44. Nama : Amalia Marliani
    Kelas :
    Artikel yang sangat bagus,dan bermanfaat. Terimakasih setelah membaca artikel ini saya menjadi tahu asal mula nama Indonesia.

    20 October

    ReplyDelete
  45. salsabila
    XI E

    ilmunya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  46. Nama : Syifa Nur Ilahiyah
    Kelas: XI E

    Setelah membaca artikel tersebut, saya jadi tahu. Bahwa sebelum nama INDONESIA tercipta, terjadi perdebatan dahulu yang akhirnya nama INDONESIA ditetapkan

    ReplyDelete
  47. Nama :Chandra Krisnawan
    Kelas:Xl-E

    artikelnya sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan

    ReplyDelete
  48. Nama : Sarrah Maria Istiqomah
    Kelas : XI-E
    Arikel yang sangat bermanfaat, dapat menambah wawasan. Terimakasih untuk artikel nya

    ReplyDelete
  49. Nama: Khilda Inayyah
    Kelas: XI-E

    Setelah membaca artikel diatas saya mendapat pengetahuan baru, artikelnya bermanfaat. Terimakasih bu

    ReplyDelete
  50. Nama: Aisya
    Kelas: XI-E

    Terima kasih ibu untuk artikelnya. Pengetahuanku menjadi luas.

    ReplyDelete
  51. Nama: cucu husni saebah
    kelas: XI-D
    terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
  52. Nama: Rysma Yulianti
    Kelas: XI-E

    Setelah membaca artikel ini saya jadi mengetahui asal usul nama Indonesia ini. Terimakasih, ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  53. Nama: Rysma Yulianti
    Kelas: XI-E

    Setelah membaca artikel ini saya jadi mengetahui asal usul nama Indonesia ini. Terimakasih, ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  54. Nama : Erina Widia Anggraeni
    Kelas: XI-D
    Setelah membaca artikel diatas saya mendapatkan ilmu baru tentang sejarah indonesia

    ReplyDelete
  55. Nama : Raka Farhan Fauzan
    Kelas :XI-E

    Artikel di atas membuat wawasan saya meluas, terimakasih

    ReplyDelete
  56. Nama: Fadila Nurlita
    Kelas : XI-E
    Setelah membaca artikel di atas saya jadi tahu asal nama indonesia.Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  57. nama: Fahri Nugraha
    kelas : XI-D

    makasiii ibuuu uda ngasi pembelajaran ginii uda ngasi artikel ginii jadi saya tauu sejarah arti nama atau asal mula nama indonesia

    ReplyDelete
  58. Ririn nuryasifa
    XI-D

    Dari artikel diatas kita hisa mengetahui arti nama indonesia sebenarnya. Terimakasih bu sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  59. Adinda Ayu R.
    XI-E

    Dari artikel tersebut saya mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  60. Setelah membaca artikel ini, saya menjadi tahu latar belakang dari penamaan Indonesia. Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat.

    Hanisa Nur Oktaviani XI-E

    ReplyDelete
  61. Suci Indah Ramadani
    XI-E

    Setelah membaca artikel diatas, saya mendapatkan wawasan baru. Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  62. Nama : Ravif Sauqi A
    Kelas : XI - D

    Artikel diatas sangat banyak memberi pengetahuan terhadap sejarah awal nama negara indonesia dan banyak mendapat ilmu pengetahuan baru, terima kasih bu.

    ReplyDelete
  63. Artikel diatas sangat bermanfaat dan dengan adanya artikel ini saya jadi tau darimana nama Indonesia itu

    Nama:Aida Fauziah Rahma
    Kelas:XI-E

    ReplyDelete
  64. Nama:Putri Rahmi Azzikra
    Kelas:XI-C

    Dari artikel diatas saya mengetahui arti nama Indonesia yang sebenarnya. Terimakasiiii ibu

    ReplyDelete
  65. Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu tentang asal mula nama Indonesia dan mendapat wawasan baru. Terimalah Buu

    Nama:Dede Annisa Rahayu
    Kelas:Xl-C

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu tentang asal mula nama Indonesia dan menambah wawasan baru. Terimakasih Buu

      Nama: Dede Annisa Rahayu
      Kelas: Xl-C

      Delete
  66. Nama: Azalia Adelin
    Kelas: XI-C
    Terimakasih ibu, artikel ini sangat bermanfaat. Setelah membaca artikel ini saya jadi tahu asal usul nama Indonesia. Dan saya semakin bangga menjadi anak Indonesia

    ReplyDelete
  67. Nama: Shabrina Dinda Rajbani
    Kelas: XI-C

    Dari artikel ini saya jadi mengetahui bahwa proses pembuatan nama Indonesia tidaklah mudah,karena harus melewati banyak proses.

    ReplyDelete
  68. Anisa Nuraeni
    Xl-E

    Artikelnya sangat membatu juga menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  69. Nama : Risma Dwi Putri Andriana
    Kelas : XI C

    Dari artikel ini, saya menjadi tau sejarahnya nama indonesia

    ReplyDelete
  70. Gita Aulia Azizah
    XI-E

    Dengan membaca artikel ini sebagai pelajar jadi tau asal muasal nama INDONESIA, dengan perdebatan dan persepakatan bersama didalamnya

    ReplyDelete
  71. Dari artikel diatas dibalik sebuah nama negara kita yang sekarang terdapat sebuah cerita bahwa para pendiri negri ini terdahulu memiliki tujuan yang besar.

    Fadila Annisa Yasmin
    XI-C

    ReplyDelete
  72. Nama: Arinda Nurul Zarka
    Kelas: XI-C

    Artikelnya mudah dipahami dan mendapat ilmu baru tentang Indonesia juga menambah wawasan

    ReplyDelete
  73. Adinda Ayu Dwi Kharisma
    XI-C

    Terima kasih, karena adanya artikel ini saya menjadi tahu sedikit-sedikit ilmu mengenai negara tercinta ini. Juga menjadi tahu bahwabahwa nama Indonesia memiliki sejarah tersendiri

    ReplyDelete
  74. Nama : Kahilla Sarah Azmy
    Kelas : XI-C

    Alhamdulillah, terimakasih bu. Artikelnya selalu bermanfaat, dari artikel diatas saya jadi tahu sejarah nama INDONESIA. Ternyata untuk mendapatkan nama INDONESIA butuh proses yg bisa dibilang tidak mudah.

    ReplyDelete
  75. Nama :Ryan maulana
    Kls : XI - C

    Artikel yg sangat mantap!!!
    Proses yang melelahkan akan membuahkan hasil yang memuaskan

    ReplyDelete
  76. Nama :Yuli Nurholiza
    Kelas:XI-C

    terimakasih banyak,setelah membaca artikel ini saya mendapat ilmu pengetahuan yang baru,mengetahui sejarah dinamakanya indonesia.

    ReplyDelete
  77. Nama : Ihsan Muhammad Iqbal
    Kelas : XI-C

    Sangat menarik! Artikel ini menambah pengetahuan baru kepada semua orang tentang asal muasal nama "Indonesia" yang jarang orang ketahui!

    ReplyDelete
  78. nama : jasmine aulia pasha
    kelas : XI - C


    artikel diatas sangat bermanfaat dan terimakasih karena setelah membaca artikel diatas saya mendapatkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  79. Nama : Alia Oktaviani Ahmad
    Kelas : XI-C

    Terima kasih banyak, setelah membaca artikel ini saya jadi tau bagaimana sejarah nama Indonesia.

    ReplyDelete
  80. Selalu menjadi pertanyaan dari mana asal nama "Indonesia" dan siapa yang memberi nama tersebut, sampai akhirnya membaca artikel ini dan membuat pertanyaan tersebut terjawab, serta menambah pengetahuan sejarah Indonesia

    ReplyDelete
  81. Nama: Mutiara Fitri Permata Sari
    Kelas: XI-C

    Selalu menjadi pertanyaan dari mana asal nama "Indonesia" dan siapa yang memberi nama tersebut, sampai akhirnya membaca artikel ini dan membuat pertanyaan tersebut terjawab, serta menambah pengetahuan sejarah Indonesia

    ReplyDelete
  82. Setelah saya membaca artikel diatas akhirya saya tau sejarah di namakannya Indonesia, terimakasih bu ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  83. Nama:Muhammad Naufal Ridho
    Kelas:XI-C

    Terimakasih setelah membaca artikel ini saya mengerti dan tahu arti sebuah nama bagi bangsa dan negara Indonesia

    ReplyDelete
  84. Nama: Farhan ghifari
    Kelas: XI-C
    Terimakasih dengan adanya artikel ini saya menjadi tau sejarah nama indonesia.

    ReplyDelete
  85. Nama : Mohammad Ibnu Nur Ramadhan
    Kelas : XI-C

    Artikelnya sangat membantu dan bermanfaat,terimakasih

    ReplyDelete
  86. Nama:Myra Zada Ismena
    Kelas :XI-C

    Artikel diatas sangatlah bermanfaat, saya menjadi mendapat ilmu dan pengetahuan baru. Terimakasih

    ReplyDelete
  87. Nama : ahmad soleh nugraha
    Kelas : XI-C



    Dari artikel di atas kita semua menjadi tau asal Mula lahirnya nama Indonesia asrtikel yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  88. Nama : Novita Pratiwi
    Kelas : XI B

    terimakasih, setelah membaca artikel ini saya menjadi tau arti dari nama Indonesia. Nama yang indah dan juga memiliki sejarah

    ReplyDelete
  89. Nama : Ayesha Aufa Syauqi
    Kelas : XI-B

    dengan membaca artikel ini, saya jadi mengetahui arti dan makna nama "Indonesia", yg dimana dlam membuat namnya butuh perjuangan.sehingga menghasilkan nama yg bermakna

    ReplyDelete
  90. Nama: Salma Sabila
    Kelas:XI-b

    Terima kasih ibu atas ilmunya.

    ReplyDelete
  91. Nama:Rofi Khoirul Anwar
    Kelas:XI B

    Dari artikel di atas sangat membantu sekali karena saya jadi lebih tahu Bagaimana asal muasal terdirinya nama INDONESIA ini.

    ReplyDelete
  92. Risnanda Mulfia Fauziah
    11-B

    artikel di atas menambah pengetahuan saya tentang sejarah indonesia, nama indonesia sangat indah dah bersejarah

    ReplyDelete
  93. desinta dwi lestari
    XI-C

    artikel diatas sangat bermanfaat dan menambah wawasan, saya menjadi tau asal usul penamaan indonesia.

    ReplyDelete
  94. nama: Nindi Nur Meilandini
    kelas: XI B mipa

    dengan saya membaca artikel ini saya menjadi tau bahwa asal mula nama 'Indonesia' itu seperti apa dan bagaimana sejarahnya kita harus menjaga nama Indonesia dengan sebaik baiknya dan ikut berjuang di Indonesia yang sekarang dengan cara belajar dan memajukan bangsa . terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  95. Sherly Delistiany
    XI-C

    setelah membaca artikel di atas saya jadi tau sejarah indonesia dan asal usul nama indonesia juga mendapat pengetahuan baru

    ReplyDelete
  96. Nazwa Zaimatunisa
    XI-B

    membaca artikel diatas sangat menambah pengetahuan dan wawasan tentang asal usul nama indonesia dan bagaimana penjuangan serta sejarahnya

    ReplyDelete
  97. Shiva Regina
    XI-C

    Dengan membaca artikel diatas,saya menjadi tahu asal mula nama Indonesia dan mendapat pengetahuan baru tentang sejarah Indonesia.

    ReplyDelete
  98. Baru saja membaca artikel tentang nama Indonesia menambah pengetahuan baru

    Nama:Balqis clarisa rahmadhita
    Kelas:XI-B

    ReplyDelete
  99. Dzakiya Fathiarrahma
    XI B

    saya mendapat ilmu baru setelah membaca artikel ini, terimakasih bu

    ReplyDelete
  100. Setelah membaca artikel ini, saya menjadi tahu asal usul nama Indonesia

    Mutiara Fuadah XI-B

    ReplyDelete
  101. Devita septiani
    Kelas xi b

    Saya menjadi tau akan asal usul nama indonesia sekarang ini, yang dulu namanya hindia belanda dan diganti nama menjadi negara indoneia

    ReplyDelete
  102. Tegar Dwi Pratami
    XI-B

    Terimakasih, setelah membaca artikel ini saya menjadi tahu asal usul nama negara Indonesia serrta perjuangannya

    ReplyDelete
  103. Nama:Nabila Nur Setiani
    Kelas:XI-C

    Artikel diatas sangat membantu karena saya jadi lebih tahu bagaimana asal muasalnya terdirinya nama indonesia ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tsanya Kuny M
      XI-B

      Dari artikel ini saya mendapatkan banyak ilmu,dan contohnya adalah bagaimana asal mula nama “Indonesia”

      Delete
  104. Rara Azzahra
    XI-F

    Wahh artikel yang menarik,saya baru mengetahuinya

    ReplyDelete
  105. Salsabila Rizqan D
    XI-F

    Setelah membaca artikel ini saya menjadi tau bahwa asal usul nama Indonesia yang berawal dari "Indes Nerderlandises/Hindia Belanda" dan akhirnya menjadi "Indonesia"

    ReplyDelete
  106. Moch rizkan herlambang
    XI-F

    Dari artikel ini saya jadi tahu asal mula nama Indonesia

    ReplyDelete
  107. Malika Nurul Husna
    XI-F

    Artikel ini sangat menarik dan bermanfaat, dan menambah pengetahuan tentang asal usul nama Indonesia

    ReplyDelete
  108. Nadila Dina Indriani
    XI-F

    Artikel ini membuat saya tahu bahwa segala sesuatu itu harus butuh proses yang sangat lama dan tidak instan dan seperti contoh yang terdapat diartikel ini. Ternyata nama Indonesia berawal dari " indes Nerderlandises/Hindia Belanda" dan akhirnya menjadi nama " Indonesia"

    ReplyDelete
  109. Nama:Apif Abdul H
    Kelas:X-Fstelah membacanya saya baru tau asal muasal nama indonesia

    ReplyDelete
  110. Nama : M. Rahmat fauzan
    Kelas : 11F

    Filosofi sebuah nama memang harus dipikirkan karna nama bukan hanya sebuah nama namun juga sebagai harapan dan doan bagi bangsa ke depannya

    ReplyDelete
  111. Nama : rifa septiany
    Kelas: 11B

    terimakasih ilmu nya sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  112. Nama : N. Shabrina Azzahra
    Kelas : XI-F

    Terimakasih untuk ilmunya...

    ReplyDelete
  113. Nama: Siti Soza yasmin
    Kelas : XI-F

    artikel diatas sangat membantu, saya mendapatkan banyak pelajaran baru dari artikel tersebut.

    ReplyDelete
  114. Nama: Andieni Dwi Septaviani
    Kelas: XI F
    Setelah membaca artikel saya baru mengetahui bahwa ternyata "Indonesia" mulanya bukanlah suatu nama untuk negara tapi sebuah istilah logan secara Etnografi.

    ReplyDelete
  115. Deni Yarsah
    11 F

    Sangat memberikan sebuah wawasan mengenai lahirnya nama Indonesia.

    ReplyDelete
  116. Nama : syifa astriani
    Kelas : XI-B


    Setelah membaca artikel diatas saya menjadi tahu tentang sejarah dinamakannya indonesia . Terimaksih bu ilmunya sangat membantu dan bermanfaat .

    ReplyDelete
  117. Tresna Darmawanti
    11-f
    Dengan membaca artikel diatas saya menjadi tau bahwa mendapat kan nama Indonesia tidak semudah itu Banyak perdebatan kongres terlebih dahulu nya

    ReplyDelete
  118. Sesudah membaca artikel saya menjadi lebih tahu tentang sejarah indonesia, Terimaksih ilmunya sangat bermanfaat bagi kita dikalangan muda.

    Faisya rachmiani p
    XIB

    ReplyDelete
  119. cucu husni saebah
    XI-D
    terimakasih karna ada artikel ini saya bisa lebih menghargai suatu perjuangan

    ReplyDelete

Berakhirnya masa Pemerintahan Orde Baru

Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto#/media/Berkas:Jenderal_TNI_Soeharto.png ...